Sekilas motor trail itu yang penting pakai ban tahu, ground clearance tinggi, padahal ada beberapa jenis motor trail, tergantung di mana motor itu dipakai.
Cross
Motor cross adalah jenis motor trail untuk balap di arena cross. Di Indonesia, balap cross juga dikenal sebagai grass track. Untuk motor CBU atau SE (Special Engine), mesinnya ada yang 125 - 250cc 2 tak, atau 250cc 4 tak - 450cc 4 tak. Namun karena motor CBU mahal, di Indonesia motor trail lokal maupun modif juga umum dipakai.
Karena motor cross untuk balap, maka fokus rancangan pabrik biasanya untuk tenaga RPM atas. Ban umumnya diameter 21" depan dan 19" belakang. Transmisi juga diracik untuk balap, biasanya 5 percepatan dengan rasio rapat2 untuk akselerasi tinggi. Mesin 1 silinder, 2 tak atau 4 tak. Kalau mesinnya masih karburator, terkadang tidak dilengkapi aki, kelistrikan murni dari kiprok mesin. Umumnya juga tidak dilengkapi starter motor, alias starter engkol saja. Suspensi keras dengan travel panjang supaya tidak jebol saat mendarat dari jumping. Tentunya tidak dilengkapi lampu, klakson, dan spion karena bukan motor jalan raya.Tangki bensin dari plastik tanpa kunci. Tidak ada stand motor. Semua serba minimalis untuk mengejar bobot yang ringan.
Contoh motorcross:
KTM 250 sx 2 tak

yamaha YZ 125 2 tak

CRF 250 R 4 tak

Enduro
Jenis motor trail enduro adalah motor yang dipakai untuk menjelajah off road. Motor ini dirancang untuk menjelajah medan super berat, yang seringkali membutuhkan kecepatan rendah-sedang, dan kontrol gas dan kopling serta posisi badan yang akurat. Hal ini membuat motor jenis cross kurang cocok dipakai enduro.
Ban motor enduro berukuran 21" depan dan 18" belakang. transmisi 5 atau 6 speed dengan rasio lebar, untuk torsi melimpah di gigi 1-2. Mesin 1 silinder, 2 tak atau 4 tak dilengkapi motor starter. Mesinnya juga dirancang untuk lebih bertorsi di RPM bawah. Suspensi lebih empuk dari motor cross. Umumnya dilengkapi stand motor dan lampu depan, namun tidak dilengkapi lampu rating dan rem. Juga tidak dilengkapi dengan spion, klakson dan kunci kontak (starter tombol saja).
Contoh motor enduro:
KTM EXC 300 TPI

Husqvarna TE 300i

Yamaha YZ 125X dan YZ 250 FX


Motor enduro ga melulu mesin berperforma tinggi. Ada juga dengan mesin yang performanya lebih rendah dan suspensi lebih sederhana untuk mengejar harga lebih murah.
Kawasaki KLX 140 dan KLX 230R


Dual sport
Jenis motor dual sport memiliki konstruksi seperti motor enduro, tapi dilengkapi kelengkapan legal untuk jalan raya. Biasanya agar lebih reliable, performanya lebih rendah dari versi enduro. Kiprok juga lebih besar untuk mendukung daya aksesori tambahan. Tangki bensin dari plat baja seperti motor umumnya. Maka dari itu bobot motor dual sport lebih berat. Ban menggunakan ban dual purpose yang legal di jalan raya (SNI), karena ban full knobby (ban tahu) itu bukan dipakai untuk jalan raya. Rasio gir juga dikecilkan supaya top speed lebih tinggi, tapi mengorbankan torsi bawah. Suduk rake lebih kecil daripada versi enduro untuk memudahkan handling jalan raya. Makanya motor dual sport dalam kondisi standar kurang mampu melahap medan enduro.
Contoh: kawasaki KLX 150, KLX 230, dan KLX 250.



Adventure
Jenis motor adventure umumnya memiliki mesin murni untuk jalan raya, tidak ada DNA motor trail di jenis motor ini. Peruntukannya lebih untuk touring daripada offroad. Motor ini dilengkapi body dan fairing untuk pelindung angin dan kenyamanan di kecepatan tinggi. Karena bobotnya yang berat dan penuh fairing plastik, motor ini hanya sanggup untuk off road ringan meskipun punya tenaga di atas motor trail, kecuali skill ridernya dewa.
BMW R1200GS

Honda Africa Twin

Kawasaki Versys-X 250

Trial
Jenis motor ini digunakan untuk olahraga trial. Trial mengadu keseimbangan dan ketangkasan rider melewati rintangan tanpa kaki menyentuh tanah. Rider biasa melakukan gerakan akrobatik dalam melewati rintangan tersebut pada level pro. Mereka akan mengkombinasi tehnik wheelie, stoppie, loncat, dan mendarat dari tempat tinggi untuk melewatinya, tanpa sekalipun memijak.
Untuk itu bobot motor trial harus sangat ringan. Ciri khas motor ini tidak mempunyai sadel. Motornya juga memiliki tangki yang super kecil, hanya muat 2 liter. Bobotnya hanya sekitar 50 kg. Suspensi super empuk dan ban juga khusus jenis trial.
Beberapa atlet papan atas World Enduro Championship memiliki latar belakang trial, seperti Graham Jarvis, Cody Webb dan Mario Roman.
gasgas txt

Odong odong
Odong odong ini istilah motor trail modif di Indonesia. Karena harga motor trail standar dealer itu tidak terjangkau atau performanya kurang memuaskan, maka penghobi trail odong-odong suka membangun motor trail sendiri. Bengkel membuat / las frame sendiri atau membeli frame replika. Mesinnya bisa ambil copotan mesin RX King, GL/ Megapro/ Tiger, Scorpio, atau Ninja 2 tak. Kaki kaki biasa ambil limbah SE / CBU. Ada juga yang tukar mesin standar KLX dengan mesin Ninja.
Ninja trail

Supermoto
Supermoto adalah ubahan dari motor trail dengan menggunakan ban motor sport berdiameter 17".
KLX Supermoto
