the royal family sedan 2 decades of ownership
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
the royal family sedan 2 decades of ownership
SOOOO, i've been a long time lurker here. And now this is a dedicated first thread to this SM community.
Nah, kebetulan keluarga gue sejak tahun 1990-an sudah jadi penggemar BMW, esp seri 7 mulai dari e38, lalu lanjut ke e66 nah dibawah ini deh:
the car was such a jump dari e38 yang masih banyak banget influence dari e39, sport driving oriented nya dan lain-lain.
Nah e66 ini feels so boaty dan juga empuk banget, btw ini rebadged 740Li while aslinya 730 - terus karena electronics nya banyak jadi mau modif juga agak susah like air-suspension, dll yang notabene repotin sih. Menurut gue sih bmw did a GREAT JOB membuat model e66 ini!
sempet juga ganti warna putih, hehe di sticker deh
MOVING ON, biar gak terlalu lama ngomongin yang lalu di 2012, kita ganti 730Li F02 the long wheelbase version.
Nah ini in my opinion is the best of both worlds, dapet sporty nya tapi juga masih ada karakter e66 yang empuk, plush ride.
welcome home the BBC - BIG BLACK CAR!
singkat cerita nih mobil enak banget, dan ada damper control nya -comfort - normal - sport - sport+
berbeda dengan yang dahulu, kalau dampernya cuma settingan suspension, nah ini ikutan ke driving mode nya.
Whoever owns M5 and Fseries car knows this, begitu ke sport mode, settingan berubah semua, jadi keras, rev higher dan 260hp dari 3.0 inline 6 nya keluar semua, thats not much of horses, tapi buat sampe 200kmh sih easily reachable di jagorawi. nah kalo mau dibandingin sama adiknya yang ini, ya jauh, karena 0-190kmh aja bisa dicapai hanya didepan KFC sentul city.
PROS
- COMFORT
by default bmw indonesia udah kasih F02 7series dua buah TV kiri-kanan. yang bikin kita nyaman di belakang. FYI, this car shares some platform and chassis as ROLLSROYCE, google it! So practically you are riding in a rolls too! peredaman kabin juga luar biasa hening, this i applaud.
- RELIABILE
banyak yang bilang horror, tapi setelah 8 tahun, 75,000+ kilometer (gotta use it dude!) yang paling merogoh kocek cuma satu, air suspension belakang + kompressornya, 110 juta di dealer resmi! Oh well, ada bengkel andalan-gue di PMK CARMEN, half the price, and the car went back normal like a roaring lion
- PRESTIGE
setelah 8 tahun+ ini mobil masih keren dan bisa parkir lobby dengan pede, kasta nya itu lho nampol (ya ini bias dan subyektif)
- IRIT
bayangin 3.0 inline 6 dan sangat merdu averaging 8.1km/L, i myself cant believe this tapi ini bener2 hampir 2x LC V8 gue sendiri, dan emang ngisi nya jarang banget, dibandingin e66, hampir beda 2km/L kacau jadi 6.2km/L Jadi gue proudly say daily operational cost sangatlah cengli!
LET'S TALK ABOUT THE CONS
- parts nya mahal, walaupun cukup reliable, tapi tetep aja yang namanya flagship's part ga bisa boong. But masih bisa diakalin dengan punya bengkel rekanan yang bersahabat. Contoh simple, harga aki VARTA sampai 5juta 105mH AGM.
- interior yang gampang getas karet2nya jadi agak lengket esp deket door handles, well ternyata semua F02 dan F10 begitu, penyakit negara tropis kali ya
- degrading angels eyes, lingkaran kuning di headlamp depan
- sound system yang so-so, untuk harga barunya dahulu 1.77M on the road, come on you can do better!
- resale value, well S-class juga gak beda jauh sih, good news buat yang mau minang F02, 11-12 sama 5series F01. This i can't complain karena dari dulu beli seri 7 selalu rugi, yah hidup cuma sekali doang, why give a [cencored] about resale value!
VERDICT
if you have the money, buy this flagship sangat-sangat memuaskan. The fuel consumption won't kill you, however spare at least 100 mio to save yourself whenever parts are up for change. Kalau mau pakai sopir, setuju juga karena entertainment systemnya top notch!
Either ride or drive, pasti senyum anda akan jadi selebar mentari senja!'
Nah, kebetulan keluarga gue sejak tahun 1990-an sudah jadi penggemar BMW, esp seri 7 mulai dari e38, lalu lanjut ke e66 nah dibawah ini deh:
the car was such a jump dari e38 yang masih banyak banget influence dari e39, sport driving oriented nya dan lain-lain.
Nah e66 ini feels so boaty dan juga empuk banget, btw ini rebadged 740Li while aslinya 730 - terus karena electronics nya banyak jadi mau modif juga agak susah like air-suspension, dll yang notabene repotin sih. Menurut gue sih bmw did a GREAT JOB membuat model e66 ini!
sempet juga ganti warna putih, hehe di sticker deh
MOVING ON, biar gak terlalu lama ngomongin yang lalu di 2012, kita ganti 730Li F02 the long wheelbase version.
Nah ini in my opinion is the best of both worlds, dapet sporty nya tapi juga masih ada karakter e66 yang empuk, plush ride.
welcome home the BBC - BIG BLACK CAR!
singkat cerita nih mobil enak banget, dan ada damper control nya -comfort - normal - sport - sport+
berbeda dengan yang dahulu, kalau dampernya cuma settingan suspension, nah ini ikutan ke driving mode nya.
Whoever owns M5 and Fseries car knows this, begitu ke sport mode, settingan berubah semua, jadi keras, rev higher dan 260hp dari 3.0 inline 6 nya keluar semua, thats not much of horses, tapi buat sampe 200kmh sih easily reachable di jagorawi. nah kalo mau dibandingin sama adiknya yang ini, ya jauh, karena 0-190kmh aja bisa dicapai hanya didepan KFC sentul city.
PROS
- COMFORT
by default bmw indonesia udah kasih F02 7series dua buah TV kiri-kanan. yang bikin kita nyaman di belakang. FYI, this car shares some platform and chassis as ROLLSROYCE, google it! So practically you are riding in a rolls too! peredaman kabin juga luar biasa hening, this i applaud.
- RELIABILE
banyak yang bilang horror, tapi setelah 8 tahun, 75,000+ kilometer (gotta use it dude!) yang paling merogoh kocek cuma satu, air suspension belakang + kompressornya, 110 juta di dealer resmi! Oh well, ada bengkel andalan-gue di PMK CARMEN, half the price, and the car went back normal like a roaring lion
- PRESTIGE
setelah 8 tahun+ ini mobil masih keren dan bisa parkir lobby dengan pede, kasta nya itu lho nampol (ya ini bias dan subyektif)
- IRIT
bayangin 3.0 inline 6 dan sangat merdu averaging 8.1km/L, i myself cant believe this tapi ini bener2 hampir 2x LC V8 gue sendiri, dan emang ngisi nya jarang banget, dibandingin e66, hampir beda 2km/L kacau jadi 6.2km/L Jadi gue proudly say daily operational cost sangatlah cengli!
LET'S TALK ABOUT THE CONS
- parts nya mahal, walaupun cukup reliable, tapi tetep aja yang namanya flagship's part ga bisa boong. But masih bisa diakalin dengan punya bengkel rekanan yang bersahabat. Contoh simple, harga aki VARTA sampai 5juta 105mH AGM.
- interior yang gampang getas karet2nya jadi agak lengket esp deket door handles, well ternyata semua F02 dan F10 begitu, penyakit negara tropis kali ya
- degrading angels eyes, lingkaran kuning di headlamp depan
- sound system yang so-so, untuk harga barunya dahulu 1.77M on the road, come on you can do better!
- resale value, well S-class juga gak beda jauh sih, good news buat yang mau minang F02, 11-12 sama 5series F01. This i can't complain karena dari dulu beli seri 7 selalu rugi, yah hidup cuma sekali doang, why give a [cencored] about resale value!
VERDICT
if you have the money, buy this flagship sangat-sangat memuaskan. The fuel consumption won't kill you, however spare at least 100 mio to save yourself whenever parts are up for change. Kalau mau pakai sopir, setuju juga karena entertainment systemnya top notch!
Either ride or drive, pasti senyum anda akan jadi selebar mentari senja!'
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4757
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
Nice review om.
Om TS sepertinya memang pecinta BMW sejati ya, dari M-series sampai seri 7 udah punya semua. Seri 7 merupakan mobil yg fun to drive untuk sebuah big sedan , tapi entah kenapa populasinya jauh lebih sedikit dibanding mercy W221 tahun sama.
Semoga bisa upgrade ke G11 ya om hehehe, buat meremajakan F02 nya, G11 juga salah satu one of my bimmer dream car beside G30, F84, and F82
Om TS sepertinya memang pecinta BMW sejati ya, dari M-series sampai seri 7 udah punya semua. Seri 7 merupakan mobil yg fun to drive untuk sebuah big sedan , tapi entah kenapa populasinya jauh lebih sedikit dibanding mercy W221 tahun sama.
Semoga bisa upgrade ke G11 ya om hehehe, buat meremajakan F02 nya, G11 juga salah satu one of my bimmer dream car beside G30, F84, and F82
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11572
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
mantappp ..... flagship
disetir sendiri ini jauhh lebih owner's car dibanding s-class yg cenderung chauffeur's car
disetir sendiri ini jauhh lebih owner's car dibanding s-class yg cenderung chauffeur's car
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 507
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
Wah mantab iniiii, arguably the best 7 series bahkan dibanding yang baru (apalagi facelift 2020 wkwkkw sorry to say masih gak bisa cerna itu grille, pre fl styling is much better)
Kalo BMW 7series gitu apakah partsnya banyak aftermarketnya? Kalo merc >5 tahun arguably better pake aftermarket parts soalnya jauh jauh lebih murah hahaha tapi kualitas tetap okee
Itu airsus ganti aftermarket kah? Atau di repair?
8+ tahun ternyata oke juga ya, buat daily driver mantaaab
Review M5 doong hehehe
Kalo BMW 7series gitu apakah partsnya banyak aftermarketnya? Kalo merc >5 tahun arguably better pake aftermarket parts soalnya jauh jauh lebih murah hahaha tapi kualitas tetap okee
Itu airsus ganti aftermarket kah? Atau di repair?
8+ tahun ternyata oke juga ya, buat daily driver mantaaab
Review M5 doong hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
Nice review om
Mau tanya lebih suka E66 vs F02 ?
(Kaya E46 vs E90)
Mau tanya lebih suka E66 vs F02 ?
(Kaya E46 vs E90)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
beuh mobil sultan.............
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
hehe kalo saya sih lebih suka F02, tapi kalau empuk and plush is a factor e66 lebih empuk, dan kalau mau jujur om bisa masuk ke dalam cabin e66 dan e60 beda nya lumayan jauh, mulai dari wood panel yang kemana-kemana, terus seat control di centre, beda banget deh sama seri 5 nya, kasta nya keliatan banget.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
amin, doakan oom semoga bisa terlaksana. Oh well sejak nyobain lexus, kok enak banget ya and it's not even the flagship ES hybrid, mungkin my old man has second thought.Pboyz97 wrote: ↑Thu Feb 06, 2020 11:15 Nice review om.
Om TS sepertinya memang pecinta BMW sejati ya, dari M-series sampai seri 7 udah punya semua. Seri 7 merupakan mobil yg fun to drive untuk sebuah big sedan , tapi entah kenapa populasinya jauh lebih sedikit dibanding mercy W221 tahun sama.
Semoga bisa upgrade ke G11 ya om hehehe, buat meremajakan F02 nya, G11 juga salah satu one of my bimmer dream car beside G30, F84, and F82
Here are the good pictures, of the [cencored] booty:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
izin oom, mobilnya sudah tak ada lagi dirumah, but what can i say is the BRUTAL ACCELERATION will leave you missing her like a [cencored] accountant that keeps teasing her cleavageadriangaut wrote: ↑Thu Feb 06, 2020 11:52 Wah mantab iniiii, arguably the best 7 series bahkan dibanding yang baru (apalagi facelift 2020 wkwkkw sorry to say masih gak bisa cerna itu grille, pre fl styling is much better)
Kalo BMW 7series gitu apakah partsnya banyak aftermarketnya? Kalo merc >5 tahun arguably better pake aftermarket parts soalnya jauh jauh lebih murah hahaha tapi kualitas tetap okee
Itu airsus ganti aftermarket kah? Atau di repair?
8+ tahun ternyata oke juga ya, buat daily driver mantaaab
Review M5 doong hehehe
oh pas main kerumah hopeng ketemu ini, lebih rare jauh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
Nice review Om
Cantik ya mobilnya
Btw itu e46 birunya kok ganteng amat ya
Manual apa auto om?(e46nya)
Cantik ya mobilnya
Btw itu e46 birunya kok ganteng amat ya
Manual apa auto om?(e46nya)
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
Om itu temen showroom bukan ?goodwill wrote: ↑Fri Feb 07, 2020 5:43izin oom, mobilnya sudah tak ada lagi dirumah, but what can i say is the BRUTAL ACCELERATION will leave you missing her like a [cencored] accountant that keeps teasing her cleavageadriangaut wrote: ↑Thu Feb 06, 2020 11:52 Wah mantab iniiii, arguably the best 7 series bahkan dibanding yang baru (apalagi facelift 2020 wkwkkw sorry to say masih gak bisa cerna itu grille, pre fl styling is much better)
Kalo BMW 7series gitu apakah partsnya banyak aftermarketnya? Kalo merc >5 tahun arguably better pake aftermarket parts soalnya jauh jauh lebih murah hahaha tapi kualitas tetap okee
Itu airsus ganti aftermarket kah? Atau di repair?
8+ tahun ternyata oke juga ya, buat daily driver mantaaab
Review M5 doong hehehe
oh pas main kerumah hopeng ketemu ini, lebih rare jauh
e46m3.jpeg
e46.jpeg
Itu M3 asli?
Dilelang mulai di brp Milyar tuh, tq
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 507
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
My gosh that M3 E46...............
Stop teasing me with her, dude......
Please tell me it’s a manual....please...
Stop teasing me with her, dude......
Please tell me it’s a manual....please...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
hehehe, bukan showroom om, itu UK vers //M3 nya, manual trans om, well uda setaon diem mobilnya, nanti if i got the chance, saya cobain ya om, katanya sih enakan ini daripada 1M, but then 1M aja enak banget haha, berasa sporty nya lebih drpd M5 (mungkin karena body gambot)
Om itu temen showroom bukan ?
Itu M3 asli?
Dilelang mulai di brp Milyar tuh, tq
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
haha sama nih ngilerrr jugaadriangaut wrote: ↑Fri Feb 07, 2020 6:28 My gosh that M3 E46...............
Stop teasing me with her, dude......
Please tell me it’s a manual....please...
the old ///Ms are sure more attractive than the new ones, karena skrg semua yg 2000+ udah ada M sport bodykit, and i was like, no effin reason u do that, destroying the brand.
tapi if i have to pick out of all ///Ms mungkin yang paling relevant sekarang adalah 1M karena manual, 300horses+, wide track and thats it, and its a one off, gak ada lagi yg kaya gitu, mungkin M2 competition mirip, tp blom coba juga karena belom ada yang minjemin
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Batu Nissan
Re: the royal family sedan 2 decades of ownership
Sorry baru join covo skrg ... Kalau skrg ane berburu seri-7 untuk bawa keluarga jalan2 keluar kota, baiknya bagaimana saran om? naikannya empukan & lebih nyaman yang mana om? E66 atau F02?goodwill wrote: ↑Thu Feb 06, 2020 10:43 SOOOO, i've been a long time lurker here. And now this is a dedicated first thread to this SM community.
Nah, kebetulan keluarga gue sejak tahun 1990-an sudah jadi penggemar BMW, esp seri 7 mulai dari e38, lalu lanjut ke e66 nah dibawah ini deh:
the car was such a jump dari e38 yang masih banyak banget influence dari e39, sport driving oriented nya dan lain-lain.
Nah e66 ini feels so boaty dan juga empuk banget, btw ini rebadged 740Li while aslinya 730 - terus karena electronics nya banyak jadi mau modif juga agak susah like air-suspension, dll yang notabene repotin sih. Menurut gue sih bmw did a GREAT JOB membuat model e66 ini!
sempet juga ganti warna putih, hehe di sticker deh
MOVING ON, biar gak terlalu lama ngomongin yang lalu di 2012, kita ganti 730Li F02 the long wheelbase version.
Nah ini in my opinion is the best of both worlds, dapet sporty nya tapi juga masih ada karakter e66 yang empuk, plush ride.
welcome home the BBC - BIG BLACK CAR!
singkat cerita nih mobil enak banget, dan ada damper control nya -comfort - normal - sport - sport+
berbeda dengan yang dahulu, kalau dampernya cuma settingan suspension, nah ini ikutan ke driving mode nya.
Whoever owns M5 and Fseries car knows this, begitu ke sport mode, settingan berubah semua, jadi keras, rev higher dan 260hp dari 3.0 inline 6 nya keluar semua, thats not much of horses, tapi buat sampe 200kmh sih easily reachable di jagorawi. nah kalo mau dibandingin sama adiknya yang ini, ya jauh, karena 0-190kmh aja bisa dicapai hanya didepan KFC sentul city.
PROS
- COMFORT
by default bmw indonesia udah kasih F02 7series dua buah TV kiri-kanan. yang bikin kita nyaman di belakang. FYI, this car shares some platform and chassis as ROLLSROYCE, google it! So practically you are riding in a rolls too! peredaman kabin juga luar biasa hening, this i applaud.
- RELIABILE
banyak yang bilang horror, tapi setelah 8 tahun, 75,000+ kilometer (gotta use it dude!) yang paling merogoh kocek cuma satu, air suspension belakang + kompressornya, 110 juta di dealer resmi! Oh well, ada bengkel andalan-gue di PMK CARMEN, half the price, and the car went back normal like a roaring lion
- PRESTIGE
setelah 8 tahun+ ini mobil masih keren dan bisa parkir lobby dengan pede, kasta nya itu lho nampol (ya ini bias dan subyektif)
- IRIT
bayangin 3.0 inline 6 dan sangat merdu averaging 8.1km/L, i myself cant believe this tapi ini bener2 hampir 2x LC V8 gue sendiri, dan emang ngisi nya jarang banget, dibandingin e66, hampir beda 2km/L kacau jadi 6.2km/L Jadi gue proudly say daily operational cost sangatlah cengli!
LET'S TALK ABOUT THE CONS
- parts nya mahal, walaupun cukup reliable, tapi tetep aja yang namanya flagship's part ga bisa boong. But masih bisa diakalin dengan punya bengkel rekanan yang bersahabat. Contoh simple, harga aki VARTA sampai 5juta 105mH AGM.
- interior yang gampang getas karet2nya jadi agak lengket esp deket door handles, well ternyata semua F02 dan F10 begitu, penyakit negara tropis kali ya
- degrading angels eyes, lingkaran kuning di headlamp depan
- sound system yang so-so, untuk harga barunya dahulu 1.77M on the road, come on you can do better!
- resale value, well S-class juga gak beda jauh sih, good news buat yang mau minang F02, 11-12 sama 5series F01. This i can't complain karena dari dulu beli seri 7 selalu rugi, yah hidup cuma sekali doang, why give a [cencored] about resale value!
VERDICT
if you have the money, buy this flagship sangat-sangat memuaskan. The fuel consumption won't kill you, however spare at least 100 mio to save yourself whenever parts are up for change. Kalau mau pakai sopir, setuju juga karena entertainment systemnya top notch!
Either ride or drive, pasti senyum anda akan jadi selebar mentari senja!'