Velg Enkei RPF01 Thailand

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

pendoli wrote:
18 May 2020, 04:47
Kalo satu set dihargain 14,5 mah mending cari ori seken boskuw

Apalagi itu ditawarin bbs 13jt cuma blom sama ban yaa
kalo cari ori seken rpf harga segitu sih gabakal dapet om

kalo yang bbs udah sama ban om. ada juga bbs lain 12jt nego tapi r17

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3048
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by sintoni »

ginza wrote:
18 May 2020, 05:10
pendoli wrote:
18 May 2020, 04:47
Kalo satu set dihargain 14,5 mah mending cari ori seken boskuw

Apalagi itu ditawarin bbs 13jt cuma blom sama ban yaa
kalo cari ori seken rpf harga segitu sih gabakal dapet om

kalo yang bbs udah sama ban om. ada juga bbs lain 12jt nego tapi r17
Selain itu kalau ori jualnya lebih bertahan loh om.

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1263
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by farizfsa »

Kalo saya, mendingan

Bekas tapi ori
Bekas tp ori dalam kondisi bagus ya, velg pasti kuat dan tinggal kita cari barang dan harga yang bagus. Beberapa kali beli velg forged amerika dan jepang ring 19 dan 20 selalu dibawah 15 jt, malah pernah dpt 4 jt. Boleh cek harga barunya berapa, satu set bisa 70-120 jt.

Bekas tp naik ring dan oem
Misal beli velg orinya harrier colok ke innova, atau velg ring 19 ori s class colok ke mercy c class. Rata2 velg oem kuat.

Tp balik lagi ke selera dan kantong.
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 517
Joined: 12 Jan 2017, 09:11

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by efact »

rpf1 yang original sendiri sebenernya disebutnya velg replika lho, krn dia desainnya bener2 plek ngikutin design velg enkei yang dipake di f1 hahaha..

rpf1 buat bmw cuma ukuran, 18x8.5 et 40,sama dulu ada juga 19x8.5/10 et 35/25,
diluar itu, imho sih masuknya bukan replika ya, tapi KW alias supercopy ngejiplak tanpa ijin,
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9862
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ChZ »

turbine888 wrote:
18 May 2020, 00:01
Hi om. Debat klasik ini apa beda velg Rep vs Ori.

Let’s start dengan YANG TERPENTING kita singkirkan dulu, yaitu pandangan bahwa velg yg bukan Made in Japan atau USA maupun Europe adalah velg non ori dsn berkualitas inferior :big_bored: . Ane bilang begini karena masih banyak persepsi ini di car scene kita. Sebagai contoh, BC Forged. Anak2 mobil pasti tau lah betapa mahal dan terkenalnya brand ini. Guess what? It’s made in Taiwan. Other name brands juga banyak macem Enkei TUNING (Enkei Tuning BUKAN Enkei, melainkan perusahaan joint Enkei dgn produsen velg Malaysia dgn license, technology, dan qc Enkei) yg made in Malaysia, lantas ada juga Rotiform yg velg2 1 piece nya mostly made in China, kemudian Lenso yg Made in Thailand dan Rota Phillipines. Apakah velg2 tersebut memiliki keselamatan inferior karena lokasi pembuatan mereka? Jawabannya adalah tidak, karena QC pabrik2 tersebut pasti memenuhi standard keamanan baik berupa JWL, VIA, SNI, DOT maupun lain2.

Lalu, mengapa banyak yg tidak mau memakai “velg Taiwan, velg China, dsb.”? Jawabannya simpel, yaitu masih adanya stigma yg mengidentikkan velg2 buatan negara di atas dengan cheap knockoff atau tembakan yg biasanya dibuat dengan menjiplak velg buatan produsen lain (bahkan ada yg branding pun sampai ditiru, kebanyakan dgn tulisan “Made in Japan” diganti menjadi “JAPAN DESIGN” atau “DESIGN IN JAPAN” atau merk yg diplesetkan seperti “Vorsreiner” atau “WedeSport”) dengan kualitas bahan dan keselamatan ala kadarnya tanpa adanya suatu qc atau standard :big_dunno: . Inilah yg berbahaya dan sering dibilang di Indonesia sebagai “velg non-ori, velg TeWe atau replika yg gampang pecah.” Reputasi ini akhirnya merusak brand yg sebetulnya menjual “tribute wheels”, bkn replika.

Apa itu tribute wheels? Tribute wheels adalah velg yg dibuat dengan desain yg memberi tribute ataupun terinspirasi oleh desain velg lain yg populer lalu diberi twist sendiri oleh produsennya. Contoh dr tribute wheels ini adalah Lenso Project D yg terinspirasi Work Kiwami, ROTA Grid yg terinspirasi TE37, dan Rotiform RSE yg terinspirasi dari BBS RS2. Velg2 yg ane sebut di sini BUKAN masuk kategori velg non-ori ya, karena velg2 tersebut tidak menjiplak branding merk lain dan memiliki standard QC dan safety yg jelas. Bahkan, untuk yg hanya mengincar model suatu velg yg terkenal dengan alasan estetika, ane menyarankan untuk ambil tribute wheels aja karena harga yg biasanya tidak semahal velg yg menjadi inspirasinya.

Lalu, gimana cara milih velg yg benar untuk mobil om2 dan tante2 di mari? Kalo saya sih ga usah ribet ya. Tergantung kebutuhan dan yg terpenting kemampuan kita. Saya pribadi pernah memakai velg ERST Wheels Grora di Scirocco yg merupakan tribute wheel made in Taiwan dengan design inspired by HRE P101. Alasannya? Well, ane suka modelnya dan dengan pertimbangan ane karena hanya mencari estetika, tidak butuh performance dan weight advantage si HRE, serta faktor budget.
Lalu sekarang di Miata pakai Enkei RPF-1 dengan pertimbangan bahwa jika memilih velg aftermarket yg lebih berat, driving dynamics dan karakter Miata kan hilang maka ane mencari velg paling ringan (at least lebih ringan sedikit atau sama dgn std) di rentang budget ane dan jatuhlah pilihan pada RPF1 ini.

Jadi, kesimpulan dr ane adalah om TS serta SMers pilih aja sesuai kebutuhan dan budget. Jika memang ingin meminang velg dengan budget seminimal mungkin hanya untuk alasan estetik dan mau menerima resiko dari QC yg tidak jelas, bisa menggunakan velg tembakan atau knockoff atau “TeWe” tadi, toh secara estetika jg tidak beda.

Jika TS dan om2/tante2 di sini mencari estetika dr sebuah velg tp juga menginginkan peace of mind, serta to some extent menghargai karya dan kerja keras orang lain :big_okay: , serta safety, kualitas bahan, dan QC, ane sarankan ambil tribute wheels by Lenzo, SSW, dll. atau setidaknya second tier wheels dr brand names (seperti Sparco by OZ, Enkei TUNING, dll.).

Lastly, kalau emang yg diincer adalah state of the art tech, performance, and lightness barulah menggunakan velg yg disematkan teknologi2 untuk membuatnya ringan dan relatif kuat (selain karena faktor gengsi yg byk ditemukan di Indonesia). Namun, keunggulan2 ini harus dibayar dengan harga yg mahal sekali.

Kalo dari ane cuman ada 2 hal, don’t pretend to be something you’re not dan jangan maksa. Sekian dr ane. Maaf panjang ya
nah akhirnya ada yang mengeluarkan pendapat ini... jujur perdebatan ori vs rep ini macem kalo cewek itu tas ori vs kawe super... wkwkwkkww... atau jam tangan ori vs kawe... jadi inget om deddy corbuzier yang pake jam palsu buat syuting padahal doi beli yang asli mah mampu dan ada di rumahnya...

ane selalu challenge orang-orang yang kesannya kita gak pake wheels "branded" buatan jepang / eropa = bukan petrolhead sejati atau ngga mampu beli velg tapi maksain... pdhl byk orang pake mersi BMW juga velg nya gak pake yang ori, mahal bok ori buatan ngeropah... AMG wheels ori bisa ampe ratusan jt coy...

sekarang industry velg juga saya yakin sudah shift industri ke China/Taiwan/Thailand yang emang marketnya besar dan industrinya sedang kencang-kencangnya. bahkan local brand macem HSR jg sudah cukup bagus, ternyata pabriknya masih outsource ke China. plus, masa negara dengan industri yang termasuk maju ngga punya safety standard untuk produk seperti velg export, se kacrut kacrutnya SNI kita aja tetep ada standarnya.

IMHO semua ada marketnya... original wheels punya market sendiri untuk hobbyist / enthusiast / competition. sedangkan replica / supercopy / tribute wheels itu buat yang yah ganti velg cuma buat seneng-senengan alias cari estetika aja.

ane pribadi masuk yang kedua. sejauh ini ane pakai replica karena yah mobil dipake sehari-hari dan selama ini tdk ada masalah bahkan ring gede pake luar kota sekalipun wkwkwkkwkw. ane simple aja masuk toko velg, liat, suka, beli. skrg pake replica AMG 18 inch (konon by HSR, ane beli seken) di civic pake karet bundar Falken 914 225/45/18.

ada temen ane pakai civic FD ring 19 replica pecah tp ane rasa ini faktor jalan surabaya yg tidak bersahabat + ban tipis. terlalu dini jump into conclusion kalo retak / pecah pasti salah velgnya tw, mana tau pas apes kan nginjek lobangnya kena spot yang "pas" buat ngehajar velg...

pernah pake 20 inch di Harrier bertaun-taun tuh mobil dipake luar kotaan baik-baik aja pdhl tau ndiri pantura kejemnya... :big_peace: temen ane pake E350 Coupe velg replica 20inch ban profil 35 di surabaya bae-bae aj... terakhir kecubles paku ampe tembus velg jg velgnya gpp. ane fikir lebih bagus kalo kita lebih invest ke ban yang kuat dan jgn ring gede-gede... safety paling utama dimulai dari karet bundar...

pernah peyang sekali tapi karena tabrakan itupun ga parah-parah amet cm roda kiri depan.

lagian velg replika 5-7 jutaan bopeng-bopeng mah bodoamat ya. bayangin velg ori 40 juta beset kena trotoar atau kerikil apalagi ane kerja di deket daerah industri yang medannya keras... nangis darah ud... :big_peace:

klo mobilnya nganggur aja di garasi dan buat ngejar performa beneran mah rela-rela aj beli velg 40 jt... katakan mobilnya civic type R baru 1M velg 40jt.
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 19 Jul 2016, 22:22

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by turbine888 »

ginza wrote:
18 May 2020, 01:11

wah thanks om penjelasannya.

saya jadi timbul pertanyaan :
1. velg yang mau saya ambil ini termasuk tewe atau bukan ya?
karna velg RPF ini kan mirip kayak ori, berarti dia jiplakan.
saya pernah dikasih tau, kalau bedain tewe atau bukan bisa diliat dari made in nya. bener kayak yang om bilang, namanya suka diplesetin atau dibuat japan design. tapi kalau misalkan dia tulisannya made in taiwan atau made in thailand, itu termasuk tewe bukan ya?
2. apa kualitas rpf thailand yang mau saya ambil ini bagus? atau sama aja kayak replika? karna penjualnya bilang lebih ringan dari replika biasa (mirip ori)
3. diluar dari pembahasan tadi, dengan spek yang langka harga velg bisa lebih mahal kah?

karna saya sendiri bukan incer gengsi atau pengen kelihatan ori ambil RPF thailand ini. Bukan maksain juga. Alesannya simple, karna susah banget cari pcd buat bmw :big_cry: saya dari awal emang mau ambil replika, cuma emang gaada pcd buat bmw (gatau gaada atau emang susah). kalo budget sih bisa disesuain, tapi kalo buat ambil ori nya RPF kantong ga sesuai hehehe. karna udah terlanjur suka sama modelnya yaa jadi cari opsinya ambil replika. tapi kalau yang thailand ini ternyata emang sama aja replika & jualnya kemahalan (14,5 masih nego) yowes mungkin ambil bbs ori aja yang sesuai budget
Sama2 om. Kalo pertanyaannya, ane coba jawab sebisa mungkin ya, soalnya ane juga sama2 pemula di hobby per-velg-an hehehe.

1. Nah ini om, kalau dia ga ada emboss “Japan Design” dsb, lalu berani emboss lokasi tempat pabriknya walau modelnya mirip RPF1, dan memiliki branding tersendiri mungkin velg tsb dapat dikategorikan sebagai tribute wheels seperti yg ane sebutkan.

2. Kalau kualitas kembali lagi om ke standard yg dipakai dr pabriknya. Kebanyakan dr pabrik velg aftermarket baik yg brand name maupun tribute wheels tadi mengikuti standard JWL maupun VIA, sehingga seharusnya “aman” dan ada standard QC nya (dengan catatan bahwa velg yg om TS mau beli memang tribute wheels, BUKAN knockoff atau “TeWe asal njeplak”.

3. Bisa banget om. Sebagai contoh, Volk Racing ZE40 spek r19 dgn lebar 9.5-10.5 (belang dengan velg depan semi concave face dan velg belakang concave face) dengan PCD 5x120 atau lazim disebut spek BMW M pasti lebih langka dan mahal drpd ZE40 lain yg memiliki lebar rata dan PCD 5x114.3.

Anyway, balik lagi ke om TS. Kalau emang sudah suka dengan modelnya RPF1, ya apa boleh buat om :big_biglaugh: . Emang susah buat cari RPF1 ori spek PCD BMW (jika ada pun mahal banget karena seperti pertanyaan no.4, spek nya langka) dan menurut pengalaman saya, kebanyakan temen2 di komunitas mengakali dgn konversi wheel hub mobil ke PCD 5x114.3. Cuman dengan harga 14,5 jt, ada beberapa pertanyaan yg ingin sy sampaikan untuk om TS.
1. Dengan harga segitu yg cukup mahal, apakah om TS bisa memastikan bahwa velg tersebut merupakan sebuah “tribute wheel“ yg dibuat secara proper dan bukan “knockoff TeWe asal njeplak”?
2. Kalau boleh tau, mungkin bisa PM foto velg dan nama toko yg jual velgnya om? Siapa tau ane bisa bantu lihat keabsahannya

Sekian jawaban dr sy om TS. Semoga membantu :big_okay: .

FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: 03 May 2017, 16:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Contact:

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by FU27 »

Wah, manteb, ada oom Turbine mau bantu cek. Nyesek juga sih klo ternyata dapat velg tembakan seharga 14,5jt

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

turbine888 wrote:
18 May 2020, 11:53
ginza wrote:
18 May 2020, 01:11

wah thanks om penjelasannya.

saya jadi timbul pertanyaan :
1. velg yang mau saya ambil ini termasuk tewe atau bukan ya?
karna velg RPF ini kan mirip kayak ori, berarti dia jiplakan.
saya pernah dikasih tau, kalau bedain tewe atau bukan bisa diliat dari made in nya. bener kayak yang om bilang, namanya suka diplesetin atau dibuat japan design. tapi kalau misalkan dia tulisannya made in taiwan atau made in thailand, itu termasuk tewe bukan ya?
2. apa kualitas rpf thailand yang mau saya ambil ini bagus? atau sama aja kayak replika? karna penjualnya bilang lebih ringan dari replika biasa (mirip ori)
3. diluar dari pembahasan tadi, dengan spek yang langka harga velg bisa lebih mahal kah?

karna saya sendiri bukan incer gengsi atau pengen kelihatan ori ambil RPF thailand ini. Bukan maksain juga. Alesannya simple, karna susah banget cari pcd buat bmw :big_cry: saya dari awal emang mau ambil replika, cuma emang gaada pcd buat bmw (gatau gaada atau emang susah). kalo budget sih bisa disesuain, tapi kalo buat ambil ori nya RPF kantong ga sesuai hehehe. karna udah terlanjur suka sama modelnya yaa jadi cari opsinya ambil replika. tapi kalau yang thailand ini ternyata emang sama aja replika & jualnya kemahalan (14,5 masih nego) yowes mungkin ambil bbs ori aja yang sesuai budget
Sama2 om. Kalo pertanyaannya, ane coba jawab sebisa mungkin ya, soalnya ane juga sama2 pemula di hobby per-velg-an hehehe.

1. Nah ini om, kalau dia ga ada emboss “Japan Design” dsb, lalu berani emboss lokasi tempat pabriknya walau modelnya mirip RPF1, dan memiliki branding tersendiri mungkin velg tsb dapat dikategorikan sebagai tribute wheels seperti yg ane sebutkan.

2. Kalau kualitas kembali lagi om ke standard yg dipakai dr pabriknya. Kebanyakan dr pabrik velg aftermarket baik yg brand name maupun tribute wheels tadi mengikuti standard JWL maupun VIA, sehingga seharusnya “aman” dan ada standard QC nya (dengan catatan bahwa velg yg om TS mau beli memang tribute wheels, BUKAN knockoff atau “TeWe asal njeplak”.

3. Bisa banget om. Sebagai contoh, Volk Racing ZE40 spek r19 dgn lebar 9.5-10.5 (belang dengan velg depan semi concave face dan velg belakang concave face) dengan PCD 5x120 atau lazim disebut spek BMW M pasti lebih langka dan mahal drpd ZE40 lain yg memiliki lebar rata dan PCD 5x114.3.

Anyway, balik lagi ke om TS. Kalau emang sudah suka dengan modelnya RPF1, ya apa boleh buat om :big_biglaugh: . Emang susah buat cari RPF1 ori spek PCD BMW (jika ada pun mahal banget karena seperti pertanyaan no.4, spek nya langka) dan menurut pengalaman saya, kebanyakan temen2 di komunitas mengakali dgn konversi wheel hub mobil ke PCD 5x114.3. Cuman dengan harga 14,5 jt, ada beberapa pertanyaan yg ingin sy sampaikan untuk om TS.
1. Dengan harga segitu yg cukup mahal, apakah om TS bisa memastikan bahwa velg tersebut merupakan sebuah “tribute wheel“ yg dibuat secara proper dan bukan “knockoff TeWe asal njeplak”?
2. Kalau boleh tau, mungkin bisa PM foto velg dan nama toko yg jual velgnya om? Siapa tau ane bisa bantu lihat keabsahannya

Sekian jawaban dr sy om TS. Semoga membantu :big_okay: .
itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.

nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om

kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.

penampakannya kayak gini om
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 19 Jul 2016, 22:22

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by turbine888 »

ginza wrote:
18 May 2020, 13:24

itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.

nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om

kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.

penampakannya kayak gini om
Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.

Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.

Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).

Sekian om dr ane, semoga bisa membantu :big_grin:

User avatar
12punch
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 10 Apr 2019, 15:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Ford Fiesta Sedan MK7 2012
Contact:

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by 12punch »

ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Last edited by 12punch on 18 May 2020, 14:38, edited 1 time in total.
" In times of crisis, we stand united! “

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

turbine888 wrote:
18 May 2020, 14:14
ginza wrote:
18 May 2020, 13:24

itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.

nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om

kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.

penampakannya kayak gini om
Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.

Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.

Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).

Sekian om dr ane, semoga bisa membantu :big_grin:
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

shuvi7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 07 Feb 2019, 12:36

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by shuvi7 »

menarik,, nah kalau kayak Velg model BBS RX by Compomotive apakah itu termasuk KW/rep atau termasuk velg ori? atau kayak Sparco Engineered by OZ

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by nyotnyet »

ginza wrote:
turbine888 wrote:
18 May 2020, 14:14
ginza wrote:
18 May 2020, 13:24

itu dia om, dia gaada brand sendiri. dia terang2an jual enkei rpf01 dengan embel embel made in thailand (yang dia akuin kalau lebih bagus daripada replika biasa). kalau dibilang tribute wheels juga kayanya bukan, dia lebih ke supercopy kayanya. speknya mirip2 ori cuma beda di lebarnya aja dia 9.5 kalau dari enkei sendiri ngeluarin yang 8.5 buat pcd 5x120.

nah kalau soal mengakali, jadi nanya lagi nih om.. itu aman gak ya? temen juga sempet nyaranin. cuma pernah nanya juga ke toko velg langsung kalau rubah pcd atau bubut itu bahaya om

kalo dari pertanyaan om
1. menurut saya dia bukan tribute wheels, tapi dia menjeplak secara proper. karna sempet bandingin sama yang tewe, memang sekilas lebih bagus (saya bandingin lewat foto)
2. saya nemu di OLX om, dia anak komunitas bmw juga.

penampakannya kayak gini om
Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.

Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.

Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).

Sekian om dr ane, semoga bisa membantu :big_grin:
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?
Nah bbsnya cakep tuu

stay calm and drive D4D

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9862
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ChZ »

12punch wrote:
18 May 2020, 14:35
ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
nah yg repot itu karena kbanyakan orang jump into conclusion kalo velg pecah / peyang pasti salahin velg replika bukan ori... pdhl under inflated tyre juga bisa bikin velg pecah. tmen ane yang pake FD contohnya r19 tw pecah... abis itu ganti beli r18 rep kasih ban hankook bae-bae aja...

ibarat kata ban kita under inflated, terus pas hajar lobang agak dalem dan titik nonjoknya pas di weak spot velgnya... ya pecah mah pecah aj... velg oem bawaan mobil mahh ga dikit jg yang kena lobang peyang / pecah... klo velg oem bawaan mobil ga disalahin velgnya disalahin lobangnya... wkwkwkwkw.

nah skrg simulasinya bayangin aj ban tipis + under inflated, apa ga kesian ntu velg... makanya ane masih berpegang teguh klo safety factor utama dimulai dari karet bundar... klo anginnya pas, tebelnya manusiawi, yah resikonya ud minim banget...

masih pecah atau peyang anggep aja kena apes... tp klo emang mau jaminan mutu beli aj replika yang merek udah bagus-bagus... HSR ntu bagus skalian support local brand.
Last edited by ChZ on 18 May 2020, 15:04, edited 1 time in total.
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

shuvi7 wrote:
18 May 2020, 14:52
menarik,, nah kalau kayak Velg model BBS RX by Compomotive apakah itu termasuk KW/rep atau termasuk velg ori? atau kayak Sparco Engineered by OZ
coba suhu yang ngerti bantu jawab... setau saya sih ori tapi gatau sih bingung juga gatau penjelasannya :big_chicken:

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

nyotnyet wrote:
18 May 2020, 14:53
ginza wrote:
turbine888 wrote:
18 May 2020, 14:14


Kalau bubut velg atau PCD, ane sangat tidak menyarankan om, karena akan mengubah susunan grain bahan velg yg berpengaruh pada stiffness dan kekuatan dr bahannya. Alternatif yg diberikan adalah untuk mengganti hub roda (lingkaran tempat mounting velg yg ada baut PCD nya) dengan yg ber PCD 5x114.3. Metode ini, ane berani bilang cukup aman, dan byk teman2 bawa BMW yg memakai cara ini dan melakukan track day, spirited driving, maupun high speed driving tanpa ada accident apapun dan tidak ada getaran2 tidak wajar pada mobil atau tanda2 failure.

Anyway, dari gambar yg om kirimin memang benar, ini supercopy dr RPF1 yg sangat halus, bahkan face nya boleh dibilang 99% persis dengan yg made in Japan, down to. Nah masalahnya adalah banyak dr supercopy “tanpa merk” ini tidak memiliki brand atau pabrikan yg jelas, sehingga kita tidak bisa mengetahui pasti standard QC, bahan, dan safety yg digunakan.

Kalau opini saya pribadi, akan kurang worth it sih om untuk spend uang sebanyak itu untuk velg yg (maaf) kurang jelas asal usulnya ini. Ane lebih sarankan om untuk ambil BBS nya jika memang benar itu ori (kalau boleh, mungkin bisa dipost juga om, fotonya). But, kembali lagi, ini hanya opini sy dan kalau memang om TS udah kesengsem dan mau menerima resikonya, serta tidak berencana untuk melakukan spirited driving maupun track day, silahkan diangkut om, tapi coba ditawar dulu ke harga yg lebih reasonable untuk velgnya (ane recommend di range 10 juta ke bawah).

Sekian om dr ane, semoga bisa membantu :big_grin:
kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?
Nah bbsnya cakep tuu
ooo jadi bikin adaptor lagi ya.. biaya kena brp ya om?

hehe iya bbs cakep om harga lumayan juga yang R18 :big_love:

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by nyotnyet »

ginza wrote:
nyotnyet wrote:
18 May 2020, 14:53
ginza wrote: kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?
Nah bbsnya cakep tuu
ooo jadi bikin adaptor lagi ya.. biaya kena brp ya om?

hehe iya bbs cakep om harga lumayan juga yang R18 :big_love:
Kalo biaya saya kurang paham ya Om, saya bukan jkt soalnya, dan belum pernah bikin adaptor juga...
Sikat bbsnya udah, kalo rep harga segitu kayanya ga worth si

stay calm and drive D4D

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

ChZ wrote:
18 May 2020, 15:00
12punch wrote:
18 May 2020, 14:35
ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
nah yg repot itu karena kbanyakan orang jump into conclusion kalo velg pecah / peyang pasti salahin velg replika bukan ori... pdhl under inflated tyre juga bisa bikin velg pecah. tmen ane yang pake FD contohnya r19 tw pecah... abis itu ganti beli r18 rep kasih ban hankook bae-bae aja...

ibarat kata ban kita under inflated, terus pas hajar lobang agak dalem dan titik nonjoknya pas di weak spot velgnya... ya pecah mah pecah aj... velg oem bawaan mobil mahh ga dikit jg yang kena lobang peyang / pecah... klo velg oem bawaan mobil ga disalahin velgnya disalahin lobangnya... wkwkwkwkw.

nah skrg simulasinya bayangin aj ban tipis + under inflated, apa ga kesian ntu velg... makanya ane masih berpegang teguh klo safety factor utama dimulai dari karet bundar... klo anginnya pas, tebelnya manusiawi, yah resikonya ud minim banget...

masih pecah atau peyang anggep aja kena apes... tp klo emang mau jaminan mutu beli aj replika yang merek udah bagus-bagus... HSR ntu bagus skalian support local brand.
R18 pake semislick aman kah om? yang tebel 40/45

User avatar
12punch
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: 10 Apr 2019, 15:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Ford Fiesta Sedan MK7 2012
Contact:

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by 12punch »

ChZ wrote:
18 May 2020, 15:00
12punch wrote:
18 May 2020, 14:35
ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
nah yg repot itu karena kbanyakan orang jump into conclusion kalo velg pecah / peyang pasti salahin velg replika bukan ori... pdhl under inflated tyre juga bisa bikin velg pecah. tmen ane yang pake FD contohnya r19 tw pecah... abis itu ganti beli r18 rep kasih ban hankook bae-bae aja...

ibarat kata ban kita under inflated, terus pas hajar lobang agak dalem dan titik nonjoknya pas di weak spot velgnya... ya pecah mah pecah aj... velg oem bawaan mobil mahh ga dikit jg yang kena lobang peyang / pecah... klo velg oem bawaan mobil ga disalahin velgnya disalahin lobangnya... wkwkwkwkw.

nah skrg simulasinya bayangin aj ban tipis + under inflated, apa ga kesian ntu velg... makanya ane masih berpegang teguh klo safety factor utama dimulai dari karet bundar... klo anginnya pas, tebelnya manusiawi, yah resikonya ud minim banget...

masih pecah atau peyang anggep aja kena apes... tp klo emang mau jaminan mutu beli aj replika yang merek udah bagus-bagus... HSR ntu bagus skalian support local brand.

betul betul, that's an ugly truth, kalo velg ori pecah yg disalahin lobang
tapi ya dari kasus itu bisa disimpulin demi minimalisir resiko yg uncertain mending ambil brand jelas, ada rasa aman yg bisa didapat dan yg disalahin akan lobang wkwk bkn velg replika,

balik lagi ke kasus om TS sih, sebenrnya kalo suka ambil aja, toh ane jg main ambil velg tw gatau kualitasnya tapi 5 tahun dipake aman. (untuk minimalisir resiko , waktu itu toko yang ane pilih sudah terkenal dan terpercaya sih . itu jd pertimbangan ane untuk ambil velg tw karena kan toko terkenal juga pasti punya standard QC nya lagi dong, ane percaya aja toko itu jg ambil TW yang ga TW asal2an gtu loh , masa iya dia mau bahayain konsumennya ) .

tapi mungkin faktor trakhir yang harus dilihat ya harga, kalo misal harga segitu taunya bisa dapet velg ori second ya mending ambil ori second
kalo historis penjual, pabrik pembuatan dllnya ga jelas coba di negoin aja sampe ke harga velg replika pada umumnya biar ga rugi wkwkwk
Last edited by 12punch on 18 May 2020, 15:19, edited 1 time in total.
" In times of crisis, we stand united! “

turbine888
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: 19 Jul 2016, 22:22

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by turbine888 »

12punch wrote:
18 May 2020, 14:35
ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Yah begitulah om yg jadi masalah kalo beli velg “replika”, yaitu adanya faktor hoki2 an soal kualitas dan ketahanan. Ada temen2 ane jg pake velg replika gini lumayan lama dan dipakai high speed juga ga ada masalah, paling peyang. Nah, sebaliknya ga dikit jg yg pake velg replika ga jelas gini dan terjadi accident seperti velg bolak balik peyang karena kena lobang dikit, retak rambut, retak dalam, bahkan pecah :big_cry: . Mungkin faktor ban yg tebal jg membantu om, karena secara fisika kan membantu meredam getaran dr jalan ke velg.

Karena itu om, skrg ane lebih recommend velg tributebby HSR, Lenso, dll. , velg ori seken ataupun velg OEM. Ada faktor peace of mind aja at least, dan ada pihak yg dapat dipertanggungjawabkan :big_okay: .
ginza wrote:
18 May 2020, 14:37

kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Jadi maksud ane tuh bisa dengan mengganti hub atau membubut hub yg ada menjadi PCD yg diinginkan om, kalau bengkel bubut biasanya ngerti kok. Metode ini relatif lebih aman daripada menggunakan adaptor yg bisa lepas.

Anyway, setelah ane iseng memasukkan ke google grafiran pada velg RPF1 yg tadi, ane sarankan untuk stayaway aja deh om. Hasilnya mengarah ke alibaba dan menunjukkan bahwa velg itu dibuat di China berdasarkan spesifikasi si pemesan dgn range harga dari 450.000-1.000.000 per piece nya (tergantung spesifikasi pemesan).

Cakep tuh BBS nya yg RX209 om, apalagi nancep di BMW. Emang kombinasi BMW + BBS itu ga pernah salah :big_okay: . Kalau harganya cucok sih angkut aja om hehehe.
shuvi7 wrote:
18 May 2020, 14:52
menarik,, nah kalau kayak Velg model BBS RX by Compomotive apakah itu termasuk KW/rep atau termasuk velg ori? atau kayak Sparco Engineered by OZ
Kalau BBS RX by Compomotive tuh termasuk dalam kategori tribute wheels yg ane sebutin om, jd dia bilang kalau itu merknya compomotive tp desainnya inspired by BBS RX. Sementara itu, kalau Sparco Engineered by OZ itu semacam Enkei TUNING untuk Enkei, sehingga Sparco wheels merupakan second tier brand dari OZ dgn QC dan teknologi dari OZ om :big_exellent: .
nyotnyet wrote:
18 May 2020, 14:53

Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?
Nah bbsnya cakep tuu
Kalo ane pribadi sih lebih pilih bubut/ganti hub ke 5x114 om, karena lebih aman dari adaptor

Ps: sorry momod2 kalo post nya panjang bgt

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3048
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by sintoni »

Kalau pake adaptor kadang bisa getar om.

Lebi bagus seperti kayak om Turbin ngmg, mending bubut.

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by nyotnyet »

Dulu ane pernah ganti pcd sih dari 4x100 ke pcd 5x114, so far aman sih sampe mobil dijual dan balik ke pcd 4x100, kalo adaptor emang belum pernah.

Pengalaman pahit saya, yg saya males pake rep itu ya terakhir pake rep te37, sblm saya jalan itu saya cek angin selalu karna trauma di rep bbs itu, dari jkt pun begitu, hasilnya tetep peyang wkwkwk
Mungkin ya itu, lagi sial, makanya skrg saya prefer oem aja kalo budgetnya ada, kalo ga ya pake bawaannya aja *preferensi dan pengalaman pribadi aja ya

stay calm and drive D4D

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9862
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ChZ »

ginza wrote:
18 May 2020, 15:10

R18 pake semislick aman kah om? yang tebel 40/45
wah semi slick mau dipake harian oom?

kalo saya kurang rekomen pakai semi slick... selain urusan comfort, semi slick juga tidak didesain untuk djahanamnya kondisi jalan di +62...

tingkat wear nya juga pasti tinggi.

utk tebal 40/45 masih safe seharusnya, saya pake tebal 45 r18 di Civic... seri-3 kan seukuran Civic.
12punch wrote:
18 May 2020, 15:15

betul betul, that's an ugly truth, kalo velg ori pecah yg disalahin lobang
tapi ya dari kasus itu bisa disimpulin demi minimalisir resiko yg uncertain mending ambil brand jelas, ada rasa aman yg bisa didapat dan yg disalahin akan lobang wkwk bkn velg replika,

balik lagi ke kasus om TS sih, sebenrnya kalo suka ambil aja, toh ane jg main ambil velg tw gatau kualitasnya tapi 5 tahun dipake aman. (untuk minimalisir resiko , waktu itu toko yang ane pilih sudah terkenal dan terpercaya sih . itu jd pertimbangan ane untuk ambil velg tw karena kan toko terkenal juga pasti punya standard QC nya lagi dong, ane percaya aja toko itu jg ambil TW yang ga TW asal2an gtu loh , masa iya dia mau bahayain konsumennya ) .

tapi mungkin faktor trakhir yang harus dilihat ya harga, kalo misal harga segitu taunya bisa dapet velg ori second ya mending ambil ori second
kalo historis penjual, pabrik pembuatan dllnya ga jelas coba di negoin aja sampe ke harga velg replika pada umumnya biar ga rugi wkwkwk
stuju om, toko velg yang bonafit klo jualan barang busuk jg pastinya bakal dikomplen rame-rame :mky_01:

kalo saya ngambil logika industri manufaktur ya... katakan industri di suatu negara standar nasional nya skala 7 dari 10.

nah buat pabrik velg generik buat mass market ngapain bikin yang standarnya lebih dari itu? cost gede, barang muternya lama, ga sesuai dengan demand di mass market yang rata-rata beli velg buat fashion aja. akhirnya ya mereka bikin velg yang kualitasnya sekedar memenuhi syarat industri... skor 7/10.

sedangkan velg ori japan atau europe mungkin kalo dites pakai standar industri negara yang sama, ya standarnya bisa 8 bahkan 10... krn market needs nya beda, ntah buat kompetisi atau performa jd butuh lightweight.

krn ane dagang bahan bangunan... tau gini-gini. rata-rata pabrik besi ogah rugi bikin yang di atas standar SNI... dimepetin aja sebagai syarat lolos. mau cari yang kualitas lbh tinggi dari SNI ya ada koq tp demand nya jelas rendah, malah kbanyakan proyek kecil-kecilan kadang cari yang non-SNI :mky_01:
2011 Toyota XU30
2011 Volkswagen PQ35-5K
2013 Suzuki GXB71S
2015 Honda RU5 / 2017 Honda FK4 / 2018 Honda RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog

ginza
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 03 May 2020, 11:35
Daily Vehicle: e46 323i

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by ginza »

turbine888 wrote:
18 May 2020, 15:19
12punch wrote:
18 May 2020, 14:35
ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Yah begitulah om yg jadi masalah kalo beli velg “replika”, yaitu adanya faktor hoki2 an soal kualitas dan ketahanan. Ada temen2 ane jg pake velg replika gini lumayan lama dan dipakai high speed juga ga ada masalah, paling peyang. Nah, sebaliknya ga dikit jg yg pake velg replika ga jelas gini dan terjadi accident seperti velg bolak balik peyang karena kena lobang dikit, retak rambut, retak dalam, bahkan pecah :big_cry: . Mungkin faktor ban yg tebal jg membantu om, karena secara fisika kan membantu meredam getaran dr jalan ke velg.

Karena itu om, skrg ane lebih recommend velg tributebby HSR, Lenso, dll. , velg ori seken ataupun velg OEM. Ada faktor peace of mind aja at least, dan ada pihak yg dapat dipertanggungjawabkan :big_okay: .
ginza wrote:
18 May 2020, 14:37

kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Jadi maksud ane tuh bisa dengan mengganti hub atau membubut hub yg ada menjadi PCD yg diinginkan om, kalau bengkel bubut biasanya ngerti kok. Metode ini relatif lebih aman daripada menggunakan adaptor yg bisa lepas.

Anyway, setelah ane iseng memasukkan ke google grafiran pada velg RPF1 yg tadi, ane sarankan untuk stayaway aja deh om. Hasilnya mengarah ke alibaba dan menunjukkan bahwa velg itu dibuat di China berdasarkan spesifikasi si pemesan dgn range harga dari 450.000-1.000.000 per piece nya (tergantung spesifikasi pemesan).

Cakep tuh BBS nya yg RX209 om, apalagi nancep di BMW. Emang kombinasi BMW + BBS itu ga pernah salah :big_okay: . Kalau harganya cucok sih angkut aja om hehehe.
shuvi7 wrote:
18 May 2020, 14:52
menarik,, nah kalau kayak Velg model BBS RX by Compomotive apakah itu termasuk KW/rep atau termasuk velg ori? atau kayak Sparco Engineered by OZ
Kalau BBS RX by Compomotive tuh termasuk dalam kategori tribute wheels yg ane sebutin om, jd dia bilang kalau itu merknya compomotive tp desainnya inspired by BBS RX. Sementara itu, kalau Sparco Engineered by OZ itu semacam Enkei TUNING untuk Enkei, sehingga Sparco wheels merupakan second tier brand dari OZ dgn QC dan teknologi dari OZ om :big_exellent: .
nyotnyet wrote:
18 May 2020, 14:53

Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?
Nah bbsnya cakep tuu
Kalo ane pribadi sih lebih pilih bubut/ganti hub ke 5x114 om, karena lebih aman dari adaptor

Ps: sorry momod2 kalo post nya panjang bgt
oalaaah gitu yah om, thanks banget om infonya. berarti bener emang ini replika versi bagusnya aja kali ya...

yaa mungkin setelah banyak pertimbangan bakal ambil bbs kali ya, cari yang pasti pasti aja deh biar aman. tapi kudu cari yang pas dan sesuai budget karna harga lumayan hehe... :big_chicken:

shuvi7
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 07 Feb 2019, 12:36

Re: Velg Enkei RPF01 Thailand

Post by shuvi7 »

turbine888 wrote:
18 May 2020, 15:19
12punch wrote:
18 May 2020, 14:35
ane pengguna BBS CHR Replica Taiwan, beli tahun 2015 dipakai di ford fiesta
sampai 2020 skrg aman2 aja kok cuma grepes2 lucu pemakaian aja
ga ada peang apalagi patah..

ane ga paham sih apa kualitas Velg TW yang ane pake hoki dpt yg bagus atau gimana, tapi pemakaian ane sih normal, speed di tol 140, sesekali kena lobang dll sih udah 5 tahun aman .. dulu ambilnya di TirtaMotorsport , apa mungkin karena masih R17 dan bannya msh tebel ya jd bisa ditahan? kalo misal velg TW ban tipis ring besar mungkin baru gampang rusak kali ya?

tp menurut ane kalo skrg ada pilihan kaya HSR kayany mending ambil HSR / brand lain yang jelas / ori Second, karena brandnya jelas, kalo ada problem ya jelas siapa yg dituju.
kalo misal ambil velg replika paling cma bisa komplain masalah ke toko yang jual, dan toko tinggal mengelak " yah namanya replika bro ga kuat " .. wkwk
Yah begitulah om yg jadi masalah kalo beli velg “replika”, yaitu adanya faktor hoki2 an soal kualitas dan ketahanan. Ada temen2 ane jg pake velg replika gini lumayan lama dan dipakai high speed juga ga ada masalah, paling peyang. Nah, sebaliknya ga dikit jg yg pake velg replika ga jelas gini dan terjadi accident seperti velg bolak balik peyang karena kena lobang dikit, retak rambut, retak dalam, bahkan pecah :big_cry: . Mungkin faktor ban yg tebal jg membantu om, karena secara fisika kan membantu meredam getaran dr jalan ke velg.

Karena itu om, skrg ane lebih recommend velg tributebby HSR, Lenso, dll. , velg ori seken ataupun velg OEM. Ada faktor peace of mind aja at least, dan ada pihak yg dapat dipertanggungjawabkan :big_okay: .
ginza wrote:
18 May 2020, 14:37

kalau mau ganti hub roda bilangnya gimana ya om? terus berarti kalau gitu yang dirubah bukan velgnya ya? jadi PCD nya itu yang diganti jadi 114,3? hehe maklum saya agak kurang paham om, malah baru denger :big_slap:

bener om saya kurang yakin asal usul velg ini, mungkin kalau dia jelasin pabrikan & QC nya baru saya lebih yakin. dia cuma bilang made in thailand & lebih ringan dari velg replika biasa

soal harga juga disaranin temen emang ambil dibawah 10 om, karna ya mau gimanapun katanya itu tetep replika cuma kualitas lebih bagus aja (supercopy). saya rasa sih penjualnya berani jual tinggi karna spek yang langka aja :big_exellent:

kalau yang BBS modelnya gini om
foto yang 4 velg itu BBS RX 209 R18
yang masih terpasang BBS RX 204 R17
Jadi maksud ane tuh bisa dengan mengganti hub atau membubut hub yg ada menjadi PCD yg diinginkan om, kalau bengkel bubut biasanya ngerti kok. Metode ini relatif lebih aman daripada menggunakan adaptor yg bisa lepas.

Anyway, setelah ane iseng memasukkan ke google grafiran pada velg RPF1 yg tadi, ane sarankan untuk stayaway aja deh om. Hasilnya mengarah ke alibaba dan menunjukkan bahwa velg itu dibuat di China berdasarkan spesifikasi si pemesan dgn range harga dari 450.000-1.000.000 per piece nya (tergantung spesifikasi pemesan).

Cakep tuh BBS nya yg RX209 om, apalagi nancep di BMW. Emang kombinasi BMW + BBS itu ga pernah salah :big_okay: . Kalau harganya cucok sih angkut aja om hehehe.
shuvi7 wrote:
18 May 2020, 14:52
menarik,, nah kalau kayak Velg model BBS RX by Compomotive apakah itu termasuk KW/rep atau termasuk velg ori? atau kayak Sparco Engineered by OZ
Kalau BBS RX by Compomotive tuh termasuk dalam kategori tribute wheels yg ane sebutin om, jd dia bilang kalau itu merknya compomotive tp desainnya inspired by BBS RX. Sementara itu, kalau Sparco Engineered by OZ itu semacam Enkei TUNING untuk Enkei, sehingga Sparco wheels merupakan second tier brand dari OZ dgn QC dan teknologi dari OZ om :big_exellent: .
nyotnyet wrote:
18 May 2020, 14:53

Bikin adaptor dari 5x120 ke 5x114/112 om...sarinande biasa yah?
Nah bbsnya cakep tuu
Kalo ane pribadi sih lebih pilih bubut/ganti hub ke 5x114 om, karena lebih aman dari adaptor

Ps: sorry momod2 kalo post nya panjang bgt
thanks om turbine penjelasannya, memang per velgan ini agak rumit buat orang awam ya...

Post Reply