Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
saran dong..utk kipas radiator aerio gak mau muter??
usaha perbaikn sendiri:
djumper kipas radiator muter kencang
socket kipas radiator aman
ect udh dbersihkan dan socket presisi
relay kipas radiator (D C E) visual baik2 aja dan gak ada bau gosong
dtunggu masukannya
rumahnya abis kali om,
Harus ganti biasanya kalo kipas yg kecil2, kalo mobil kayak avanza, innova dibawa ke bengkel dinamo masih bisa.
Mending ganti aja saran ane om, kl dibiarin ntar gampang overheat mesinnya lho
relay masih berfungsi?
coba dilepas trus sambung kabel, 30 sama 86 ke positif aki, 85 ke negatif. ada bunyi cetek-cetek nggak...
ect/thermoswitch juga sambung kabel agak panjang ke multitester, set di ohm meter, setelah itu ect direbus. nanti setelah air mendidih ketauan ect masih sehat apa enggak.
hasil cek lanjutan brusan:
mesin hidup
relay ttp yg ada (blm ganti)
socket ect dpasang hasil kipas radiator mati
tp klo socket ect dilepas maka kipas radiator hidup/muter terus ga mau mati
apakah itu udh fix klo ect yg rusak?
uzm wrote: Wed Feb 26, 2020 4:27
hasil cek lanjutan brusan:
mesin hidup
relay ttp yg ada (blm ganti)
socket ect dpasang hasil kipas radiator mati
tp klo socket ect dilepas maka kipas radiator hidup/muter terus ga mau mati
apakah itu udh fix klo ect yg rusak?
itu sistem proteksi om/ Fail safe, kalo ect di copot/ rusak. fan otomatis nyala terus.
FAn aerio single atau double om. ada resistor nya ngak buat Low/High ?
Saran ane cek ke Beres yang ada Engine Scanner tapi bisa fungsi command ke ECU.
jd dr Alatnya akan suruh ECU di buat nyalain Fan Low/ High ( Mesin mobil off, key ACC on)
kemungkinan lain jalur dari ECU ke Relay ada korosi. Putus. (nebak aja)
uzm wrote: Wed Feb 26, 2020 4:27
hasil cek lanjutan brusan:
mesin hidup
relay ttp yg ada (blm ganti)
socket ect dpasang hasil kipas radiator mati
tp klo socket ect dilepas maka kipas radiator hidup/muter terus ga mau mati
apakah itu udh fix klo ect yg rusak?
itu sistem proteksi om/ Fail safe, kalo ect di copot/ rusak. fan otomatis nyala terus.
FAn aerio single atau double om. ada resistor nya ngak buat Low/High ?
Saran ane cek ke Beres yang ada Engine Scanner tapi bisa fungsi command ke ECU.
jd dr Alatnya akan suruh ECU di buat nyalain Fan Low/ High ( Mesin mobil off, key ACC on)
kemungkinan lain jalur dari ECU ke Relay ada korosi. Putus. (nebak aja)
fan double.. fan ac dan fqn radiator
dr gambar jalur socket ada low dan high speed utk fan
report ulang hasil identifikasi:
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper
Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
uzm wrote: Wed Feb 26, 2020 23:42
report ulang hasil identifikasi:
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
uzm wrote: Wed Feb 26, 2020 23:42
report ulang hasil identifikasi:
cek relay D C dan E (ada bunyi tek pakai aki dan jarum ohmmeter gerak naik)
fuse no 9 (30A) tidak putus pkai multitester
fan radiator muter djumper
Ect direndam air panas dan cek dg multitester tdk ada pergerakan (posisi jrum sama sblm drendam)
apakh itu ect yg tmasuk rusak minta ganti?
Final report..
Stelah cek ulang fuse, relay, socket dan kabel yg bhubungan dg command ECU-ECT-Fan radiator serta saran-masukan dr rekan" SM (tks tak terhingga) dputuskan lbh cendrung ke sensor ECT.
Skian waktu cari sensor ECT akhirnya dpt
langsung dpasang dan..
fan radiator muter stelah suhu panas tercapai kurleb 20-30 mnt (mgkn 90an drajat C)
Trouble terslesaikan