Cuci mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Aug 17, 2017 12:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota_Fortuner
Cuci mesin
Halo guys,
Mau tny tips and tricks donk.
Saya mau cuci mesin mbl sy, Innova Reborn diesel. Mesinnya udh kotor banget. Saya rencana mau cuci sendiri itung2 as weekend project lah. Biasa bagian2 apa aja yg hrs ditutup selain aki sama sekring ya? Ada trick Khusus ga ya biar ga rusak
Thanks
Mau tny tips and tricks donk.
Saya mau cuci mesin mbl sy, Innova Reborn diesel. Mesinnya udh kotor banget. Saya rencana mau cuci sendiri itung2 as weekend project lah. Biasa bagian2 apa aja yg hrs ditutup selain aki sama sekring ya? Ada trick Khusus ga ya biar ga rusak
Thanks
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: Cuci mesin
Kalo saya sih semprot semua pakai jet cleaner karcher.
Hanya di bagian² yg sudah jelas soket² kabel & elektrikal spt alternator, box fuse dll yg lebih hati², jarak semprotan agak dijauhkan, tapi tetap kena semprot semua.
Kalo ragu, yg penting jangan terlalu dekat nozzle washernya.
Bertahun-tahun spt itu, aman² saja.
Hanya di bagian² yg sudah jelas soket² kabel & elektrikal spt alternator, box fuse dll yg lebih hati², jarak semprotan agak dijauhkan, tapi tetap kena semprot semua.
Kalo ragu, yg penting jangan terlalu dekat nozzle washernya.
Bertahun-tahun spt itu, aman² saja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Cuci mesin
Ane belum pernah nyuci ruang mesin sendiri, biasanya cuma lap basah aja. Tp kalo ane cuci mobil di bengkel langganan pasti disiram juga tuh ruang mesin, habis itu ditiup pake angin bertekanan tinggi.leonsutanta wrote: Wed Jan 29, 2020 9:53 Halo guys,
Mau tny tips and tricks donk.
Saya mau cuci mesin mbl sy, Innova Reborn diesel. Mesinnya udh kotor banget. Saya rencana mau cuci sendiri itung2 as weekend project lah. Biasa bagian2 apa aja yg hrs ditutup selain aki sama sekring ya? Ada trick Khusus ga ya biar ga rusak
Thanks
Kalo mo aman, tutup aja bagian2 kelistrikan pake plastik wrapping ato aluminium foil. Bagian2 yg ane maksud itu misalnya terminal aki, alternator, soket2, ECU, sama rumah sekring.
CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Cuci mesin
Use engine degreaser, sekarang ini saya lg pake merk FECO ... ya mayan lah cukup ampuh lawan dirt yg dah menahun. Larutin 1:10-15 dengan air di botol sprayer bekas aja.leonsutanta wrote: Wed Jan 29, 2020 9:53 Halo guys,
Mau tny tips and tricks donk.
Saya mau cuci mesin mbl sy, Innova Reborn diesel. Mesinnya udh kotor banget. Saya rencana mau cuci sendiri itung2 as weekend project lah. Biasa bagian2 apa aja yg hrs ditutup selain aki sama sekring ya? Ada trick Khusus ga ya biar ga rusak
Thanks
Buat semacem "nyikat"nya saya pake kuas detailing sih. Macem gini https://www.tokopedia.com/otobi/1-set-5 ... src=topads .... tapi saya dulu belinya di aliexpress, 50 rb dapet set lengkap n modelnya persis gitu. haha.
Saya gatau daleman innova gimana, kalau macem mobil jazz/brio/mobilio, saya tutup intake-nya ke-expose banget itu kalau pas bilas.
Untuk bilasnya saya pake gayung sih, ga pake selang karena sebisa mungkin minimal pressure.
Ford Ecosport
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Cuci mesin
Saya biasanya pake engine degreaser, tapi kalau lagi habis saya pakai sabun colek yang dilarutkan dengan air.
Pertama saya basahin dulu mesinnya lalu saya kuas / sikat (pakai sikat gigi) ke bagian yang kotor.
waktu membilas air saya beri tekanan biar tidak mengucur saja dan waktu mengeringkan saya pakai hand blower serta microfibre agar bagian2 mesin bener2 kering.
semoga terbantu oom
Pertama saya basahin dulu mesinnya lalu saya kuas / sikat (pakai sikat gigi) ke bagian yang kotor.
waktu membilas air saya beri tekanan biar tidak mengucur saja dan waktu mengeringkan saya pakai hand blower serta microfibre agar bagian2 mesin bener2 kering.
semoga terbantu oom

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Cuci mesin
Belum pernah cuci mesin, paling dilap pake kain basah. Takut, soale R3 kawan pernah ganti ECU gara2 cuci mesin. Kena 8 ntah 13 jt. Makanya habis jalan sampe rumah buka kap biar panas sama listrik statis hilang. Udah dingin baru dilap kain lembab
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Cuci mesin
Halo mas, saya kurang tahu kalau innova diesel.
Cuma pengalaman saya, dulu pakai 406 yang dibilang orang2 ngga boleh dicuci mesinnya, sensitif lah. Tetep saya semprot, pakai sabun2 juga. Dipakai baik2 aja. Akhirnya virus cuci mesin pug nyebar juga ke temen2. Saran saya semprot aja mas, hehe
Salam
Cuma pengalaman saya, dulu pakai 406 yang dibilang orang2 ngga boleh dicuci mesinnya, sensitif lah. Tetep saya semprot, pakai sabun2 juga. Dipakai baik2 aja. Akhirnya virus cuci mesin pug nyebar juga ke temen2. Saran saya semprot aja mas, hehe
Salam
Ron Asheton Forever
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Cuci mesin
Bli...nescafe wrote: Thu Jan 30, 2020 1:35 Saya biasanya pake engine degreaser, tapi kalau lagi habis saya pakai sabun colek yang dilarutkan dengan air.
Pertama saya basahin dulu mesinnya lalu saya kuas / sikat (pakai sikat gigi) ke bagian yang kotor.
waktu membilas air saya beri tekanan biar tidak mengucur saja dan waktu mengeringkan saya pakai hand blower serta microfibre agar bagian2 mesin bener2 kering.
semoga terbantu oom![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Cuci mesin
Mungkin udah 10x lebih saya cuci mesin model semprot. Rata-rata disemprot sih kalo kita ambil paket premium wash di tempat detailling gitu.
Jarang banget yang langsung pake engine degreaser, apalagi kalo ruang mesinnya udah dekil banget.
Jarang banget yang langsung pake engine degreaser, apalagi kalo ruang mesinnya udah dekil banget.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Cuci mesin
Sejauh ini pelihara mobil belum pernah sekalipun cuci mesin, serem coi
Mau 5 taon, 10 taon, isinya kap mesin konsisten dekil banget. Parno sendiri kalo mikir isinya kap mesin kena air

Mau 5 taon, 10 taon, isinya kap mesin konsisten dekil banget. Parno sendiri kalo mikir isinya kap mesin kena air
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Cuci mesin
hai oom, salam kenalsh00t wrote: Thu Jan 30, 2020 4:28Bli...nescafe wrote: Thu Jan 30, 2020 1:35 Saya biasanya pake engine degreaser, tapi kalau lagi habis saya pakai sabun colek yang dilarutkan dengan air.
Pertama saya basahin dulu mesinnya lalu saya kuas / sikat (pakai sikat gigi) ke bagian yang kotor.
waktu membilas air saya beri tekanan biar tidak mengucur saja dan waktu mengeringkan saya pakai hand blower serta microfibre agar bagian2 mesin bener2 kering.
semoga terbantu oom![]()

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Cuci mesin
alternator / dynamo itu kalau kena semprot gak bikin korslet ya oom Boeds ?Boeds wrote: Wed Jan 29, 2020 12:14 Kalo saya sih semprot semua pakai jet cleaner karcher.
Hanya di bagian² yg sudah jelas soket² kabel & elektrikal spt alternator, box fuse dll yg lebih hati², jarak semprotan agak dijauhkan, tapi tetap kena semprot semua.
Kalo ragu, yg penting jangan terlalu dekat nozzle washernya.
Bertahun-tahun spt itu, aman² saja.
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Cuci mesin
Salam kenal om dari newbie.nescafe wrote: Thu Jan 30, 2020 5:45hai oom, salam kenalsh00t wrote: Thu Jan 30, 2020 4:28Bli...nescafe wrote: Thu Jan 30, 2020 1:35 Saya biasanya pake engine degreaser, tapi kalau lagi habis saya pakai sabun colek yang dilarutkan dengan air.
Pertama saya basahin dulu mesinnya lalu saya kuas / sikat (pakai sikat gigi) ke bagian yang kotor.
waktu membilas air saya beri tekanan biar tidak mengucur saja dan waktu mengeringkan saya pakai hand blower serta microfibre agar bagian2 mesin bener2 kering.
semoga terbantu oom![]()
![]()

Bli, mobilku kena tetesan plastik terbakar nih. Jadinya sekarang kayak tumpahan semen di mobil.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Cuci mesin
Nimbrung jawab om, semestinya ndak sih.... lebih ngeri kalau nyemprot kebanyakan degreaser...ginting wrote: Thu Jan 30, 2020 7:03
alternator / dynamo itu kalau kena semprot gak bikin korslet ya oom Boeds ?
Pernah semprot degreaser terlalu kental ratio campurnya, terus alternatornya jadi ada bunyi2 gitu ..... usut punya usut, grease di bearingnya luntur


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50
Re: Cuci mesin
Kl yg seperti di dealer resmi pake cairan apa ya kelihatannya mereka asal semprot aja trus setelah itu pengeringannya pake lap, mesin aman2 aja cmn biaya nya Rp 200 K sekali cuci 


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33
Re: Cuci mesin
Klo untuk cuci engine bay, sy pake prestone engine degreaser, bt ruang mesin brio, habis 2 botol.
Pertama, sy semprot pake ED, satu botol lebih, lalu sy sikat pake sikat gigi/kuas cat yg kecil (ujungny di gunting sedikit agar lbh kaku).
Lalu sy siram air, tp tanpa preasure.
Sisa ED sy pakai untuk membersihkan yg terlewat / kotoran yg membandel.
Jgn lupa ecu, sekring" & air intake tutup dgn plastik & sy lakban.
Bt finishingnya, bagian mesin yg berbahan plastik & berwarna hitam, sy oles pake back to black yg 55rb.
Do it with your own risk
Edit: setelah di siram air, di lap pake mf yg dah turun kasta, bt bersihin velg
Lbh bagus lg semprot pake air kompresor.
Pertama, sy semprot pake ED, satu botol lebih, lalu sy sikat pake sikat gigi/kuas cat yg kecil (ujungny di gunting sedikit agar lbh kaku).
Lalu sy siram air, tp tanpa preasure.
Sisa ED sy pakai untuk membersihkan yg terlewat / kotoran yg membandel.
Jgn lupa ecu, sekring" & air intake tutup dgn plastik & sy lakban.
Bt finishingnya, bagian mesin yg berbahan plastik & berwarna hitam, sy oles pake back to black yg 55rb.

Do it with your own risk

Edit: setelah di siram air, di lap pake mf yg dah turun kasta, bt bersihin velg

Lbh bagus lg semprot pake air kompresor.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: Cuci mesin
ginting wrote:alternator / dynamo itu kalau kena semprot gak bikin korslet ya oom Boeds ?Boeds wrote: Wed Jan 29, 2020 12:14 Kalo saya sih semprot semua pakai jet cleaner karcher.
Hanya di bagian² yg sudah jelas soket² kabel & elektrikal spt alternator, box fuse dll yg lebih hati², jarak semprotan agak dijauhkan, tapi tetap kena semprot semua.
Kalo ragu, yg penting jangan terlalu dekat nozzle washernya.
Bertahun-tahun spt itu, aman² saja.
Selama ini ga kenapa² ya om Ginting. Selama gak sengaja nyemprot lama² ke bagian kritikal.
Basah air tawar blom cukup membuat korslet alternator yg tegangannya rendah. Yg fatal itu kalo kena sirkuit elektronik yg ada semikonduktor spt IC, transistor dll, karena arus rendah yg bisa ngalir karna basah sudah cukup utk merusak komponen, itupun kalo sirkuitnya ada tegangan.
Makanya mobil yg kebanjiran dianjurkan cabut aki spy kerusakan ga makin parah
Sepengetahuan saya dulu bbrp kali bongkar dinamo (alternator harusnya mirip, hanya prinsip kerjanya saja yg kebalikan dinamo), komponen di dalamnya tidak ada yg sensitif terhadap air. Komponen utamanya hanya rotor, stator & brush karbon. Rotor stator dibangun dari kumparan kawat berisolasi dan magnet.
Yg riskan tentu soket² dan komponen elektrik/elektronik, takutnya sisa air jadi buat korosi, membuat buruk kualitas sambungan soket.
Tapi mayoritas soket komponen sudah dilindungi dari splash, spt fuse box. bahkan soket kabel terekspos bebas pun sudah ada ring karet yg membuat kedap sehingga air tidak masuk ke celah soket.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Cuci mesin
halo oomsh00t wrote: Thu Jan 30, 2020 7:10Salam kenal om dari newbie.![]()
Bli, mobilku kena tetesan plastik terbakar nih. Jadinya sekarang kayak tumpahan semen di mobil.![]()

sepertinya perlu dikerik atau diamplas oom


Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Cuci mesin
Ntar korslet loh.qushay20019 wrote: Wed Jan 29, 2020 14:20Ane belum pernah nyuci ruang mesin sendiri, biasanya cuma lap basah aja. Tp kalo ane cuci mobil di bengkel langganan pasti disiram juga tuh ruang mesin, habis itu ditiup pake angin bertekanan tinggi.leonsutanta wrote: Wed Jan 29, 2020 9:53 Halo guys,
Mau tny tips and tricks donk.
Saya mau cuci mesin mbl sy, Innova Reborn diesel. Mesinnya udh kotor banget. Saya rencana mau cuci sendiri itung2 as weekend project lah. Biasa bagian2 apa aja yg hrs ditutup selain aki sama sekring ya? Ada trick Khusus ga ya biar ga rusak
Thanks
Kalo mo aman, tutup aja bagian2 kelistrikan pake plastik wrapping ato aluminium foil. Bagian2 yg ane maksud itu misalnya terminal aki, alternator, soket2, ECU, sama rumah sekring.
CMIIW

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Cuci mesin
Sama om.pengendiesel wrote: Thu Jan 30, 2020 5:19 Sejauh ini pelihara mobil belum pernah sekalipun cuci mesin, serem coi![]()
Mau 5 taon, 10 taon, isinya kap mesin konsisten dekil banget. Parno sendiri kalo mikir isinya kap mesin kena air
Dilema sih. Mesin dekil kok gak enak ngeliatnya.
Tapi di sisi lain, kalo ada rembesan oli/coolant langsung ketauan, ini rembesan baru atau sdh lama. Kalo sdh lama, rembesannya continue atau intermiten.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Cuci mesin
kalau saya:
1. modal kuas cat beli saja di toko bangunan, karena dibuang ga sayang, terutama untuk mesin yang kotor banget, beli macam2 ukuran. kuas detailer juga oke karena bentuknya bulat jadi lebih maksimal kerjanya.
2. sabun pakai shampoo mobil, rasio pengenceran kecil. misalnya biasa 1:100, ini 1:10. saya ga suka pakai sabun colek atau deterjen bubuk karena cenderung meninggalkan residue putih2 (fosfat kalau tidak salah), dan ini ngeselin. sabun cuci piring juga kurang bersih karena yang nempel di ruang mesin biasanya lebih "tebal" daripada body.
3. kalau ga pernah sama sekali atau kotor banget, saya pakai CRC Citrus Engine Degreaser yang model aerosol, ini sakti banget, tapi ya kalau kena bagian yang butuh pelumas/grease/oli jaminan luntur.
4. kondisi mesin hangat, bukan panas, agar kerja sabun lebih maksimal.
1. saya si ga pernah tutup2 bagian2 yg katanya sensitif, karena saya ga pake pressurized water, cuma diguyur atau air mengalir
2. ruang mesin diguyur air mengalir saja, yang penting basah banget,kuaskan langsung shampoo mobil + air, kuas berulang2 nanti kotoran debu akan terangkat, semakin banyak busa biasanya semakin bagus.
3. kalau pake engine degreaser ikutin petunjuknya.
4. setelah itu guyur air mengalir lagi.
5. untuk drying karena saya malas dan ga ada kompressor udara, tutup kap mesin, cuci body mobil, kelar, nyalain mesin, diemin aja sekian menit, nanti kering sendiri karena panas dari mesin. untuk dressing? ga pernah. hasilnya ya jadinya yang penting pas buka kap mesin terlihat terurus saja, debuan pastilah.
sebetulnya triknya si gunakan air seminimal mungkin dan rutin kalau kata teman saya yang detailer. ya kalau versi tajir, bisa pakai no rinse car wash, jadi seperti di lap2 saja, bersih juga.
1. modal kuas cat beli saja di toko bangunan, karena dibuang ga sayang, terutama untuk mesin yang kotor banget, beli macam2 ukuran. kuas detailer juga oke karena bentuknya bulat jadi lebih maksimal kerjanya.
2. sabun pakai shampoo mobil, rasio pengenceran kecil. misalnya biasa 1:100, ini 1:10. saya ga suka pakai sabun colek atau deterjen bubuk karena cenderung meninggalkan residue putih2 (fosfat kalau tidak salah), dan ini ngeselin. sabun cuci piring juga kurang bersih karena yang nempel di ruang mesin biasanya lebih "tebal" daripada body.
3. kalau ga pernah sama sekali atau kotor banget, saya pakai CRC Citrus Engine Degreaser yang model aerosol, ini sakti banget, tapi ya kalau kena bagian yang butuh pelumas/grease/oli jaminan luntur.
4. kondisi mesin hangat, bukan panas, agar kerja sabun lebih maksimal.
1. saya si ga pernah tutup2 bagian2 yg katanya sensitif, karena saya ga pake pressurized water, cuma diguyur atau air mengalir
2. ruang mesin diguyur air mengalir saja, yang penting basah banget,kuaskan langsung shampoo mobil + air, kuas berulang2 nanti kotoran debu akan terangkat, semakin banyak busa biasanya semakin bagus.
3. kalau pake engine degreaser ikutin petunjuknya.
4. setelah itu guyur air mengalir lagi.
5. untuk drying karena saya malas dan ga ada kompressor udara, tutup kap mesin, cuci body mobil, kelar, nyalain mesin, diemin aja sekian menit, nanti kering sendiri karena panas dari mesin. untuk dressing? ga pernah. hasilnya ya jadinya yang penting pas buka kap mesin terlihat terurus saja, debuan pastilah.
sebetulnya triknya si gunakan air seminimal mungkin dan rutin kalau kata teman saya yang detailer. ya kalau versi tajir, bisa pakai no rinse car wash, jadi seperti di lap2 saja, bersih juga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: Tue May 20, 2014 11:41
Re: Cuci mesin
Dulu saya bareng om saya nyuci mesin 406 D9 Limited juga aman2 aja kok om, pake degreaser lalu disiramnya pake gayung pelan2.. Alhamdulillah sampe sekarang bahkan dipake mudik aman2 aethestoneroses wrote: Thu Jan 30, 2020 4:15 Halo mas, saya kurang tahu kalau innova diesel.
Cuma pengalaman saya, dulu pakai 406 yang dibilang orang2 ngga boleh dicuci mesinnya, sensitif lah. Tetep saya semprot, pakai sabun2 juga. Dipakai baik2 aja. Akhirnya virus cuci mesin pug nyebar juga ke temen2. Saran saya semprot aja mas, hehe
Salam
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cuci mesin
Apess
Hari ini iseng cuci mesin ipah tuwir ama hrv ane.. 2 2 nya jd error, si ipah jd brebet2, hrv cek enjin nyala
Pdahal cuman sirem pake aer mengalir
Hari ini iseng cuci mesin ipah tuwir ama hrv ane.. 2 2 nya jd error, si ipah jd brebet2, hrv cek enjin nyala
Pdahal cuman sirem pake aer mengalir
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Cuci mesin
bisa bikin nyala cek engine ahond? Kerennnnn..... ahond jarang CEL nyala
bisa bikin ipah brebet? Kereeennnnnn ...... ipah jarang brebet.
bisa bikin dua2nya kejadian bareng? EPIC!!!

bisa bikin ipah brebet? Kereeennnnnn ...... ipah jarang brebet.
bisa bikin dua2nya kejadian bareng? EPIC!!!

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Cuci mesin
Nah manteb kan si xu10jakanjc wrote: Fri Jan 31, 2020 6:19
Dulu saya bareng om saya nyuci mesin 406 D9 Limited juga aman2 aja kok om, pake degreaser lalu disiramnya pake gayung pelan2.. Alhamdulillah sampe sekarang bahkan dipake mudik aman2 ae![]()
Tapi kawan saya 306, saya lupa n3 apa n5, yg jelas bukan my2000; nyuci mesin terus apanya nyala gitu hahaaha
Keren om masih pegang d9, udah jarang sekarang top
Ron Asheton Forever