New Honda City makin cantik

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

neptunus
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sat Dec 25, 2004 22:37

New Honda City makin cantik

Post by neptunus »

New Honda City makin cantik


(13/10/2005) - New Honda City yang hadir dengan wajah baru menjadi model pertama yang harganya naik di keluarga Honda.

Tidak bisa dipungkiri gonjang-ganjing ekonomi mulai dari melemahnya rupiah hingga dampak kenaikan BBM akhirnya mendorong semua ATPM merevisi harga jualnya. Kenaikan harga jual sudah pasti terjadi, masalahnya kapan waktu yang tepat hingga bisa meminimalkan dampaknya terhadap volume penjualan. Honda -yang peforma penjualannya tahun ini cemerlang-, memutuskan menaikkan harga saat ini dengan keyakinan penjualan tak terganggu.

Mengapa Honda begitu yakin? Pertama, menjelang lebaran biasanya terjadi kenaikan penjualan mobil, dan kebetulan penjualan September terjadi penurunan (-17%) karena konsumen menahan diri menunggu keputusan pemerintah soal BBM. Di duga, bulan ini mereka segera merealisasikan rencananya untuk membeli mobil baru. Kedua, Honda City menguasai lebih dari 56.8% pangsa pasar sedan mungil dengan laju pertumbuhan 6.6%.Dengan kekuatan itu, dan karena New Honda City dari sono-nya lebih mahal, maka Honda cukup optimis untuk menaikkan harga jualnya.

Saat peluncurannya di Four Seasons Hotel, Jakarta, Selasa (12/10) itu, HPM merilis harga New Honda City yaitu, i-DSI MT (Rp 176 juta), i-DSI AT (Rp 186 juta), VTEC MT (Rp 180 juta) dan VTEC AT (190 juta). Harga-harga itu on the road Jakarta.

Menurut Jonfis Fandi, GM sales & marketing PT HPM, harga New Honda City berselisih Rp 11- 12 juta dibandingkan Honda City. "Kenaikan itu sudah sesuai dengan tambahan value yang ditawarkan New Honda City," kata Jonfis yang menargetkan penjualan 10,000 unit model ini hingga akhir tahun 2006. Sedangkan kenaikan model-model lain yang akan menyusul berkisar 5 - 10%.

Naik ke kelas Civic

Tambahan value ini digambarkan Jonfis jauh melampaui ekpektasi yang diharapkan konsumen di kelas sedan mungil. "Kita tidak sedang menghadiri peluncuran Civic baru, ini adalah New Honda City," katanya untuk menegaskan kelebihan model ini.

Dimensi sedan ini telah tumbuh hingga mendekati kakak kelasnya. Overall length kini 4390mm atau 80mm lebih panjang City, atau 20mm lebih pendek dari Civic. Tambahan dimensi ini diterjemahkan sebagai space interior yang lebih besar. HPM sudah mengantisipasi bila sebagian pasar Civic bakal beralih ke Honda City.

New Honda City adalah tawaran Honda untuk penyegaran di pertengahan siklus hidup Honda City. Seperti di merek-merek lain, refreshment semacam ini tidak melakukan perubahan yang revolusioner. Jadi pada dasarnya ini tetaplah Honda City, dengan mesin, gearbox, suspensi, kelebihan dan kekurangan sebuah Honda City. Namun Honda -berdasarkan masukan konsumen- melakukan serangkaian penyempurnaan untuk membuatnya tetap segar dan menarik konsumen untuk membelinya.

Perubahan ada pada disain bonet dan bumper, multi-reflector headlight lebih elegan, dan grill dengan double line chrome yang menguatkan kesan mewah dan sporty. Disain bagian belakang fokus pada lampu belakang lebih panjang dan atraktif. Khusus VTEC, exhaust pipe dilapisi bahan chrome. Printed antenna di kaca belakang, yang meniadakan antena luar menghasilkan tampilannya lebih rapi. Body baru New Honda City punya tingkat aerodinamis lebih tinggi dibanding sedan lainnya (dengan coefficient drag 0,29), yang pada akhirnya dapat mendukung efisiensi bahan bakar.

Interior New Honda City didesain untuk mempertegas konsep yang ditawarkan mobil ini. Warna hitam dengan panel metalik menambah kesan sporty pada varian VTEC, sementara nuansa beige dan hitam dengan panel woody memberikan aura kemewahan pada varian i-DSI. Kedua varian New Honda City tersebut kini semakin berkesan modern dengan Self illuminating Meter Cluster, yang akan menyala secara otomatis untuk memberikan penerangan yang progresif. "Seperti mengucapkan selamat datang kepada pengemudi," kata Jonfis.

Ada perbedaan kursi belakang antara VTEC dan i-DSI. Pada varian VTEC, Honda memilih menggunakan kursi tetap yang tidak bisa dilipat dengan laci dibawahnya. Sementara i-DSI menggunakan ultra seat yang ultra fleksibel. "Pemilihan itu dikaitkan karakter konsumen VTEC dan i-DSI. Konsumen VTEC biasanya single, aktif dan individual. Sedangkan i-DSI biasanya dipilih pasangan muda yang butuh ruang fleksibel," paparnya.

New Honda City menambahkan tiga warna baru, yaitu Purplish Blue Metallic, Alabaster Silver Metallic, dan Silver Moss Metallic melengkapi warna lain yang sudah ada, Vivid Blue Pearl, Nighthawk Black Pearl, Satellite Silver Metallic, dan Royal Ruby Red Pearl.

Untuk fitur keamanan, New Honda City dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist), sabuk keselamatan dengan Pretensioner + Load Limiter yang didukung dengan Dual SRS Airbag. Tentu saja konstruksi G-CON yang menyerap sejumlah besar energi benturan kemudian menyalurkannya ke struktur keamanan bodi kendaraan. New Honda City telah melalui serangkaian uji coba ketat untuk tabrakan dari berbagai sudut di Honda Real World Crash Test Facility, dan memperoleh 5 bintang untuk keamanan pengemudi dan 6 bintang untuk penumpang depan dari Japan New Car Assesment Program (JNCAP).

Tiga tahun yang gemilang

“New Honda City merupakan sebuah kendaraan yang sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini,” kata Kenji Otaka, President Director PT Honda Prospect Motor, saat menghadiri peluncuran New Honda City. “New Honda City menawarkan konsep total satisfaction bagi konsumen, yang meliputi outsanding image sebagai sedan berkelas, outstanding style yang sporty dan bergaya, outstanding safety dengan tingkat keamanan yang memenuhi standar ketat internasional, dan yang terpenting outstanding performance yang memadukan tenaga dan efisiensi bahan bakar,” tambahnya.

Generasi ketiga Honda City ini diluncurkan pertamakali pada 2003 dengan penjualan 7.680 unit dan meningkat 8.330 unit setahun kemudian. Tahun ini hingga September telah meraih penjualan 6.053 unit. Total 22.063 unit telah terjual di seluruh Indonesia sejak 2003. HPM memberikan garansi 3 tahun/100,000km plus garansi suku cadang satu tahun/20,000 km. Saat ini Honda memiliki 63 bengkel resmi dari 68 dealer diseluruh di Indonesia.


dari mobilku