Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Selamat pagi om semua...
Mau minta bantuan om-om yang sudah berpenglaman buat minang CX5 2012 KM 80ribuan, kebetulan ada yang nawarin lumayan murah sekitar 170an jt...
Berhubung saya awam soal mesin, kira2 yang perlu saya periksa saat COD apa saja ya? secara udah lumayan berumur dan jalannya udah 80ribuan...
Oya om, rencananya mobil ini mau buat mobil utama dan jangan panjang rekomended nggak? Jika memang rekomended jangka panjang kira2 biaya yang harus disiapkan untuk hal-hal tidak terduga (menyesuaikan umur dan km kendaraan) berapa?.. Hehe...
Terima kasih banyak atas masukan dan bantuan om semua...
RobbyKodo wrote: Mon Feb 17, 2020 3:06
Rekomend om
Itu 2000cc atau yg 2500cc ?
Saya pernah punya CX5 2500 2014 pakai selama 5 tahun
Periksa kaki" Nya aja om aman dari bunyi" Atau gak
yang 2000 cc om..
Boleh cerita pengalaman penggunaan selama 5 tahun dong om, mulai dari biaya perawatan sampai konsumsi BBM..
Oya om.. Tanya lagi ya.. Untuk pemakaian jangka panjang masih worthed ga ya?? Pemakaian perbulan agak jarang sih, palingan sekitar 300km/bulan (kecuali pas keluar kota itupun jarang sekali). Sebagai tambahan informasi dealer mazda terdekat sekitar 50 km an..
Last edited by piwwe on Mon Feb 17, 2020 10:39, edited 1 time in total.
Saya pengguna seri bontot dr keluarga mazda (mzd 2) sih...
Tapi karena sharing parts beberapa jenis untuk kaki2 dengan cx-5 jd tau harga2 partnya.
Saran aja sih, secara mobil dah berumur n supaya ga digetok, mending ke bengkel resmi hanya untuk cek parts apa yg mesti diganti. Kalau dah ada listnya bisa cari online misalkan untuk kaki2 d futz istanapart / stamx automobile. Pake parts macem merk 555 aja atau kalau shock2an bs pake kayaba excel g.
Setau saya cx5 itu ada sharing bunyi2an d lower arm yg sama dengan mazda 6, mending ntuh part ganti pake bahan teflon/PU aja biar awet.
Kalau mau lengkap belajar perawatan / servis cx-5 bs sambil nonton youtube-nya Felix Dan (mudah2an namanya bener). Dia sering bikin tutorial DIY. Servis d bengkel2 deket rumah juga jadinya bs, mekanik bingung kasi aja videonya
Kalau perbaikan2 beres, cukup yakin bisa dipake minimal 5 taun-an lg lah ya ke depan.
RobbyKodo wrote: Mon Feb 17, 2020 3:06
Rekomend om
Itu 2000cc atau yg 2500cc ?
Saya pernah punya CX5 2500 2014 pakai selama 5 tahun
Periksa kaki" Nya aja om aman dari bunyi" Atau gak
yang 2000 cc om..
Boleh cerita pengalaman penggunaan selama 5 tahun dong om, mulai dari biaya perawatan sampai konsumsi BBM..
Oya om.. Tanya lagi ya.. Untuk pemakaian jangka panjang masih worthed ga ya?? Pemakaian perbulan agak jarang sih, palingan sekitar 300km/bulan (kecuali pas keluar kota itupun jarang sekali). Sebagai tambahan informasi dealer mazda terdekat sekitar 50 km an..
Selama 5 tahun pake pertamax campur pertalite (pedalaman Kalimantan pertamax susah) konsumsi bbm nya 9.3 per100L om
Karena cx5 saya saya pake utk pergi kerja lumayan jauh 400km dari rumah jadi setiap minggu & jumat mobil saya pake utk pergi dari rumah ke tmpt kerja jadi setiap minggu nya mobil saya berjalan 800km om, perawatan cuma pergantian oli jadi cepat sekitar 3 bulan udh pasti ganti & baru ganti kampas rem ditahun ke 4 & pergantian bushing arm & link stabilizer sekali.
Utk jangka panjang sebenarnya masih bagus kok om masih mending dealer nya 50km jaraknya dikota saya akhir 2019 kemarin dealer mazda disini tutup makannya saya jual mobil ini ganti venturer
Saya pemakai cx5 dari 2015, beli unit mobil cx5 vin 2014.
Sekarang mobil sudah 80.000km. Baru kemarin abis dari bengkel resmi, untuk check smua, maklum dari km 50.000, mulai perawatan sendiri.
Mereka rekomendasi Part yg diganti :
1. Kanvas Rem + Piringannya.
2. tierod control
3. Bush Stabilizer Front
4. Arm Lower
5. ada 3 Rubber engine mounting..
6. Busi.
Untuk total biaya bengkel resmi mereka minta sparepart + Jasa pasang + PPN = 29 juta.
Saya awalnya kaget biayanya, cuman pas mulai browsing2 mobil merk japan yg lain service di bengkel resmi. Mazda masih masuk akal harga sparepartnya.
Untuk mesin sampai saat ini tidak ada masalah.. Minum pertamax.
fatedestiny87 wrote: Sat Feb 22, 2020 17:36
Saya pemakai cx5 dari 2015, beli unit mobil cx5 vin 2014.
Sekarang mobil sudah 80.000km. Baru kemarin abis dari bengkel resmi, untuk check smua, maklum dari km 50.000, mulai perawatan sendiri.
Mereka rekomendasi Part yg diganti :
1. Kanvas Rem + Piringannya.
2. tierod control
3. Bush Stabilizer Front
4. Arm Lower
5. ada 3 Rubber engine mounting..
6. Busi.
Untuk total biaya bengkel resmi mereka minta sparepart + Jasa pasang + PPN = 29 juta.
Saya awalnya kaget biayanya, cuman pas mulai browsing2 mobil merk japan yg lain service di bengkel resmi. Mazda masih masuk akal harga sparepartnya.
Untuk mesin sampai saat ini tidak ada masalah.. Minum pertamax.
Mobil usia 5 tahun berarti yah om kalo mulai pakai 2015
Di km 80.000 musti keluar biaya 29jt, bener saya juga kaget dengar eh baca nya..
Mungkin karena saya belum pernah pake Mazda selama ini
fatedestiny87 wrote: Sat Feb 22, 2020 17:36
Saya pemakai cx5 dari 2015, beli unit mobil cx5 vin 2014.
Sekarang mobil sudah 80.000km. Baru kemarin abis dari bengkel resmi, untuk check smua, maklum dari km 50.000, mulai perawatan sendiri.
Mereka rekomendasi Part yg diganti :
1. Kanvas Rem + Piringannya.
2. tierod control
3. Bush Stabilizer Front
4. Arm Lower
5. ada 3 Rubber engine mounting..
6. Busi.
Untuk total biaya bengkel resmi mereka minta sparepart + Jasa pasang + PPN = 29 juta.
Saya awalnya kaget biayanya, cuman pas mulai browsing2 mobil merk japan yg lain service di bengkel resmi. Mazda masih masuk akal harga sparepartnya.
Untuk mesin sampai saat ini tidak ada masalah.. Minum pertamax.
Mobil usia 5 tahun berarti yah om kalo mulai pakai 2015
Di km 80.000 musti keluar biaya 29jt, bener saya juga kaget dengar eh baca nya..
Mungkin karena saya belum pernah pake Mazda selama ini
Perlu diingat om Wah, BeRes tertentu kadang rekomendasiin part yg sbetulnya belum perlu ganti tp disuruh ganti..
Asumsi dibawa normal, Brake disc baru 80k dah mesti ganti agak krg yakin, kecuali kalau nyetir kaki kiri selalu d pedal rem n diteken dikit.. engine mount juga ndak yakin 3-3nya wajip ganti.
fatedestiny87 wrote: Sat Feb 22, 2020 17:36
Saya pemakai cx5 dari 2015, beli unit mobil cx5 vin 2014.
Sekarang mobil sudah 80.000km. Baru kemarin abis dari bengkel resmi, untuk check smua, maklum dari km 50.000, mulai perawatan sendiri.
Mereka rekomendasi Part yg diganti :
1. Kanvas Rem + Piringannya.
2. tierod control
3. Bush Stabilizer Front
4. Arm Lower
5. ada 3 Rubber engine mounting..
6. Busi.
Untuk total biaya bengkel resmi mereka minta sparepart + Jasa pasang + PPN = 29 juta.
Saya awalnya kaget biayanya, cuman pas mulai browsing2 mobil merk japan yg lain service di bengkel resmi. Mazda masih masuk akal harga sparepartnya.
Untuk mesin sampai saat ini tidak ada masalah.. Minum pertamax.
Mobil usia 5 tahun berarti yah om kalo mulai pakai 2015
Di km 80.000 musti keluar biaya 29jt, bener saya juga kaget dengar eh baca nya..
Mungkin karena saya belum pernah pake Mazda selama ini
Perlu diingat om Wah, BeRes tertentu kadang rekomendasiin part yg sbetulnya belum perlu ganti tp disuruh ganti..
Asumsi dibawa normal, Brake disc baru 80k dah mesti ganti agak krg yakin, kecuali kalau nyetir kaki kiri selalu d pedal rem n diteken dikit.. engine mount juga ndak yakin 3-3nya wajip ganti.
Soal discbrake, ada kemungkinan sebelumnya udah diselep om sepengalaman sy. Mgkn udah ketipisan kl diselep lg makanya ganti.
Soal engine mounting, memang kl mau enak ganti tiga2nya om, cuma ya gimana ya. Krn bbrp bengkel rekomen begitu
SA sih minta prioritas benerin bagian bawah dulu... Discbrake, saya nanya boleh dibubut saja tidak, SA nya sih bilang boleh cuman tidak rekomen.
Part yg bikin mahal itu:
Engine mounting resmi minta 2,x juta perpcs..
Busi 1pcs : 450rb.
Discbrake depan 1,8 perpcs
Discbrake belakang 1,2an perpcs.
Jasa pemasangan all in 3,75 juta.
Ini saya jg lagi mempertimbangkan, soalnya biayanya besar.. Agan disini ada rekomendasi bengkel yg biasa megang mazda?
fatedestiny87 wrote: Sat Feb 22, 2020 17:36
Saya pemakai cx5 dari 2015, beli unit mobil cx5 vin 2014.
Sekarang mobil sudah 80.000km. Baru kemarin abis dari bengkel resmi, untuk check smua, maklum dari km 50.000, mulai perawatan sendiri.
Mereka rekomendasi Part yg diganti :
1. Kanvas Rem + Piringannya.
2. tierod control
3. Bush Stabilizer Front
4. Arm Lower
5. ada 3 Rubber engine mounting..
6. Busi.
Untuk total biaya bengkel resmi mereka minta sparepart + Jasa pasang + PPN = 29 juta.
Saya awalnya kaget biayanya, cuman pas mulai browsing2 mobil merk japan yg lain service di bengkel resmi. Mazda masih masuk akal harga sparepartnya.
Untuk mesin sampai saat ini tidak ada masalah.. Minum pertamax.
sebetulnya kl lihat dulu harga baru 450 jtan, harga repair 29 jt itu cuma 6-7% dr harga baru mobilnya. masih masuk akal sih.
cuma kl DIY masih bisa lebih murah. beli tools yg nantinya jd milik sendiri maksimal 10 jtan. spare parts ga sampai 19 jt kayanya. hemat biaya jasa, paling sewa tukang urut abisannya
fatedestiny87 wrote: Sun Feb 23, 2020 7:20
SA sih minta prioritas benerin bagian bawah dulu... Discbrake, saya nanya boleh dibubut saja tidak, SA nya sih bilang boleh cuman tidak rekomen.
Part yg bikin mahal itu:
Engine mounting resmi minta 2,x juta perpcs..
Busi 1pcs : 450rb.
Discbrake depan 1,8 perpcs
Discbrake belakang 1,2an perpcs.
Jasa pemasangan all in 3,75 juta.
Ini saya jg lagi mempertimbangkan, soalnya biayanya besar.. Agan disini ada rekomendasi bengkel yg biasa megang mazda?
Coba itu ban dibuka, di piringan rem ada tulisan minimum thickness berapa mm. Ambil jangka sorong/mikrometer sekrup buat ukur...
Busi PE5R-18-110 kan? Beli NGK ILKAR7L11 (94124) di amazon, 700 rb (+150-200rb deposit pajak) dpt 4pcs barang asli gudang amazon. Kalau saya baru ambil Bosch VR7NII33X dr ebay buat mazda saya, double iridium.
Brake pad can use Bendix, mazda saya bendix depan belakang.
Waduh, ngeliat estimasi biaya perbaikan Mazda nya bikin deg deg an juga ya om. Harga 2nd Cx5 jg tergolong masih tinggi dibandingkan harga barunya dulu.
fatedestiny87 wrote: Sun Feb 23, 2020 7:20
SA sih minta prioritas benerin bagian bawah dulu... Discbrake, saya nanya boleh dibubut saja tidak, SA nya sih bilang boleh cuman tidak rekomen.
Part yg bikin mahal itu: Engine mounting resmi minta 2,x juta perpcs..
Busi 1pcs : 450rb.
Discbrake depan 1,8 perpcs
Discbrake belakang 1,2an perpcs.
Jasa pemasangan all in 3,75 juta.
Ini saya jg lagi mempertimbangkan, soalnya biayanya besar.. Agan disini ada rekomendasi bengkel yg biasa megang mazda?
ini aja sih yang ajaib menurut saya, berarti kalo 3 pcs, 6 juta gitu??
fatedestiny87 wrote: Sun Feb 23, 2020 7:20
SA sih minta prioritas benerin bagian bawah dulu... Discbrake, saya nanya boleh dibubut saja tidak, SA nya sih bilang boleh cuman tidak rekomen.
Part yg bikin mahal itu: Engine mounting resmi minta 2,x juta perpcs..
Busi 1pcs : 450rb.
Discbrake depan 1,8 perpcs
Discbrake belakang 1,2an perpcs.
Jasa pemasangan all in 3,75 juta.
Ini saya jg lagi mempertimbangkan, soalnya biayanya besar.. Agan disini ada rekomendasi bengkel yg biasa megang mazda?
ini aja sih yang ajaib menurut saya, berarti kalo 3 pcs, 6 juta gitu??
sisanya wajar harganya kyk mobl2 lain
Crv saya yg RE k24 engine mounting jg segituan kok om, dan paling males hrs inden 2 mgg
Ini saya lampirkan estimasi dari beresnya langsung, tadi siang masih yg inget2. Jadi kl yg baru minang 2nd cx5, dah ada bayangan perbaikan bagian bawahnya di beres, belum termasuk shockbreaker.
Teman saya ada yg pake cx5 2000cc dah jalan 90rb, masih bagus2 saja, belom kena kek saya, dia slalu beres tiap 10rb km. Yah, semua tergantung cara kita berkendara dan merawatnya.
NB : Harga sparepart masih diskon 5% kalau booking.