Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: Tue May 26, 2020 15:57
suhu coolant 96 C itu saat jalan normal ???
busyeettt
gimana kalo high RPM ya ?
kalo melihat gini ya mmg lebih cocok 5W40........kalo PTT ambil yg NGV 5W40 aja
HX7 - 5W40 juga bisa
Btw pernah survey Termostat yg opening Temp nya lebih rendah gak ?
Berarti memang benar mesin "panas" ini...analisa sotoy saya kl temp bisa diturunin ngelitik bakal ilang & aki dll tahan lebih lama.
Ni mesin apa settingan eropa ya...kalo jepang setau sy max 80-85C udh kebuka
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam
Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Lah itu salah satunya, schaeffer supreme 9000 5w30
yg disimpen om turbo
kl ini maksa beli doang jatuhnya om
beli sekali dah tu ngga kebeli lagi
kecuali om turbo nyetok banyak lagi 6 bln kemudian
maklum PSBB begini semua disunat ama Covid-19
yah gpp, oli keraton, masa pakai lbh lama bisa max 1 thn atau 10rb km (mana yg nyampe duluan)
sy di mobilio, sblmnya pakai: - honda epro gold 0w20
- Total Q9000 0w20
- Fastron gold 0w20
- PTT 5w30
- Total Q9000 5w30
ganti di 5rb Km / 6bln
- sekarang : Q8 Formula ultra 0w20 (stok lama produksi 2017, tapi ini paling enak dr oli2 sblmnya, yah beda kelas soalnya)
rencananya mau pakai 1 thn max, karena prnh lihat UOA Q8 ini dari om turbo, dipakai 13 bulan aja masih cukup layak buat daily usage
yg penting oli asli & hati puas udh coba2.
Betul, Q8 0w-20 formula ultra memang mantap, lebih halus juga, dan konsisten sampe hampir 10rb KM
Mirip2 lah sama unil opal 0w-20, cuma hati rasanya lebih sreg sama Q8
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Berarti memang benar mesin "panas" ini...analisa sotoy saya kl temp bisa diturunin ngelitik bakal ilang & aki dll tahan lebih lama.
Ni mesin apa settingan eropa ya...kalo jepang setau sy max 80-85C udh kebuka
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam
Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
exflowly wrote: Tue May 26, 2020 16:38
Mendingan ganti termo yg lbh rendah bukaan tempnya. M52 saya skrg normal di 90an derajat, dulu di 96/7. Termo ganti dr 92 ke 80.
Buat oli, air dan mesin lbh aman.
ga ada jual kyknya mbahh
solusi potong per termostat..
tp klo bengkel2 biasa, malah cabut termostat, bkin mesin jadi ngga enak jadinya..
tmn ane pernah ukur HR15 nya.
suhu sekitar 92-94 jalan normal dikota
oli nya fastron 10w30.
aman ga yah itu?? setiap 5k sih ganti oli
Jgn Om...termostat jgn dicabut.
1. Suhu engine jd ngga optimal krn begitu cold start coolant sdh langsung ngalir
2. Tenaga loss pasti krn suhu mesin jd ngga pas dan efeknya boros BBM
3. ini yg malah bisa buat mesin retak rambut (kejadian di MItsu Kuda Diesel yg banyak lepas termostat)
Setau ane sich HR15 ini selama ngga habis oli dan sistem coolant nya oke gpp
Coolant, radiator, waterpump ama kipasnya kudu sempurna semua kerjanya.
Salah satu ngambek yo wes sdh....mengingat ngga ada jarum manual temp di dashboard jadi ya tiba2 nyala aja itu lambang temperature merah kl ngga bagus kerja sistem pendinginan mesinnya
Berarti memang benar mesin "panas" ini...analisa sotoy saya kl temp bisa diturunin ngelitik bakal ilang & aki dll tahan lebih lama.
Ni mesin apa settingan eropa ya...kalo jepang setau sy max 80-85C udh kebuka
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam
Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Kipas Engine HR15 BatuMakam ada 2 setelan om.
Low ama High...
ngeceknya pake BCM Test itu akan ketauan kl cm 1 speed aja alamat motor kipas sdh minta ganti atau otomatis kipasnya yg perlu ganti
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam
Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
ndak om. HR15, 2NR, 1NZ yg dpn inlet manifold
konfigurasinya dibalik.. rata2 mesin baru sudah bgni konfigurasinya, kecuali K series suzuki, msh ex yg di depan. CMIIW yah
exflowly wrote: Tue May 26, 2020 16:38
Mendingan ganti termo yg lbh rendah bukaan tempnya. M52 saya skrg normal di 90an derajat, dulu di 96/7. Termo ganti dr 92 ke 80.
Buat oli, air dan mesin lbh aman.
ga ada jual kyknya mbahh
solusi potong per termostat..
tp klo bengkel2 biasa, malah cabut termostat, bkin mesin jadi ngga enak jadinya..
tmn ane pernah ukur HR15 nya.
suhu sekitar 92-94 jalan normal dikota
oli nya fastron 10w30.
aman ga yah itu?? setiap 5k sih ganti oli
Jgn Om...termostat jgn dicabut.
1. Suhu engine jd ngga optimal krn begitu cold start coolant sdh langsung ngalir
2. Tenaga loss pasti krn suhu mesin jd ngga pas dan efeknya boros BBM
3. ini yg malah bisa buat mesin retak rambut (kejadian di MItsu Kuda Diesel yg banyak lepas termostat)
Setau ane sich HR15 ini selama ngga habis oli dan sistem coolant nya oke gpp
Coolant, radiator, waterpump ama kipasnya kudu sempurna semua kerjanya.
Salah satu ngambek yo wes sdh....mengingat ngga ada jarum manual temp di dashboard jadi ya tiba2 nyala aja itu lambang temperature merah kl ngga bagus kerja sistem pendinginan mesinnya
nah ini yg bkin nubi mikir, krn panas jd penguapan oli di HR15 ini tinggi banget. hhaha. yah emg baik jgn di cabut kok, cm bengkel2 nakal yg biasa cabut krn males bleeding setelah kuras radiator
blloewy wrote: Wed May 27, 2020 2:13
Itu settingan awal om buka nya di suhu itu
buka maksimal di suhu 95 deg C
ini spek thermostat nya mengacu ke Buku Maintenis nya BatuMakam
Theromstat.JPG
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Kipas Engine HR15 BatuMakam ada 2 setelan om.
Low ama High...
ngeceknya pake BCM Test itu akan ketauan kl cm 1 speed aja alamat motor kipas sdh minta ganti atau otomatis kipasnya yg perlu ganti
hooh om. dr suaranya udh kedengaran kok
cm rada jrg dia di speed 2, klo avanza, brio sering bgt
pdhl engine HR15 ini lbh panas.
setau ane, msh normal sih setelan termostat nya
cuma yg ane pratiin, fan radiator HR15 rada males nyala
sering nyala di speed 1 aja.. kipas nya kecil pula kyk LCGC
klo kap mesin panas msh ok lah
M15 ane jauh lebih panas kap sm ruang mesin nya krn ex manifold di depan, desain jadul yah..
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
ndak om. HR15, 2NR, 1NZ yg dpn inlet manifold
konfigurasinya dibalik.. rata2 mesin baru sudah bgni konfigurasinya, kecuali K series suzuki, msh ex yg di depan. CMIIW yah
Oh gitu ya? Seingat saya soalnya kayak misal 2NR di Sienta itu ya exhaust nya di bagian depan. Biasanya keliatan kalo ada cover dan ada logo tangan dicoret berarti itu exhaust nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl
Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis
Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl
Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis
Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl
Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis
Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
nah bisa nih pake oli daihatsu... 4 liter ga sampe 200rb.. bisa mandi oli
Bukannya mobil FWD pasti posisi exhaust manifold nya di depan ya Om? Soalnya posisi mesinnya pasti melintang secara horizontal kan
ndak om. HR15, 2NR, 1NZ yg dpn inlet manifold
konfigurasinya dibalik.. rata2 mesin baru sudah bgni konfigurasinya, kecuali K series suzuki, msh ex yg di depan. CMIIW yah
Oh gitu ya? Seingat saya soalnya kayak misal 2NR di Sienta itu ya exhaust nya di bagian depan. Biasanya keliatan kalo ada cover dan ada logo tangan dicoret berarti itu exhaust nya
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl
Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis
Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
temen ane ada yg pake ANGL..
pake fastron 10w30, ganti tiap 5k
dr beli smpe skrg udh KM 80rb ga ada niat coba oli laen
cinta pertamina banget orgnya...
Mungkin dianggapnya desain engineering oil pan nya sudah compact dan presisi jd juga gak perlu oli banyak2,jadi lah seperti itu. Padahal mah ujung2nya banyak juga oli yg dipake gara2 keseringan top-up
Insinyur nya mungkin kurang tamasya kl
Lupa kl pangsa pasar terbesar nya justru d negara tropis
Btw biar BTT, kl mnurut ane, si HR15DE ini mungkin cocok nya pake oli2 lcgc murmer aj kya kluaran fastron ijo atau shell yg lcgc, murah, jd diganti per 5000 km jg ga berat d kantong
nah bisa nih pake oli daihatsu... 4 liter ga sampe 200rb.. bisa mandi oli
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.
Nanti aki nya soak mbah
Jd keinget om, dulu OGL HR15 single cvtc saya tiap 6 bulan aki soak terus. Dan soaknya mesti pas lebaran
DOHC wrote: Wed May 27, 2020 5:00
Obat panas nya batu makam sebenernya gampang
Gedein tuh oil pan !!! Mesin oven dipakein oil pan imut2... saingan ama agya
Pdahal radiator aj kapasitas ud paling gede d kelas cenggo cc
Btw mengenai panas2 HR15 DE, jgn pelit d belt ama motor kipas, belt biar kata baru 20 rebu km tp ud getas retak lgs ganti, kipas jg kl ud males nyala speed 2 mending lgs ganti jgn kompromi.. ane dl kipas ganti di odo 90an rebu
Enjin sultan resing ini memang, oli musti bagus, bensin mahal, perawatan ala mobil balap, abis race lgs ganti
ungggg..... anu mbah.... kalo mau ndak panas..... mesinnya..... anu..... jangan dinyalain.
Nanti aki nya soak mbah
Sebenarnya mobil yang tidak jalan tidak perlu dipanasi mesinnya tiap hari menurut pendapat saya cukup kita lepasin saja kutub negatip akinya. Ini cara yg saya lakukan selama mobil ANGL saya yang saat ini yg sudah beberapa minggu nongkrong di garasi .