Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)mboisker wrote: Sat Dec 12, 2020 4:46Ok om makasih ya.
Budget 1,5 rata rata di sini menyarankan dueler 687. Apa itu sudah ok ya?
Serba Serbi Ban Part 3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Serba Serbi Ban Part 3
setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Jun 24, 2020 3:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Chevrolet Spin
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Saat ini yang terpasang achilles 122 dengan ukuran standar. Tapi kok kayaknya gampang botak dan retak. Makanya mau coba cari referensi merek lain.fl4b1e wrote: Fri Dec 11, 2020 17:09Kalau setaun saya ban bawaan spin yg GT radial Champiro Eco rada lebih keras dan sedikit kurang geip pas basah. Oleh sebab itu saya ganti Dunlop LM704. Bannya lebih empuk, sedikit lebih senyap dan lebih menggigit dibanding GT Radial. Kalau gak salah di awal tahun saya dapat 640 ribu per ban tuk 195/65 R15 saya. Namun krn tengah tahun melucur LM 705, saya kurang tahu harganya berapa. Pas itu ambil di Century Ban Kebon Jeruk sih.halleyxing wrote:Tanya donk suhu-suhu semua
Mobil saya Chevrolet Spin 2013 AT. Rencananya mau ganti 4 ban karena ban depan dah pecah. Biar sekalian ganti semua. Tanya donk.
1. Rekomendasi ban yang senyap dan awet apa y? Mobil jarang keluar. Paling sabtu minggu doank dan jarak deket. Lebih cari ke awetnya saat posisi diam sih.
2. Ukuran ban aslinya 195/65 R15. Apakah ada yang punya pengalaman ganti ke ukuran kah?
3. Rekomendasi tempat beli ban sekitaran Tangerang dan Jakarta Barat di mana y?
Terima kasih sebelumnya
Tuk mobil saya yg lain awalnya saya pakai goodyear Assurance duraplus. Wat better than Dunlop sp bawaan March. Jauh lebih menggigit. Tahun ini ganti ke Hankook kynergy eco, rasanya ban ini jauh lebih empuk, masih tetep ok gripnya dibanding goodyear. Dapetnya di 550 ribu tengah tahun ini. Ukuran 185/65 r15
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Ban Part 3
rushter itu kayanya emg awet urusan ban mbahkunaskun wrote: Sat Dec 12, 2020 13:41setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
body kaleng enteng tp dipakein ban kelas SUV
laen crita di inofa ribon, body seberat fortuner tp dipakein ban kelas lcgc.. insinyur nya mabok ciu campur sake waktu ngasi tu ban
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kl dah nyoba 470, pake 687 serasa empuk banget dan lebih silent omkunaskun wrote: Sat Dec 12, 2020 13:41setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Wah bisa jadi pilihan ini RE003 haha. Soalnya mau ganti dari SX2 yg wet gripnya gak terlalu bagus ternyata dan bener kata om, tapaknya cepet boncel2.erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 16:19Belum pernah coba SX2 oom, ini ban tipe performance kedua saya hehehehe. Dulu pake potenza RE080 di yaris bakpao. Kl sama2 potenza si yg RE003 lbh truly performace tyre dibanding pny yaris. Kl dr ekspektasi sy soal ban performance yg keras si smntr ini ga terjadi di RE003 om, masih keitung empuk buat saya, walaupun ttp lebih keras dibanding RE080.aldittodi wrote: Fri Dec 11, 2020 16:03erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 8:02
Saya ksh review slh satunya ya om, saya pake potenza RE003 di ertiga (215 45 17) baru 2 minggu lalu ganti. Noise sih mulai agak dengung tapi minim, ngga separah dueler 470. ngepot2 dikit dalkot mantep banget, salip2 jg pede, belok biasa juga predictable sekali. Wet grip dry grip SIP sama buat ukuran performance sih nggak keras2 amat macem duo AA. Gara2 ban ini dipasang di ertiga jadi kerasa lincah dan ga mageran spt ertiga kebanyakan.
Kebetulan saya pasang pake velg 17x8
Jika dibanding dengan SX2 jauh lebih nyaman RE003nya ya?
SX2 tuh takutnya penyakit tipikal gajah tunggal om, cepet boncel2 di tapaknya.
Kl emang mau pake lama sih merem bridgestone saya om, minimal BS lebih pro sama karakter jalan indonesia (RE003 udah buatan lokal btw). Kl neken budget yg saya liat si SX2 ya oke kok om, banyak anak mobil yg pake itu jg plus tampilannya ga kalah mantep sama RE003/fleva (sidewall ngotak)
Terima kasih om reviewnya
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 3:29Wah bisa jadi pilihan ini RE003 haha. Soalnya mau ganti dari SX2 yg wet gripnya gak terlalu bagus ternyata dan bener kata om, tapaknya cepet boncel2.erwinign wrote: Fri Dec 11, 2020 16:19Belum pernah coba SX2 oom, ini ban tipe performance kedua saya hehehehe. Dulu pake potenza RE080 di yaris bakpao. Kl sama2 potenza si yg RE003 lbh truly performace tyre dibanding pny yaris. Kl dr ekspektasi sy soal ban performance yg keras si smntr ini ga terjadi di RE003 om, masih keitung empuk buat saya, walaupun ttp lebih keras dibanding RE080.
SX2 tuh takutnya penyakit tipikal gajah tunggal om, cepet boncel2 di tapaknya.
Kl emang mau pake lama sih merem bridgestone saya om, minimal BS lebih pro sama karakter jalan indonesia (RE003 udah buatan lokal btw). Kl neken budget yg saya liat si SX2 ya oke kok om, banyak anak mobil yg pake itu jg plus tampilannya ga kalah mantep sama RE003/fleva (sidewall ngotak)
Terima kasih om reviewnya![]()
Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by maastricht889 on Sun Dec 13, 2020 4:46, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Gak sekalian congyang mbah....DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 16:20rushter itu kayanya emg awet urusan ban mbahkunaskun wrote: Sat Dec 12, 2020 13:41setidaknya alenza itu spesies baru dengan harapan ada perbaikan dari dueler 687 yg terkenal keras, dipake ga enak tapi tahan banting dan awet banget.erwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32 Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
body kaleng enteng tp dipakein ban kelas SUV
laen crita di inofa ribon, body seberat fortuner tp dipakein ban kelas lcgc.. insinyur nya mabok ciu campur sake waktu ngasi tu ban

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Ach 122 udah buang aja om. Saran saya kl ban kerehore murmerceng daripada achilles way much better falken sincera SN832i dg price range nggak beda banyak per piece. Empuknya mirip dunlop LM704 juga dan treadwear gradenya tinggi (500) sama noisenya cukup baik. Saya pake di innova E (195 70 14) udah jalan 8rb km sama di masda 2 nonsky (195 50 16) udah jalan 12rb km so far cukup oke performancenya. Cek2 page sebelum2 ini di thread sini om, udah ada bbrp yg review termasuk saya.halleyxing wrote: Sat Dec 12, 2020 14:33Saat ini yang terpasang achilles 122 dengan ukuran standar. Tapi kok kayaknya gampang botak dan retak. Makanya mau coba cari referensi merek lain.fl4b1e wrote: Fri Dec 11, 2020 17:09Kalau setaun saya ban bawaan spin yg GT radial Champiro Eco rada lebih keras dan sedikit kurang geip pas basah. Oleh sebab itu saya ganti Dunlop LM704. Bannya lebih empuk, sedikit lebih senyap dan lebih menggigit dibanding GT Radial. Kalau gak salah di awal tahun saya dapat 640 ribu per ban tuk 195/65 R15 saya. Namun krn tengah tahun melucur LM 705, saya kurang tahu harganya berapa. Pas itu ambil di Century Ban Kebon Jeruk sih.halleyxing wrote:Tanya donk suhu-suhu semua
Mobil saya Chevrolet Spin 2013 AT. Rencananya mau ganti 4 ban karena ban depan dah pecah. Biar sekalian ganti semua. Tanya donk.
1. Rekomendasi ban yang senyap dan awet apa y? Mobil jarang keluar. Paling sabtu minggu doank dan jarak deket. Lebih cari ke awetnya saat posisi diam sih.
2. Ukuran ban aslinya 195/65 R15. Apakah ada yang punya pengalaman ganti ke ukuran kah?
3. Rekomendasi tempat beli ban sekitaran Tangerang dan Jakarta Barat di mana y?
Terima kasih sebelumnya
Tuk mobil saya yg lain awalnya saya pakai goodyear Assurance duraplus. Wat better than Dunlop sp bawaan March. Jauh lebih menggigit. Tahun ini ganti ke Hankook kynergy eco, rasanya ban ini jauh lebih empuk, masih tetep ok gripnya dibanding goodyear. Dapetnya di 550 ribu tengah tahun ini. Ukuran 185/65 r15
Buat toko ban yg jual krn saya bkn domisili 2 tmpt itu cek2 tokped aja om, pasti ada dan bs compare harga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Serba Serbi Ban Part 3
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.
Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya
Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg
Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.
Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya
Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg
Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.
Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya
Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg
Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Samsek nggak om, karena arah modif saya kali ini HARUS nyaman buat daily dan nggak gesrot. Nyasatin ngga gesrotnya buat ban depan saya pasang spacer custom 5mm, belakang spacer custom yg pake nok 12mm. Kl coba fitting tnp spacer kemarin, mepet banget sama shock depan dan kl belok mentok sama besi bolongnya. Yang fitment belakang PR banget kemarin om, kl tnp spacer mentok spakbor dan shockbreaker mengingat space kolong spakbor blkg ertiga kecil. Untung masih bs rata fender.black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 8:29Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28
Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
Naikan, ini saya surprise juga masih nyaman dan jatuhnya pas buat ukuran saya. Habis ganti saya bawa lukot justru lebih stabil, paling ya hati2 sama bibir velg luar aja krn rata sidewall dgn fitment saya spt itu. Soal membal-mentul2 jg pas karena pake potenza justru bisa counter shock monroe bawaan yg agak kelewat empuk om, krn waktu pake velg asli+ban falken PRnya kl belok mentul2 banget.
Kl saran saya, dr yang saya pelajarin sih ertiga pada ambil R17 terus lebar velgnya 7,5 dan offset sktr 38-45 om (liat ertiga yg pasang velg dr HSR, byk referensi dr itu). Kl saya krn manfaatin barang yg ada ya jadi jatuhnya belajar fitment baru, krn ertiga ya rata2 kl ganti velg di spek yg saya bilang. Kenapa R17, krn walaupun keliatan ring gede tp masih masuk batas upsize velg maksimal (+2inch dr ring asli) dan variasi size bannya lebih gampang dapet, let say 215 45 ato 215 50
Soal spacer saya rekomen harus yang custom walaupun mahal om. Kemarin di bengkel saya cb pake yg spacer jadi itu senggol dikit lsg ancur
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Serba Serbi Ban Part 3
boleh lihat fitmennya nggak om depan-belakang? heheheerwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 8:45Samsek nggak om, karena arah modif saya kali ini HARUS nyaman buat daily dan nggak gesrot. Nyasatin ngga gesrotnya buat ban depan saya pasang spacer custom 5mm, belakang spacer custom yg pake nok 12mm. Kl coba fitting tnp spacer kemarin, mepet banget sama shock depan dan kl belok mentok sama besi bolongnya. Yang fitment belakang PR banget kemarin om, kl tnp spacer mentok spakbor dan shockbreaker mengingat space kolong spakbor blkg ertiga kecil. Untung masih bs rata fender.black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 8:29Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07
Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3
Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
Naikan, ini saya surprise juga masih nyaman dan jatuhnya pas buat ukuran saya. Habis ganti saya bawa lukot justru lebih stabil, paling ya hati2 sama bibir velg luar aja krn rata sidewall dgn fitment saya spt itu. Soal membal-mentul2 jg pas karena pake potenza justru bisa counter shock monroe bawaan yg agak kelewat empuk om, krn waktu pake velg asli+ban falken PRnya kl belok mentul2 banget.
Kl saran saya, dr yang saya pelajarin sih ertiga pada ambil R17 terus lebar velgnya 7,5 dan offset sktr 38-45 om (liat ertiga yg pasang velg dr HSR, byk referensi dr itu). Kl saya krn manfaatin barang yg ada ya jadi jatuhnya belajar fitment baru, krn ertiga ya rata2 kl ganti velg di spek yg saya bilang. Kenapa R17, krn walaupun keliatan ring gede tp masih masuk batas upsize velg maksimal (+2inch dr ring asli) dan variasi size bannya lebih gampang dapet, let say 215 45 ato 215 50
Soal spacer saya rekomen harus yang custom walaupun mahal om. Kemarin di bengkel saya cb pake yg spacer jadi itu senggol dikit lsg ancur
kepengen ganti pakai velg oem juke/altis/civic yg ring 17, cari yang oem biar hati nyaman selama dipakai di jalan dengan budget jajan yang nggak banyak,,

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Oct 31, 2017 23:57
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Setelah menimbang2 antara ventus v2 dan gtx pro
Akhirnya pilihan ke gtx pro. Karena pengalaman make kinergy ex pernah benjol 2x. Dan gamau kejadian lagi, karena malah rugi keluar duit lagi beli ban baru.
Dpt harga 600rb di depok lebih murah ceban daripada toko ban terkenal di jakbar.
Menggantikan bxt pro yg udah retak rambut dan 32k km ane rasa dah cukup lah 3 thn sekali ganti ban baru.
Sempet ragu karena takut keras secara ban ini high performance di situsnya, ternyata nggak tuh. Silent dan mayan empuk, dan yg pasti lebih nyaman di hati karena selama inj pake gt radial ga pernah benjol amin deh, bax 2 ga benjol, bxt pro ga benjol, sekarang gtx pro semoga awet
Akhirnya pilihan ke gtx pro. Karena pengalaman make kinergy ex pernah benjol 2x. Dan gamau kejadian lagi, karena malah rugi keluar duit lagi beli ban baru.
Dpt harga 600rb di depok lebih murah ceban daripada toko ban terkenal di jakbar.
Menggantikan bxt pro yg udah retak rambut dan 32k km ane rasa dah cukup lah 3 thn sekali ganti ban baru.
Sempet ragu karena takut keras secara ban ini high performance di situsnya, ternyata nggak tuh. Silent dan mayan empuk, dan yg pasti lebih nyaman di hati karena selama inj pake gt radial ga pernah benjol amin deh, bax 2 ga benjol, bxt pro ga benjol, sekarang gtx pro semoga awet
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Serba Serbi Ban Part 3
erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 7:07Velg = 17x8 ET53 PCD 5x114.3aldittodi wrote: Sun Dec 13, 2020 6:28erwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 4:09
Wahaaa, soal wet grip sih saya angkat topi ke RE003 om. Bener2 mantep itu. Brp kali keluar bw ertiga pas lg hujan saya salip2 dikit bener2 confidence. Ngga ada goyang2 dikit dan behave mobil sangat preidctable. Mungkin itu juga faktor tebel spacer yg saya pake dan tapak bannya.
Kemarin saya ganti RE003 di senen, dapet stok ban fresh. TOMO BS dan lengkap banget stoknya. Ini di bawah tampilan fisiknya om, gara2 lebar 8 sedikit narik bannya
Screenshot_20201213-111813_Gallery.jpg
Itu speknya berapa om? Btw seboros dan sebising toyo proxes gak ya?
Oh ya, dulu toyo smpt pake di stream saya om, toyo T1R pattern V 18". Agak lupa saya, jaman 2004. Yg jelas sih ga bs apple to apple krn RE003 sy pake msh baru, dan toyo itu udah jalan 10rb lebih wkt itu. Toyonya sih wajar krn pattern V pasti berisik dan kolong honda pasti berisik spt biasa
Wah oke deh, terima kasih banyak om. Tinggal nunggu ulasan yang pernah nyobain Fleva untuk perbandingan hihih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
udah saya pm gambar2nya omblack2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 9:08boleh lihat fitmennya nggak om depan-belakang? heheheerwinign wrote: Sun Dec 13, 2020 8:45Samsek nggak om, karena arah modif saya kali ini HARUS nyaman buat daily dan nggak gesrot. Nyasatin ngga gesrotnya buat ban depan saya pasang spacer custom 5mm, belakang spacer custom yg pake nok 12mm. Kl coba fitting tnp spacer kemarin, mepet banget sama shock depan dan kl belok mentok sama besi bolongnya. Yang fitment belakang PR banget kemarin om, kl tnp spacer mentok spakbor dan shockbreaker mengingat space kolong spakbor blkg ertiga kecil. Untung masih bs rata fender.black2345 wrote: Sun Dec 13, 2020 8:29
Pakai ban ukuran segitu nggak gasruk fender bagian dalem om?
Terus naikannya gimana? Keras banget atau nggak.. Lagi pengen ganti velg bingung mau naik ke ring 16 atau 17, rute mobil 50:50 antara tol & jalan antar provinsi, terkadang full load bawa dagangan..
Oiya mobil ane all new ertiga
Naikan, ini saya surprise juga masih nyaman dan jatuhnya pas buat ukuran saya. Habis ganti saya bawa lukot justru lebih stabil, paling ya hati2 sama bibir velg luar aja krn rata sidewall dgn fitment saya spt itu. Soal membal-mentul2 jg pas karena pake potenza justru bisa counter shock monroe bawaan yg agak kelewat empuk om, krn waktu pake velg asli+ban falken PRnya kl belok mentul2 banget.
Kl saran saya, dr yang saya pelajarin sih ertiga pada ambil R17 terus lebar velgnya 7,5 dan offset sktr 38-45 om (liat ertiga yg pasang velg dr HSR, byk referensi dr itu). Kl saya krn manfaatin barang yg ada ya jadi jatuhnya belajar fitment baru, krn ertiga ya rata2 kl ganti velg di spek yg saya bilang. Kenapa R17, krn walaupun keliatan ring gede tp masih masuk batas upsize velg maksimal (+2inch dr ring asli) dan variasi size bannya lebih gampang dapet, let say 215 45 ato 215 50
Soal spacer saya rekomen harus yang custom walaupun mahal om. Kemarin di bengkel saya cb pake yg spacer jadi itu senggol dikit lsg ancur
kepengen ganti pakai velg oem juke/altis/civic yg ring 17, cari yang oem biar hati nyaman selama dipakai di jalan dengan budget jajan yang nggak banyak,,![]()
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: Serba Serbi Ban Part 3
makasih omerwinign wrote: Sat Dec 12, 2020 6:32Oke tapi dlm level generik om. Saya malah rekomen alenza 001nya rush trd, sy liat di tokped 1jt lebih dikit. Dr sidewall sama pattern tapaknya keliatan lebih kalem dan pattern tapaknya mirip bridgestone turanza t001nya bmw x1 (maksud saya bridgestone pasar global)
siap dicoba
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Halo, nubi mau nanya, rekomendasi ban buat HR-V bagusnya apa yah? mau dijadiin baby hauler sama istri, jadi performance sekarang jadi no.2, keheningan sama ride quality diutamakan sih, sekarang masih pake ban dari sananya (Dunlop Sport Maxx 050), tadi gugel sejenak dapet Hankook Ventus S1N2, sama Potenza RE33 yah kalo ga salah, which one is better, atau ada opsi lain? (budget max per ban 1.6an lah)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Serba Serbi Ban Part 3
LM705nFinite wrote: Tue Dec 15, 2020 5:15 Halo, nubi mau nanya, rekomendasi ban buat HR-V bagusnya apa yah? mau dijadiin baby hauler sama istri, jadi performance sekarang jadi no.2, keheningan sama ride quality diutamakan sih, sekarang masih pake ban dari sananya (Dunlop Sport Maxx 050), tadi gugel sejenak dapet Hankook Ventus S1N2, sama Potenza RE33 yah kalo ga salah, which one is better, atau ada opsi lain? (budget max per ban 1.6an lah)
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09
Re: Serba Serbi Ban Part 3
interesting, yang ini bakal jauh lebih hening daripada sportmaxx ga yah? biggest concern sih itu, thx for info ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Harusnya iya, karena secara peruntukan aja udah beda kedua jenis ban itu. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan, kalo hening logikanya LM705 jauh lebih superior.nFinite wrote: Tue Dec 15, 2020 7:02interesting, yang ini bakal jauh lebih hening daripada sportmaxx ga yah? biggest concern sih itu, thx for info ya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Dec 14, 2015 8:09
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Harusnya iya, karena secara peruntukan aja udah beda kedua jenis ban itu. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan, kalo hening logikanya LM705 jauh lebih superior.
[/quote]
sip, thanks for the info, udah bikin appointment sm bengkel terdekat, hopefully cocok

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Nov 01, 2016 11:34
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Pagi suhu-suhu sekalian... mau review ban baru nihh, sebut saja ban Laufenn G Fit AS LH41..
Sebagai pembuka, mobil saya adalah Hyundai Grand i10 yang ban lamanya adalah Accelera Eco Plush. (ini ban berisik bener pas mau botak, tp suer gripnya lumayan dan nggak gampang aquaplanning) yang bertahan sampai 45 rb km. Singkat cerita, karena TWI udah kena semua, saya putuskan untuk ke Roda Mas Ban di daerah Senen. Awalnya sih saya udah fix banget mau ambil Hankook Kinergy Eco2.. tp emang dasar mental pelit medit saya keluar lagi (maklum mantan user setia Accelera) ngeliat ada ban Laufenn yang katanya sih anak usahanya Hankook yg punya pabrik di Indo dan sebijinya cuma 410 ribu (sama persis sama Accelera Ecoplush di toko lain, Hankook Kinergy Eco2 465 rb btw) dan berbekal review dari tyrereview.co.uk yg bilang bannya ok2 aja yaudah saya tebus deh 4 biji ban, free balancing sekalian spooring.
Sekarang saya udah pake bannya kira2 1000 km-an di dalam kota, toll dalam kota dan toll trans jawa, menurut saya, inilah plus minus si Laufenn G Fit AS ini :
(+)
-Sunyi senyap, suer, ban2 eko2 lewat sunyinya sama ini, 140 nggak ada suaranya
-Empuk, jalan grojel2 nggak kerasa
-Treadwear cukup tinggi, harusnya ban ini kuat
(-)
-Lateral grip jelek, Accelera Eco Plush dipakai nikung lari 120 di offramp JORR ke BSD tetep napak, ini 110 udah lari2
-Sepertinya lebih rawan aquaplanning dibanding Accelera sekalipun
Overall, menurut saya ini ban comfort daily yang sangat value for money buat supir waras... kalo nyetirnya nggak waras, mungkin bisa lihat2 merek2 yang lebih mahal
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Sebagai pembuka, mobil saya adalah Hyundai Grand i10 yang ban lamanya adalah Accelera Eco Plush. (ini ban berisik bener pas mau botak, tp suer gripnya lumayan dan nggak gampang aquaplanning) yang bertahan sampai 45 rb km. Singkat cerita, karena TWI udah kena semua, saya putuskan untuk ke Roda Mas Ban di daerah Senen. Awalnya sih saya udah fix banget mau ambil Hankook Kinergy Eco2.. tp emang dasar mental pelit medit saya keluar lagi (maklum mantan user setia Accelera) ngeliat ada ban Laufenn yang katanya sih anak usahanya Hankook yg punya pabrik di Indo dan sebijinya cuma 410 ribu (sama persis sama Accelera Ecoplush di toko lain, Hankook Kinergy Eco2 465 rb btw) dan berbekal review dari tyrereview.co.uk yg bilang bannya ok2 aja yaudah saya tebus deh 4 biji ban, free balancing sekalian spooring.
Sekarang saya udah pake bannya kira2 1000 km-an di dalam kota, toll dalam kota dan toll trans jawa, menurut saya, inilah plus minus si Laufenn G Fit AS ini :
(+)
-Sunyi senyap, suer, ban2 eko2 lewat sunyinya sama ini, 140 nggak ada suaranya
-Empuk, jalan grojel2 nggak kerasa
-Treadwear cukup tinggi, harusnya ban ini kuat
(-)
-Lateral grip jelek, Accelera Eco Plush dipakai nikung lari 120 di offramp JORR ke BSD tetep napak, ini 110 udah lari2
-Sepertinya lebih rawan aquaplanning dibanding Accelera sekalipun
Overall, menurut saya ini ban comfort daily yang sangat value for money buat supir waras... kalo nyetirnya nggak waras, mungkin bisa lihat2 merek2 yang lebih mahal

2015 Hyundai Grand i10 1.2
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Berarti Accelera Eco Plush recomended banget ya om.flvsk213 wrote: Thu Dec 17, 2020 3:35 Pagi suhu-suhu sekalian... mau review ban baru nihh, sebut saja ban Laufenn G Fit AS LH41..![]()
Sebagai pembuka, mobil saya adalah Hyundai Grand i10 yang ban lamanya adalah Accelera Eco Plush. (ini ban berisik bener pas mau botak, tp suer gripnya lumayan dan nggak gampang aquaplanning) yang bertahan sampai 45 rb km. Singkat cerita, karena TWI udah kena semua, saya putuskan untuk ke Roda Mas Ban di daerah Senen. Awalnya sih saya udah fix banget mau ambil Hankook Kinergy Eco2.. tp emang dasar mental pelit medit saya keluar lagi (maklum mantan user setia Accelera) ngeliat ada ban Laufenn yang katanya sih anak usahanya Hankook yg punya pabrik di Indo dan sebijinya cuma 410 ribu (sama persis sama Accelera Ecoplush di toko lain, Hankook Kinergy Eco2 465 rb btw) dan berbekal review dari tyrereview.co.uk yg bilang bannya ok2 aja yaudah saya tebus deh 4 biji ban, free balancing sekalian spooring.
Sekarang saya udah pake bannya kira2 1000 km-an di dalam kota, toll dalam kota dan toll trans jawa, menurut saya, inilah plus minus si Laufenn G Fit AS ini :
(+)
-Sunyi senyap, suer, ban2 eko2 lewat sunyinya sama ini, 140 nggak ada suaranya
-Empuk, jalan grojel2 nggak kerasa
-Treadwear cukup tinggi, harusnya ban ini kuat
(-)
-Lateral grip jelek, Accelera Eco Plush dipakai nikung lari 120 di offramp JORR ke BSD tetep napak, ini 110 udah lari2
-Sepertinya lebih rawan aquaplanning dibanding Accelera sekalipun
Overall, menurut saya ini ban comfort daily yang sangat value for money buat supir waras... kalo nyetirnya nggak waras, mungkin bisa lihat2 merek2 yang lebih mahal![]()
Udah hampir mo beli, eh gak jadi gara2x ada yg promo 12.12 buat achilles 868
