kran bensin ninja mampet krn karat

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

han^han
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Feb 04, 2005 13:58

kran bensin ninja mampet krn karat

Post by han^han »

helep tolong butuh bantuan banget nih :cry:
motor saya kawasaki ninja th 96. ceritanya begini motor saya suka mogok jika kran bensin dalam posisi on ( bensin full), harus di res in dulu kran bensin nya baru bisa jalan. setelah saya ke bengkel cek memank saya liat slang bensin nya jk di posisi on bensin tak kluar. di res in baru bisa kluar. setelah dikuras dan kran bensin dibersihkan memank banyak karatnya. tapi setelah seminggu begitu lagi :shock:
baru kemaren ke bengkel akirnya kran bensin nya dibersihkan bawahnya (bensin tidak dikuras) buset dah gumpalan karat nya berkumpul jadi satu kaya gumpalan tanah tak heran mampet. skarang sih masi sehari tapi saya kapok banget d. kayanya sih skarang udah mu nunjukin gejala mo mogok lagi. tolong bpk2 pembalap yang pakai ninja saran2 dan petuah nya masalah nya kalo beli tangki baru gak kuat 800 rb :shock:
sebelonnya makasih banget ya 8)
pbof
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sun Aug 14, 2005 14:07

Post by pbof »

abis di kuras di lapis pake resin biar tankinya gak karatan lagi....
power is nothing without control
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

resin itu apa ya? cara lapisinnya gimana? apa gak takut 'bermasalah' dengan senyawa bensin?

kalo gue sih, setiap servis (besar maupun kecil), keran bensin selalu jadi langganan bersih2...biasanya kalo motor tua ya begitu masalahnya, kan tangki dah karatan krn usia juga, makanya problem itu terus ada sampai minta dibeliin tangki baru..hehehe...

rutin aja bro, tiap beberapa minggu, tangki di turunin (copotin dr motor maksudnya), lepas keran bensin dr tangkinya, tapi sebelumnya, kocok2 dulu tangkinya lamaan biar semua karat mengganggu bisa lepas semua. tampung bensin di ember, stlh keran lepas, dibersihin aja, dibuka semua bagiannya (ati2, perhatiin posisi dan pemasangannya, jgn sampe bingung kalo disuruh rakit kembali :p ) pegel juga sih, tp kalo mo praktis ya beli baru tangkinya.

oya, kadang karat tangki juga bisa masuk karbu n sebabkan karbu kotor n banyak masalahnya. Baik juga kalo bro pasang saringan bensin di antara keran bensin dan karbu.
Just Call Me Nichol !!!
han^han
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Feb 04, 2005 13:58

Post by han^han »

weks resin apaan tuh? iya nih. wah beli tangki baru nyesek bro 800 lagi ek cekak gini lagi. g rasa sih gara2 dari tutup tangkinya tuh. kelemahan ninja mank gitu gampang masuk air. kayanya karna masuk air ujan jadi karat gitu. kalo rutin musi ke bengkel juga sih. dan itu masalah waktu juga n money tentunya haha yang rutin lagi. mu bongkar sendiri takut gk bisa pasang lagi. btw ada lagi waktu mampet gitu. kran bensinnya g res in trus
dan g lumayan jalan jauh juga sih slama itu. boleh ga ya kalo posisi nya g res in trus? g uda pakai saringan bensin
merk kitaco. justru pakai itu gampang mampet nya malah skarang g lepas.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

wah, parah nih kayaknya tangki motor bro..dah karat stadium 3 (ibarat kanker, dah no hope lagi), hehe....makanya bro, kalo abis dibersihin tangkinya, laen waktu masukin oli samping tiap kali kita isi bensin. Gak usah terlalu banyak, satu tutup botol juga cukup. Kalo musim ujan ato pas abis cuci motor, masukin agak banyak. Lebih ok lagi kalo bro rutin kasih aditif penghilang aer macam STP petrol treatment. Murah koq, di carefour 19 ribu sebotol buat 60 liter! Dijamin aer2 yg bikin karat langsung terurai jadi gas!

masak naek motor kudu rest terus posisinya? giliran bensin abis, situ olahraga kaki tau rasa..!

saringan bensin ada lho yg bisa dibuka2 buat dibersihin (ada di m+). Pake yg itu coba biar gak boros lantaran kudu beli2 saringan mlulu. Parah deh motor situ karatnya.

coba bro ikutin saran ane yg dah ane jabarin di thread http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=2856 biar tangki awet.
Just Call Me Nichol !!!
pbof
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sun Aug 14, 2005 14:07

Post by pbof »

kopi paste dari sini

Cara Bikin Lapisan Fiberglass Di Dalam Tangki untuk mencegah karat :

- Copot tangki, copot pelampung BBM, copot filter BBM.
- Kuras terlebih dahulu tangki kemudian cuci dengan rinso sampai bersih agar hilang bau BBM.
- Jemur di terik matahari sampai daleman tangki benar2 kering.
- Kalo sudah benar kering taruh tangki ditempat yg sejuk biar adem.
- Tutup lubang pelampung dan filter BBM dengan Isolasi Ban, pastikan jgn ada celah.
- Tangki siap untuk di isi Fiberglass.

Resep Bikin Fiberglass.

Bahan untuk bikin lapisan dalam tangki dgn fiber glass :
- 3/4 kg Resin
- 1/2 lebih dikit botol kecil Katalis

Cara Nyampur Resin/Catalis :

Cara nyampur R/S diperlukan kecepatan membuat nya. Sebab kalau terlalu
lama bikin campuran nya, di khawatirkan adonan mengeras duluan sebelum
masuk kedalam tangki :

- Cari wadah tempat adonan kaleng bekas oli dll yg bersih.
- Campur jadi satu bahan tersebut di atas dalam wadah (kaleng bekas oli dll)
- Dan aduk cepat hingga merata (kalo kelamaan bisa ngeras duluan).
- Cepat masukan adonan fiberglass kedalam tangki dari lubang masuk BBM,
jangan sampai netes ke bagian luar tangki, kalo kena cepat cepat bersihkan.
- Putar cepat tangki kekiri-kanan atas-bawah biar adonan fiber glass mengisi
keseluruh bagian tangki (terutama di sela2 tangki).
- Jika sudah semua bagian dalam tangki terlapisi F/G taruh ditempat yg sejuk.
- Sambil dilihat kedalam tangki, jika kira nya fiber glass mulai mengeras
hentikan gerakan tangki (karena bisa mengganggu melekat nya fiberglass
pada tangki).
- Untuk hasil yg memuaskan diamkan tangki selama 12 jam.

Finishing
- Setelah 12 jam buka Isolasiban dilubang Pelampung/Filter BBM kalo ada yg
tersumbat lubangi pakai bor kecil (u/lubang filter) ato cutter (u/lubang
pelampung).
- Pasang kembali Filter/Pelampung BBM.
- Pasang tangki kembali.

Gitu aja cara bikin Fiberglass buat lapisin daleman tangki dari gw.

Wass,
Axl
power is nothing without control
han^han
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Feb 04, 2005 13:58

Post by han^han »

[quote="nichol"]wah, parah nih kayaknya tangki motor bro..dah karat stadium 3 (ibarat kanker, dah no hope lagi), hehe....makanya bro, kalo abis dibersihin tangkinya, laen waktu masukin oli samping tiap kali kita isi bensin.

uda bro stiap kali abis isi bensin g campur oli samping trus satu tutup botol.

masak naek motor kudu rest terus posisinya? giliran bensin abis, situ olahraga kaki tau rasa..!

kan ada alert nya bro kalo bensin dah mo abis? hehe :roll:
han^han
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Feb 04, 2005 13:58

Post by han^han »

[quote="pbof"]kopi paste dari sini

Cara Bikin Lapisan Fiberglass Di Dalam Tangki untuk mencegah karat :

ampun brooooooooo ini mah kerjaan orang bengkel abis hahaha :shock:
kira2 damaged cost nya brapa ya? ini untuk mencegah karat kan? kalo kasus motor saya yang sudah karatan bisa diobati? bukan dicegah lagi loh ini :roll: