Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

impactful wrote: Wed May 19, 2021 12:09 misi suhu suhu dunia per oli an
setelah googling belum juga menemukan pencerahan
oli untuk ANH10 2AZ-FE
kalau cek manual, minimum 5W-30, sedangkan banyak referensi web luar menyarankan 10W-30, ya terlepas perbedaan musim, dan juga sempat ada masalah di Toyota North America mesin yg sama makan oli gara2 salah design piston (atau ring piston?)

mengingat umur kendaraan yang sudah 13 tahun (2008) apakah ada rekomendasi untuk oli mesin sekalian juga mau kuras oli maticnya? merk & budget bebas...
bukan suhu, apalagi per oli an
tp numpang coret2 yah

utk enjin 2AZ-FE yg ada issue makan oli, kl ga salah itu kejadiannya yg pake enjin produksi north america, ama produksi altona (melbourne australi) yg produksi 2008 awal banget and before... kl produksi selaen 2 factory tsb, kayanya aman2 aj

yg di aussie punya malah lebi ke arah cacat baut enjin head yg lama2 bsa melenting atau patah (tp biarpun bgt, ud ribuan taksi camry dsana dgn odo tinggi2 pada gapapa smua)

nah kl soal ring piston, ini cukup common issue buat toyota amrik sana, bukan cuman camry tp beberapa line up mreka jg ad issue ini, krn low tension ring piston mreka yg cenderung kena clogged up residu2 sludge oli... apalagi kl long haul dan pake oli kualitet biasa aj, OCI setaon skali per 10 rebu miles, bukan km... nah ntuh sludge cenderung nempel di low tension ring nya, dan baret deh liner, otomatis makan oli .. trus knapa mreka pake low tension ring tsb, yah biar enjin warm up nya cepet, apalagi pas winter, shg enjin cepet masuk suhu kerja, ga buang2 bensin

solusinya yah rajin2 ganti oli, biar jangan ampe terbentuk sludge di ring pistonnya

jadi yah mo oli 5-30, atau 10-30, kl selama kompresi bagus, yah ga masalah mustinya

kl budget ga masalah, sila ikutin mbah suhu benz89, yg camry XV40 2AZ-FE super mulusnya pake amsoil signature 0-20, ATF nya pun konon jg amsoil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9691
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

jangan coba2 mbah.

yg pasti2 aja.
the legend

Image

klo kurang tinggal tambah lagi 3,5 liter.
jd gak khawatir nguap gak usah cek cek oli.
isi dan hidup tenang seumur hidup mobil :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
impactful wrote: Wed May 19, 2021 12:09 misi suhu suhu dunia per oli an
setelah googling belum juga menemukan pencerahan
oli untuk ANH10 2AZ-FE
kalau cek manual, minimum 5W-30, sedangkan banyak referensi web luar menyarankan 10W-30, ya terlepas perbedaan musim, dan juga sempat ada masalah di Toyota North America mesin yg sama makan oli gara2 salah design piston (atau ring piston?)

mengingat umur kendaraan yang sudah 13 tahun (2008) apakah ada rekomendasi untuk oli mesin sekalian juga mau kuras oli maticnya? merk & budget bebas...
bukan suhu, apalagi per oli an
tp numpang coret2 yah

utk enjin 2AZ-FE yg ada issue makan oli, kl ga salah itu kejadiannya yg pake enjin produksi north america, ama produksi altona (melbourne australi) yg produksi 2008 awal banget and before... kl produksi selaen 2 factory tsb, kayanya aman2 aj

yg di aussie punya malah lebi ke arah cacat baut enjin head yg lama2 bsa melenting atau patah (tp biarpun bgt, ud ribuan taksi camry dsana dgn odo tinggi2 pada gapapa smua)

nah kl soal ring piston, ini cukup common issue buat toyota amrik sana, bukan cuman camry tp beberapa line up mreka jg ad issue ini, krn low tension ring piston mreka yg cenderung kena clogged up residu2 sludge oli... apalagi kl long haul dan pake oli kualitet biasa aj, OCI setaon skali per 10 rebu miles, bukan km... nah ntuh sludge cenderung nempel di low tension ring nya, dan baret deh liner, otomatis makan oli .. trus knapa mreka pake low tension ring tsb, yah biar enjin warm up nya cepet, apalagi pas winter, shg enjin cepet masuk suhu kerja, ga buang2 bensin

solusinya yah rajin2 ganti oli, biar jangan ampe terbentuk sludge di ring pistonnya

jadi yah mo oli 5-30, atau 10-30, kl selama kompresi bagus, yah ga masalah mustinya

kl budget ga masalah, sila ikutin mbah suhu benz89, yg camry XV40 2AZ-FE super mulusnya pake amsoil signature 0-20, ATF nya pun konon jg amsoil
Waduh nama ane disebut2 nih ama mbah Klep...

Note: jgn ikut2in ane yg nubie ini krn aliran murtad dr buku primbon. Kl mau ikut yah resiko tanggung sendiri [emoji16]

2AZ-FE manual book emang mintanya buntut W30, tp kl kakinya gak berat kaya om klep or om kompre yg rpm red line terus, monggo aja kl mau icip2 buntut W20.

Tes aja ada penguapan berlebihan gak? Suara mesin halus gak? Kl dirasa aman2 aja yah lanjut aja om. Btw 2AZ-FE ane taon 2012 CBU Thai, gak ngerti deh kl yg taon 2008 punya gimana, hrs nya sih sama aja yah.

Odo ane jg baru 28 rebu perak jd mngkn msh pd rapet wangi itu jeroan mesinnya & gak masalah nelen 0W-20. Kl sdh biasa pakai buntut W20 biasanya sdh males balik W30, better coba2 aja dulu, gak cocok yah tinggal buang olinya.

Kl bs sih pakai buntut W20 yg keraton, lebih tenang aja krn emang bukan kaleng2 sih olinya... ada harga, ada rupa jg di perlendiran. W20 enak buat stop & go serta crusing santuy, mesin enteng, bbm lbh hemat. API SP sdh lbh kentel dikit visconya hrs nya sih lbh aman lg buat yg odo nya sdh tinggi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed May 19, 2021 13:41 jangan coba2 mbah.

yg pasti2 aja.
the legend

Image

klo kurang tinggal tambah lagi 3,5 liter.
jd gak khawatir nguap gak usah cek cek oli.
isi dan hidup tenang seumur hidup mobil :ngacir:
DGO, the name you can trust :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 13:44
DOHC wrote:
impactful wrote: Wed May 19, 2021 12:09 misi suhu suhu dunia per oli an
setelah googling belum juga menemukan pencerahan
oli untuk ANH10 2AZ-FE
kalau cek manual, minimum 5W-30, sedangkan banyak referensi web luar menyarankan 10W-30, ya terlepas perbedaan musim, dan juga sempat ada masalah di Toyota North America mesin yg sama makan oli gara2 salah design piston (atau ring piston?)

mengingat umur kendaraan yang sudah 13 tahun (2008) apakah ada rekomendasi untuk oli mesin sekalian juga mau kuras oli maticnya? merk & budget bebas...
bukan suhu, apalagi per oli an
tp numpang coret2 yah

utk enjin 2AZ-FE yg ada issue makan oli, kl ga salah itu kejadiannya yg pake enjin produksi north america, ama produksi altona (melbourne australi) yg produksi 2008 awal banget and before... kl produksi selaen 2 factory tsb, kayanya aman2 aj

yg di aussie punya malah lebi ke arah cacat baut enjin head yg lama2 bsa melenting atau patah (tp biarpun bgt, ud ribuan taksi camry dsana dgn odo tinggi2 pada gapapa smua)

nah kl soal ring piston, ini cukup common issue buat toyota amrik sana, bukan cuman camry tp beberapa line up mreka jg ad issue ini, krn low tension ring piston mreka yg cenderung kena clogged up residu2 sludge oli... apalagi kl long haul dan pake oli kualitet biasa aj, OCI setaon skali per 10 rebu miles, bukan km... nah ntuh sludge cenderung nempel di low tension ring nya, dan baret deh liner, otomatis makan oli .. trus knapa mreka pake low tension ring tsb, yah biar enjin warm up nya cepet, apalagi pas winter, shg enjin cepet masuk suhu kerja, ga buang2 bensin

solusinya yah rajin2 ganti oli, biar jangan ampe terbentuk sludge di ring pistonnya

jadi yah mo oli 5-30, atau 10-30, kl selama kompresi bagus, yah ga masalah mustinya

kl budget ga masalah, sila ikutin mbah suhu benz89, yg camry XV40 2AZ-FE super mulusnya pake amsoil signature 0-20, ATF nya pun konon jg amsoil
Waduh nama ane disebut2 nih ama mbah Klep...

Note: jgn ikut2in ane yg nubie ini krn aliran murtad dr buku primbon. Kl mau ikut yah resiko tanggung sendiri [emoji16]

2AZ-FE manual book emang mintanya buntut W30, tp kl kakinya gak berat kaya om klep or om kompre yg rpm red line terus, monggo aja kl mau icip2 buntut W20.

Tes aja ada penguapan berlebihan gak? Suara mesin halus gak? Kl dirasa aman2 aja yah lanjut aja om. Btw 2AZ-FE ane taon 2012 CBU Thai, gak ngerti deh kl yg taon 2008 punya gimana, hrs nya sih sama aja yah.

Odo ane jg baru 28 rebu perak jd mngkn msh pd rapet wangi itu jeroan mesinnya & gak masalah nelen 0W-20. Kl sdh biasa pakai buntut W20 biasanya sdh males balik W30, better coba2 aja dulu, gak cocok yah tinggal buang olinya.

Kl bs sih pakai buntut W20 yg keraton, lebih tenang aja krn emang bukan kaleng2 sih olinya... ada harga, ada rupa jg di perlendiran. W20 enak buat stop & go serta crusing santuy, mesin enteng, bbm lbh hemat. API SP sdh lbh kentel dikit visconya hrs nya sih lbh aman lg buat yg odo nya sdh tinggi.
28 rebu ?? sini kasi saya pinjem 6 bulan... nanti pas saya kembaliin, pas deh jadwal servis kuras atf ama radiator coolant
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by adiyamake »

om PTT evo eco kok naiknya banyak yaak di tokopedia dari 255 untuk 3 liter terus 4 liter bisa 500 ribuan yak?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

adiyamake wrote: Wed May 19, 2021 14:20 om PTT evo eco kok naiknya banyak yaak di tokopedia dari 255 untuk 3 liter terus 4 liter bisa 500 ribuan yak?
ptt supersyn 0w20 non eco kali itu yg 500rban...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed May 19, 2021 14:03
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 13:44

Odo ane jg baru 28 rebu perak jd mngkn msh pd rapet wangi itu jeroan mesinnya & gak masalah nelen 0W-20. Kl sdh biasa pakai buntut W20 biasanya sdh males balik W30, better coba2 aja dulu, gak cocok yah tinggal buang olinya.

Kl bs sih pakai buntut W20 yg keraton, lebih tenang aja krn emang bukan kaleng2 sih olinya... ada harga, ada rupa jg di perlendiran. W20 enak buat stop & go serta crusing santuy, mesin enteng, bbm lbh hemat. API SP sdh lbh kentel dikit visconya hrs nya sih lbh aman lg buat yg odo nya sdh tinggi.
28 rebu ?? sini kasi saya pinjem 6 bulan... nanti pas saya kembaliin, pas deh jadwal servis kuras atf ama radiator coolant
:mky_03:

bisa langsung ga mau diterima lagi tuh xv40, geli katanya liat odo gondrong. dihibahin ke jij trus beli lagi kemri baru xv70 buat jd garage queen lagi.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

impactful wrote: Wed May 19, 2021 12:09 misi suhu suhu dunia per oli an
setelah googling belum juga menemukan pencerahan
oli untuk ANH10 2AZ-FE
kalau cek manual, minimum 5W-30, sedangkan banyak referensi web luar menyarankan 10W-30, ya terlepas perbedaan musim, dan juga sempat ada masalah di Toyota North America mesin yg sama makan oli gara2 salah design piston (atau ring piston?)

mengingat umur kendaraan yang sudah 13 tahun (2008) apakah ada rekomendasi untuk oli mesin sekalian juga mau kuras oli maticnya? merk & budget bebas...
amsoil signature 5w30 + ATF TMO WS... paling sip pengalaman ane di kemri XV40...


TMO WS dah enak, liat bbrp PDS kek totachi ato exxon ATF WS punya KV paling encer dibanding ATF ATF general yg meet ATF WS juga...

Ini pas pake Amsoil XL 10w30 (V100 10,9) + baru kuras ATF TMO WS di cakra..
Screenshot_2021-05-19-21-39-28.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
adiyamake
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Tue Aug 19, 2014 14:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by adiyamake »

rendr wrote: Wed May 19, 2021 14:29
adiyamake wrote: Wed May 19, 2021 14:20 om PTT evo eco kok naiknya banyak yaak di tokopedia dari 255 untuk 3 liter terus 4 liter bisa 500 ribuan yak?
ptt supersyn 0w20 non eco kali itu yg 500rban...
itu dia, berarti non eco yak yang 4 liter kalo eco 3 liter doang....alamat beli ketengan seliter eco ini buat ignis
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by impactful »

DOHC wrote: Wed May 19, 2021 12:44
bukan suhu, apalagi per oli an
tp numpang coret2 yah

utk enjin 2AZ-FE yg ada issue makan oli, kl ga salah itu kejadiannya yg pake enjin produksi north america, ama produksi altona (melbourne australi) yg produksi 2008 awal banget and before... kl produksi selaen 2 factory tsb, kayanya aman2 aj

yg di aussie punya malah lebi ke arah cacat baut enjin head yg lama2 bsa melenting atau patah (tp biarpun bgt, ud ribuan taksi camry dsana dgn odo tinggi2 pada gapapa smua)

nah kl soal ring piston, ini cukup common issue buat toyota amrik sana, bukan cuman camry tp beberapa line up mreka jg ad issue ini, krn low tension ring piston mreka yg cenderung kena clogged up residu2 sludge oli... apalagi kl long haul dan pake oli kualitet biasa aj, OCI setaon skali per 10 rebu miles, bukan km... nah ntuh sludge cenderung nempel di low tension ring nya, dan baret deh liner, otomatis makan oli .. trus knapa mreka pake low tension ring tsb, yah biar enjin warm up nya cepet, apalagi pas winter, shg enjin cepet masuk suhu kerja, ga buang2 bensin

solusinya yah rajin2 ganti oli, biar jangan ampe terbentuk sludge di ring pistonnya

jadi yah mo oli 5-30, atau 10-30, kl selama kompresi bagus, yah ga masalah mustinya

kl budget ga masalah, sila ikutin mbah suhu benz89, yg camry XV40 2AZ-FE super mulusnya pake amsoil signature 0-20, ATF nya pun konon jg amsoil
wah sangat mencerahkan mbah kelep...hatur nuhun...
jawabnya ngaku bukan suhu tapi berasa kaya dibukain primbon di depan kemenyan... merinding bacanya...
:big_blushing:
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 13:44 Waduh nama ane disebut2 nih ama mbah Klep...

Note: jgn ikut2in ane yg nubie ini krn aliran murtad dr buku primbon. Kl mau ikut yah resiko tanggung sendiri [emoji16]

2AZ-FE manual book emang mintanya buntut W30, tp kl kakinya gak berat kaya om klep or om kompre yg rpm red line terus, monggo aja kl mau icip2 buntut W20.

Tes aja ada penguapan berlebihan gak? Suara mesin halus gak? Kl dirasa aman2 aja yah lanjut aja om. Btw 2AZ-FE ane taon 2012 CBU Thai, gak ngerti deh kl yg taon 2008 punya gimana, hrs nya sih sama aja yah.

Odo ane jg baru 28 rebu perak jd mngkn msh pd rapet wangi itu jeroan mesinnya & gak masalah nelen 0W-20. Kl sdh biasa pakai buntut W20 biasanya sdh males balik W30, better coba2 aja dulu, gak cocok yah tinggal buang olinya.

Kl bs sih pakai buntut W20 yg keraton, lebih tenang aja krn emang bukan kaleng2 sih olinya... ada harga, ada rupa jg di perlendiran. W20 enak buat stop & go serta crusing santuy, mesin enteng, bbm lbh hemat. API SP sdh lbh kentel dikit visconya hrs nya sih lbh aman lg buat yg odo nya sdh tinggi.
saya awal mula ketagihan buntut 20 itu waktu pake punya mitsubishi, karimun saya cekok in itu dan beneran emang waktu balik ke buntut 30 malesin banget... fuel cons juga jauh lebih baik waktu pake buntut 20...

ANH10 2008 (shipped from Japan Dec 2007) sekarang clocked 89.000 km, enjin still smooth

yg deket dari lebak bulus mana ya yg rekomen buat ganti cairan all in baik oli mesin sama oli matic? Toda radio dalam?
rendr wrote: Wed May 19, 2021 14:35
TMO WS dah enak, liat bbrp PDS kek totachi ato exxon ATF WS punya KV paling encer dibanding ATF ATF general yg meet ATF WS juga...

Ini pas pake Amsoil XL 10w30 (V100 10,9) + baru kuras ATF TMO WS di cakra..
TMO WS ya om... ok ane masukin di option list
thank you rekomendasinya... :big_deal:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

impactful wrote: Wed May 19, 2021 15:28
DOHC wrote: Wed May 19, 2021 12:44
bukan suhu, apalagi per oli an
tp numpang coret2 yah

utk enjin 2AZ-FE yg ada issue makan oli, kl ga salah itu kejadiannya yg pake enjin produksi north america, ama produksi altona (melbourne australi) yg produksi 2008 awal banget and before... kl produksi selaen 2 factory tsb, kayanya aman2 aj

yg di aussie punya malah lebi ke arah cacat baut enjin head yg lama2 bsa melenting atau patah (tp biarpun bgt, ud ribuan taksi camry dsana dgn odo tinggi2 pada gapapa smua)

nah kl soal ring piston, ini cukup common issue buat toyota amrik sana, bukan cuman camry tp beberapa line up mreka jg ad issue ini, krn low tension ring piston mreka yg cenderung kena clogged up residu2 sludge oli... apalagi kl long haul dan pake oli kualitet biasa aj, OCI setaon skali per 10 rebu miles, bukan km... nah ntuh sludge cenderung nempel di low tension ring nya, dan baret deh liner, otomatis makan oli .. trus knapa mreka pake low tension ring tsb, yah biar enjin warm up nya cepet, apalagi pas winter, shg enjin cepet masuk suhu kerja, ga buang2 bensin

solusinya yah rajin2 ganti oli, biar jangan ampe terbentuk sludge di ring pistonnya

jadi yah mo oli 5-30, atau 10-30, kl selama kompresi bagus, yah ga masalah mustinya

kl budget ga masalah, sila ikutin mbah suhu benz89, yg camry XV40 2AZ-FE super mulusnya pake amsoil signature 0-20, ATF nya pun konon jg amsoil
wah sangat mencerahkan mbah kelep...hatur nuhun...
jawabnya ngaku bukan suhu tapi berasa kaya dibukain primbon di depan kemenyan... merinding bacanya...
:big_blushing:
benzz89 wrote: Wed May 19, 2021 13:44 Waduh nama ane disebut2 nih ama mbah Klep...

Note: jgn ikut2in ane yg nubie ini krn aliran murtad dr buku primbon. Kl mau ikut yah resiko tanggung sendiri [emoji16]

2AZ-FE manual book emang mintanya buntut W30, tp kl kakinya gak berat kaya om klep or om kompre yg rpm red line terus, monggo aja kl mau icip2 buntut W20.

Tes aja ada penguapan berlebihan gak? Suara mesin halus gak? Kl dirasa aman2 aja yah lanjut aja om. Btw 2AZ-FE ane taon 2012 CBU Thai, gak ngerti deh kl yg taon 2008 punya gimana, hrs nya sih sama aja yah.

Odo ane jg baru 28 rebu perak jd mngkn msh pd rapet wangi itu jeroan mesinnya & gak masalah nelen 0W-20. Kl sdh biasa pakai buntut W20 biasanya sdh males balik W30, better coba2 aja dulu, gak cocok yah tinggal buang olinya.

Kl bs sih pakai buntut W20 yg keraton, lebih tenang aja krn emang bukan kaleng2 sih olinya... ada harga, ada rupa jg di perlendiran. W20 enak buat stop & go serta crusing santuy, mesin enteng, bbm lbh hemat. API SP sdh lbh kentel dikit visconya hrs nya sih lbh aman lg buat yg odo nya sdh tinggi.
saya awal mula ketagihan buntut 20 itu waktu pake punya mitsubishi, karimun saya cekok in itu dan beneran emang waktu balik ke buntut 30 malesin banget... fuel cons juga jauh lebih baik waktu pake buntut 20...

ANH10 2008 (shipped from Japan Dec 2007) sekarang clocked 89.000 km, enjin still smooth

yg deket dari lebak bulus mana ya yg rekomen buat ganti cairan all in baik oli mesin sama oli matic? Toda radio dalam?
rendr wrote: Wed May 19, 2021 14:35
TMO WS dah enak, liat bbrp PDS kek totachi ato exxon ATF WS punya KV paling encer dibanding ATF ATF general yg meet ATF WS juga...

Ini pas pake Amsoil XL 10w30 (V100 10,9) + baru kuras ATF TMO WS di cakra..
TMO WS ya om... ok ane masukin di option list
thank you rekomendasinya... :big_deal:
Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

adiyamake wrote: Wed May 19, 2021 15:09
rendr wrote: Wed May 19, 2021 14:29
adiyamake wrote: Wed May 19, 2021 14:20 om PTT evo eco kok naiknya banyak yaak di tokopedia dari 255 untuk 3 liter terus 4 liter bisa 500 ribuan yak?
ptt supersyn 0w20 non eco kali itu yg 500rban...
itu dia, berarti non eco yak yang 4 liter kalo eco 3 liter doang....alamat beli ketengan seliter eco ini buat ignis
Ah betul sekali... Ignis 3,5 liter ya? DGO ada tuh pas 3,5 liter wkwkwkwk
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by impactful »

Suryaputra wrote: Wed May 19, 2021 13:41 jangan coba2 mbah.

yg pasti2 aja.
the legend

Image

klo kurang tinggal tambah lagi 3,5 liter.
jd gak khawatir nguap gak usah cek cek oli.
isi dan hidup tenang seumur hidup mobil :ngacir:
eerrrrmmmm... ini sebenernya oli lagi di bashing... atau memang underrated ya? :big_think:
rendr wrote: Wed May 19, 2021 15:57
Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
siap om... terimakasih koreksinya... :big_deal:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9691
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

impactful wrote: Thu May 20, 2021 0:26
Suryaputra wrote: Wed May 19, 2021 13:41 jangan coba2 mbah.

yg pasti2 aja.
the legend

Image

klo kurang tinggal tambah lagi 3,5 liter.
jd gak khawatir nguap gak usah cek cek oli.
isi dan hidup tenang seumur hidup mobil :ngacir:
eerrrrmmmm... ini sebenernya oli lagi di bashing... atau memang underrated ya? :big_think:
rendr wrote: Wed May 19, 2021 15:57
Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
siap om... terimakasih koreksinya... :big_deal:
harga super menarik dr official store pula.
layak dicoba om :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Suryaputra wrote: Thu May 20, 2021 1:27
impactful wrote: Thu May 20, 2021 0:26
Suryaputra wrote: Wed May 19, 2021 13:41 jangan coba2 mbah.

yg pasti2 aja.
the legend

Image

klo kurang tinggal tambah lagi 3,5 liter.
jd gak khawatir nguap gak usah cek cek oli.
isi dan hidup tenang seumur hidup mobil :ngacir:
eerrrrmmmm... ini sebenernya oli lagi di bashing... atau memang underrated ya? :big_think:
rendr wrote: Wed May 19, 2021 15:57
Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
siap om... terimakasih koreksinya... :big_deal:
harga super menarik dr official store pula.
layak dicoba om :big_biglaugh:
Masih mahal tuh, coba cek di Bl*bli, lebih mantep lagi harganya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

impactful wrote: Wed May 19, 2021 15:28

ANH10 2008 (shipped from Japan Dec 2007) sekarang clocked 89.000 km, enjin still smooth

Astaga, ta kira yg import thai punya

Ternjata malah yg import nihon punya

Ini mah top of the top om

Udaa, kl ga ad nguap lebih, kompresi masi bagus mah, sikattt oli buntut 30.. kasi oli yg bagus, trus OCI jgn tralu lama kaya tipikal bule mamarika sana, pelit dan males mreka

2AZ-FE itu diluar issue minor baut enjin head ama ring piston, tuh enjin super robust loh.. didisain buat sparring lawan K24 honda
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

rendr wrote: Wed May 19, 2021 15:57 Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
4ATnya alpat gen 1 bener masih T-IV ya om ATFnya? Soalnya yaris bakpao sama2 4sp tapi ATF WS speknya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9691
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Thu May 20, 2021 1:37
Suryaputra wrote: Thu May 20, 2021 1:27
impactful wrote: Thu May 20, 2021 0:26

eerrrrmmmm... ini sebenernya oli lagi di bashing... atau memang underrated ya? :big_think:



siap om... terimakasih koreksinya... :big_deal:
harga super menarik dr official store pula.
layak dicoba om :big_biglaugh:
Masih mahal tuh, coba cek di Bl*bli, lebih mantep lagi harganya.
163rb an :big_biglaugh:
sades om.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by impactful »

Suryaputra wrote: Thu May 20, 2021 2:33
163rb an :big_biglaugh:
sades om.
saya dapat 135 rb, pesan 2 (jadi dapat 7L)
free ongkir, masih diskon kupon, total bayar
jadi cuma 256.500
per liter cuma 36 ribuan...
gile memang bli2...
*bukan sales bli2... :big_peace:
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

erwinign wrote: Thu May 20, 2021 2:06
rendr wrote: Wed May 19, 2021 15:57 Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
4ATnya alpat gen 1 bener masih T-IV ya om ATFnya? Soalnya yaris bakpao sama2 4sp tapi ATF WS speknya
iyap ANH10 ATF T-IV om...

i see.. yaris bapao 4sp tp udh minta ATF LV berarti..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

rendr wrote: Thu May 20, 2021 3:01
erwinign wrote: Thu May 20, 2021 2:06
rendr wrote: Wed May 19, 2021 15:57 Eeehhhhh sorrryyyy salah2.. ANH10 yak... Ane siwer liatnya 2AZ nya ajaaa...


ANH10 msh 4AT ya.. pake 1A om.. sorry2.. bisa pake PTT 1A / Valvoline maxlife ATF..
4ATnya alpat gen 1 bener masih T-IV ya om ATFnya? Soalnya yaris bakpao sama2 4sp tapi ATF WS speknya
iyap ANH10 ATF T-IV om...

i see.. yaris bapao 4sp tp udh minta ATF LV berarti..
Kayanya toyota skrg atf maen sapu jagat atf WS om

Agya saya aj disuru nya pake WS, padahal masi 4 speed jaman baheula, anehnya kl di terios, ayla, ga ad tu Ws Ws an
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

DOHC wrote: Thu May 20, 2021 3:34
rendr wrote: Thu May 20, 2021 3:01
erwinign wrote: Thu May 20, 2021 2:06

4ATnya alpat gen 1 bener masih T-IV ya om ATFnya? Soalnya yaris bakpao sama2 4sp tapi ATF WS speknya
iyap ANH10 ATF T-IV om...

i see.. yaris bapao 4sp tp udh minta ATF LV berarti..
Kayanya toyota skrg atf maen sapu jagat atf WS om

Agya saya aj disuru nya pake WS, padahal masi 4 speed jaman baheula, anehnya kl di terios, ayla, ga ad tu Ws Ws an
i see.... manual book minta WS?

daihatsu jg gapunya ATF WS kan?

main pukul rata gini seru juga ya wkwkkwkwkwkw

kalo ada yg rusak antara dibilang produknya cacat produksi, customer kurang edukasi...


:ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

rendr wrote: Thu May 20, 2021 3:57
DOHC wrote: Thu May 20, 2021 3:34
rendr wrote: Thu May 20, 2021 3:01

iyap ANH10 ATF T-IV om...

i see.. yaris bapao 4sp tp udh minta ATF LV berarti..
Kayanya toyota skrg atf maen sapu jagat atf WS om

Agya saya aj disuru nya pake WS, padahal masi 4 speed jaman baheula, anehnya kl di terios, ayla, ga ad tu Ws Ws an
i see.... manual book minta WS?

daihatsu jg gapunya ATF WS kan?

main pukul rata gini seru juga ya wkwkkwkwkwkw

kalo ada yg rusak antara dibilang produknya cacat produksi, customer kurang edukasi...


:ngacir:
Dayatsu maennya pake embel2 alumix2 sekian oom kl ndak ya dex 3. Heran kenapa toyota berani state ATF WS di produk ADM versi TAM
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

rendr wrote: Thu May 20, 2021 3:57
DOHC wrote: Thu May 20, 2021 3:34
rendr wrote: Thu May 20, 2021 3:01

iyap ANH10 ATF T-IV om...

i see.. yaris bapao 4sp tp udh minta ATF LV berarti..
Kayanya toyota skrg atf maen sapu jagat atf WS om

Agya saya aj disuru nya pake WS, padahal masi 4 speed jaman baheula, anehnya kl di terios, ayla, ga ad tu Ws Ws an
i see.... manual book minta WS?

daihatsu jg gapunya ATF WS kan?

main pukul rata gini seru juga ya wkwkkwkwkwkw

kalo ada yg rusak antara dibilang produknya cacat produksi, customer kurang edukasi...


:ngacir:
Mungkin biar resing om

Atf encer = less friction = more ngacir

Btw, jgnkan atf

Oli2 gardan tundra di mamarika aj suruhnya pake buntut 80 atau 85... gilee, truck gt dsuru pake gardan encer
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5707
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

impactful wrote: Thu May 20, 2021 2:56
Suryaputra wrote: Thu May 20, 2021 2:33
163rb an :big_biglaugh:
sades om.
saya dapat 135 rb, pesan 2 (jadi dapat 7L)
free ongkir, masih diskon kupon, total bayar
jadi cuma 256.500
per liter cuma 36 ribuan...
gile memang bli2...
*bukan sales bli2... :big_peace:
Daripada bingung oli keraton dll, atau milih mending oli ini itu.

Mending beli ini aja, ganti 5rb / 6 bulan sekalian filter oli harusnya aman aja.

Daripada oli mahal ganti 8/9rb sekali kalau menurut ane.