Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Kalau ane ya antara R3 atau Livina.
Ga suka LSUV karena terlalu dipaksakan, naikan jg ga enak, soalnya mertua punya Rush 2019 rasanya kayak naik gerobak, terus jg lelet.
Ga suka LSUV karena terlalu dipaksakan, naikan jg ga enak, soalnya mertua punya Rush 2019 rasanya kayak naik gerobak, terus jg lelet.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
saya vote ertiga, nih mobil asli enak banget dibawanya, nyaman, empuk, irit, tenaga juga cukupan buat lari di trans jawa mah asik banget.
tapi livina juga bisa masuk pertibangan, mobilnya nyaman, empuk, kedap, fitur bisa ditambah cruise control makin enak buat dibawa di tol tapi untuk kedepannya gatau deh resale valuenya batu makam kaya gimana, kaya hidup segan matipun gamau
kalo mau nyari nyaman, itu mending terios buang jauh2 deh, ibu2 hamil naik itu langsung lahiran kayanya (no offense
)
tapi livina juga bisa masuk pertibangan, mobilnya nyaman, empuk, kedap, fitur bisa ditambah cruise control makin enak buat dibawa di tol tapi untuk kedepannya gatau deh resale valuenya batu makam kaya gimana, kaya hidup segan matipun gamau
kalo mau nyari nyaman, itu mending terios buang jauh2 deh, ibu2 hamil naik itu langsung lahiran kayanya (no offense

IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Mendingan ambil ertiga sport aja om. Udah lengkap ada VSC pula.anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Dananya msh 210juta om, sport msh 227jt om, kalau gx dan xl7 zeta msh bisa d usahakansh00t wrote:Mendingan ambil ertiga sport aja om. Udah lengkap ada VSC pula.anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh bangetanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Siap om, rencana bsk siang jg mau coba td xl7 juga. Kalau ertiga sering naik termasuk nyaman sih, tapi berasa kalah kelas dr xpander livina rush entah kenapa. Kalau xl7 msh bisa diaejajarkan lah. Dan lagi joknya lebih gelap jadi g pusing kalau kotor (banyak anak kecil)fajarrian wrote:Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh bangetanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
saya penasaran ama XL7,..fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh bangetanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
xl7 sama ertiga sebenernya plak ketimplek sama persis, cuma beda di muka depan + adjustment di suspensi lebih keras sidikit. sama aja kaya xpander dan xpander cross, mobilio sama brvginting wrote: Mon Mar 15, 2021 11:29saya penasaran ama XL7,..fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh bangetanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnyaginting wrote:saya penasaran ama XL7,..fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh bangetanantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Iya om, banyakan beda di gimmick fitur, tp tetap bikin saya vingung karena harganya juga selisih dikit bangetfajarrian wrote:xl7 sama ertiga sebenernya plak ketimplek sama persis, cuma beda di muka depan + adjustment di suspensi lebih keras sidikit. sama aja kaya xpander dan xpander cross, mobilio sama brvginting wrote: Mon Mar 15, 2021 11:29saya penasaran ama XL7,..fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16 Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
XL7 ini salah satu alternative saya kalo mux dijual, dan ingin go low ke LSUV/LMPV..anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnyaginting wrote:saya penasaran ama XL7,..fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
karena secara kabin daleman lega, padahal body gak gede..
dan secara naikan nyaman…transmissi smooth..jok enak..
dan secara mesin, itu mesin 1500 cc sudah ada yg diremap di bebonk garage dapet 120 hp..
which is naek 17 hp sudah lumayan banget..
rasanya dengan body sekecil itu, power to weight ratio sudah baek kalo sudah bisa dapat 120 hp.
colek @b8099ok …kenapa belum bisa sampai 140 hp kayak di Thailand mbah ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Minus Zeta thd GX biasa =anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnyaginting wrote:saya penasaran ama XL7,..fajarrian wrote: Mon Mar 15, 2021 11:16
Ertiga sama xl7 kalo dari segi kenyamanan, menang ertiga sedikit. Ertiga lebih empuk sedikit suspensinya tapi ga beda jauh banget
Xl7 aja om sikat, enak juga nih mobil. Nabung dikit lagi
Biar lebih validnya sih langsung test drive aja di showroom eritga sama xl7 biar impresinya bisa ngerasain sendiri, bukan kata orang
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
- panel ACnya yg kaya GL (digital tp blm climate krn gada auto mode)
- belum smart key
- blm retract
- stir blm leather
- gada kaca pemanas blkg
- blm ada steer switch control tapi udah ada blutut telephone
Plusnya Zeta thd GX =
- Speedo udah TFT
Itu yg saya pelajarin oom,
source
https://www.youtube.com/watch?v=42kbtHpxfM0
https://www.suzuki.co.id/uploads/brochu ... ur-XL7.pdf
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4361
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
kalau hanya 3 kriteria itu, jelas Terios. camera 360. fitur safety basic sudah lengkap seperti yg lain.anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 9:51 Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Ampun om, saya penganut maks 120kmph, diatas itu kurang sigapginting wrote:XL7 ini salah satu alternative saya kalo mux dijual, dan ingin go low ke LSUV/LMPV..anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnyaginting wrote: saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
karena secara kabin daleman lega, padahal body gak gede..
dan secara naikan nyaman…transmissi smooth..jok enak..
dan secara mesin, itu mesin 1500 cc sudah ada yg diremap di bebonk garage dapet 120 hp..
which is naek 17 hp sudah lumayan banget..
rasanya dengan body sekecil itu, power to weight ratio sudah baek kalo sudah bisa dapat 120 hp.
colek [mention]b8099ok[/mention] …kenapa belum bisa sampai 140 hp kayak di Thailand mbah ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Zetta yg bikin saya mikir di headlamp led, ban ring 16, roof rail, dan jok warna gelaperwinign wrote:Minus Zeta thd GX biasa =anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnyaginting wrote: saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
- panel ACnya yg kaya GL (digital tp blm climate krn gada auto mode)
- belum smart key
- blm retract
- stir blm leather
- gada kaca pemanas blkg
- blm ada steer switch control tapi udah ada blutut telephone
Plusnya Zeta thd GX =
- Speedo udah TFT
Itu yg saya pelajarin oom,
source
https://www.youtube.com/watch?v=42kbtHpxfM0
https://www.suzuki.co.id/uploads/brochu ... ur-XL7.pdf
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Type x paling bawah kayaknya belum camera 360 om, karena harganya d bawah 200 skrg net nyakunaskun wrote:kalau hanya 3 kriteria itu, jelas Terios. camera 360. fitur safety basic sudah lengkap seperti yg lain.anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 9:51 Misi om om, sehibungan dengan mobil saya sudah laku dan ada rencana upgrade ke lmpv/lsuv baru, mau minta pendapat om om seraya motor lagi.
Sementara yang jadi incaran ada ertiga GL manual 21, terios x manual21, dan ada livina el 2019 matic sisa sumo.
Semuanya di harga 205jt kebawah.
Untuk pemakaian 3-5 tahun dan hanya untuk mudik weekend 200km pp kira2 mana yang paling worthed menurut om om baik dari segi harga+fitur, resale value, dan perawatan kira2 yang mana ya?
Saya sendiri hitung2 yg paling balanced di ertiga, yg bikin kurang sreg kakak jg sudah ambil ertiga jd ada keinginan mobil lain.
Maaf kalau pertanyaannya itu2 saja di range mobil 200jutaan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 886
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Bedanya, r3 gx udah keyless start stop button, ac digitalnya udah auto climate (set tempraturnya juga udah pake angka derajat celcius sebab dah ada thermistornya), jok full fabric, perintilan macam krum2an di handle pintu dan panel kayu di interior. XL7 Zeta MID nya udah TFT LCD full color, jok campuran kulit dan fabric, bagian yg di r3 gx pake panel kayu dia pake panel karbon2an, ac digitalnya belum auto climate dan set suhunya msh pake angka step2 gak pake derajat celcius, lebih kayak ac digital di r3 tipe gl, liomobi, apanjah siniah (singkatnya macam ac analog yg pengaturannya pake panel digital lah).anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
XL7 dan r3 gx nik 2020 ke atas sama2 interior hitam, r3 yg interior beige itu tipe gl dan ga sama tipe gx nik 19 dan 18. Bedanya paling XL7 jok nya campuran kulit dan fabric sedangkan r3 full fabric. Tp kl personal preference ane enakan fabricnya r3, lebih halus gitu. XL7 punya fabric motifnya bikin berasa kasar di kulit, dah gitu bagian yg make bahan kulit jangan ente berharap kulitnya kulit bagus macam di s-cross, kalo kata ane kulitnya agak berasa kulit murahan...

Personal preference lagi, kl kata ane desain r3 berasa lebih murni dan lebih berasa itulah desain yg seharusnya gitu. Ane ngerasa r3 lebih well designed aja, jadinya semua lekuk2annya berasa lebih rapih dan segala sesuatu terpasang pada tempatnya. Meanwhile XL7 ane ngerasa macam r3 yg ditempel berbagai macam aksesoris dan clading2an item. Bagus2 aja sih, tapi jadi semakin berasa kalo itu mobil didesain untuk negara berflower gituh yg penuh dengan aksesoris dan tempelan ala pasar malam.

r3 berasa kalah kelas gegara emblem superman nya oom. Konon katanya emblem superman nya itu bikin berasa bawa angkot. Masa emblem superman disejajarkan sama triple elips, triple diamond, dan batumakam sih...Siap om, rencana bsk siang jg mau coba td xl7 juga. Kalau ertiga sering naik termasuk nyaman sih, tapi berasa kalah kelas dr xpander livina rush entah kenapa. Kalau xl7 msh bisa diaejajarkan lah. Dan lagi joknya lebih gelap jadi g pusing kalau kotor (banyak anak kecil)




Btw lipinah el jg ok tuh oom kalo jatohnya selisih lumayan banyak ama r3 ok juga tuh. Lipinah jg enak. Tp kalo beti, kayanya mending r3 sebab nik lebih baru, pengecualian kalo lipinahnya dapet tipe VE apalagi VL.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Terima kasih banyak suhu, sepertinya ini jawaban untuk saya yg denial dengan keunggulan ertiga hanya karena kembaran sama kakak.rakyatwkwkland wrote:Bedanya, r3 gx udah keyless start stop button, ac digitalnya udah auto climate (set tempraturnya juga udah pake angka derajat celcius sebab dah ada thermistornya), jok full fabric, perintilan macam krum2an di handle pintu dan panel kayu di interior. XL7 Zeta MID nya udah TFT LCD full color, jok campuran kulit dan fabric, bagian yg di r3 gx pake panel kayu dia pake panel karbon2an, ac digitalnya belum auto climate dan set suhunya msh pake angka step2 gak pake derajat celcius, lebih kayak ac digital di r3 tipe gl, liomobi, apanjah siniah (singkatnya macam ac analog yg pengaturannya pake panel digital lah).anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 10:59 Trims masukannya om,
Blundernya terios emang naikan paling g enak, tp saya coba terios sedikit lbh enak dibanding rush trd punya bos.
Livina sebenernya idaman saya, tp dr nik, rv dan free servisnya kayaknya kurang bersaing harganya dengan yg ppnbm 0% 2021
Ertiga down point cuma jadi kembaran sih sama kakak ane, mau naik k xl7 zeta msh kurang dikit dananya.
Oiya barangkali bisa memberi pencerahan beda ertiga gx dan xl7 zeta? Harga selisih 5juta. Paling gak beda di jok hitam (jok ertiga cream harus d bekled) ring 16, roofrail, dan clading. Gatau kalau fitur keamanannya
XL7 dan r3 gx nik 2020 ke atas sama2 interior hitam, r3 yg interior beige itu tipe gl dan ga sama tipe gx nik 19 dan 18. Bedanya paling XL7 jok nya campuran kulit dan fabric sedangkan r3 full fabric. Tp kl personal preference ane enakan fabricnya r3, lebih halus gitu. XL7 punya fabric motifnya bikin berasa kasar di kulit, dah gitu bagian yg make bahan kulit jangan ente berharap kulitnya kulit bagus macam di s-cross, kalo kata ane kulitnya agak berasa kulit murahan...![]()
Personal preference lagi, kl kata ane desain r3 berasa lebih murni dan lebih berasa itulah desain yg seharusnya gitu. Ane ngerasa r3 lebih well designed aja, jadinya semua lekuk2annya berasa lebih rapih dan segala sesuatu terpasang pada tempatnya. Meanwhile XL7 ane ngerasa macam r3 yg ditempel berbagai macam aksesoris dan clading2an item. Bagus2 aja sih, tapi jadi semakin berasa kalo itu mobil didesain untuk negara berflower gituh yg penuh dengan aksesoris dan tempelan ala pasar malam.![]()
r3 berasa kalah kelas gegara emblem superman nya oom. Konon katanya emblem superman nya itu bikin berasa bawa angkot. Masa emblem superman disejajarkan sama triple elips, triple diamond, dan batumakam sih...Siap om, rencana bsk siang jg mau coba td xl7 juga. Kalau ertiga sering naik termasuk nyaman sih, tapi berasa kalah kelas dr xpander livina rush entah kenapa. Kalau xl7 msh bisa diaejajarkan lah. Dan lagi joknya lebih gelap jadi g pusing kalau kotor (banyak anak kecil)![]()
![]()
![]()
![]()
Btw lipinah el jg ok tuh oom kalo jatohnya selisih lumayan banyak ama r3 ok juga tuh. Lipinah jg enak. Tp kalo beti, kayanya mending r3 sebab nik lebih baru, pengecualian kalo lipinahnya dapet tipe VE apalagi VL.
Sepertinya untuk suzuki saya cenderung ke ertiga gl mt saja harganya udah mepet 200, kalau di banding terios x mt gimana ya? Asumsi dipakai 2-3 jam jalan gelombang khas pantura.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Krn yg pny cm mau ron92. Klo mau pake ron102 sih bole deh sini gw mentokin,... Mslhnya ikhlas gak lmpv dituang pertamina racing?ginting wrote: Mon Mar 15, 2021 12:30XL7 ini salah satu alternative saya kalo mux dijual, dan ingin go low ke LSUV/LMPV..anantairraz wrote: Mon Mar 15, 2021 11:42Kalau yang saya lihat hasil browsing sih beda ring velg dan ban, roofrail, fascia led, dan clading om, sama joknya gelap. Selisihnya antara gx dan zeta g samapai 10jt menurut saya msh worthed. Minusnya zeta dibanding gx baru start stop button. Saya msh cari2 barangkali ada minus lainnyaginting wrote:
saya penasaran ama XL7,..
apakah ini hanya Ertiga yang dikasih popok di spakbor ? atau ada part kaki kaki yang berbeda (reinforced) ?
selain yg secara visual kelihatan yaitu beda bentuk grill / wajah depannya ?
mungkin ada suhu suhu ertiga bisa kasih jawab..
karena secara kabin daleman lega, padahal body gak gede..
dan secara naikan nyaman…transmissi smooth..jok enak..
dan secara mesin, itu mesin 1500 cc sudah ada yg diremap di bebonk garage dapet 120 hp..
which is naek 17 hp sudah lumayan banget..
rasanya dengan body sekecil itu, power to weight ratio sudah baek kalo sudah bisa dapat 120 hp.
colek @b8099ok …kenapa belum bisa sampai 140 hp kayak di Thailand mbah ?
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Fri May 25, 2018 8:18
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: ANT XMT deluxe
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soak
dan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soak

Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
kmrn sempet galau mau livina atau ertiga sport atau xl7
awalnya tertarik livina yg diskon 55 jt.. karna sbelumnya juga sudah pakai nissan dan modelnya livina yg cantik tp setelah test drive ternyata b aja.. tarikannya lelet.. dibawa belok2 yg agak ugal rada kayak kapal soalnya pernya empuk.. tp klo kena jeglokan bantingannya mnurut saya agak keras trutama yg dpn.... dan mobil testdrivenya kaki2 dpnnya rada berisik klo kena lobang2 dan dashboard agak rattle.. odo mobil testdrive baru jln 7000 km
mampir ke suzuki sebelahnya td ertiga dan xl7
beda jauh lbh enak untuk saya yg suka gaya nyetir ugal dan suka ngebut.. mesinnya enak ga lemot untuk ukuran 1.500 cc.. kalo di bawa belok2 ugal juga masih lbh enak, handlingnya enak dan chasisnya jg rasanya lbh enak juga rigid.
kaki2 hajar jalanan jelek dan conblock ga ada bunyi sama sekali.. dan untuk ertiga perasaan lbh empuk dan lbh pas bantingannya untuk saya yah..
expander saya ga test drive .. soalnya yakin bgt sama aja persis kayak livina.. dan diskonnya kecil.
yaudah akhirnya dp lah ertiga sport.. matic
xl7 udah diliat2 tetep gak bisa cerna dan ga gitu sreg dengan designnya exteriornya.
ga dpt ppnbm sih tapi (belinya bulan feb awal) tp dpt disc cukup besar.
untuk sehari2 saya pakai nissan march manual
untuk weekend pakai mazda mx5 nc
kedua mobil ini sangat enak tarikannya dibawa ngebut dan nyetir ugal dan selap selip.
jd percayalah.. ertiga lbh nikmat dibawa dibanding xpander.
xpander hanya menang design exterior yg futuristik dan interior yg lbh kliatannya lbh mewah.. untuk urusan mesin chassis dan handling dan rasa berkendara ertiga lbh baik.
jd ya gak heran knp xpander lbh laku... ya karna kbykan org liat dr luarnya dulu
first impressionnya jujur lbh menarik jauh expander livina drpd ertiga yg b ajah..
oh ia kmrn jd dpt net hrgnya
untuk ertiga sport matic 2020 229.5 jt disc 33 jt
untuk livina ve matic 2019 205 jt disc 55 jt klo ga salah
untuk skrg mungkin ertiga nik 2020 uda abis
dan livina sisa nik 2020 aja
awalnya tertarik livina yg diskon 55 jt.. karna sbelumnya juga sudah pakai nissan dan modelnya livina yg cantik tp setelah test drive ternyata b aja.. tarikannya lelet.. dibawa belok2 yg agak ugal rada kayak kapal soalnya pernya empuk.. tp klo kena jeglokan bantingannya mnurut saya agak keras trutama yg dpn.... dan mobil testdrivenya kaki2 dpnnya rada berisik klo kena lobang2 dan dashboard agak rattle.. odo mobil testdrive baru jln 7000 km
mampir ke suzuki sebelahnya td ertiga dan xl7
beda jauh lbh enak untuk saya yg suka gaya nyetir ugal dan suka ngebut.. mesinnya enak ga lemot untuk ukuran 1.500 cc.. kalo di bawa belok2 ugal juga masih lbh enak, handlingnya enak dan chasisnya jg rasanya lbh enak juga rigid.
kaki2 hajar jalanan jelek dan conblock ga ada bunyi sama sekali.. dan untuk ertiga perasaan lbh empuk dan lbh pas bantingannya untuk saya yah..
expander saya ga test drive .. soalnya yakin bgt sama aja persis kayak livina.. dan diskonnya kecil.
yaudah akhirnya dp lah ertiga sport.. matic
xl7 udah diliat2 tetep gak bisa cerna dan ga gitu sreg dengan designnya exteriornya.
ga dpt ppnbm sih tapi (belinya bulan feb awal) tp dpt disc cukup besar.
untuk sehari2 saya pakai nissan march manual
untuk weekend pakai mazda mx5 nc
kedua mobil ini sangat enak tarikannya dibawa ngebut dan nyetir ugal dan selap selip.
jd percayalah.. ertiga lbh nikmat dibawa dibanding xpander.
xpander hanya menang design exterior yg futuristik dan interior yg lbh kliatannya lbh mewah.. untuk urusan mesin chassis dan handling dan rasa berkendara ertiga lbh baik.
jd ya gak heran knp xpander lbh laku... ya karna kbykan org liat dr luarnya dulu
first impressionnya jujur lbh menarik jauh expander livina drpd ertiga yg b ajah..
oh ia kmrn jd dpt net hrgnya
untuk ertiga sport matic 2020 229.5 jt disc 33 jt
untuk livina ve matic 2019 205 jt disc 55 jt klo ga salah
untuk skrg mungkin ertiga nik 2020 uda abis
dan livina sisa nik 2020 aja
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Wah makasih om revienya, apakah ada pengalaman penumpangnya om? Maksudnya apakah dari sisi penumpang signifikan keluhannya ketika naik terios dibandingkan dengan ertiga?XMTdeluxe wrote:Saya kebetulan punya Terios X MT dan Ertiga GX matic, dua2nya tahun 2018, beda bulan, dan dua2nya sudah 46 ribu ke atas.
Terios bantingannya keras Om. Sudah begitu sempit. Tetapi bagasi lebih luas sedikit karena belakangnya lebih panjang. Terios unggulnya ya di durable nya. Odometer 46xxx km masih terasa hampir gak ada bedanya dengan kondisi pas masih baru. Kaki2nya masih senyap, kalau mesin memang suaranya ya gitu deh, avanza banget...
Dan ground clearance tingginya itu bikin pede. Kalau fortuner bisa lewatin itu banjir, mobil ini juga pasti bisa lewat.
Handlingnya lebih lincah dari ANE, ringan, tipikal utk seradak seruduk di dalam kota. Lebar mobil yg lebih kecil membuat makin pede utk mepet2 di antara kendaraan, atau utk ambil bahu jalan tol.
ANE lebih nyaman, lebih anteng kalau luar kota, meskipun Terios jg sdh tdk limbung di kecepatan tinggi (jalan lurus). Lega, lebih hening karena gak ada suara gardan masuk (punya terios x jauh lebih terdengar suara gardannya drpd rush trd) dan suara mesin lebih halus. Transmisi maticnya halus sekali. Tetapi 1 kekurangan yg sangat fatal dari ANE, ini buat saya terutama: lay out dashboard. Semburan AC yg ditengah selalu mengarah ke dada, tdk perduli kisi AC nya diarahkan ke mana. Gara2nya headunit yang di tengah itu. Sampai2 kisi AC yg ditengah saya tutup pakai busa.
Handling ANE lebih mantap, tdk seringan terios, dan utk dlm kota bawanya lebih capek drpd Terios. Tapi kalau luar kota lebih enak, karena tangan tdk usah capek2 nahan.
ANE saya sekarang sdh 49xxx km, dan dari kaki depan sdh ada suara gluduk2, dan itu muncul sejak odometer 40 ribu kurang sedikit. Aki bawaan di tahun kedua sudah soakdan sudah ganti.
Untuk BBM, pemakaian pertalite jangka panjang di ANE terasa mesin lama2 jadi agak kasar. Akhirnya saya balik lagi pakai pertamax. Terios pemakaian pertalite nggak ada efek jangka panjang, hanya di tarikan mesinnya terasa sekali lemot kalau pakai pertalite. Memang di bukunya ditulis, untuk Terios min. RON 90, di ANE min. RON 91.
Di kecepatan 100 km per jam, Terios RPM nya 3000 (matic manual sama saja) ; ANE RPM nya 2800. Tapi anehnya, ini pengalaman saya ya, kalau dibawa keluar kota dengan kisaran RPM yg sama, misal 3000, lebih irit Terios. Dua2nya sama2 pakai pertamax 92.
Kira-kira begitu pengalaman saya Om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Mon Jul 23, 2018 11:53
- Daily Vehicle: Kijang LGX Diesel 2001
Re: Mobil weekend budget 210 juta ertiga gl/terios x/livina el
Murah banget om, domisili mana ya?adrianwill wrote:kmrn sempet galau mau livina atau ertiga sport atau xl7
awalnya tertarik livina yg diskon 55 jt.. karna sbelumnya juga sudah pakai nissan dan modelnya livina yg cantik tp setelah test drive ternyata b aja.. tarikannya lelet.. dibawa belok2 yg agak ugal rada kayak kapal soalnya pernya empuk.. tp klo kena jeglokan bantingannya mnurut saya agak keras trutama yg dpn.... dan mobil testdrivenya kaki2 dpnnya rada berisik klo kena lobang2 dan dashboard agak rattle.. odo mobil testdrive baru jln 7000 km
mampir ke suzuki sebelahnya td ertiga dan xl7
beda jauh lbh enak untuk saya yg suka gaya nyetir ugal dan suka ngebut.. mesinnya enak ga lemot untuk ukuran 1.500 cc.. kalo di bawa belok2 ugal juga masih lbh enak, handlingnya enak dan chasisnya jg rasanya lbh enak juga rigid.
kaki2 hajar jalanan jelek dan conblock ga ada bunyi sama sekali.. dan untuk ertiga perasaan lbh empuk dan lbh pas bantingannya untuk saya yah..
expander saya ga test drive .. soalnya yakin bgt sama aja persis kayak livina.. dan diskonnya kecil.
yaudah akhirnya dp lah ertiga sport.. matic
xl7 udah diliat2 tetep gak bisa cerna dan ga gitu sreg dengan designnya exteriornya.
ga dpt ppnbm sih tapi (belinya bulan feb awal) tp dpt disc cukup besar.
untuk sehari2 saya pakai nissan march manual
untuk weekend pakai mazda mx5 nc
kedua mobil ini sangat enak tarikannya dibawa ngebut dan nyetir ugal dan selap selip.
jd percayalah.. ertiga lbh nikmat dibawa dibanding xpander.
xpander hanya menang design exterior yg futuristik dan interior yg lbh kliatannya lbh mewah.. untuk urusan mesin chassis dan handling dan rasa berkendara ertiga lbh baik.
jd ya gak heran knp xpander lbh laku... ya karna kbykan org liat dr luarnya dulu
first impressionnya jujur lbh menarik jauh expander livina drpd ertiga yg b ajah..
oh ia kmrn jd dpt net hrgnya
untuk ertiga sport matic 2020 229.5 jt disc 33 jt
untuk livina ve matic 2019 205 jt disc 55 jt klo ga salah
untuk skrg mungkin ertiga nik 2020 uda abis
dan livina sisa nik 2020 aja
Di jatim sepertinya harga ppnbm 11 12 selisih dikit sekali.
Malah lebih mahal dibanding punya om
Ertiga sport at sekarang 236 nik 21
Livina ini yg nyebelin, salesnya masih aja jual mahal, sisa 2019 el matic di 205. Kalau ve sisa 2020 katanya di 240an