Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

mboisker wrote: Sat Dec 12, 2020 4:46
erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 10:56
mboisker wrote: Fri Dec 11, 2020 8:42

budget 1,5-2jt aja om
oh iya saya pake glory 560
Search aja di tokped om kl harga dan availability, mestinya di malang ada
Ok om makasih ya.
Budget 1,5 rata rata di sini menyarankan dueler 687. Apa itu sudah ok ya?
Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by kunaskun »

erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.
halleyxing
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Jun 24, 2020 3:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet Spin

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by halleyxing »

fl4b1e wrote: Fri Dec 11, 2020 17:09
halleyxing wrote:Tanya donk suhu-suhu semua

Mobil saya Chevrolet Spin 2013 AT. Rencananya mau ganti 4 ban karena ban depan dah pecah. Biar sekalian ganti semua. Tanya donk.

1. Rekomendasi ban yang senyap dan awet apa y? Mobil jarang keluar. Paling sabtu minggu doank dan jarak deket. Lebih cari ke awetnya saat posisi diam sih.

2. Ukuran ban aslinya 195/65 R15. Apakah ada yang punya pengalaman ganti ke ukuran kah?

3. Rekomendasi tempat beli ban sekitaran Tangerang dan Jakarta Barat di mana y?

Terima kasih sebelumnya
Kalau setaun saya ban bawaan spin yg GT radial Champiro Eco rada lebih keras dan sedikit kurang geip pas basah. Oleh sebab itu saya ganti Dunlop LM704. Bannya lebih empuk, sedikit lebih senyap dan lebih menggigit dibanding GT Radial. Kalau gak salah di awal tahun saya dapat 640 ribu per ban tuk 195/65 R15 saya. Namun krn tengah tahun melucur LM 705, saya kurang tahu harganya berapa. Pas itu ambil di Century Ban Kebon Jeruk sih.

Tuk mobil saya yg lain awalnya saya pakai goodyear Assurance duraplus. Wat better than Dunlop sp bawaan March. Jauh lebih menggigit. Tahun ini ganti ke Hankook kynergy eco, rasanya ban ini jauh lebih empuk, masih tetep ok gripnya dibanding goodyear. Dapetnya di 550 ribu tengah tahun ini. Ukuran 185/65 r15
Saat ini yang terpasang achilles 122 dengan ukuran standar. Tapi kok kayaknya gampang botak dan retak. Makanya mau coba cari referensi merek lain.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Sat Dec 12, 2020 13:41
erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.
rushter itu kayanya emg awet urusan ban mbah

body kaleng enteng tp dipakein ban kelas SUV

laen crita di inofa ribon, body seberat fortuner tp dipakein ban kelas lcgc.. insinyur nya mabok ciu campur sake waktu ngasi tu ban
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

kunaskun wrote: Sat Dec 12, 2020 13:41
erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.
Kl dah nyoba 470, pake 687 serasa empuk banget dan lebih silent om :big_biglaugh:
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by aldittodi »

erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 16:19
aldittodi wrote: Fri Dec 11, 2020 16:03
erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 8:02

Saya ksh review slh satunya ya om, saya pake potenza RE003 di ertiga (215 45 17) baru 2 minggu lalu ganti. Noise sih mulai agak dengung tapi minim, ngga separah dueler 470. ngepot2 dikit dalkot mantep banget, salip2 jg pede, belok biasa juga predictable sekali. Wet grip dry grip SIP sama buat ukuran performance sih nggak keras2 amat macem duo AA. Gara2 ban ini dipasang di ertiga jadi kerasa lincah dan ga mageran spt ertiga kebanyakan.

Kebetulan saya pasang pake velg 17x8

Jika dibanding dengan SX2 jauh lebih nyaman RE003nya ya?
Belum pernah coba SX2 oom, ini ban tipe performance kedua saya hehehehe. Dulu pake potenza RE080 di yaris bakpao. Kl sama2 potenza si yg RE003 lbh truly performace tyre dibanding pny yaris. Kl dr ekspektasi sy soal ban performance yg keras si smntr ini ga terjadi di RE003 om, masih keitung empuk buat saya, walaupun ttp lebih keras dibanding RE080.

SX2 tuh takutnya penyakit tipikal gajah tunggal om, cepet boncel2 di tapaknya.

Kl emang mau pake lama sih merem bridgestone saya om, minimal BS lebih pro sama karakter jalan indonesia (RE003 udah buatan lokal btw). Kl neken budget yg saya liat si SX2 ya oke kok om, banyak anak mobil yg pake itu jg plus tampilannya ga kalah mantep sama RE003/fleva (sidewall ngotak)
Wah bisa jadi pilihan ini RE003 haha. Soalnya mau ganti dari SX2 yg wet gripnya gak terlalu bagus ternyata dan bener kata om, tapaknya cepet boncel2.
Terima kasih om reviewnya :big_smile]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 3:29
erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 16:19
aldittodi wrote: Fri Dec 11, 2020 16:03


Jika dibanding dengan SX2 jauh lebih nyaman RE003nya ya?
Belum pernah coba SX2 oom, ini ban tipe performance kedua saya hehehehe. Dulu pake potenza RE080 di yaris bakpao. Kl sama2 potenza si yg RE003 lbh truly performace tyre dibanding pny yaris. Kl dr ekspektasi sy soal ban performance yg keras si smntr ini ga terjadi di RE003 om, masih keitung empuk buat saya, walaupun ttp lebih keras dibanding RE080.

SX2 tuh takutnya penyakit tipikal gajah tunggal om, cepet boncel2 di tapaknya.

Kl emang mau pake lama sih merem bridgestone saya om, minimal BS lebih pro sama karakter jalan indonesia (RE003 udah buatan lokal btw). Kl neken budget yg saya liat si SX2 ya oke kok om, banyak anak mobil yg pake itu jg plus tampilannya ga kalah mantep sama RE003/fleva (sidewall ngotak)
Wah bisa jadi pilihan ini RE003 haha. Soalnya mau ganti dari SX2 yg wet gripnya gak terlalu bagus ternyata dan bener kata om, tapaknya cepet boncel2.
Terima kasih om reviewnya :big_smile]
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.

Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya
Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by maastricht889 on Sun Dec 13, 2020 4:46, edited 1 time in total.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by doko86 »

DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 16:20
kunaskun wrote: Sat Dec 12, 2020 13:41
erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.
rushter itu kayanya emg awet urusan ban mbah

body kaleng enteng tp dipakein ban kelas SUV

laen crita di inofa ribon, body seberat fortuner tp dipakein ban kelas lcgc.. insinyur nya mabok ciu campur sake waktu ngasi tu ban
Gak sekalian congyang mbah.... :big_peace:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

halleyxing wrote: Sat Dec 12, 2020 14:33
fl4b1e wrote: Fri Dec 11, 2020 17:09
halleyxing wrote:Tanya donk suhu-suhu semua

Mobil saya Chevrolet Spin 2013 AT. Rencananya mau ganti 4 ban karena ban depan dah pecah. Biar sekalian ganti semua. Tanya donk.

1. Rekomendasi ban yang senyap dan awet apa y? Mobil jarang keluar. Paling sabtu minggu doank dan jarak deket. Lebih cari ke awetnya saat posisi diam sih.

2. Ukuran ban aslinya 195/65 R15. Apakah ada yang punya pengalaman ganti ke ukuran kah?

3. Rekomendasi tempat beli ban sekitaran Tangerang dan Jakarta Barat di mana y?

Terima kasih sebelumnya
Kalau setaun saya ban bawaan spin yg GT radial Champiro Eco rada lebih keras dan sedikit kurang geip pas basah. Oleh sebab itu saya ganti Dunlop LM704. Bannya lebih empuk, sedikit lebih senyap dan lebih menggigit dibanding GT Radial. Kalau gak salah di awal tahun saya dapat 640 ribu per ban tuk 195/65 R15 saya. Namun krn tengah tahun melucur LM 705, saya kurang tahu harganya berapa. Pas itu ambil di Century Ban Kebon Jeruk sih.

Tuk mobil saya yg lain awalnya saya pakai goodyear Assurance duraplus. Wat better than Dunlop sp bawaan March. Jauh lebih menggigit. Tahun ini ganti ke Hankook kynergy eco, rasanya ban ini jauh lebih empuk, masih tetep ok gripnya dibanding goodyear. Dapetnya di 550 ribu tengah tahun ini. Ukuran 185/65 r15
Saat ini yang terpasang achilles 122 dengan ukuran standar. Tapi kok kayaknya gampang botak dan retak. Makanya mau coba cari referensi merek lain.
Ach 122 udah buang aja om. Saran saya kl ban kerehore murmerceng daripada achilles way much better falken sincera SN832i dg price range nggak beda banyak per piece. Empuknya mirip dunlop LM704 juga dan treadwear gradenya tinggi (500) sama noisenya cukup baik. Saya pake di innova E (195 70 14) udah jalan 8rb km sama di masda 2 nonsky (195 50 16) udah jalan 12rb km so far cukup oke performancenya. Cek2 page sebelum2 ini di thread sini om, udah ada bbrp yg review termasuk saya.

Buat toko ban yg jual krn saya bkn domisili 2 tmpt itu cek2 tokped aja om, pasti ada dan bs compare harga
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by aldittodi »

erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.

Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya

Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg

Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.

Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya

Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg

Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3

Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by black2345 »

erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07
aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.

Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya

Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg

Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3

Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 8:29
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07
aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28


Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3

Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
Samsek nggak om, karena arah modif saya kali ini HARUS nyaman buat daily dan nggak gesrot. Nyasatin ngga gesrotnya buat ban depan saya pasang spacer custom 5mm, belakang spacer custom yg pake nok 12mm. Kl coba fitting tnp spacer kemarin, mepet banget sama shock depan dan kl belok mentok sama besi bolongnya. Yang fitment belakang PR banget kemarin om, kl tnp spacer mentok spakbor dan shockbreaker mengingat space kolong spakbor blkg ertiga kecil. Untung masih bs rata fender.

Naikan, ini saya surprise juga masih nyaman dan jatuhnya pas buat ukuran saya. Habis ganti saya bawa lukot justru lebih stabil, paling ya hati2 sama bibir velg luar aja krn rata sidewall dgn fitment saya spt itu. Soal membal-mentul2 jg pas karena pake potenza justru bisa counter shock monroe bawaan yg agak kelewat empuk om, krn waktu pake velg asli+ban falken PRnya kl belok mentul2 banget.

Kl saran saya, dr yang saya pelajarin sih ertiga pada ambil R17 terus lebar velgnya 7,5 dan offset sktr 38-45 om (liat ertiga yg pasang velg dr HSR, byk referensi dr itu). Kl saya krn manfaatin barang yg ada ya jadi jatuhnya belajar fitment baru, krn ertiga ya rata2 kl ganti velg di spek yg saya bilang. Kenapa R17, krn walaupun keliatan ring gede tp masih masuk batas upsize velg maksimal (+2inch dr ring asli) dan variasi size bannya lebih gampang dapet, let say 215 45 ato 215 50

Soal spacer saya rekomen harus yang custom walaupun mahal om. Kemarin di bengkel saya cb pake yg spacer jadi itu senggol dikit lsg ancur
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by black2345 »

erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 8:45
black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 8:29
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07

Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3

Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
Samsek nggak om, karena arah modif saya kali ini HARUS nyaman buat daily dan nggak gesrot. Nyasatin ngga gesrotnya buat ban depan saya pasang spacer custom 5mm, belakang spacer custom yg pake nok 12mm. Kl coba fitting tnp spacer kemarin, mepet banget sama shock depan dan kl belok mentok sama besi bolongnya. Yang fitment belakang PR banget kemarin om, kl tnp spacer mentok spakbor dan shockbreaker mengingat space kolong spakbor blkg ertiga kecil. Untung masih bs rata fender.

Naikan, ini saya surprise juga masih nyaman dan jatuhnya pas buat ukuran saya. Habis ganti saya bawa lukot justru lebih stabil, paling ya hati2 sama bibir velg luar aja krn rata sidewall dgn fitment saya spt itu. Soal membal-mentul2 jg pas karena pake potenza justru bisa counter shock monroe bawaan yg agak kelewat empuk om, krn waktu pake velg asli+ban falken PRnya kl belok mentul2 banget.

Kl saran saya, dr yang saya pelajarin sih ertiga pada ambil R17 terus lebar velgnya 7,5 dan offset sktr 38-45 om (liat ertiga yg pasang velg dr HSR, byk referensi dr itu). Kl saya krn manfaatin barang yg ada ya jadi jatuhnya belajar fitment baru, krn ertiga ya rata2 kl ganti velg di spek yg saya bilang. Kenapa R17, krn walaupun keliatan ring gede tp masih masuk batas upsize velg maksimal (+2inch dr ring asli) dan variasi size bannya lebih gampang dapet, let say 215 45 ato 215 50

Soal spacer saya rekomen harus yang custom walaupun mahal om. Kemarin di bengkel saya cb pake yg spacer jadi itu senggol dikit lsg ancur
boleh lihat fitmennya nggak om depan-belakang? hehehe

kepengen ganti pakai velg oem juke/altis/civic yg ring 17, cari yang oem biar hati nyaman selama dipakai di jalan dengan budget jajan yang nggak banyak,, :big_peace:
verry123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Oct 31, 2017 23:57

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by verry123 »

Setelah menimbang2 antara ventus v2 dan gtx pro

Akhirnya pilihan ke gtx pro. Karena pengalaman make kinergy ex pernah benjol 2x. Dan gamau kejadian lagi, karena malah rugi keluar duit lagi beli ban baru.

Dpt harga 600rb di depok lebih murah ceban daripada toko ban terkenal di jakbar.

Menggantikan bxt pro yg udah retak rambut dan 32k km ane rasa dah cukup lah 3 thn sekali ganti ban baru.

Sempet ragu karena takut keras secara ban ini high performance di situsnya, ternyata nggak tuh. Silent dan mayan empuk, dan yg pasti lebih nyaman di hati karena selama inj pake gt radial ga pernah benjol amin deh, bax 2 ga benjol, bxt pro ga benjol, sekarang gtx pro semoga awet
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by aldittodi »

erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07
aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.

Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya

Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg

Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3

Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa

Wah oke deh, terima kasih banyak om. Tinggal nunggu ulasan yang pernah nyobain Fleva untuk perbandingan hihih.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 9:08
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 8:45
black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 8:29

Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
Samsek nggak om, karena arah modif saya kali ini HARUS nyaman buat daily dan nggak gesrot. Nyasatin ngga gesrotnya buat ban depan saya pasang spacer custom 5mm, belakang spacer custom yg pake nok 12mm. Kl coba fitting tnp spacer kemarin, mepet banget sama shock depan dan kl belok mentok sama besi bolongnya. Yang fitment belakang PR banget kemarin om, kl tnp spacer mentok spakbor dan shockbreaker mengingat space kolong spakbor blkg ertiga kecil. Untung masih bs rata fender.

Naikan, ini saya surprise juga masih nyaman dan jatuhnya pas buat ukuran saya. Habis ganti saya bawa lukot justru lebih stabil, paling ya hati2 sama bibir velg luar aja krn rata sidewall dgn fitment saya spt itu. Soal membal-mentul2 jg pas karena pake potenza justru bisa counter shock monroe bawaan yg agak kelewat empuk om, krn waktu pake velg asli+ban falken PRnya kl belok mentul2 banget.

Kl saran saya, dr yang saya pelajarin sih ertiga pada ambil R17 terus lebar velgnya 7,5 dan offset sktr 38-45 om (liat ertiga yg pasang velg dr HSR, byk referensi dr itu). Kl saya krn manfaatin barang yg ada ya jadi jatuhnya belajar fitment baru, krn ertiga ya rata2 kl ganti velg di spek yg saya bilang. Kenapa R17, krn walaupun keliatan ring gede tp masih masuk batas upsize velg maksimal (+2inch dr ring asli) dan variasi size bannya lebih gampang dapet, let say 215 45 ato 215 50

Soal spacer saya rekomen harus yang custom walaupun mahal om. Kemarin di bengkel saya cb pake yg spacer jadi itu senggol dikit lsg ancur
boleh lihat fitmennya nggak om depan-belakang? hehehe

kepengen ganti pakai velg oem juke/altis/civic yg ring 17, cari yang oem biar hati nyaman selama dipakai di jalan dengan budget jajan yang nggak banyak,, :big_peace:
udah saya pm gambar2nya om
User avatar
mboisker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by mboisker »

erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32
mboisker wrote: Sat Dec 12, 2020 4:46
erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 10:56

Search aja di tokped om kl harga dan availability, mestinya di malang ada
Ok om makasih ya.
Budget 1,5 rata rata di sini menyarankan dueler 687. Apa itu sudah ok ya?
Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
makasih om
siap dicoba
nFinite
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by nFinite »

Halo, nubi mau nanya, rekomendasi ban buat HR-V bagusnya apa yah? mau dijadiin baby hauler sama istri, jadi performance sekarang jadi no.2, keheningan sama ride quality diutamakan sih, sekarang masih pake ban dari sananya (Dunlop Sport Maxx 050), tadi gugel sejenak dapet Hankook Ventus S1N2, sama Potenza RE33 yah kalo ga salah, which one is better, atau ada opsi lain? (budget max per ban 1.6an lah)
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

nFinite wrote: Tue Dec 15, 2020 5:15 Halo, nubi mau nanya, rekomendasi ban buat HR-V bagusnya apa yah? mau dijadiin baby hauler sama istri, jadi performance sekarang jadi no.2, keheningan sama ride quality diutamakan sih, sekarang masih pake ban dari sananya (Dunlop Sport Maxx 050), tadi gugel sejenak dapet Hankook Ventus S1N2, sama Potenza RE33 yah kalo ga salah, which one is better, atau ada opsi lain? (budget max per ban 1.6an lah)
LM705
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
nFinite
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by nFinite »

evanbngdor wrote: Tue Dec 15, 2020 6:36 LM705
interesting, yang ini bakal jauh lebih hening daripada sportmaxx ga yah? biggest concern sih itu, thx for info ya.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

nFinite wrote: Tue Dec 15, 2020 7:02
evanbngdor wrote: Tue Dec 15, 2020 6:36 LM705
interesting, yang ini bakal jauh lebih hening daripada sportmaxx ga yah? biggest concern sih itu, thx for info ya.
Harusnya iya, karena secara peruntukan aja udah beda kedua jenis ban itu. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan, kalo hening logikanya LM705 jauh lebih superior.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
nFinite
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by nFinite »

evanbngdor wrote: Tue Dec 15, 2020 6:36
Harusnya iya, karena secara peruntukan aja udah beda kedua jenis ban itu. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan, kalo hening logikanya LM705 jauh lebih superior.
[/quote]

sip, thanks for the info, udah bikin appointment sm bengkel terdekat, hopefully cocok :D
flvsk213
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Nov 01, 2016 11:34

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by flvsk213 »

Pagi suhu-suhu sekalian... mau review ban baru nihh, sebut saja ban Laufenn G Fit AS LH41.. :big_smile]

Sebagai pembuka, mobil saya adalah Hyundai Grand i10 yang ban lamanya adalah Accelera Eco Plush. (ini ban berisik bener pas mau botak, tp suer gripnya lumayan dan nggak gampang aquaplanning) yang bertahan sampai 45 rb km. Singkat cerita, karena TWI udah kena semua, saya putuskan untuk ke Roda Mas Ban di daerah Senen. Awalnya sih saya udah fix banget mau ambil Hankook Kinergy Eco2.. tp emang dasar mental pelit medit saya keluar lagi (maklum mantan user setia Accelera) ngeliat ada ban Laufenn yang katanya sih anak usahanya Hankook yg punya pabrik di Indo dan sebijinya cuma 410 ribu (sama persis sama Accelera Ecoplush di toko lain, Hankook Kinergy Eco2 465 rb btw) dan berbekal review dari tyrereview.co.uk yg bilang bannya ok2 aja yaudah saya tebus deh 4 biji ban, free balancing sekalian spooring.

Sekarang saya udah pake bannya kira2 1000 km-an di dalam kota, toll dalam kota dan toll trans jawa, menurut saya, inilah plus minus si Laufenn G Fit AS ini :

(+)
-Sunyi senyap, suer, ban2 eko2 lewat sunyinya sama ini, 140 nggak ada suaranya
-Empuk, jalan grojel2 nggak kerasa
-Treadwear cukup tinggi, harusnya ban ini kuat

(-)
-Lateral grip jelek, Accelera Eco Plush dipakai nikung lari 120 di offramp JORR ke BSD tetep napak, ini 110 udah lari2
-Sepertinya lebih rawan aquaplanning dibanding Accelera sekalipun

Overall, menurut saya ini ban comfort daily yang sangat value for money buat supir waras... kalo nyetirnya nggak waras, mungkin bisa lihat2 merek2 yang lebih mahal :big_biglaugh:
2015 Hyundai Grand i10 1.2
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by adityabp »

flvsk213 wrote: Thu Dec 17, 2020 3:35 Pagi suhu-suhu sekalian... mau review ban baru nihh, sebut saja ban Laufenn G Fit AS LH41.. :big_smile]

Sebagai pembuka, mobil saya adalah Hyundai Grand i10 yang ban lamanya adalah Accelera Eco Plush. (ini ban berisik bener pas mau botak, tp suer gripnya lumayan dan nggak gampang aquaplanning) yang bertahan sampai 45 rb km. Singkat cerita, karena TWI udah kena semua, saya putuskan untuk ke Roda Mas Ban di daerah Senen. Awalnya sih saya udah fix banget mau ambil Hankook Kinergy Eco2.. tp emang dasar mental pelit medit saya keluar lagi (maklum mantan user setia Accelera) ngeliat ada ban Laufenn yang katanya sih anak usahanya Hankook yg punya pabrik di Indo dan sebijinya cuma 410 ribu (sama persis sama Accelera Ecoplush di toko lain, Hankook Kinergy Eco2 465 rb btw) dan berbekal review dari tyrereview.co.uk yg bilang bannya ok2 aja yaudah saya tebus deh 4 biji ban, free balancing sekalian spooring.

Sekarang saya udah pake bannya kira2 1000 km-an di dalam kota, toll dalam kota dan toll trans jawa, menurut saya, inilah plus minus si Laufenn G Fit AS ini :

(+)
-Sunyi senyap, suer, ban2 eko2 lewat sunyinya sama ini, 140 nggak ada suaranya
-Empuk, jalan grojel2 nggak kerasa
-Treadwear cukup tinggi, harusnya ban ini kuat

(-)
-Lateral grip jelek, Accelera Eco Plush dipakai nikung lari 120 di offramp JORR ke BSD tetep napak, ini 110 udah lari2
-Sepertinya lebih rawan aquaplanning dibanding Accelera sekalipun

Overall, menurut saya ini ban comfort daily yang sangat value for money buat supir waras... kalo nyetirnya nggak waras, mungkin bisa lihat2 merek2 yang lebih mahal :big_biglaugh:
Berarti Accelera Eco Plush recomended banget ya om.
Udah hampir mo beli, eh gak jadi gara2x ada yg promo 12.12 buat achilles 868
:mky_01: