Seinarukana wrote:Ikut sumbang opini. Kebetulan masih pelihara yang sedikit mirip opsinya TS. CRV RD 2.0 M/T 2004 sama Jazz GD i-dsi A/T 2005 dua2nya dipelihara dari baru. Untuk pertimbangan tambahan dulu sering dititipi Jazz GE VTEC A/T 2011 n pernah experience sebentar sama CRV RD 2.4 A/T 2006.
1. Bigger is better. Memang Jazz punya banyak cara ajaib buat nambah space, tapi tetep belum bisa ngalahi spacenya CRV.
2. Kalo berhasil dapet unit yang udah lewat servis2 besar, yang manapun harusnya ga masalah. Sepanjang melihara mobil2 ini, gak pernah ketemu masalah krusial yang penyebabnya bukan umur (crash/natural disaster beda cerita)
3. Idem sama poin 2
4. FC di Jazz GE dan both CRV selama megang ga jauh bedanya. Even dulu sampe bawa GE ke beres buat komplen kerana yang punya ingetnya Jazz harusnya lebih irit daripada itu. Beda cerita kalo dibanding ke yang Jazz GD. Semuanya kondisi standar
5. Jazz obviously lebih murah. Agak lupa yang CRV sama GE ini kena berapa, tapi yang GD masih under 2jt plat Jakarta
6. Wah belum bisa sumbang opini. Belum experience.
Semoga membantu mencerahkan

sebelumnya terimakasih oom untuk sharing opininya. btw irit dalam benak saya bukan lcgc atau duo avxen, tapi lebih kayak dalkot 1:9 itu udh irit buat saya. nahh memang kemarin sempat liat review jazz ge dgn ultra seatnya, tp apakah ttp terakomodir dgn baik kalo kita mau piknik lukot ama anak, pengasuh dan barang2? kayaknya ga ya oom..
vulvy8858 wrote:boibio wrote: Mon Feb 10, 2020 2:21
selamat pagi siang sore malem moderator, sesepuh, suhu dan warga sm sekalian. sebelumnya mohon maap selama ini nubi hanya jd silent reader..
tapi x ini izinkan nubi memohon saran dan petuah2 untuk kegalauan hati nubitol akhir2 ini
sesuai judul nubi ingin meminang diantara kedua mobil diatas menjadi mobil utama. mmg dua jenis mobil yg sgt bertolak belakang, makany nubi bingung sekali..
langsung aja ya suhu2, adapun faktor2 pertimbangan yg mungkin ngaruh sbb:
1. nubi udh brkluarga, anak satu dan ada rencana nambah
2. bakalan jadi mobil long term 5-10 tahun
3. bakalan jarang pakai, sekali2 doang atau weekend ngemall atau ke puncak
4. konsumsi bbm kalo bs jgn yg boros2 amat
5. pajak pertahun brp ya
6. sekarang mobil perang nubi untuk kerja sehari2 ada starko 86. kondisi sehat. tp kalo jadinya kebeli crv, sisa bujet yg tadinya mau ambil jazz, bisa untuk dandanin starko nya.. (swap engine, repair body dll)
demikian suhu dan warga sm curcolan nubi, semoga suhu dan sepuh sekalian mau memberikan petuah pencerahan. mohon maaf seblumnya kalo nubi belepotan dan ada salah kata. trimakasih
1. bigger should be better
2. Jazz GE sih awet, seenggaknya durability issue di GD uda ga kejadian di GE
3. boros dikit gapapa dong?
4. saya dulu pake RD, dalkot 1:6 lurkot 1:9, pake GE juga pernah, dalkot 1:9 lurkot 1:12. emang GE ga irit2 amat, ga seirit GD.
5. RD di 2.2jt, dulu saya pake taun 2003, B Jakarta
6. kalo emang mau pake 2 mobil, meningan yang gede sekalian.
pilihan lain ada X Trail T30 yang lebih empuk dan nyaman atau the almighty Innova Bensin yang semua juga tahu lebihnya
to be noted, RD, Innova bensin sama T30 segitu gitu aja konsumsi BBM nya, ga jauh2 dari 1:6 dalkot 1:9 lurkot.
trimakasih oom sumbangan sarannya. brrti pajak rd dikisaran 2.2 (2003) ga jauh beda dong sama ge8 rs 2008 di 2 komaan juga? terkait fc saya bukan pemerhati lcgc atau duo avxen, makanya saya masih anggap 1:9 dalkot irit sekali. nah trus untuk saran ipah bensin sama xtrel kayaknya ga deh oom. hahaha
Shonen wrote:Sbg pemakai mau kasi sedikit pendapat buat om...saya sendiri masi pake ge8 buat gerobak harian...crv ya uda dijokul kalo re sm rm...jadi saya bisa kasi pendapat lah knp ge8 masi saya keep..wkwkw...
Poin om kan udah berkeluarga dan jalurnya lukot...
Saya bisa bilang si klo ud berkeluarga ya baiknya jgn ambil jazz lagi..gc nya nyusain si kalo durable ya keluarga honda walau uda umur segini harusnya blom ada masalah paling yg kejadian ya elektronik pada mati..spion, transmission selector, coil pasti pd ngalamin untuk mbl taon segini...kaki2 pasti mati krn ud umurnya jg..sisanya unit ane punya masi sehat...pajak sekitar 2.5an jakarta..hemat ya depends seberapa org bilang hemat masing2 ada batasnya..
Ada org 1:6/7 masi bilang hemat ada jg hemat itu 1:10/12 nah saya ga tau batas si om hematnya brp..klo dalkot bilang 1:10 utk kedua mbl ga mgkn...bisa diisi premium krn mbl minum premium dr baru emang standarnya segitu..crv yg om incer jg bisa minum premium..
Klo utk luar kota ya mending crv krn bawa keluarga...tarikan jg jauh engine beda ceceng cc..
Klo buat bengkel krn selama ini sy selalu bengkel resmi sparepart udah agak susah...klo di luar si bengkel sparepart si melimpah...cuman saya males ribet jd saya selalu resmi...oya kalo crv si dr re sama rm selalu kena rack steernya ntah knp...punya saya selalu begitu...
trimakasih oom sblumnya utk sharingnya. bener bgt oom, saya jaga2 siapa tau ada rezeki anak nambah. otomatis pngasuh n barang nambah. apakah masih proper piknik lukot dgn ge8?
kalo utk fc sih saya g trlalu. karna sebelumnya juga sempat melihara RE 2.0 selama 2 tahun..waktu lajang tapi. hehe
sm4 wrote:ChZ wrote: Mon Feb 10, 2020 2:55
boibio wrote: Mon Feb 10, 2020 2:21
1. nubi udh brkluarga, anak satu dan ada rencana nambah
2. bakalan jadi mobil long term 5-10 tahun
3. bakalan jarang pakai, sekali2 doang atau weekend ngemall atau ke puncak
4. konsumsi bbm kalo bs jgn yg boros2 amat
5. pajak pertahun brp ya
6. sekarang mobil perang nubi untuk kerja sehari2 ada starko 86. kondisi sehat. tp kalo jadinya kebeli crv, sisa bujet yg tadinya mau ambil jazz, bisa untuk dandanin starko nya.. (swap engine, repair body dll)
kalau ada pertimbangan no.4 dan 5 kayaknya udah jelas jawabannya oom...
+ dipikirkan juga maintenance lain, gimana-gimana ini mobil seken pasti butuh perhatian lebih. Jazz setidaknya selain BBM lebih hemat, pajak lebih murah, harga part lebih murah dan lebih mudah perawatannya karena konstruksinya lebih simpel terutama urusan kaki-kaki.
setuju sekali. karena ada pertimbangan konsumsi bbm dan pajak, jelas pilih Jazz. Crv 2.4 mesinnya. konsumsi bbm sangat terasa boros kalau biasa pake starko (starlet kotak kan?)
makasih oom.. sebenernya baru 6 bulan sih make starko. sebelumnya pegang crv re 2.0 at. jadi udh kebayang2 fc ntar gmn kayakny hehe.. oom vote jazz berarti ya, sippp
GoldyBrown wrote:boibio wrote: Mon Feb 10, 2020 2:21
selamat pagi siang sore malem moderator, sesepuh, suhu dan warga sm sekalian. sebelumnya mohon maap selama ini nubi hanya jd silent reader..
tapi x ini izinkan nubi memohon saran dan petuah2 untuk kegalauan hati nubitol akhir2 ini
sesuai judul nubi ingin meminang diantara kedua mobil diatas menjadi mobil utama. mmg dua jenis mobil yg sgt bertolak belakang, makany nubi bingung sekali..
langsung aja ya suhu2, adapun faktor2 pertimbangan yg mungkin ngaruh sbb:
1. nubi udh brkluarga, anak satu dan ada rencana nambah
2. bakalan jadi mobil long term 5-10 tahun
3. bakalan jarang pakai, sekali2 doang atau weekend ngemall atau ke puncak
4. konsumsi bbm kalo bs jgn yg boros2 amat
5. pajak pertahun brp ya
6. sekarang mobil perang nubi untuk kerja sehari2 ada starko 86. kondisi sehat. tp kalo jadinya kebeli crv, sisa bujet yg tadinya mau ambil jazz, bisa untuk dandanin starko nya.. (swap engine, repair body dll)
demikian suhu dan warga sm curcolan nubi, semoga suhu dan sepuh sekalian mau memberikan petuah pencerahan. mohon maaf seblumnya kalo nubi belepotan dan ada salah kata. trimakasih
Aku sih vote Crv om gak lain karena lebih lega dan memang sudah peruntukannya, trust me,,, luar kota (dengan barang bawaan lumayan banyak) pake hatchback itu ttp aja ada kurangnya, ntah jalan yang gak mulus naik turun, butuh space lebi lega, tarikan berat dsb. Memang boros sih tapi kan nyaman toh pakenya jg jarang2, isi aja pertalite klo cc 2.4 mubazir isi pertamax. Malah klo ada sisa bujet mending dirapiin skalian tuh crv nya itung2 restorasi biar tenang beberapa taun kedepan. Hobby starko dapet jalan2 ama keluarga jg dapet ya gak
![Have A Nice day [emo-have-a-nice-day]](./images/smilies/2017-niceday.gif)
sblumnya trimakasih oom utk sharingnya.. banyak benernya yg oom sampein, tp apakah jazz ge8 bener2 kepayahan utk lukot beban penuh dan jalan keriting lubang2? tp bener juga oom. mobil keluarga yg gaya ga kebapakan dapet. motuba kecil hobi di starko juga dapet ya.
ChZ wrote:boibio wrote: Mon Feb 10, 2020 5:50
iya bang ChZ.. less worry ya si jazz ini. irit dapet. pajak jg lebi murah. tp cons nya gc rendah n kabin lebi sempit. duhh.. makin pusing nih
btw utk k24 crv gen 2 termasuk badak kan bg? kalo yg k20 nya? badak jg? sama2 dohc bukan?
sori bang nanya borongan *shame
Honda is one of the best engine builder out there, generally mesin - mesin Honda itu minim issue, mesin K juga termasuk yang sangat robust. Iya yang 2.0 generasi 2 ini masih pake K20 DOHC. K20-24 itu basically engine yang sama, cuma beda stroke saja. Bentuk headnya saja sama persis.
sm4 wrote: Wed Feb 12, 2020 6:06
dari zaman Honda Accord SM4 ternyata penyakitnya ya masi itu2 saja toh
emang naikan enak kalau dah sehat..tapi bener...kaki2nya Honda apalagi kaki2 depan..lumayan loh. pake yang non-ori saja lumayan tu..pa lagi ori nya. apa karena dulu saya pegang nya accord ya.
masalah general di honda-honda tua um

iya dari odyssey gen awal juga penyakitnya selalu sama. Selang high pressure PS nya kalo udah umur gampang kalah, lalu engine mounting terutama di CRV dan Civic, kaki-kaki juga lumayan umum seperti link dan shocknya lumayan itu.
bisa disimpulkan kalo utk minang crv rd, ntah k20 atau k24, mending fokus di interior ama kaki kaki ya bang.. karna mesin relatif robust..