ChZ wrote: Thu Feb 04, 2021 7:41
honda freed, sekali pegang mobil ini pemiliknya rata-rata bingung mau ganti apa... wkwkwkwk... toyota sienta ga kebagusan buat gantiin freed soalnya.
saya cerita dikit sbg current sienta user dan bbrp kali pegang honda freed teman...
practicality freed wins by a far margin, apalagi keluaran 2013 penumpang tengah dapet 2 armrest yang artinya tidak bersandar ke Yang Mahakuasa seperti Sienta waktu supirnya ngebut. driving pos jauh lebih baik di honda freed. freed hanya kalah di cara melipat jok belakang yang ini harus diakui dive-in sienta lebih berguna.
ada pengalaman rawatin honda freed temen, minimal yang pasti harus ke bengkel terus itu sekitaran kaki-kaki : link-link, tie rod, long tierod, rack steer, yakin sekali ini part-part yang wajib diganti. jadi be prepared saja.
engine L15A series ga perlu diragukan lagi kekuatannya. dipadu dengan 5 speed auto. powernya? kunci bawa honda freed adalah jangan pelit ngegas. krn ni mobil sebenernya memang honda jazz gembrot, 200kg lebih berat, tapi itu on paper. di kota bakal berasa keberatan juga bawa massa 200 kg lebih berat dari jazz...
tapi di tol, ceritanya beda... baru kliatan kenapa mobil ini layak menyandang logo H tegak... gear ratio dan karakter mesinnya sangat cocok buat pergi ke luar kota ngetol.
biar lebih enak tentu perlu little upgrades macem catless downpipe dan remapping udah dijamin enak sekali... temen saya dulu waktu baru ganti catless downpipe aja sampe 160 km/h kondisi full muatan cepet banget, ane kaget loh nih mobil di dalem kota rasanya pelan tp di tol klo tega bejeknya sih gak ada pelan-pelannya...
mesinnya freed sih jauh lebih enak dan lebih upgrade-able dibanding sienta 2NR...
yg jelas kalo dibandingin sama mobil om TS yg skrg diehasut terios ya power freed lebih superior. bensin ? pegang terios pindah ke freed tidak jauh beda. jadi kita bisa set aside urusan konsumsi BBM lah ya. klo bisa jangan kasi pertalit apalagi premium krn mesin L15A ini lumayan high comp dan cukup sensitif dengan BBM... performanya juga jauh sekali dikasi BBM bagus dan tidak.
kaki kaki bantingan skali lagi kalo bandingannya terios ya freed menang jauh walau tetep aja glodakan. modalin ban proper aja jgn ban dunlop sp2030 bawaannya dan shock absorber yang bagus udah enak.
klo saya selama ada duitnya, selama ada waktunya ngurusin, ya kenapa tidak ? apalagi lihat rutinitas yang tidak terlalu mobile masih bisa lah pelan-pelan ngurusin ngebengkelin nih van honda 1... gak merepotkan sekalinya sudah bagus semua.