Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30. Kira2 oli apa yg cocok dan bagus untuk mesinnya? Sementara yg masuk list:
1. Oli standarnya SGO 5w30 API SL
2. Shell Helix HX8
3. Total Quartz 7000 Future
4. Fastron Eco Green
5. Castrol GTX Ultra Clean
6. Shell Helix Eco
No 4-6 ada keterangan untuk LCGC di kemasannya, sedangkan Estilo tidak termasuk LCGC. Semua list di atas rentang harga di online 250-300rban (3,5-4 liter). Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
Huda wrote: Sun May 31, 2020 5:38
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30. Kira2 oli apa yg cocok dan bagus untuk mesinnya? Sementara yg masuk list:
1. Oli standarnya SGO 5w30 API SL
2. Shell Helix HX8
3. Total Quartz 7000 Future
4. Fastron Eco Green
5. Castrol GTX Ultra Clean
6. Shell Helix Eco
No 4-6 ada keterangan untuk LCGC di kemasannya, sedangkan Estilo tidak termasuk LCGC. Semua list di atas rentang harga di online 250-300rban (3,5-4 liter). Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
Halo om, saya ada ptt 5w30 mau? Kebetulan dulu nyetok bbrp di rumah dan nyisa 4lt (1 gal).
Pengalaman saya di oli lcgc sih biasa aja om, cuma memang murah di harganya aja (namanya aja low cost). Udah 2x pakai shell helix eco 5w30 di avanza 1.3 saya tiap 5k km ganti, so far mendingan daripada sebelumnya pakai primaxp. Cuma di mobil lain saya coba2 ptt ato schaeffer ya msh lbh oke ptt/schaeffer ato kls diatasnya ya.
Oli boleh emblemnya khusus LCGC, tapi krn sama2 oli dan spek di bungkusannya mirip ngga ada salahnya coba di mobil non LCGC kaya avanza saya. Oli lcgc sebenernya cuma ngepasin di volum botolnya, yg rata2 3,5lt yg saya tau. Selebihnya blur krn PDSnya jarang yg kasih/susah crnya
Last edited by maastricht889 on Sun May 31, 2020 10:01, edited 1 time in total.
Oli LCGC itu ditujukan untuk mesin2 cc kecil.. bukan berarti karimun non LCGC trus gabisa pake oli LCGC..
Pake aja 5w30 full syn,
buat perbandingan bbrp merk bisa mampir ke trit ranking oli untuk liat rekomendasi dan review oli2nya viewtopic.php?f=4&t=29192&start=1400
Huda wrote: Sun May 31, 2020 5:38
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30. Kira2 oli apa yg cocok dan bagus untuk mesinnya? Sementara yg masuk list:
1. Oli standarnya SGO 5w30 API SL
2. Shell Helix HX8
3. Total Quartz 7000 Future
4. Fastron Eco Green
5. Castrol GTX Ultra Clean
6. Shell Helix Eco
No 4-6 ada keterangan untuk LCGC di kemasannya, sedangkan Estilo tidak termasuk LCGC. Semua list di atas rentang harga di online 250-300rban (3,5-4 liter). Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
Halo om, saya ada ptt 5w30 mau? Kebetulan dulu nyetok bbrp di rumah dan nyisa 4lt (1 gal).
Ptt itu apa om?
rendr wrote: Sun May 31, 2020 9:21
Oli LCGC itu ditujukan untuk mesin2 cc kecil.. bukan berarti karimun non LCGC trus gabisa pake oli LCGC..
Pake aja 5w30 full syn,
buat perbandingan bbrp merk bisa mampir ke trit ranking oli untuk liat rekomendasi dan review oli2nya viewtopic.php?f=4&t=29192&start=1400
erwinign wrote: Sun May 31, 2020 8:51
Halo om, saya ada ptt 5w30 mau? Kebetulan dulu nyetok bbrp di rumah dan nyisa 4lt (1 gal).
Pengalaman saya di oli lcgc sih biasa aja om, cuma memang murah di harganya aja (namanya aja low cost). Udah 2x pakai shell helix eco 5w30 di avanza 1.3 saya tiap 5k km ganti, so far mendingan daripada sebelumnya pakai primaxp. Cuma di mobil lain saya coba2 ptt ato schaeffer ya msh lbh oke ptt/schaeffer ato kls diatasnya ya.
Oli boleh emblemnya khusus LCGC, tapi krn sama2 oli dan spek di bungkusannya mirip ngga ada salahnya coba di mobil non LCGC kaya avanza saya. Oli lcgc sebenernya cuma ngepasin di volum botolnya, yg rata2 3,5lt yg saya tau. Selebihnya blur krn PDSnya jarang yg kasih/susah crnya
oli LCGC itu marketing saja. Karena mobil LCGC itu banyak banget ya merek oli cari cara biar lebih mempan jualannya. jadilah dibikin oli LCGC. seperti oli Shell Helix Astra. ada label Astra buatan Shell pake merek Helix.
buat saya si ya, selama oli itu ga palsu, viskositas dan API sesuai, tiap ganti oli barengan filter oli, tidak melebihi interval penggantian, ya ga akan ada kenapa2 ya tinggal dompet saja mau ngikut kemana. atau mau seberapa ribet riset dan icip2/
Huda wrote: Sun May 31, 2020 5:38
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30. Kira2 oli apa yg cocok dan bagus untuk mesinnya? Sementara yg masuk list:
1. Oli standarnya SGO 5w30 API SL
2. Shell Helix HX8
3. Total Quartz 7000 Future
4. Fastron Eco Green
5. Castrol GTX Ultra Clean
6. Shell Helix Eco
No 4-6 ada keterangan untuk LCGC di kemasannya, sedangkan Estilo tidak termasuk LCGC. Semua list di atas rentang harga di online 250-300rban (3,5-4 liter). Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
Halo om, saya ada ptt 5w30 mau? Kebetulan dulu nyetok bbrp di rumah dan nyisa 4lt (1 gal).
Ptt itu apa om?
Merknya ptt om, sdh fullsyn. Tgl sisa 1 aja di saya
Huda wrote: Sun May 31, 2020 5:38
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30.
-cut-
Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
Itu di atas link2 dari om rendr udah lengkap banget ttg perolian.
Cuman ati2 mobil di atas 8 taun itu banyak yg udah perlu ganti seal2, packing2 & gasket2 di mesin & transmisi. Kalo pake oli yg cenderung encer macam 5w-30, pastikan gak ada rembesan oli ato bahkan genangan oli di lantai garasi.
Pengalaman ane pake oli 0w-20 di City Vtec 2007, oli mesin rembes ke koil & menggenang di lantai garasi gara2 gasket tutup klep udah harus ganti.
Jadi banyak mekanik yg nyaranin pake oli kental buat mobil tua (di atas 8 taun) krn biaya bongkar seal2 kadang jaauuuuhhh lebih mahal daripada seal itu sendiri. Pendekatan begini memang lebih murah dlm jangka pendek tapi ane kurang suka krn hanya menunda masalah aja, apalagi kalo mobilnya mo dipake lama
Huda wrote: Sun May 31, 2020 5:38
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30. Kira2 oli apa yg cocok dan bagus untuk mesinnya? Sementara yg masuk list:
1. Oli standarnya SGO 5w30 API SL
2. Shell Helix HX8
3. Total Quartz 7000 Future
4. Fastron Eco Green
5. Castrol GTX Ultra Clean
6. Shell Helix Eco No 4-6 ada keterangan untuk LCGC di kemasannya, sedangkan Estilo tidak termasuk LCGC. Semua list di atas rentang harga di online 250-300rban (3,5-4 liter). Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
LCGC oil itu cm marketing gimmick... kerimun esteler khan bukan LCGC tapi mesinnya sama aj k10B yg dipake wagoner sekarang.
yang mana aj bagus koq ini bukan mobil resing/turbo yg butuh oli spek tinggi... ikutin aj pedoman buku manual minta 5-30 atawa 10-30 jg oke klo mau lbh murah... d indo ga terlalu ngaruh angka depannya g ada winter.
unless emang buat performance use jgn pake oli yg mahal-mahal... simpen buat kebutuhan lain.
Itu di atas link2 dari om rendr udah lengkap banget ttg perolian.
Cuman ati2 mobil di atas 8 taun itu banyak yg udah perlu ganti seal2, packing2 & gasket2 di mesin & transmisi. Kalo pake oli yg cenderung encer macam 5w-30, pastikan gak ada rembesan oli ato bahkan genangan oli di lantai garasi.
Pengalaman ane pake oli 0w-20 di City Vtec 2007, oli mesin rembes ke koil & menggenang di lantai garasi gara2 gasket tutup klep udah harus ganti.
Jadi banyak mekanik yg nyaranin pake oli kental buat mobil tua (di atas 8 taun) krn biaya bongkar seal2 kadang jaauuuuhhh lebih mahal daripada seal itu sendiri. Pendekatan begini memang lebih murah dlm jangka pendek tapi ane kurang suka krn hanya menunda masalah aja, apalagi kalo mobilnya mo dipake lama
Huda wrote: Sun May 31, 2020 5:38
Baru beli mobkas Suzuki Estilo 2011. Rencana mau ganti oli mesin. Info dr pemilik sebelumnya olinya pakai 10w40, tapi ternyata d manualnya pakai 5w30. Kira2 oli apa yg cocok dan bagus untuk mesinnya? Sementara yg masuk list:
1. Oli standarnya SGO 5w30 API SL
2. Shell Helix HX8
3. Total Quartz 7000 Future
4. Fastron Eco Green
5. Castrol GTX Ultra Clean
6. Shell Helix Eco No 4-6 ada keterangan untuk LCGC di kemasannya, sedangkan Estilo tidak termasuk LCGC. Semua list di atas rentang harga di online 250-300rban (3,5-4 liter). Mohon saran oli yg cocok dan cara dapat oli original walaupun beli online
LCGC oil itu cm marketing gimmick... kerimun esteler khan bukan LCGC tapi mesinnya sama aj k10B yg dipake wagoner sekarang.
yang mana aj bagus koq ini bukan mobil resing/turbo yg butuh oli spek tinggi... ikutin aj pedoman buku manual minta 5-30 atawa 10-30 jg oke klo mau lbh murah... d indo ga terlalu ngaruh angka depannya g ada winter.
unless emang buat performance use jgn pake oli yg mahal-mahal... simpen buat kebutuhan lain.
ganti tiap setengah taon. protokol standar aja.
Siap... Makasih om, sepertinya pake oli LCGC aja lbh irit. Hehehe
qushay20019 wrote: Mon Jun 01, 2020 5:19
Itu di atas link2 dari om rendr udah lengkap banget ttg perolian.
Cuman ati2 mobil di atas 8 taun itu banyak yg udah perlu ganti seal2, packing2 & gasket2 di mesin & transmisi. Kalo pake oli yg cenderung encer macam 5w-30, pastikan gak ada rembesan oli ato bahkan genangan oli di lantai garasi.
Pengalaman ane pake oli 0w-20 di City Vtec 2007, oli mesin rembes ke koil & menggenang di lantai garasi gara2 gasket tutup klep udah harus ganti.
Jadi banyak mekanik yg nyaranin pake oli kental buat mobil tua (di atas 8 taun) krn biaya bongkar seal2 kadang jaauuuuhhh lebih mahal daripada seal itu sendiri. Pendekatan begini memang lebih murah dlm jangka pendek tapi ane kurang suka krn hanya menunda masalah aja, apalagi kalo mobilnya mo dipake lama
+1 setuju om
krn mobilnya bukan baru hrs pertimbangkan jg keausan yg sdh terjadi seandainya mau balik pakai factory spec 5w30 apalagi full synthetic. konsumsi oli berlebih, penguapan berlebih, seal condition, rembes, dan yg paling parah sludge clogging kl ternyata oli full syn yg baru mengandung banyak detergent menguras tumpukan sludge jika ada.
terkesan spt nakutin tp better beware than sorry forever. kecuali sdh cek n ricek aman ya tinggal eksekusi.
impactful wrote: Mon Jun 01, 2020 16:49
pakai saja olinya mitsu mirage, beli di bengkel mitsu, murah meriah 76rb seliter dapet 0w-20...
di blili lg promo tuh 50rb/L, owe baru beli lgsg ujicoba ke agya tapi entah asli or ngak soalnya lebih ngak karu2an dibanding fastron ecogreen yg kmaren promo 175rb/3.5L, lebih enak ecogreen
impactful wrote: Mon Jun 01, 2020 16:49
pakai saja olinya mitsu mirage, beli di bengkel mitsu, murah meriah 76rb seliter dapet 0w-20...
di blili lg promo tuh 50rb/L, owe baru beli lgsg ujicoba ke agya tapi entah asli or ngak soalnya lebih ngak karu2an dibanding fastron ecogreen yg kmaren promo 175rb/3.5L, lebih enak ecogreen
Kalo dr toko biru harusnya asli om, cuma emang idemitsu kelas OEM ya begitulah wkwkwk. SGO juga gitu kok, dikit2 ga enak dan tiap pagi mobilnya kasar kaya diesel. Yg bener2 value for money start di kelas 350 kurleb per galonnya. Ke bawah cuma menang murmer doang...
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 9:44
Ditempat saya banyak ayla agya, lcgc, kasih oli tmo 10w40. Dari sononya itu dikasih, gantinya ya pake kayak gitu lagi
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 9:44
Ditempat saya banyak ayla agya, lcgc, kasih oli tmo 10w40. Dari sononya itu dikasih, gantinya ya pake kayak gitu lagi
Oli segala bangsa om kl ini
Jadi inget ada yg posting fortuner bensin V 4x4 kluaran awal lagi maintenance di site perkebunan sumatra kasi minum mesran super sae40 hebatnya jalan terus ngak breakdown
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 9:44
Ditempat saya banyak ayla agya, lcgc, kasih oli tmo 10w40. Dari sononya itu dikasih, gantinya ya pake kayak gitu lagi
Oli segala bangsa om kl ini
Disaranin kasih oli 5w30 biar ringan dikit tarikan, dia bilang enak pake ini aja. Mesin alus suaranya. Kasih 5w30 nanti keenceran, mesin kasar bunyinya
Yo wis lah sak karepmu
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 9:44
Ditempat saya banyak ayla agya, lcgc, kasih oli tmo 10w40. Dari sononya itu dikasih, gantinya ya pake kayak gitu lagi
Oli segala bangsa om kl ini
Jadi inget ada yg posting fortuner bensin V 4x4 kluaran awal lagi maintenance di site perkebunan sumatra kasi minum mesran super sae40 hebatnya jalan terus ngak breakdown
supriyadi wrote: Sat Jun 06, 2020 9:44
Ditempat saya banyak ayla agya, lcgc, kasih oli tmo 10w40. Dari sononya itu dikasih, gantinya ya pake kayak gitu lagi
Oli segala bangsa om kl ini
Disaranin kasih oli 5w30 biar ringan dikit tarikan, dia bilang enak pake ini aja. Mesin alus suaranya. Kasih 5w30 nanti keenceran, mesin kasar bunyinya
Yo wis lah sak karepmu
Nurutnya ama bengkel om, yg katanya "10w di mobil gini cukup", "udah km tinggi pake yg kentel"
Disaranin kasih oli 5w30 biar ringan dikit tarikan, dia bilang enak pake ini aja. Mesin alus suaranya. Kasih 5w30 nanti keenceran, mesin kasar bunyinya
Yo wis lah sak karepmu
Nurutnya ama bengkel om, yg katanya "10w di mobil gini cukup", "udah km tinggi pake yg kentel"
Lha itu mobil umur belum sampe 5 tau, rata-rata 2-4 taun lah, km pun gak tinggi amat
Tapi ya balik, mobil dia serah dia lah mau pake apa
erwinign wrote: Sat Jun 06, 2020 10:34
Nurutnya ama bengkel om, yg katanya "10w di mobil gini cukup", "udah km tinggi pake yg kentel"
kadang ketambahan lagi: boros ni mobil, ga ada larinya, bla2. pas saya cek kartu ganti oli: oh pantes... dikasi tahu malah takut inilah itulah... orang indo banget bengkel? juga ga mau pusing, yg penting rutin datang
Disaranin kasih oli 5w30 biar ringan dikit tarikan, dia bilang enak pake ini aja. Mesin alus suaranya. Kasih 5w30 nanti keenceran, mesin kasar bunyinya
Yo wis lah sak karepmu
Nurutnya ama bengkel om, yg katanya "10w di mobil gini cukup", "udah km tinggi pake yg kentel"
Lha itu mobil umur belum sampe 5 tau, rata-rata 2-4 taun lah, km pun gak tinggi amat
Tapi ya balik, mobil dia serah dia lah mau pake apa
Saya pernah kecolongan jg om pake TMO 10w40 di bengkel langganan, wkt itu pake yaris bakpao 2007 km 30rb (th 2015). Pake bentar aja ngelitik terus, bensin 1:7 pake premium (wkt itu blm pernah carb clean jg)