bukan suhu, apalagi per oli animpactful wrote: Wed May 19, 2021 12:09 misi suhu suhu dunia per oli an
setelah googling belum juga menemukan pencerahan
oli untuk ANH10 2AZ-FE
kalau cek manual, minimum 5W-30, sedangkan banyak referensi web luar menyarankan 10W-30, ya terlepas perbedaan musim, dan juga sempat ada masalah di Toyota North America mesin yg sama makan oli gara2 salah design piston (atau ring piston?)
mengingat umur kendaraan yang sudah 13 tahun (2008) apakah ada rekomendasi untuk oli mesin sekalian juga mau kuras oli maticnya? merk & budget bebas...
tp numpang coret2 yah
utk enjin 2AZ-FE yg ada issue makan oli, kl ga salah itu kejadiannya yg pake enjin produksi north america, ama produksi altona (melbourne australi) yg produksi 2008 awal banget and before... kl produksi selaen 2 factory tsb, kayanya aman2 aj
yg di aussie punya malah lebi ke arah cacat baut enjin head yg lama2 bsa melenting atau patah (tp biarpun bgt, ud ribuan taksi camry dsana dgn odo tinggi2 pada gapapa smua)
nah kl soal ring piston, ini cukup common issue buat toyota amrik sana, bukan cuman camry tp beberapa line up mreka jg ad issue ini, krn low tension ring piston mreka yg cenderung kena clogged up residu2 sludge oli... apalagi kl long haul dan pake oli kualitet biasa aj, OCI setaon skali per 10 rebu miles, bukan km... nah ntuh sludge cenderung nempel di low tension ring nya, dan baret deh liner, otomatis makan oli .. trus knapa mreka pake low tension ring tsb, yah biar enjin warm up nya cepet, apalagi pas winter, shg enjin cepet masuk suhu kerja, ga buang2 bensin
solusinya yah rajin2 ganti oli, biar jangan ampe terbentuk sludge di ring pistonnya
jadi yah mo oli 5-30, atau 10-30, kl selama kompresi bagus, yah ga masalah mustinya
kl budget ga masalah, sila ikutin mbah suhu benz89, yg camry XV40 2AZ-FE super mulusnya pake amsoil signature 0-20, ATF nya pun konon jg amsoil