Nah, kebetulan keluarga gue sejak tahun 1990-an sudah jadi penggemar BMW, esp seri 7 mulai dari e38, lalu lanjut ke e66 nah dibawah ini deh:



the car was such a jump dari e38 yang masih banyak banget influence dari e39, sport driving oriented nya dan lain-lain.
Nah e66 ini feels so boaty dan juga empuk banget, btw ini rebadged 740Li while aslinya 730 - terus karena electronics nya banyak jadi mau modif juga agak susah like air-suspension, dll yang notabene repotin sih. Menurut gue sih bmw did a GREAT JOB membuat model e66 ini!
sempet juga ganti warna putih, hehe di sticker deh

MOVING ON, biar gak terlalu lama ngomongin yang lalu di 2012, kita ganti 730Li F02 the long wheelbase version.
Nah ini in my opinion is the best of both worlds, dapet sporty nya tapi juga masih ada karakter e66 yang empuk, plush ride.
welcome home the BBC - BIG BLACK CAR!
![Mark A [emo-mark-A]](./images/smilies/2017-scoreA.gif)


singkat cerita nih mobil enak banget, dan ada damper control nya -comfort - normal - sport - sport+
berbeda dengan yang dahulu, kalau dampernya cuma settingan suspension, nah ini ikutan ke driving mode nya.
Whoever owns M5 and Fseries car knows this, begitu ke sport mode, settingan berubah semua, jadi keras, rev higher dan 260hp dari 3.0 inline 6 nya keluar semua, thats not much of horses, tapi buat sampe 200kmh sih easily reachable di jagorawi. nah kalo mau dibandingin sama adiknya yang ini, ya jauh, karena 0-190kmh aja bisa dicapai hanya didepan KFC sentul city.


PROS
- COMFORT
by default bmw indonesia udah kasih F02 7series dua buah TV kiri-kanan. yang bikin kita nyaman di belakang. FYI, this car shares some platform and chassis as ROLLSROYCE, google it! So practically you are riding in a rolls too! peredaman kabin juga luar biasa hening, this i applaud.
- RELIABILE
banyak yang bilang horror, tapi setelah 8 tahun, 75,000+ kilometer (gotta use it dude!) yang paling merogoh kocek cuma satu, air suspension belakang + kompressornya, 110 juta di dealer resmi! Oh well, ada bengkel andalan-gue di PMK CARMEN, half the price, and the car went back normal like a roaring lion

- PRESTIGE
setelah 8 tahun+ ini mobil masih keren dan bisa parkir lobby dengan pede, kasta nya itu lho nampol (ya ini bias dan subyektif)
- IRIT
bayangin 3.0 inline 6 dan sangat merdu averaging 8.1km/L, i myself cant believe this tapi ini bener2 hampir 2x LC V8 gue sendiri, dan emang ngisi nya jarang banget, dibandingin e66, hampir beda 2km/L kacau jadi 6.2km/L Jadi gue proudly say daily operational cost sangatlah cengli!
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
LET'S TALK ABOUT THE CONS
- parts nya mahal, walaupun cukup reliable, tapi tetep aja yang namanya flagship's part ga bisa boong. But masih bisa diakalin dengan punya bengkel rekanan yang bersahabat. Contoh simple, harga aki VARTA sampai 5juta 105mH AGM.
- interior yang gampang getas karet2nya jadi agak lengket esp deket door handles, well ternyata semua F02 dan F10 begitu, penyakit negara tropis kali ya
- degrading angels eyes, lingkaran kuning di headlamp depan
- sound system yang so-so, untuk harga barunya dahulu 1.77M on the road, come on you can do better!
- resale value, well S-class juga gak beda jauh sih, good news buat yang mau minang F02, 11-12 sama 5series F01. This i can't complain karena dari dulu beli seri 7 selalu rugi, yah hidup cuma sekali doang, why give a [cencored] about resale value!
VERDICT
if you have the money, buy this flagship sangat-sangat memuaskan. The fuel consumption won't kill you, however spare at least 100 mio to save yourself whenever parts are up for change. Kalau mau pakai sopir, setuju juga karena entertainment systemnya top notch!
Either ride or drive, pasti senyum anda akan jadi selebar mentari senja!'
