
Wuling Confero S facelift meluncur bawa perubahan penting agar tetap kompetitif. Banderol mulai Rp 169,8 juta (OTR Jakarta), tetap menjadikannya Low MPV termurah di pasaran. Harga ditawarkan sudah termasuk potong Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen.
Revisi Confero S tidak terlaksana secara menyeluruh lantaran hanya menjalani facelift ringan. Dengan demikian, esensi sebagai mobil keluarga nan lapang tetap ditawarkan. Tergambar langsung oleh dimensi eksterior 4.530 x 1.691 x 1.730 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.720 mm. Tinggi dan berkaki jenjang, tak mengherankan kalau ruang kabin jadi sorotan utama.
Tentu terdapat penyegaran akibat facelift ini. Paling kuat terasa di eksterior berkat komposisi wajah baru. Jeroan lampu depan dikelir hitam sehingga memancarkan kesan smoked lamp. Tidak selesai sampai disitu, grille ikut diganti. Memainkan imaji kisi memanjang penuh sebagai jembatan antarlampu. Juga pada bumper, dimensi apron diperbesar dan DRL dipindah ke lengkungan di rongga tengah. Sementara itu, sudut pipi jadi semakin kompak berisi aransemen vertikal antara fog lamp dan sein.

Di luar itu, semua cenderung familiar. Eksterior bagian samping hingga ke belakang kurang lebih sama. Mengandalkan pelek 15 inci hingga ornamen tubuh serupa. Pun sama ceritanya pada bagian interior, tidak ada signifikansi dalam desain dan atmosfer. Total enam varian tersaji dalam tiga tingkatan trim berbeda. Jangan sampai bingung, simak dulu diferensiasinya. Ternyata ada beberapa fitur yang disunat. Selengkap apa Confero S kini?

Jika mencari potensi kelengkapan paling komplet tentu jawabannya trim tertinggi, Type L. Bebas, mau itu bertransmisi manual atau ACT. Pasalnya, diferensiasi dua tipe puncak ini hanya terletak di sisi pengantar putaran ke roda. Kendati begitu, sekompletnya varian termahal sang MPV Wuling, mungkin sekilas terdengar cenderung biasa saja.
Di bagian eksterior, Confero S Type L belum mengadopsi teknologi mutakhir. Lampu LED belum menjadi komponen penambah nilai sebab lampu utama, fog lamp, dan set penerangan lainnya masih mengandalkan unit pendar halogen. Minimal cahaya dioda masih ditemukan dalam bentuk DRL. Namun bukannya dibuat lebih canggih, fiturnya justru kena sunat. Alat pengatur ketinggian lampu depan malah absen – tidak seperti model lama.
Agak beruntung, gimik unik dari model lama tidak ikut luntur. Adalah fungsi ekstra pada remote kunci yang dapat membuka kaca lewat sentuhan tombol. Kemampuan ini ditujukan agar angin segar dapat masuk ke kabin sebelum memulai perjalanan. Tapi perlu diingat, fungsinya hanya untuk membuka. Harus dilakukan dari dalam mobil bila ingin menutup. Fitur pelengkap lainnya dapat dinikmati spesifik trim tertinggi adalah spion samping elektris untuk mengatur sudut cermin dan pelipatan otomatis.
Masuk ke kabin, Confero S gunakan pembungkus leather hitam demi pancarkan sensasi mewah. Itu mejeng di seluruh varian. Begitu pula pengaturan sudut kemiringan kolom stir (tilt steering). Spesifik trim termahal, ketinggian bangku pengemudi dapat diatur bersama sudut rebahan dan pergeseran maju/mundur.
Urusan fitur kenyamanan, terdapat AC yang dikontrol melalui kenop putar konvensional. Sementara itu, double blower siap mengembuskan udara segar bagi penumpang belakang. Type L lantas akan menambah keseruan perjalanan lewat head unit touchscreen 8 inci. Menampilkan grafis interface ala OS Windows 8 berisi sajian berupa radio, USB, AUX, dan Bluetooth.
Jangan khawatir juga soal fitur keselamatan. Tergolong komplet dengan perbekalan ekstra. Misal kamera mundur yang ditemani sensor jarak di depan dan belakang. Selain itu, tertanam alat pantau tekanan ban TPMS (Tyre Pressure Monitoring System) dalam MID monokrom bersama indikator pintu. Itu semua jadi barang sekunder. Basis perlindungan sendiri tercipta lewat Dual SRS Airbag, rem cakram di keempat roda, dan peranti penghela laju ABS+EBD.

Jika dilihat lagi, bukannya penambahan potensi melainkan pemangkasan terjadi pada New Confero S. Bisa dibilang korban paling babak belur adalah Type C. Sebab bukan sebatas kebagian pengurangan fitur paling banyak, ia turut kehilangan cukup banyak kuda dari peternakan empat silinder 1.500 cc DOHC. Ini pun menjadi nasib seluruh Confero S teranyar. Teknologi bukaan klep variabel DVVT dicabut sehingga tak lagi seperkasa dahulu.
Kubikasi dan dimensi ruang bakar sama persis tapi gelontoran tenaga malah berkurang drastis. Dari sebelumnya sanggup lontarkan 108 PS/142 Nm, kini hanya mampu mengekstrak sebanyak 98 PS/135 Nm. Sontak menjadikannya sebagai MPV bermesin 1.500 cc paling loyo di pasaran. Mengacu data di situs resmi, pengurangan tenaga pun tidak diimbangi penyesuaian rasio gigi. Apakah efisiensi BBM jadi incaran? Agak skeptis namun bisa dijadikan harapan.
Harga New Wuling Confero S 2021 (OTR Jakarta):
- New Confero S Type C Lux Rp169.800.000
New Confero S Type C Lux+ Rp171.800.000
New Confero S Type L Lux Rp180.800.000
New Confero S Type L Lux+ Rp182.800.000
New Confero S Type L ACT Lux Rp189.300.000
New Confero S Type L ACT Lux+ Rp191.300.000