mfaldi wrote: Fri Apr 09, 2021 17:37
Halo gan, izin gabung
Intro, ane pernah nyobain Avanza dan sekarang lagi miara Wuling Confero Manual. Terus sekarang ada keinginan buat cobain mobil lain gan tapi budget di sekitaran 100-150jt. Nah setelah muter muter, kepengen cobain CRV Gen 2 2400cc atau Camry Q XV40
Ane tau sih ini mobil beda dari segi model, tapi kalo dari segi:
- Kenyamanan
- Tenaga
- Perawatan & Penyakit di Usianya
Lebih mending mana gan? ane belom pernah cobain sedan, jadi pengen ngerasain naik sedan ditambah interiornya si Camry kayanya bagus gitu hahaha
Ane juga newbie banget masalah mobil, tapi pengen ngerasain main main ke bengkel ngurus mobil nih buat nambah nambah ilmu.
Mohon Infonya agan agan, atau yg pernah ngerawat mobil ini, boleh sharing pengalamannya. Thank You
Kalo dari 2 itu sih, saya vote camry Q aja, karena tarikan dan peformanya lebih oke dibanding CRV, kecuali perlu GC tinggi baru deh ambil CRV gen 2, budget 150 jt udh dapet yg bagus kok kalo CRV gen 2, malah nambah dikit bisa dapet CRV gen 3 2.4 2007 kalo gasalah hehehe.
Kalo soal CRV , saya coba bantu jawab ya, kebetulan pernah punya CRV Gen 2 tapi yg 2.0 nya selama 6 tahun (2005-2011), mobilnya sih fun to drive dan handlingnya oke, selain itu dalemnya juga lega, bagasi luas dan storagenya banyak . Yg perlu diperhatiin sih paling matic, rack steering , dan kaki2nya aja , karena crv yg udh berumur cukup rawan di kaki2 dan rack steeringnya, sama harus sabar nyarinya kalo yg 2.4 karena unitnya cukup jarang, soalnya yg paling laku saat itu yg 2.0 nya, bedanya itu yg 2.4 interiornya warna beige sedangkan yg 2.0 warna black seinget saya, terus velg dan HU bawaannya, kalo yg 2.0 masih 2 din non monitor dan gabisa muter video, tapi yg 2.4 udh bisa muter video seinget saya sm ada TV nya juga kalo gasalah + waspada odo puteran karena crv ini banyak yg jadi mobil tempur ownernya dan namanya mobil yg udh cukup berumur, kemungkinan besar udh berpindah tangan entah yg keberapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaiannya seperti apa, jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak , apalagi di jakarta, minusnya 1 lg sih bodypartsnya udh agak susah kalo om TS tinggalnya bukan di kota besar kaya jakarta, tapi kalo soal PART mesin dan kaki2, masih cukup mudah lah, karena lumayan banyak bengkel spesialis yg bisa nanganin hehehe
Sedangkan kalo camry, budget 150 kayanya dapet yg 2006-2007 ya kondisi lumayan, cuma ya gabisa diprediksi juga karena tipe ini harganya agak gelap menurut saya karena unitnya agak jarang dibanding tipe G atau V. Yg perlu diperhatiin ya paling dasbor yg sering retak2 kaya yg dibilang sm bro erwin , oli maticnya, terus kaki2, rack steering , dan electricalnya juga, karena mobil ini cukup banyak yg jadi mobil tempur ownernya dan besar kemungkinan kalo namanya mobil yg udh berumur lebih dari 10 tahun udah berpindah tangan entah yg keberapa kali which is kita gatau perawatan dan pemakaiannya seperti apa, jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak, sama hati2 sm odo puteran, pastikan faktur, buku manual dan buku servis WAJIB ADA, kalo gaada, tinggalin aja karena kemungkinan besar gaberes barangnya
Atau kalo alternatif, bisa lirik camry XV40 2.4 V, udah kerasa upgrade kok kalo biasa make confero, budgetnya juga udh dapet yg tahunnya lebih muda, 150 maybe bisa dapet yg FL 2010-2011 , ya walaupun tarikannya ga sekenceng yg Q, tapi fiturnya udh cukup lah menurut saya kalo buat daily, dan unitnya di pasaran jg lebih banyak populasinya dibanding yg Q menurut saya
mfaldi wrote: Sat Apr 10, 2021 5:47
Wow thanks om pencerahannya. Barusan liat nih di Jakarta Timur Camry Q 2006 btw ini prefacelift dan gak ada massagenya. Hmm tadi orangnya sih bilang stir agak ngebuang ke kiri, berarti racksteer nya ya? Kalo servis atau ganti berapa ya biayanya?
Sisanya sih ok ok aja menurut ane. Mungkin perlu didetailing karena agak kotor aja mobil tua. Dapet harga di 105jt tadi btw
Gmn menurut om om?
Waduh, kalo harga 105, kok saya jadi kurang feel ya sama barangnya, secara harga camry q di pasaran itu agak gelap, seinget saya yg 2006 masih 120-140an deh pasarannya seinget saya kalo yg V6, kalo yg 2.4 V 105 sih masih masuk akal. Jangan terburu buru dan jangan tergesa gesa om, kalo masih newbie mobil, cari opsi lain di range tipe mobil yg sama, tahun yg sama serta di kisaran budget yg sama biar ada opsi pembanding, lebih baik beli lebih mahal sedikit tapi barangnya oke daripada beli asal murah tapi barangnya jelek dan banyak PR nya, nyari mobil bekas apalagi yg udah berumur gini susah susah gampang om, wajib punya mental sabar, teliti dan jeli, ajak kenalan yg ngerti mobil kalo mau cek unitnya, jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan. Karena seperti yg sudah saya katakan sblmnya, mobil camry ini cukup banyak yg jadi workhorse ownernya dan kebanyakkan sudah berpindah tangan entah yg ke berapa kali which is kita gatau pemakaian dan perawatan owner sblmnya seperti apa,jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak, apalagi di jakarta. Yg penting pastikan faktur, buku manual dan buku servicenya harus ada, kalo gaada tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes barangnya
Kalo setir agak ngebuang kekiri, bisa jadi karena racksteeringnya, tapi om kudu cek juga, kaya yg om omnibus bilang , mobilnya bekas tabrakan apa bukan, karena seinget saya kalo bekas tabrakan apalagi sampe chasisnya kena, susah buat balik seperti semula lagi driving feelnya, kalo biaya penggantian kurang tau saya, om coba ubek2 komunitasnya aja, siapatau nemu informasi yg lebih detil lagi mengenai camry ini terutama perawatannya . Salah satu caranya, buat mengetahui mobil bekas tabrakan atau tidak menurut saya
- cek sambungan bemper depan , kiri kanan presisi atau tidak, terus catjuga, coba ketok, ada yg beda bunyinya ga, kalo ada yg beda berarti ada indikasi udah pernah dempul atau repaint. dan jangan lupa cek bagian apron juga, apakah ada bekas las lasan atau tidak, kalo ada bekas las lasan, besar kemungkinan kalo mobil adalah mobil bekas insidan atau kecelakaan
- cek juga baut2 di kap mesin, masih bagus gak atau udah ada yg karatan, kalo udah ada yg karatan besar kemungkinan udh gantian itu bagian mesinnya,
- cek seal2 kap mesin juga, apakah masih utuh atau ada yg retak, kalo ada yg retak ada kemungkinan kalo kap mesinnya udh pernah diganti atau repair
- coba cek kolong, sasisnya masih lurus atau udah bengkok, kalo udah bengkok mending jangan diambil, karena kuat indikasinya kalo mobil tersebut pernah tabrakan parah
- cek pilar A nya juga, apakah catnya masih orisinal atau udah ada bagian yg dicat ulang, caranya cukup diketuk saja, nanti bisa ketauan kok sama atau tidaknya ketebalan cat dari masing2 bagian
- cek cat di bagian dalam kap mesin, apakah beda dari cat body dan masih orisinil, karena misalkan catnya beda sm yg body, besar kemungkinan kalo bagian dalam kap mesinnya udah pernah dicat ulang
sama waspada sm odo puteran, selain dari buku servis, buku manual , lebih bagus dilengkapi sm nota servis entah dari spesialis atau beres dan gantungan oli, bisa juga cek di bagian:
- setir, kalo km nya rendah, harusnya kondisi setir masih bagus, kalo udh retriman, ada indikasi kalo km nya udah diputar
- jok driver, kalo km nya rendah tapi jok drivernya udah tepos atau kempot, besar kemungkinan kalo mobil tersebut sering dipakai setiap hari
- pedal gas dan rem, kalo km nya rendah tapi pedal gas dan remnya udah haus, om patut curiga kalo ada yg gaberes sm kilometer mobilnya
- headlamp foglamp juga (walaupun ini bisa diakalin atau diganti), kalo km nya rendah tapi 2 bagian itu atau salah 1 nya udh ada yg kusam, mending tinggalin aja, karena kalo km rendah, harusnya headlamp dan foglampnya masih bagus, kalo menguning ketauan kalo sering dipake atau minimal sering kejemur atau kepanasan
intinya buku servis , buku manual dan faktur wajib ada. lebih bagus lagi kalo ada gantungan oli dan nota penggantian parts baik di spesialis maupun beres jadi om lebih tau kedepannya bakal seperti apa perawatan dari mobil tersebut, kalo buku servisnya atau fakturnya gaada, tinggalin aja karena kemungkinan besar gaberes barangnya, karena nyari mobil yg udh berumur gini yg kondisinya bagus ya agak susah apalagi di jakarta hehehe, usahakan belinya di pemilik langsung dan lebih bagus kalo om kenal baik sm yg jual karena minimal udh tau sama tau lah perawatan itu mobil seperti apa sebelumnya hehehe , sama kalo bisa cari yg kondisinya full ori saran saya
nah pertanyaan saya, kondisi mobil yg om cek secara keseluruhan seperti apa? dari exterior, interior dan mesinnya, sama km nya berapa pas om cek waktu itu? penasaran saya hehehe