As subject
ganti kipas Compressor pake yg 11 bilah (Aluminium Billet) di Turbo CT16 - 2KD non VNT
beginilah proses pembongkaran kipas setandard
Cartridge dilepas dari rumah Turbin & tutup rumah kompressor dilepas
Penting sebelum kipas dilepas, titik balans di kipas Turbo di tandain in dulu, jadi kipas baru nanti gak boleh asal pasang
Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Turboman on Sun Sep 13, 2020 5:32, edited 5 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Setelah Cartridge Turbo dibersihkan, pemasangan kipas baru dgn bantuan heat gun
Coakan pada sisi belakang kipas = titik Balans nya
Coakan pada sisi belakang kipas = titik Balans nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Pasang tutup rumah Compressor dgn diberikan sealant High Temp - non hardening
Tuang oli ke lubang oli di Turbo utk pastikan shaft terlumasi
Turbo dipasang
(Perbandingan kipas std vs 11 bilah)
Tuang oli ke lubang oli di Turbo utk pastikan shaft terlumasi
Turbo dipasang
(Perbandingan kipas std vs 11 bilah)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 474
- Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
- Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
Daily : 78KW 2NR-VE CVT or Bus TJ+Comuterline
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
Weekend : 150kW M271DE 7AT
Occasional : 75kW 1.6BGU MT | 89kW 1ZZ-FE MT | 132kW K24Z 5AT
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Benar idenya balance ulang, dan balans nya High Speed - HSR machinegadjahalphien wrote:Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
masalahnya di Indo gak ada yg punya mesin tsb, yg banyak = low speed Balans yg under 10.000 RPM
makanya ini masi dalam pengamatan, gimana long term nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Apr 17, 2021 11:45
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Etios valco
Re: Sharing pengamatan ganti kipas Turbo (Compressor)
Permisi om turboman, semoga sehat selalu, gimana nih om, sudah 2 tahun kondisi upgrade billetnya saja, apakah oke? Dan boost brp bar daily? Rasanya gimana om?Turboman wrote: Sun Sep 13, 2020 7:11Benar idenya balance ulang, dan balans nya High Speed - HSR machinegadjahalphien wrote:Thread yg menarik om.
Yang menggelitik saya adalah, mengapa yang di ganti hanya impeller sja, bukan unit turbocharger utuh?
Kalo boleh berkomentar sisi technical :
CMIIW ya om Turboman
Berbicara ttg impeller (kipas), baik pompa centrifugal & turbo compressor.
Ada beberapa point penting ketika proses reinstall.
1. gap antara impeller dan volute
Gap dg impeller replacement harus sama dg impeller yg ori, terutama sisi out fluida. kalo ada gap 0.1 mm pun pasti drop efficiency nya.
2. kondisi volute itu sendiri, masih halus atau sudah bopeng.
Nah ini ujung-ujungnya drop efficiency lagi.
Kalo urusan titik balancing
Melihat om ganti impeller sisi fresh air (foto ke 2 post 1), idealnya membutuhkan rebalancing ulang bareng dg impeller sisi exhaust.
Terlepas titik balance sudah di lakukan, tapi jika berbicara ttg balancing. Balancing tidak sekedar titik/lokasi tapi berhubungan jg dengan berat komponen.
Apalagi komponen penggantinya dibuat menggunakan proses 5d axis milling vs original (sepertinya casting, tidak ada grid/alur2 khas milling), bisa jadi ada perbedaan berat, meski itu hanya 1gr saja.
Nah om pasang tanpa Final balancing ulang, ujung2nya mah justru kedua impeller (fresh side dan exhaust side) bakal touching dg volute nya. Mengingat impeller turbo pasti berputar di atas 10.000 rpm.
CMIIW ya om.
masalahnya di Indo gak ada yg punya mesin tsb, yg banyak = low speed Balans yg under 10.000 RPM
makanya ini masi dalam pengamatan, gimana long term nya