Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
MSU wrote: Wed May 27, 2020 0:08
Turboman wrote: Tue May 26, 2020 15:57 suhu coolant 96 C itu saat jalan normal ???

busyeettt

gimana kalo high RPM ya ?

kalo melihat gini ya mmg lebih cocok 5W40........kalo PTT ambil yg NGV 5W40 aja

HX7 - 5W40 juga bisa

Btw pernah survey Termostat yg opening Temp nya lebih rendah gak ?
Berarti memang benar mesin "panas" ini...analisa sotoy saya kl temp bisa diturunin ngelitik bakal ilang & aki dll tahan lebih lama.
Ni mesin apa settingan eropa ya...kalo jepang setau sy max 80-85C udh kebuka
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam :big_cry:

Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: Wed May 27, 2020 2:45
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:14
Suryaputra wrote: Tue May 26, 2020 12:48

Lah itu salah satunya, schaeffer supreme 9000 5w30
yg disimpen om turbo :big_grin:
kl ini maksa beli doang jatuhnya om
beli sekali dah tu ngga kebeli lagi :big_cry:
kecuali om turbo nyetok banyak lagi 6 bln kemudian
maklum PSBB begini semua disunat ama Covid-19 :big_sorry:
yah gpp, oli keraton, masa pakai lbh lama bisa max 1 thn atau 10rb km (mana yg nyampe duluan)

sy di mobilio, sblmnya pakai:
- honda epro gold 0w20
- Total Q9000 0w20
- Fastron gold 0w20
- PTT 5w30
- Total Q9000 5w30
ganti di 5rb Km / 6bln

- sekarang : Q8 Formula ultra 0w20 (stok lama produksi 2017, tapi ini paling enak dr oli2 sblmnya, yah beda kelas soalnya)
rencananya mau pakai 1 thn max, karena prnh lihat UOA Q8 ini dari om turbo, dipakai 13 bulan aja masih cukup layak buat daily usage :big_exellent:

yg penting oli asli & hati puas udh coba2.
:big_grin:
Betul, Q8 0w-20 formula ultra memang mantap, lebih halus juga, dan konsisten sampe hampir 10rb KM

Mirip2 lah sama unil opal 0w-20, cuma hati rasanya lebih sreg sama Q8
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:11
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
MSU wrote: Wed May 27, 2020 0:08

Berarti memang benar mesin "panas" ini...analisa sotoy saya kl temp bisa diturunin ngelitik bakal ilang & aki dll tahan lebih lama.
Ni mesin apa settingan eropa ya...kalo jepang setau sy max 80-85C udh kebuka
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam :big_cry:

Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:01
exflowly wrote: Tue May 26, 2020 16:38 Mendingan ganti termo yg lbh rendah bukaan tempnya. M52 saya skrg normal di 90an derajat, dulu di 96/7. Termo ganti dr 92 ke 80.

Buat oli, air dan mesin lbh aman.
ga ada jual kyknya mbahh
solusi potong per termostat..
tp klo bengkel2 biasa, malah cabut termostat, bkin mesin jadi ngga enak jadinya..

tmn ane pernah ukur HR15 nya.
suhu sekitar 92-94 jalan normal dikota
oli nya fastron 10w30.
aman ga yah itu?? setiap 5k sih ganti oli
Jgn Om...termostat jgn dicabut.
1. Suhu engine jd ngga optimal krn begitu cold start coolant sdh langsung ngalir
2. Tenaga loss pasti krn suhu mesin jd ngga pas dan efeknya boros BBM
3. ini yg malah bisa buat mesin retak rambut (kejadian di MItsu Kuda Diesel yg banyak lepas termostat)

Setau ane sich HR15 ini selama ngga habis oli dan sistem coolant nya oke gpp
Coolant, radiator, waterpump ama kipasnya kudu sempurna semua kerjanya.
Salah satu ngambek yo wes sdh....mengingat ngga ada jarum manual temp di dashboard jadi ya tiba2 nyala aja itu lambang temperature merah kl ngga bagus kerja sistem pendinginan mesinnya :big_cry:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:11
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
MSU wrote: Wed May 27, 2020 0:08

Berarti memang benar mesin "panas" ini...analisa sotoy saya kl temp bisa diturunin ngelitik bakal ilang & aki dll tahan lebih lama.
Ni mesin apa settingan eropa ya...kalo jepang setau sy max 80-85C udh kebuka
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam :big_cry:

Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Kipas Engine HR15 BatuMakam ada 2 setelan om.
Low ama High...
ngeceknya pake BCM Test itu akan ketauan kl cm 1 speed aja alamat motor kipas sdh minta ganti atau otomatis kipasnya yg perlu ganti :big_smile]
nubie in all things - still need to learn
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 3:40
ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:11
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam :big_cry:

Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
ndak om. HR15, 2NR, 1NZ yg dpn inlet manifold
konfigurasinya dibalik.. rata2 mesin baru sudah bgni konfigurasinya, kecuali K series suzuki, msh ex yg di depan. CMIIW yah
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

blloewy wrote: Wed May 27, 2020 3:59
ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:01
exflowly wrote: Tue May 26, 2020 16:38 Mendingan ganti termo yg lbh rendah bukaan tempnya. M52 saya skrg normal di 90an derajat, dulu di 96/7. Termo ganti dr 92 ke 80.

Buat oli, air dan mesin lbh aman.
ga ada jual kyknya mbahh
solusi potong per termostat..
tp klo bengkel2 biasa, malah cabut termostat, bkin mesin jadi ngga enak jadinya..

tmn ane pernah ukur HR15 nya.
suhu sekitar 92-94 jalan normal dikota
oli nya fastron 10w30.
aman ga yah itu?? setiap 5k sih ganti oli
Jgn Om...termostat jgn dicabut.
1. Suhu engine jd ngga optimal krn begitu cold start coolant sdh langsung ngalir
2. Tenaga loss pasti krn suhu mesin jd ngga pas dan efeknya boros BBM
3. ini yg malah bisa buat mesin retak rambut (kejadian di MItsu Kuda Diesel yg banyak lepas termostat)

Setau ane sich HR15 ini selama ngga habis oli dan sistem coolant nya oke gpp
Coolant, radiator, waterpump ama kipasnya kudu sempurna semua kerjanya.
Salah satu ngambek yo wes sdh....mengingat ngga ada jarum manual temp di dashboard jadi ya tiba2 nyala aja itu lambang temperature merah kl ngga bagus kerja sistem pendinginan mesinnya :big_cry:
nah ini yg bkin nubi mikir, krn panas jd penguapan oli di HR15 ini tinggi banget. hhaha. yah emg baik jgn di cabut kok, cm bengkel2 nakal yg biasa cabut krn males bleeding setelah kuras radiator
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

blloewy wrote: Wed May 27, 2020 4:02
ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:11
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam :big_cry:

Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Kipas Engine HR15 BatuMakam ada 2 setelan om.
Low ama High...
ngeceknya pake BCM Test itu akan ketauan kl cm 1 speed aja alamat motor kipas sdh minta ganti atau otomatis kipasnya yg perlu ganti :big_smile]
hooh om. dr suaranya udh kedengaran kok
cm rada jrg dia di speed 2, klo avanza, brio sering bgt
pdhl engine HR15 ini lbh panas.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

ganti ertiga/avanza.. ga pusing pilih oli......











:ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 4:34
evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 3:40
ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 3:11

setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
ndak om. HR15, 2NR, 1NZ yg dpn inlet manifold
konfigurasinya dibalik.. rata2 mesin baru sudah bgni konfigurasinya, kecuali K series suzuki, msh ex yg di depan. CMIIW yah
Oh gitu ya? Seingat saya soalnya kayak misal 2NR di Sienta itu ya exhaust nya di bagian depan. Biasanya keliatan kalo ada cover dan ada logo tangan dicoret berarti itu exhaust nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

jangankan yg cenggo, nissin yg V6 nya dari 2300cc sampe 3000cc oil pan nya aja cuma minta 4.0L sama filter...






:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 5:08
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
:mky_03:
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl

Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis

Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by FU27 »

DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:26
evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 5:08
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
:mky_03:
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl

Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis

Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
Maklum oom. Mesin eropah
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

@FU27

Yg bkin asli nihon loh, malah renolt yg minjem pake
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:26
evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 5:08
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
:mky_03:
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl

Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis

Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
nah bisa nih pake oli daihatsu... 4 liter ga sampe 200rb.. bisa mandi oli

https://www.blibli.com/p/daihatsu-genui ... PP-3051951
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 4:56
ViPerRed wrote: Wed May 27, 2020 4:34
evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 3:40

Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
ndak om. HR15, 2NR, 1NZ yg dpn inlet manifold
konfigurasinya dibalik.. rata2 mesin baru sudah bgni konfigurasinya, kecuali K series suzuki, msh ex yg di depan. CMIIW yah
Oh gitu ya? Seingat saya soalnya kayak misal 2NR di Sienta itu ya exhaust nya di bagian depan. Biasanya keliatan kalo ada cover dan ada logo tangan dicoret berarti itu exhaust nya
brarti terkait 2NR ane yg salah om. hehehe
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:26
evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 5:08
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
:mky_03:
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl

Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis

Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
temen ane ada yg pake ANGL..
pake fastron 10w30, ganti tiap 5k
dr beli smpe skrg udh KM 80rb ga ada niat coba oli laen
cinta pertamina banget orgnya...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

rendr wrote: Wed May 27, 2020 5:42
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:26
evanbngdor wrote: Wed May 27, 2020 5:08

Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
:mky_03:
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl

Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis

Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
nah bisa nih pake oli daihatsu... 4 liter ga sampe 200rb.. bisa mandi oli

https://www.blibli.com/p/daihatsu-genui ... PP-3051951
Anjayy, ini yg dtunggu2..

Kl murah gini yah per 3000 km ganti jg gapapa

Btw botol nya kaya oli fastron y

@vipered

Sebenernya gapapa jg sehh, yg penting buntut 30, sesuai buku primbon nya

Cman seinget ane fastron 10 -30 jg ga murah2 amat kan yah, sekelas harga ama eneos atau idemitsu yg 10 30 jg
Last edited by DOHC on Wed May 27, 2020 6:08, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11064
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti

ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.













:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed May 27, 2020 6:07
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti

ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.

:ngacir:
Nanti aki nya soak mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Wed May 27, 2020 6:09
marmut wrote: Wed May 27, 2020 6:07
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti

ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.

:ngacir:
Nanti aki nya soak mbah
Jd keinget om, dulu OGL HR15 single cvtc saya tiap 6 bulan aki soak terus. Dan soaknya mesti pas lebaran :big_biglaugh:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
marmut wrote: Wed May 27, 2020 6:07
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00 Obat panas nya batu makam sebenernya gampang

Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya

Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc

Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu

Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti

ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.

:ngacir:
Nanti aki nya soak mbah
Sebenarnya mobil yang tidak jalan tidak perlu dipanasi mesinnya tiap hari menurut pendapat saya cukup kita lepasin saja kutub negatip akinya. Ini cara yg saya lakukan selama mobil ANGL saya yang saat ini yg sudah beberapa minggu nongkrong di garasi .
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

worth kah? btw unil opal itu base oil PAO dgn full synt ya?

kalo pake ini baiknya pergantian oli slanjutnya stelah brp km/brp bulan ya suhu? (oya... buat mobil sabtu minggu doang hehe [emoji16][emoji120])
Screenshot_20200527-163722_Samsung%20Internet.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.