(ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jul 09, 2019 9:08
- Location: jakarta
(ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
hi para senior BMW,
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
saya sudah hampir 7 tahun pakai saudara besar-nya, E39
engine M54 juga,
kalau cooling system, sering sering dicek saja tabung air-nya,
kalau berkurang secara tidak wajar, dicari ada bocor/tidak.
bahkan kalau ada dana lebih, langsung ganti 1 paket (radiator, selang2, thermostat, water pump, dll)
mudik ? tidak ada masalah, saya baru saja touring jawa-bali, trip 3000 KM.
pastikan saja :
- cooling system bagus, stress test saja di macet-nya jakarta
- Fuel pump bagus, (risiko mogok mendadak)
- Pengapian (busi, koil, injector, tidak ada bocor udara)
- Gearbox lancar perpindahan-nya
- bawa scanner (kalau punya), sensor ABS saya sempat rusak dijalan, dan sampai bikin gearbox-nya failure. jadi perlu di reset. tidak tahu kalau di e46, di e39 kalau ada masalah di ABS, matic-nya suka ikut ngambek, padahal ga ada masalah.
- kaki-kaki juga usahakan prima, biar aman dan enak ngebut-nya
engine M54 juga,
kalau cooling system, sering sering dicek saja tabung air-nya,
kalau berkurang secara tidak wajar, dicari ada bocor/tidak.
bahkan kalau ada dana lebih, langsung ganti 1 paket (radiator, selang2, thermostat, water pump, dll)
mudik ? tidak ada masalah, saya baru saja touring jawa-bali, trip 3000 KM.
pastikan saja :
- cooling system bagus, stress test saja di macet-nya jakarta
- Fuel pump bagus, (risiko mogok mendadak)
- Pengapian (busi, koil, injector, tidak ada bocor udara)
- Gearbox lancar perpindahan-nya
- bawa scanner (kalau punya), sensor ABS saya sempat rusak dijalan, dan sampai bikin gearbox-nya failure. jadi perlu di reset. tidak tahu kalau di e46, di e39 kalau ada masalah di ABS, matic-nya suka ikut ngambek, padahal ga ada masalah.
- kaki-kaki juga usahakan prima, biar aman dan enak ngebut-nya
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jul 09, 2019 9:08
- Location: jakarta
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
mojacko wrote: Tue Jan 14, 2020 5:39 saya sudah hampir 7 tahun pakai saudara besar-nya, E39
engine M54 juga,
kalau cooling system, sering sering dicek saja tabung air-nya,
kalau berkurang secara tidak wajar, dicari ada bocor/tidak.
bahkan kalau ada dana lebih, langsung ganti 1 paket (radiator, selang2, thermostat, water pump, dll)
mudik ? tidak ada masalah, saya baru saja touring jawa-bali, trip 3000 KM.
pastikan saja :
- cooling system bagus, stress test saja di macet-nya jakarta
- Fuel pump bagus, (risiko mogok mendadak)
- Pengapian (busi, koil, injector, tidak ada bocor udara)
- Gearbox lancar perpindahan-nya
- bawa scanner (kalau punya), sensor ABS saya sempat rusak dijalan, dan sampai bikin gearbox-nya failure. jadi perlu di reset. tidak tahu kalau di e46, di e39 kalau ada masalah di ABS, matic-nya suka ikut ngambek, padahal ga ada masalah.
- kaki-kaki juga usahakan prima, biar aman dan enak ngebut-nya
terimakasih sudah share,
wah kuat juga yah ternyata mesin m54 bisa trip 3rb km, saya masih takut tes dikemacetan jakarta, takut mogok di tengah jalan dorong ke pinggirnya susah. mklum masih nubie dalam perBMWan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
kalau sehat tidak usah takut, anggap seperti mobil jepang saja.lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 5:50mojacko wrote: Tue Jan 14, 2020 5:39 saya sudah hampir 7 tahun pakai saudara besar-nya, E39
engine M54 juga,
kalau cooling system, sering sering dicek saja tabung air-nya,
kalau berkurang secara tidak wajar, dicari ada bocor/tidak.
bahkan kalau ada dana lebih, langsung ganti 1 paket (radiator, selang2, thermostat, water pump, dll)
mudik ? tidak ada masalah, saya baru saja touring jawa-bali, trip 3000 KM.
pastikan saja :
- cooling system bagus, stress test saja di macet-nya jakarta
- Fuel pump bagus, (risiko mogok mendadak)
- Pengapian (busi, koil, injector, tidak ada bocor udara)
- Gearbox lancar perpindahan-nya
- bawa scanner (kalau punya), sensor ABS saya sempat rusak dijalan, dan sampai bikin gearbox-nya failure. jadi perlu di reset. tidak tahu kalau di e46, di e39 kalau ada masalah di ABS, matic-nya suka ikut ngambek, padahal ga ada masalah.
- kaki-kaki juga usahakan prima, biar aman dan enak ngebut-nya
terimakasih sudah share,
wah kuat juga yah ternyata mesin m54 bisa trip 3rb km, saya masih takut tes dikemacetan jakarta, takut mogok di tengah jalan dorong ke pinggirnya susah. mklum masih nubie dalam perBMWan
cuma perhatikan oli, M54 saya sering kurang oli.
padahal tidak ngebul, tidak bocor. nggak tahu kemana itu oli.
curiga-nya ring piston, jadi terbakar halus, tidak sampai ngebul.
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jul 09, 2019 9:08
- Location: jakarta
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
iya oli kemarin kurang 1 liter an, alhasil saya nambah 1 liter oli mesin, pdhal tidak ngebul. terakhir ganti oli kata pemiliknya setahun yg lalu.mojacko wrote: Tue Jan 14, 2020 6:10kalau sehat tidak usah takut, anggap seperti mobil jepang saja.lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 5:50mojacko wrote: Tue Jan 14, 2020 5:39 saya sudah hampir 7 tahun pakai saudara besar-nya, E39
engine M54 juga,
kalau cooling system, sering sering dicek saja tabung air-nya,
kalau berkurang secara tidak wajar, dicari ada bocor/tidak.
bahkan kalau ada dana lebih, langsung ganti 1 paket (radiator, selang2, thermostat, water pump, dll)
mudik ? tidak ada masalah, saya baru saja touring jawa-bali, trip 3000 KM.
pastikan saja :
- cooling system bagus, stress test saja di macet-nya jakarta
- Fuel pump bagus, (risiko mogok mendadak)
- Pengapian (busi, koil, injector, tidak ada bocor udara)
- Gearbox lancar perpindahan-nya
- bawa scanner (kalau punya), sensor ABS saya sempat rusak dijalan, dan sampai bikin gearbox-nya failure. jadi perlu di reset. tidak tahu kalau di e46, di e39 kalau ada masalah di ABS, matic-nya suka ikut ngambek, padahal ga ada masalah.
- kaki-kaki juga usahakan prima, biar aman dan enak ngebut-nya
terimakasih sudah share,
wah kuat juga yah ternyata mesin m54 bisa trip 3rb km, saya masih takut tes dikemacetan jakarta, takut mogok di tengah jalan dorong ke pinggirnya susah. mklum masih nubie dalam perBMWan
cuma perhatikan oli, M54 saya sering kurang oli.
padahal tidak ngebul, tidak bocor. nggak tahu kemana itu oli.
curiga-nya ring piston, jadi terbakar halus, tidak sampai ngebul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
Saya baru 4th pelihara E46, alhamdulillah temp naik ke merah cuma 1x, itu juga karena saya ngisi air nya ngga di bleeding setelah ada kebocoran.lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 4:20 hi para senior BMW,
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
Selama ini penyakit yg sering timbul emang dibagian engine cooling system, suka bocor2 biar pun kadang cuma bocor halus dan bisa di-ignore asalkan rajin cek & top up reservoir. Selain itu si no problem, badak mobil nya.
Temp normal ketika jalan 95-100, saat macet 92-95 (bertolak belakang dengan perkiraan saya sebelumnya kalau macet temp akan mesin naik). Kadang tiba2 turun sampe 80an kayanya fan speed-2 nya lagi nyala, tapi ngga lama naik ke 90an lagi.
Utk mudik di high season yg bisa macet parah si saya pribadi menghindari, saya ngga khawatir dengan mesin, transmisi, atau komponen lain, yg saya khawatirin cooling system nya KO. Drpd repot dijalan kan. Kecuali kalau mudik yg ngga high season si hajarr.
Utk cek cooling system pake pompa radiator aja test, klo pake pompa radiator aman berarti ngga ada bocor. Utk oli saya pake 5-40, alhamdulillah ngga ada penguapan selama ini, saya ganti oli 1th sekali.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jul 09, 2019 9:08
- Location: jakarta
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
Dat510 wrote: Tue Jan 14, 2020 7:05Saya baru 4th pelihara E46, alhamdulillah temp naik ke merah cuma 1x, itu juga karena saya ngisi air nya ngga di bleeding setelah ada kebocoran.lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 4:20 hi para senior BMW,
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
Selama ini penyakit yg sering timbul emang dibagian engine cooling system, suka bocor2 biar pun kadang cuma bocor halus dan bisa di-ignore asalkan rajin cek & top up reservoir. Selain itu si no problem, badak mobil nya.
Temp normal ketika jalan 95-100, saat macet 92-95 (bertolak belakang dengan perkiraan saya sebelumnya kalau macet temp akan mesin naik). Kadang tiba2 turun sampe 80an kayanya fan speed-2 nya lagi nyala, tapi ngga lama naik ke 90an lagi.
Utk mudik di high season yg bisa macet parah si saya pribadi menghindari, saya ngga khawatir dengan mesin, transmisi, atau komponen lain, yg saya khawatirin cooling system nya KO. Drpd repot dijalan kan. Kecuali kalau mudik yg ngga high season si hajarr.
Utk cek cooling system pake pompa radiator aja test, klo pake pompa radiator aman berarti ngga ada bocor. Utk oli saya pake 5-40, alhamdulillah ngga ada penguapan selama ini, saya ganti oli 1th sekali.
pengalaman dan tips nya membantu banget.
kemarin sudah cek radiator dengan pompa radiator, ada rembes kecil di selang bawah intake manifold terus langsung diganti uda nggak rembes. masih blum punya mental buat perjalanan jauh dengan e46.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Fri May 08, 2009 5:50
- Location: Depok
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
Sudah hampir 4 thn bersama e46 M54B25, overheat sekali di tol cikampek gara2 radiator expansion tank nya lecah karena faktor umur.
Setelah ganti radiator + expansion, selang2 nya, 2 thermostat, alternator, visco fan dan fan belt set... Udah aman, mesin nyala nonstop macet2an 7 jam suhu gak pernah lebih dari 98.
Yang bikin bete itu racksteering, 2x service tetep rembes akhirnya ganti ex singapore so far aman. Tapi ini curiga power steering pump udah mulai minta "perhatian".
Tapi blm berani jalan jauh, karena transmisi bermasalah. Kalo habis dari posisi P ke D suka error, solved dgn cabut anak kunci dan masukin lagi trus start.
Katanya harus udah ganti switch gear matic nya.
Paling jauh sih sebulan sekali ke subang - bandung - jakarta pp.
Setelah ganti radiator + expansion, selang2 nya, 2 thermostat, alternator, visco fan dan fan belt set... Udah aman, mesin nyala nonstop macet2an 7 jam suhu gak pernah lebih dari 98.
Yang bikin bete itu racksteering, 2x service tetep rembes akhirnya ganti ex singapore so far aman. Tapi ini curiga power steering pump udah mulai minta "perhatian".
Tapi blm berani jalan jauh, karena transmisi bermasalah. Kalo habis dari posisi P ke D suka error, solved dgn cabut anak kunci dan masukin lagi trus start.
Katanya harus udah ganti switch gear matic nya.
Paling jauh sih sebulan sekali ke subang - bandung - jakarta pp.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
Overheating?lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 4:20 hi para senior BMW,
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
Skrg odometer udh jalan brp km?
Dari bbrp pergantian parts diatas kalo msh was2,
boleh cek :
-AFR, bisa cek via Scan DISA ya, coba di sesuaiin lg siapa tau terlalu lean
-CCV oil separator apakah mampet/tidak
-ganti radiator baru aja, kasih coolant propylene glycol (biru : di Toko74 jual merk SWAG) atau kalo bawaan bbrp bengkel spesialis bmw yg ijo dilute dgn air non mineral 50:50
-terakhir kalo temp masih sering merayap naik, cek kompresi dan baut head, msh rapet atau jangan2 sudah ada yg ngangkat dan bocor
Dulu pengalaman di E46 sih gapernah OH sama sekali even indicator radiator sempet nyala itupun temp ga naik, tapi pake E39 dari beli sampe dijual gapernah sembuh demamnya..

gaspol resing tim
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jul 09, 2019 9:08
- Location: jakarta
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
odometer 109rb sekian gan, temperatur sih normal setelah ganti thermostat tp klo perjalanan jauh masih ngeri2, takut ada yg bocor2, kemarin tabung air radiator pecah airnya muncrat kemana2rendr wrote: Fri Jan 31, 2020 5:55Overheating?lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 4:20 hi para senior BMW,
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
Skrg odometer udh jalan brp km?
Dari bbrp pergantian parts diatas kalo msh was2,
boleh cek :
-AFR, bisa cek via Scan DISA ya, coba di sesuaiin lg siapa tau terlalu lean
-CCV oil separator apakah mampet/tidak
-ganti radiator baru aja, kasih coolant propylene glycol (biru : di Toko74 jual merk SWAG) atau kalo bawaan bbrp bengkel spesialis bmw yg ijo dilute dgn air non mineral 50:50
-terakhir kalo temp masih sering merayap naik, cek kompresi dan baut head, msh rapet atau jangan2 sudah ada yg ngangkat dan bocor
Dulu pengalaman di E46 sih gapernah OH sama sekali even indicator radiator sempet nyala itupun temp ga naik, tapi pake E39 dari beli sampe dijual gapernah sembuh demamnya..
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 796
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
tabung reservoir sampe pecah knp om? biasanya si paling bocor2 halus aja.. yg saya tau klo sampe muncrat atau tiba2 pecah biasa nya thermostat ngga mau ngebuka jadi overpressure..lodewaguelawan wrote: Fri Jan 31, 2020 8:23odometer 109rb sekian gan, temperatur sih normal setelah ganti thermostat tp klo perjalanan jauh masih ngeri2, takut ada yg bocor2, kemarin tabung air radiator pecah airnya muncrat kemana2rendr wrote: Fri Jan 31, 2020 5:55Overheating?lodewaguelawan wrote: Tue Jan 14, 2020 4:20 hi para senior BMW,
saya baru angkat bmw e46 325i dengan mesin m54b25,
sejauh ini permasalahannya ada di cooling system sering overhead,
ada beberapa part yg sudah di ganti seperti thermostat, tabung reservoir, visco fan dan selang2 dan ini sudah membaik dengan suhu mesin sudah normal sekitar 96 derajat celsius.
adakah disini member disini yg punya pengalaman yang sama mengenai masalah overhead di mesin m54?
oh iya rencana mudik lebaran tahun ini mau pake e46, apakah aman ya di buat macet2an?
saya mudik dari tangerang ke jawa timur kadang macet bisa nyampe 2 hri di jalan klo lg macet parah.
apa sudah ada yg punya pengalaman mudik dengan e46 bagaimana jika ada kendala di jalan?
secara klo di luar kota tidak ada kenalan mekanik bmw, dan jarang bengkel bmw
dan apakah memungkinkan mesin m54 ini di ajak mudik?
terima kasih,
share dong pengalaman tentang E46 buat perjalanan jauh
Skrg odometer udh jalan brp km?
Dari bbrp pergantian parts diatas kalo msh was2,
boleh cek :
-AFR, bisa cek via Scan DISA ya, coba di sesuaiin lg siapa tau terlalu lean
-CCV oil separator apakah mampet/tidak
-ganti radiator baru aja, kasih coolant propylene glycol (biru : di Toko74 jual merk SWAG) atau kalo bawaan bbrp bengkel spesialis bmw yg ijo dilute dgn air non mineral 50:50
-terakhir kalo temp masih sering merayap naik, cek kompresi dan baut head, msh rapet atau jangan2 sudah ada yg ngangkat dan bocor
Dulu pengalaman di E46 sih gapernah OH sama sekali even indicator radiator sempet nyala itupun temp ga naik, tapi pake E39 dari beli sampe dijual gapernah sembuh demamnya..
![]()
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Tue Jul 09, 2019 9:08
- Location: jakarta
Re: (ASK) pengalaman memakai bmw e46 325i
sepertinya thermostat kecil yg di bawah tabunng itu mati kayaknya, soalnya pas di bawa ke bengkel sekalian itu juga di ganti, sebelumnya saya nambah air radiator sekitar segelas sampai penuh air di tabung radiator apa karna itu juga nggk tahu juga sih. tp setelah diganti sudah aman sih sampai saat ini. mudah2 an tidak terjadi pecah2 lg bagian coolling system karna sebelumnya selang atas radiator juga pecah, karna thermostat mati jugaDat510 wrote: Mon Feb 03, 2020 9:33tabung reservoir sampe pecah knp om? biasanya si paling bocor2 halus aja.. yg saya tau klo sampe muncrat atau tiba2 pecah biasa nya thermostat ngga mau ngebuka jadi overpressure..lodewaguelawan wrote: Fri Jan 31, 2020 8:23odometer 109rb sekian gan, temperatur sih normal setelah ganti thermostat tp klo perjalanan jauh masih ngeri2, takut ada yg bocor2, kemarin tabung air radiator pecah airnya muncrat kemana2rendr wrote: Fri Jan 31, 2020 5:55
Overheating?
Skrg odometer udh jalan brp km?
Dari bbrp pergantian parts diatas kalo msh was2,
boleh cek :
-AFR, bisa cek via Scan DISA ya, coba di sesuaiin lg siapa tau terlalu lean
-CCV oil separator apakah mampet/tidak
-ganti radiator baru aja, kasih coolant propylene glycol (biru : di Toko74 jual merk SWAG) atau kalo bawaan bbrp bengkel spesialis bmw yg ijo dilute dgn air non mineral 50:50
-terakhir kalo temp masih sering merayap naik, cek kompresi dan baut head, msh rapet atau jangan2 sudah ada yg ngangkat dan bocor
Dulu pengalaman di E46 sih gapernah OH sama sekali even indicator radiator sempet nyala itupun temp ga naik, tapi pake E39 dari beli sampe dijual gapernah sembuh demamnya..
![]()