Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Hi om-om dan momod SM, thread ini adalah thread review pertama nubie yg menceritakan tentang kisah bagaimana ane bisa jatuh cinta dengan “Mia”, sebuah Mazda MX5 NC3
I. Prologue
Sebelum meminang si “Mia”, ane pake VW Scirocco 1.4TSI taun 2014 yg menjadi “semi-daily car” ane (dipakai seminggu ~150km an). Mobil itu merupakan my first love yg ane dambakan sejak jaman pertama masuk SMA. Si “Roko” sukses memperkenalkan ane ke car scene Surabaya dan membuai saya dengan powernya yang enak, handling yang mantap, dan tampangnya yg eksotis (b*k*ngnya itu lo ga nahan ).
Foto si Roko
Pada suatu malam di taun 2018, saat ane “ngedate” dengan Si Roko di cafe yg berlokasi di Surabaya Barat, kebetulan sedang ada kopdar komunitas mobil JDM yg cukup terkenal di Surabaya, and.... OH MY GOD, banyak sekali mobil JDM yg biasanya cuma ane liat di film Fast and Furious dan game. Ane waktu itu berpikir, “Keren sih, punya mobil JDM,” but still, I love Si Roko dan mikir sayang banget dijual (and ane belum mampu kantongnya untuk beli JDM legends ). Namun, kemudian sesosok mobil roadster berwarna putih muncul dengan stancenya yg sangat ceper, senyumnya yang innocent dan tulus, serta lekukan fendernya yg menggoda. She was a lowered NC Miata with RPF1s. It was love at first sight...
Malam itu, di pikiran ane mulai terlintas pikiran liar dan ngawur: “Should I replace Roko and menggantinya dgn nonik jepang yang walau tidak se-[cencored] ataupun seganas Roko tapi bisa memberikan fun yang lebih.” For a long time, si Miata ga bisa hilang dari pikiran ane. Apalagi ane sering research di SM dan forum luar tentang Miata. Review yg positif dari almost every journalist tambah menggoyahkan hati ane. Akhirnya, pada awal taun 2019 ane memantapkan hati ane dan memasang iklan Roko untuk dijual. It definitely was not an easy decision, but as someone once said “To love someone, you have to let them go .”
Akhirnya, pada pertengahan 2019, Roko resmi dipinang oleh seorang pemuda dari Bandung. Sedih rasanya, melihat my first love being driven for the last time . But, the show must go on.
II. The Hunt
Now, without Roko, my life feels empty. I must find the replacement. Terus terang saja, mencari MX5 bukan hal mudah. Populasi yang minim ditambah oleh kebanyakan ownernya yg sangat cinta sama si Miata menyebabkan pencarian unit yang tepat luar biasa susah. Berbagai lapak, account jual beli mobil, kenalan, dan forum ane hubungi. Bahkan, ane sempat menjadi detektif, tracking, dan mencoba merayu pemilik Miata yg membuat ane fall in love for the first place untuk melepas mobilnya. Oh, the things a man does when he falls in love .
Fast forward to October 2019, ane yg lagi ga bisa tidur mikirin Miata memutuskan untuk browsing lagi di o*x, and guess what? There’s one for sale, tapi lokasinya di Bali. FYI, sebelumnya saya ga ada pengalaman beli mobil dari luar kota apalagi luar pulau. Some water won’t keep me away from my love though.
Ane kemudian berpikir gimana caranya bisa meminang si Mia tanpa perlu repot ke pulau dewata, hingga akhirnya saya teringat ada kerabat saya di Bali. Besok paginya, ane lgsg telpon kerabat ane untuk minta tolong cek kondisi si Mia di Mazda Bali, and hasilnya... perfect. Setelah negosiasi via telpon, akhirnya a deal was made. Finally, she’s mine.
III. First Encounter with Mia
Setelah deal and making her officially mine, Mia diantar dengan jasa towing ke rumah ane di Surabaya. And when she arrived, I was so happy like a child. She’s finally here. First impression: That smile, that damned smile. Senyumannya yang innocent namun menggoda itu sukses mengalihkan dunia ane. Senyum yang seakan mengatakan “Let me show you what driving is all about.”
For the record, Mia memiliki kode bodi NC3 yang berarti versi ketiga dari generasi MX5 NC. Sebagai pembeda dari NC2 (seperti milik reviewer terkenal FE), NC3 memiliki front fascia yang lebih “Kodo” dari NC2 yang “Nagare”. Selain itu, housing headlamp dan velg NC3 dilabur warna hitam.
Mia’s happy face
Odo reading when she first arrived
Overall, perubahan-perubahan kecil tersebut cukup sukses bikin NC3 menjadi terlihat much more modern than the NC2, walau menurut saya “smiling face” dari NC2 lebih tulus dan tidak berdosa
IV. Initial Driving Impression
After not having a car that I am passionate about for a while, ane langsung mengajak Mia jalan jalan dikit. Selain pingin membuktikan claim reviewer” yg mengagung-agungkan MX5, I also wanted to know her character more. As a rule di semua mobil ane, selama 5km pertama, ane ga pernah memberi engine heavy loads dan sudden accelerations karena temperatur oli pasti beluk berada di optimum operating range.
At last, that long and agonising 5km had been done. Ane langsung bejek pedal gas si Mia and, surprisingly slushbox at 6 speednya cukup responsif, walau not as good as the DSG yg dulu saya bawa tentu saja. Diiringi deruman knalpot, Mia berakselerasi. Well, it’s not exactly fast, bahkan sama Civic Turbo aja kalah kalo menurut b*ttdyno ane. But, MX5 has never been about straight line speed, sehingga si Mia langsung ane bawa ke jalan yg a bit twisty. Oh my, setelah mencoba Mia di jalan tersebut, dapat saya katakan the stories are true. Mia gave me a driving experience yg belum pernah ane rasakan. Not even my friend’s German sportscar was this fun. Lebih kenceng nikungnya? Pasti, tapi smile di muka ane lebih lebar di Mia daripada di the German.
V. Owning Experience
Belum banyak yang nubie bisa ceritain tentang owning experience si Mia secara mobil juga baru di garasi selama ga nyampe 3 bulan waktu review ini ditulis (29 Desember 2019), but selama waktu itu, ane baru pake Mia 1700km. Konsumsi bbm dengan rute kombinasi 8,3km/l (Pertamax Turbo) dan sejauh ini blom ada maintanance yg dilakukan.
VI. Summary
Dapat memiliki si Mia adalah a dream come true buat ane. Mobil ini menjadi the best and most fun car yang pernah saya coba sampai sejauh ini. If you’re looking for a fun weekend car, don’t bother looking for anything else. As they say, Miata Is Always The Answer (MIATA)
Likes:
- FUN
- Chassis balance
- Rare (blm pernah dikembari di jalan)
- FUN
- Feel setir
- Amazing driving position + RECARO seats
- Head turner
- Looks (subjective, ane merasa NC lebih “Miata” daripada ND)
- FUN
- Surprisingly nyaman
- BOSE Sound System
Dislikes:
- That 6AT Gearbox (Seriously, Mazda. Miata ini diciptakan for fun, kenapa ga dimasukin 6M/T even as special order)
- Interior lumayan dated
- Rattle random dari hardtop
- Road and wind noise
- Miskin features
Thanks for reading
I. Prologue
Sebelum meminang si “Mia”, ane pake VW Scirocco 1.4TSI taun 2014 yg menjadi “semi-daily car” ane (dipakai seminggu ~150km an). Mobil itu merupakan my first love yg ane dambakan sejak jaman pertama masuk SMA. Si “Roko” sukses memperkenalkan ane ke car scene Surabaya dan membuai saya dengan powernya yang enak, handling yang mantap, dan tampangnya yg eksotis (b*k*ngnya itu lo ga nahan ).
Foto si Roko
Pada suatu malam di taun 2018, saat ane “ngedate” dengan Si Roko di cafe yg berlokasi di Surabaya Barat, kebetulan sedang ada kopdar komunitas mobil JDM yg cukup terkenal di Surabaya, and.... OH MY GOD, banyak sekali mobil JDM yg biasanya cuma ane liat di film Fast and Furious dan game. Ane waktu itu berpikir, “Keren sih, punya mobil JDM,” but still, I love Si Roko dan mikir sayang banget dijual (and ane belum mampu kantongnya untuk beli JDM legends ). Namun, kemudian sesosok mobil roadster berwarna putih muncul dengan stancenya yg sangat ceper, senyumnya yang innocent dan tulus, serta lekukan fendernya yg menggoda. She was a lowered NC Miata with RPF1s. It was love at first sight...
Malam itu, di pikiran ane mulai terlintas pikiran liar dan ngawur: “Should I replace Roko and menggantinya dgn nonik jepang yang walau tidak se-[cencored] ataupun seganas Roko tapi bisa memberikan fun yang lebih.” For a long time, si Miata ga bisa hilang dari pikiran ane. Apalagi ane sering research di SM dan forum luar tentang Miata. Review yg positif dari almost every journalist tambah menggoyahkan hati ane. Akhirnya, pada awal taun 2019 ane memantapkan hati ane dan memasang iklan Roko untuk dijual. It definitely was not an easy decision, but as someone once said “To love someone, you have to let them go .”
Akhirnya, pada pertengahan 2019, Roko resmi dipinang oleh seorang pemuda dari Bandung. Sedih rasanya, melihat my first love being driven for the last time . But, the show must go on.
II. The Hunt
Now, without Roko, my life feels empty. I must find the replacement. Terus terang saja, mencari MX5 bukan hal mudah. Populasi yang minim ditambah oleh kebanyakan ownernya yg sangat cinta sama si Miata menyebabkan pencarian unit yang tepat luar biasa susah. Berbagai lapak, account jual beli mobil, kenalan, dan forum ane hubungi. Bahkan, ane sempat menjadi detektif, tracking, dan mencoba merayu pemilik Miata yg membuat ane fall in love for the first place untuk melepas mobilnya. Oh, the things a man does when he falls in love .
Fast forward to October 2019, ane yg lagi ga bisa tidur mikirin Miata memutuskan untuk browsing lagi di o*x, and guess what? There’s one for sale, tapi lokasinya di Bali. FYI, sebelumnya saya ga ada pengalaman beli mobil dari luar kota apalagi luar pulau. Some water won’t keep me away from my love though.
Ane kemudian berpikir gimana caranya bisa meminang si Mia tanpa perlu repot ke pulau dewata, hingga akhirnya saya teringat ada kerabat saya di Bali. Besok paginya, ane lgsg telpon kerabat ane untuk minta tolong cek kondisi si Mia di Mazda Bali, and hasilnya... perfect. Setelah negosiasi via telpon, akhirnya a deal was made. Finally, she’s mine.
III. First Encounter with Mia
Setelah deal and making her officially mine, Mia diantar dengan jasa towing ke rumah ane di Surabaya. And when she arrived, I was so happy like a child. She’s finally here. First impression: That smile, that damned smile. Senyumannya yang innocent namun menggoda itu sukses mengalihkan dunia ane. Senyum yang seakan mengatakan “Let me show you what driving is all about.”
For the record, Mia memiliki kode bodi NC3 yang berarti versi ketiga dari generasi MX5 NC. Sebagai pembeda dari NC2 (seperti milik reviewer terkenal FE), NC3 memiliki front fascia yang lebih “Kodo” dari NC2 yang “Nagare”. Selain itu, housing headlamp dan velg NC3 dilabur warna hitam.
Mia’s happy face
Odo reading when she first arrived
Overall, perubahan-perubahan kecil tersebut cukup sukses bikin NC3 menjadi terlihat much more modern than the NC2, walau menurut saya “smiling face” dari NC2 lebih tulus dan tidak berdosa
IV. Initial Driving Impression
After not having a car that I am passionate about for a while, ane langsung mengajak Mia jalan jalan dikit. Selain pingin membuktikan claim reviewer” yg mengagung-agungkan MX5, I also wanted to know her character more. As a rule di semua mobil ane, selama 5km pertama, ane ga pernah memberi engine heavy loads dan sudden accelerations karena temperatur oli pasti beluk berada di optimum operating range.
At last, that long and agonising 5km had been done. Ane langsung bejek pedal gas si Mia and, surprisingly slushbox at 6 speednya cukup responsif, walau not as good as the DSG yg dulu saya bawa tentu saja. Diiringi deruman knalpot, Mia berakselerasi. Well, it’s not exactly fast, bahkan sama Civic Turbo aja kalah kalo menurut b*ttdyno ane. But, MX5 has never been about straight line speed, sehingga si Mia langsung ane bawa ke jalan yg a bit twisty. Oh my, setelah mencoba Mia di jalan tersebut, dapat saya katakan the stories are true. Mia gave me a driving experience yg belum pernah ane rasakan. Not even my friend’s German sportscar was this fun. Lebih kenceng nikungnya? Pasti, tapi smile di muka ane lebih lebar di Mia daripada di the German.
V. Owning Experience
Belum banyak yang nubie bisa ceritain tentang owning experience si Mia secara mobil juga baru di garasi selama ga nyampe 3 bulan waktu review ini ditulis (29 Desember 2019), but selama waktu itu, ane baru pake Mia 1700km. Konsumsi bbm dengan rute kombinasi 8,3km/l (Pertamax Turbo) dan sejauh ini blom ada maintanance yg dilakukan.
VI. Summary
Dapat memiliki si Mia adalah a dream come true buat ane. Mobil ini menjadi the best and most fun car yang pernah saya coba sampai sejauh ini. If you’re looking for a fun weekend car, don’t bother looking for anything else. As they say, Miata Is Always The Answer (MIATA)
Likes:
- FUN
- Chassis balance
- Rare (blm pernah dikembari di jalan)
- FUN
- Feel setir
- Amazing driving position + RECARO seats
- Head turner
- Looks (subjective, ane merasa NC lebih “Miata” daripada ND)
- FUN
- Surprisingly nyaman
- BOSE Sound System
Dislikes:
- That 6AT Gearbox (Seriously, Mazda. Miata ini diciptakan for fun, kenapa ga dimasukin 6M/T even as special order)
- Interior lumayan dated
- Rattle random dari hardtop
- Road and wind noise
- Miskin features
Thanks for reading
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2863
- Joined: 03 Jul 2013, 13:23
- Location: Indonesia
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Congrats dulu buat Mazda Miatanya om. Wise choice
Buat urusan fun to drive, eye catching dan segala macemnya enggak diragukan lagi lah yah.
It's a roadster gituloh. Harga bekas jg bertahan. Enggak salah minang si Miata ini, mau simpen lama jg hayu aja. Valuenya tinggi.
Paling om update aja gimana nanti kedepannya. Maentenancenya susah nggak, unitnya awet nggak.
Biaya maentenance seekor MX-5 mahal apa wajar. Itu aja sihh.
----
Tapi ane lebih tertarik sama si cerita Roko.
Unit tahun 2014. jual tahun 2019. Brarti 5 tahun yah umurnya....
Nah gimana tuh selama ini ngerawat si Roko 1.4 TSI
5 tahun itu waktu yg lama buat ngerawat mobil eropa loh... trakhir dijual sdh brapa puluh ribu kilo odonya om?
Trus si penyakit terkenal mechatronic DSG nya rusak di itu unit kejadian nggak di unit yg om pelihara ?
Ada issue laen nggak? di seputar mesin, kaki-kaki. Steering rack, dan kawan-kawan ?
Kalo boleh di share om... Siapa tau ada calon2 pembaca forum yg mau minang scirocco 1.4 bekas.
Jadi bisa siapin duit dan mental buat pelihara xD
Buat urusan fun to drive, eye catching dan segala macemnya enggak diragukan lagi lah yah.
It's a roadster gituloh. Harga bekas jg bertahan. Enggak salah minang si Miata ini, mau simpen lama jg hayu aja. Valuenya tinggi.
Paling om update aja gimana nanti kedepannya. Maentenancenya susah nggak, unitnya awet nggak.
Biaya maentenance seekor MX-5 mahal apa wajar. Itu aja sihh.
----
Tapi ane lebih tertarik sama si cerita Roko.
Unit tahun 2014. jual tahun 2019. Brarti 5 tahun yah umurnya....
Nah gimana tuh selama ini ngerawat si Roko 1.4 TSI
5 tahun itu waktu yg lama buat ngerawat mobil eropa loh... trakhir dijual sdh brapa puluh ribu kilo odonya om?
Trus si penyakit terkenal mechatronic DSG nya rusak di itu unit kejadian nggak di unit yg om pelihara ?
Ada issue laen nggak? di seputar mesin, kaki-kaki. Steering rack, dan kawan-kawan ?
Kalo boleh di share om... Siapa tau ada calon2 pembaca forum yg mau minang scirocco 1.4 bekas.
Jadi bisa siapin duit dan mental buat pelihara xD
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: 06 Dec 2016, 03:50
- Location: Makassar
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Wow, congrats om TS atas dream car nya. Ane sepakat kalo inilah model Miata terakhir yg masih “mirip” sama NA & NB.
Yg ND kuranf konsisten di mata ane: emang agresif banget dari depan, tapi dari blakang macem sad clown gitu. So yes, NC is the last gen that still reflects initial Miata design
Yg ND kuranf konsisten di mata ane: emang agresif banget dari depan, tapi dari blakang macem sad clown gitu. So yes, NC is the last gen that still reflects initial Miata design
- jar-jit-no
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: 29 Nov 2012, 12:58
- Location: Malang city
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
selamat mobil barunya om..
domisili di surabaya om? member SM yg domisili surabaya ada yg punya miata NC juga tuh
domisili di surabaya om? member SM yg domisili surabaya ada yg punya miata NC juga tuh
4A91 4at - Slow Driver
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: 17 Aug 2015, 13:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
mantap mobilnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Thanks om. Soal update, siap 86 . Ke depannya pasti ane update terus. Ane sendiri juga sedikit kepo mengenai running cost mobil ini secara long term mengingat previous owner yg baru pake si Mia cuman ga sampe 20 ribu km.KielConstantine wrote: ↑30 Dec 2019, 01:42 Congrats dulu buat Mazda Miatanya om. Wise choice
Buat urusan fun to drive, eye catching dan segala macemnya enggak diragukan lagi lah yah.
It's a roadster gituloh. Harga bekas jg bertahan. Enggak salah minang si Miata ini, mau simpen lama jg hayu aja. Valuenya tinggi.
Paling om update aja gimana nanti kedepannya. Maentenancenya susah nggak, unitnya awet nggak.
Biaya maentenance seekor MX-5 mahal apa wajar. Itu aja sihh.
----
Tapi ane lebih tertarik sama si cerita Roko.
Unit tahun 2014. jual tahun 2019. Brarti 5 tahun yah umurnya....
Nah gimana tuh selama ini ngerawat si Roko 1.4 TSI
5 tahun itu waktu yg lama buat ngerawat mobil eropa loh... trakhir dijual sdh brapa puluh ribu kilo odonya om?
Trus si penyakit terkenal mechatronic DSG nya rusak di itu unit kejadian nggak di unit yg om pelihara ?
Ada issue laen nggak? di seputar mesin, kaki-kaki. Steering rack, dan kawan-kawan ?
Kalo boleh di share om... Siapa tau ada calon2 pembaca forum yg mau minang scirocco 1.4 bekas.
Jadi bisa siapin duit dan mental buat pelihara xD
Kalo soal Si Roko mungkin ntar ane buatin threadnya sendiri hehehe. Tapi share dikit aja , odo reading terakhir sebelum dilepas 55.[cencored] km om, and in that time, bisa dibilang si Roko adalah mobil paling tidak reliable di garasi rumah .
Saat 20k km, the infamous DSG mechatronic koid minta diganti 1 set yg habisnya 50an juta (ga dapet Goodwill VW karena mobil kondisi direflash APR Stage 1. Sejak saat itu, dibilangin sama SA VW kalau macet”an ditahan di gigi 1 pake Tiptronic mode agar mecha tidak panas), lalu di odo 35k flywheel kena (20jt), kemudian saat odo 50k, minta jajan lagi dia, waterpump yg jadi satu sama supercharger pulley jebol (7jt), terus the last part yg ane ganti sebelum si Roko dipinang orang adalah ABS sensor (2jt). But, walau gitu mobil ini tetep ane bilang the ultimate daily kalau ada yg mau ambil jandanya , and I admit, I still miss that thing a lot dan kalo punya rejeki pingin ambil Scirocco 2.0 atau R.
Iya om, kalo opini ane pribadi juga modelnya NC ini lebih timeless dan longlasting dari ND yg lebih modern dan agressive. Walau gitu, kalau secara interior harus diakui, ND is at least 2 classes di atas NC yg spartan . Selain itu, ane juga pengen nyobain ND yang (based on reviews) katanya lebih fun dari NC.qushay20019 wrote: ↑30 Dec 2019, 03:50 Wow, congrats om TS atas dream car nya. Ane sepakat kalo inilah model Miata terakhir yg masih “mirip” sama NA & NB.
Yg ND kuranf konsisten di mata ane: emang agresif banget dari depan, tapi dari blakang macem sad clown gitu. So yes, NC is the last gen that still reflects initial Miata design
Makasih om jar-jit... iya benar, saya di Surabaya om.jar-jit-no wrote: ↑30 Dec 2019, 08:47 selamat mobil barunya om..
domisili di surabaya om? member SM yg domisili surabaya ada yg punya miata NC juga tuh
Kalo ga salah Miatanya punya om sukribo yg pernah direview juga sama suhu” SM ya?
Makasih banyak om martinnn
- sukribo
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: 06 Sep 2013, 10:44
- Location: Surabaya
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Hi om, salam kenal... kalo ketemu di jalan tetot yah [emoji16][emoji16][emoji16]turbine888 wrote:Hi om-om dan momod SM, thread ini adalah thread review pertama nubie yg menceritakan tentang kisah bagaimana ane bisa jatuh cinta dengan “Mia”, sebuah Mazda MX5 NC3
I. Prologue
Sebelum meminang si “Mia”, ane pake VW Scirocco 1.4TSI taun 2014 yg menjadi “semi-daily car” ane (dipakai seminggu ~150km an). Mobil itu merupakan my first love yg ane dambakan sejak jaman pertama masuk SMA. Si “Roko” sukses memperkenalkan ane ke car scene Surabaya dan membuai saya dengan powernya yang enak, handling yang mantap, dan tampangnya yg eksotis (b*k*ngnya itu lo ga nahan ).
Foto si Roko
Pada suatu malam di taun 2018, saat ane “ngedate” dengan Si Roko di cafe yg berlokasi di Surabaya Barat, kebetulan sedang ada kopdar komunitas mobil JDM yg cukup terkenal di Surabaya, and.... OH MY GOD, banyak sekali mobil JDM yg biasanya cuma ane liat di film Fast and Furious dan game. Ane waktu itu berpikir, “Keren sih, punya mobil JDM,” but still, I love Si Roko dan mikir sayang banget dijual (and ane belum mampu kantongnya untuk beli JDM legends ). Namun, kemudian sesosok mobil roadster berwarna putih muncul dengan stancenya yg sangat ceper, senyumnya yang innocent dan tulus, serta lekukan fendernya yg menggoda. She was a lowered NC Miata with RPF1s. It was love at first sight...
Malam itu, di pikiran ane mulai terlintas pikiran liar dan ngawur: “Should I replace Roko and menggantinya dgn nonik jepang yang walau tidak se-[cencored] ataupun seganas Roko tapi bisa memberikan fun yang lebih.” For a long time, si Miata ga bisa hilang dari pikiran ane. Apalagi ane sering research di SM dan forum luar tentang Miata. Review yg positif dari almost every journalist tambah menggoyahkan hati ane. Akhirnya, pada awal taun 2019 ane memantapkan hati ane dan memasang iklan Roko untuk dijual. It definitely was not an easy decision, but as someone once said “To love someone, you have to let them go .”
Akhirnya, pada pertengahan 2019, Roko resmi dipinang oleh seorang pemuda dari Bandung. Sedih rasanya, melihat my first love being driven for the last time . But, the show must go on.
II. The Hunt
Now, without Roko, my life feels empty. I must find the replacement. Terus terang saja, mencari MX5 bukan hal mudah. Populasi yang minim ditambah oleh kebanyakan ownernya yg sangat cinta sama si Miata menyebabkan pencarian unit yang tepat luar biasa susah. Berbagai lapak, account jual beli mobil, kenalan, dan forum ane hubungi. Bahkan, ane sempat menjadi detektif, tracking, dan mencoba merayu pemilik Miata yg membuat ane fall in love for the first place untuk melepas mobilnya. Oh, the things a man does when he falls in love .
Fast forward to October 2019, ane yg lagi ga bisa tidur mikirin Miata memutuskan untuk browsing lagi di o*x, and guess what? There’s one for sale, tapi lokasinya di Bali. FYI, sebelumnya saya ga ada pengalaman beli mobil dari luar kota apalagi luar pulau. Some water won’t keep me away from my love though.
Ane kemudian berpikir gimana caranya bisa meminang si Mia tanpa perlu repot ke pulau dewata, hingga akhirnya saya teringat ada kerabat saya di Bali. Besok paginya, ane lgsg telpon kerabat ane untuk minta tolong cek kondisi si Mia di Mazda Bali, and hasilnya... perfect. Setelah negosiasi via telpon, akhirnya a deal was made. Finally, she’s mine.
III. First Encounter with Mia
Setelah deal and making her officially mine, Mia diantar dengan jasa towing ke rumah ane di Surabaya. And when she arrived, I was so happy like a child. She’s finally here. First impression: That smile, that damned smile. Senyumannya yang innocent namun menggoda itu sukses mengalihkan dunia ane. Senyum yang seakan mengatakan “Let me show you what driving is all about.”
For the record, Mia memiliki kode bodi NC3 yang berarti versi ketiga dari generasi MX5 NC. Sebagai pembeda dari NC2 (seperti milik reviewer terkenal FE), NC3 memiliki front fascia yang lebih “Kodo” dari NC2 yang “Nagare”. Selain itu, housing headlamp dan velg NC3 dilabur warna hitam.
Mia’s happy face
Odo reading when she first arrived
Overall, perubahan-perubahan kecil tersebut cukup sukses bikin NC3 menjadi terlihat much more modern than the NC2, walau menurut saya “smiling face” dari NC2 lebih tulus dan tidak berdosa
IV. Initial Driving Impression
After not having a car that I am passionate about for a while, ane langsung mengajak Mia jalan jalan dikit. Selain pingin membuktikan claim reviewer” yg mengagung-agungkan MX5, I also wanted to know her character more. As a rule di semua mobil ane, selama 5km pertama, ane ga pernah memberi engine heavy loads dan sudden accelerations karena temperatur oli pasti beluk berada di optimum operating range.
At last, that long and agonising 5km had been done. Ane langsung bejek pedal gas si Mia and, surprisingly slushbox at 6 speednya cukup responsif, walau not as good as the DSG yg dulu saya bawa tentu saja. Diiringi deruman knalpot, Mia berakselerasi. Well, it’s not exactly fast, bahkan sama Civic Turbo aja kalah kalo menurut b*ttdyno ane. But, MX5 has never been about straight line speed, sehingga si Mia langsung ane bawa ke jalan yg a bit twisty. Oh my, setelah mencoba Mia di jalan tersebut, dapat saya katakan the stories are true. Mia gave me a driving experience yg belum pernah ane rasakan. Not even my friend’s German sportscar was this fun. Lebih kenceng nikungnya? Pasti, tapi smile di muka ane lebih lebar di Mia daripada di the German.
V. Owning Experience
Belum banyak yang nubie bisa ceritain tentang owning experience si Mia secara mobil juga baru di garasi selama ga nyampe 3 bulan waktu review ini ditulis (29 Desember 2019), but selama waktu itu, ane baru pake Mia 1700km. Konsumsi bbm dengan rute kombinasi 8,3km/l (Pertamax Turbo) dan sejauh ini blom ada maintanance yg dilakukan.
VI. Summary
Dapat memiliki si Mia adalah a dream come true buat ane. Mobil ini menjadi the best and most fun car yang pernah saya coba sampai sejauh ini. If you’re looking for a fun weekend car, don’t bother looking for anything else. As they say, Miata Is Always The Answer (MIATA)
Likes:
- FUN
- Chassis balance
- Rare (blm pernah dikembari di jalan)
- FUN
- Feel setir
- Amazing driving position + RECARO seats
- Head turner
- Looks (subjective, ane merasa NC lebih “Miata” daripada ND)
- FUN
- Surprisingly nyaman
- BOSE Sound System
Dislikes:
- That 6AT Gearbox (Seriously, Mazda. Miata ini diciptakan for fun, kenapa ga dimasukin 6M/T even as special order)
- Interior lumayan dated
- Rattle random dari hardtop
- Road and wind noise
- Miskin features
Thanks for reading
Untuk repiunya.... Pokoke setujuh kabeh wes [emoji28][emoji28][emoji28]
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
- jar-jit-no
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: 29 Nov 2012, 12:58
- Location: Malang city
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
turbine888 wrote: ↑30 Dec 2019, 12:13
Makasih om jar-jit... iya benar, saya di Surabaya om.
Kalo ga salah Miatanya punya om sukribo yg pernah direview juga sama suhu” SM ya?
nah ini langsung muncul om sukribo
4A91 4at - Slow Driver
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Waduh lgsg didatengin sama suhunya . Siap om, kalo ketemu ntar ane tetot deh hehehe. Ngomong2, populasi Miata di Surabaya ada brapa ya om?
- sukribo
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: 06 Sep 2013, 10:44
- Location: Surabaya
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Kalo setahu ane (6 tahun terakhir ini) 3 ekor termasuk punya om [emoji28]turbine888 wrote:Waduh lgsg didatengin sama suhunya . Siap om, kalo ketemu ntar ane tetot deh hehehe. Ngomong2, populasi Miata di Surabaya ada brapa ya om?
Welcome to Miata Owner Lonely Club om [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: 30 Sep 2015, 16:29
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
selamat om atas mobil barunya..
berat juga euy ngelepas roko demi miata.. bener ibarat gebetan harus dilepas satu agar bisa diajak jalan kemanapun tanpa khawatir ketahuan yang satunya #ups hehehe
berat juga euy ngelepas roko demi miata.. bener ibarat gebetan harus dilepas satu agar bisa diajak jalan kemanapun tanpa khawatir ketahuan yang satunya #ups hehehe
- POS VETT
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: 25 Aug 2006, 20:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Sip Miatanya, selamat ya
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Hmm kayaknya di Sby lebih sering keliatan mobil eksotis macam Porsche, Ferrari dkk drpd Miata ya om gapapa deh biar tambah merasa spesialsukribo wrote: ↑30 Dec 2019, 14:44Kalo setahu ane (6 tahun terakhir ini) 3 ekor termasuk punya om [emoji28]turbine888 wrote:Waduh lgsg didatengin sama suhunya . Siap om, kalo ketemu ntar ane tetot deh hehehe. Ngomong2, populasi Miata di Surabaya ada brapa ya om?
Welcome to Miata Owner Lonely Club om [emoji1787][emoji1787][emoji1787]
Hehehe iya om ibarat kata yang lama sakit”an jadi selingkuh ke lain hati terus ditinggalin
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
- michaelgiri93
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: 03 Sep 2016, 20:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Congrats om untuk mobil impiannya,
Mukanya itu lhoo gak nahan manisnya.
Like a little cute innocent girl, tapi begitu mengkol kelihatan sangarnya.
Nice initial review juga, yg paling saya setuju knp yg m/t gak dimasukin sini wkwkwk
Mukanya itu lhoo gak nahan manisnya.
Like a little cute innocent girl, tapi begitu mengkol kelihatan sangarnya.
Nice initial review juga, yg paling saya setuju knp yg m/t gak dimasukin sini wkwkwk
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4795
- Joined: 09 Oct 2016, 22:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Congrats om atas mobil barunya, dan semoga keinginannya buat beli rocco lagi tercapai ya hehehe. Buat saya miata merupakan mobil yg iconic sekaligus timeless, sekaligus merupakan salah satu japanese roadster terkeren menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: 16 Jun 2014, 23:13
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
om angkat mx5 di hrg brp?
saya lg cari tp warna merah.. susah bgt brgnya ya
sekalinya ada di luar pulau yg jauh2 bgt
saya lg cari tp warna merah.. susah bgt brgnya ya
sekalinya ada di luar pulau yg jauh2 bgt
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Thanks om , iya emang senyumannya itu yg membuat ane fall in love dan selingkuh hehehe. Macam senyum seorang nonik manis hehehe.michaelgiri93 wrote: ↑30 Dec 2019, 21:55 Congrats om untuk mobil impiannya,
Mukanya itu lhoo gak nahan manisnya.
Like a little cute innocent girl, tapi begitu mengkol kelihatan sangarnya.
Nice initial review juga, yg paling saya setuju knp yg m/t gak dimasukin sini wkwkwk
Soal manual emang tapi ga bisa full nyalahin mazda sih, soalnya di indo kebanyakan orang beli mobil gininan cuman cari gengsi dan jarang yg meng-appreciate fun to drive dan driving feelnya . Buktinya toyota 86 manual aja ga laku di mari. Well, meski begitu tetep harus grateful Mazda masih mau bawa Miata ke Indo.
Thanks om , emang modelnya Mia yg simpel dan minim lekukan extreme berhasil menyembunyikan fakta bahwa desain bodi ini sudah ada sejak 2005 dan bikin menjadi timeless , apalagi populasinya yg relatif minim membantu juga hehehe. Soal rocco ane aminin aja deh, soalnya sampe sekarang emang ngangenin banget itu mobil
Bener om, emang populasinya dikit banget, bahkan itu tadi kata om Sukribo di Surabaya cuman ada 3 , mungkin kalo seluruh Indonesia ga sampe 500 unit . Sabar aja, ntar kalo emang jodoh pasti nemu kok om.adrianwill wrote: ↑30 Dec 2019, 23:43 om angkat mx5 di hrg brp?
saya lg cari tp warna merah.. susah bgt brgnya ya
sekalinya ada di luar pulau yg jauh2 bgt
Kalo harga ane PM ya om, ga enak ngmg di sini. Rangenya sih yang NC3 sekitar 350-400 jeti hehehe. Kapan hari ane nemu NC2 warna merah di akun jual beli mobil di ig pasang 340, mungkin masih ada .
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: 15 Nov 2018, 12:32
- Daily Vehicle: Honda
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Selamat om untuk mobil barunya, ditunggu review long term-nya.
Saya termasuk yg pingin punya selingkuhan mobil ini buat weekend atau highway car.
Kebayang serunya.
Saya termasuk yg pingin punya selingkuhan mobil ini buat weekend atau highway car.
Kebayang serunya.
- POS VETT
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: 25 Aug 2006, 20:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Betul, salah satu sports car murah. Yang generasi ini gak selaku waktu keluar pertama kali sekitar tahun 1989, tapi masih lumayan. Generasi ini ada saudara sepupunya, Fiat 124 Spyder, yang pakai mesin 1.4l turbo.turbine888 wrote: ↑30 Dec 2019, 20:19Thanks omm . Btw, kyknya di tempat om miata ini termasuk mobil weekend yg affordable dan cukup laku ya hehehe
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Nais ripiu om.
Coba keluar yang manual sih mantep bener dah. Hahaha.
Coba keluar yang manual sih mantep bener dah. Hahaha.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: 16 Jun 2014, 23:13
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
thxx om pmnya uda aku terima.....turbine888 wrote: ↑31 Dec 2019, 00:49Thanks om , iya emang senyumannya itu yg membuat ane fall in love dan selingkuh hehehe. Macam senyum seorang nonik manis hehehe.michaelgiri93 wrote: ↑30 Dec 2019, 21:55 Congrats om untuk mobil impiannya,
Mukanya itu lhoo gak nahan manisnya.
Like a little cute innocent girl, tapi begitu mengkol kelihatan sangarnya.
Nice initial review juga, yg paling saya setuju knp yg m/t gak dimasukin sini wkwkwk
Soal manual emang tapi ga bisa full nyalahin mazda sih, soalnya di indo kebanyakan orang beli mobil gininan cuman cari gengsi dan jarang yg meng-appreciate fun to drive dan driving feelnya . Buktinya toyota 86 manual aja ga laku di mari. Well, meski begitu tetep harus grateful Mazda masih mau bawa Miata ke Indo.
Thanks om , emang modelnya Mia yg simpel dan minim lekukan extreme berhasil menyembunyikan fakta bahwa desain bodi ini sudah ada sejak 2005 dan bikin menjadi timeless , apalagi populasinya yg relatif minim membantu juga hehehe. Soal rocco ane aminin aja deh, soalnya sampe sekarang emang ngangenin banget itu mobil
Bener om, emang populasinya dikit banget, bahkan itu tadi kata om Sukribo di Surabaya cuman ada 3 , mungkin kalo seluruh Indonesia ga sampe 500 unit . Sabar aja, ntar kalo emang jodoh pasti nemu kok om.adrianwill wrote: ↑30 Dec 2019, 23:43 om angkat mx5 di hrg brp?
saya lg cari tp warna merah.. susah bgt brgnya ya
sekalinya ada di luar pulau yg jauh2 bgt
Kalo harga ane PM ya om, ga enak ngmg di sini. Rangenya sih yang NC3 sekitar 350-400 jeti hehehe. Kapan hari ane nemu NC2 warna merah di akun jual beli mobil di ig pasang 340, mungkin masih ada .
saya trakhir liat di akun ig eurohauz warna merah tp udah laku om..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: 19 Jul 2016, 22:22
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5901
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Sudah lama om dilepas, pas mau merit akhirnya dijual buat tambah2.turbine888 wrote: ↑04 Jan 2020, 01:00Makasi om . Btw, rx8 nya masih dipiara om? Selama punya apa reliability separah yg orang” bilang?
Ga rewel jg om, tapi emang ada beberapa cara ngerawat yang kalau kita lakukan di mobil piston boleh tapi ga boleh di mobil ini.
Tapi overall santai2 aja om, ga pernya nyusahin kecuali cuma pernah ganti pompa bensin aja sih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: 14 Jun 2012, 10:39
- Location: jakarta
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Nice one. Emang kayanya utk weekend car miata enak banget ya. Japs, roadster, good product, heritage yang kuat pula. Minimal buat little sweet escape sama bini dari kepenatan harian.
Tapi om, saya penasaran apa sih pertimbangan angkat miata, bukan 86?
Tapi om, saya penasaran apa sih pertimbangan angkat miata, bukan 86?
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 107 Replies
- 17146 Views
-
Last post by Aiwstar
-
- 42 Replies
- 12412 Views
-
Last post by EdgarDrake
-
- 26 Replies
- 12312 Views
-
Last post by ChZ
-
- 12 Replies
- 4986 Views
-
Last post by sherryandkez
-
- 7 Replies
- 4406 Views
-
Last post by farizfsa
-
- 0 Replies
- 922 Views
-
Last post by BronanTheBrobarian
-
- 1 Replies
- 584 Views
-
Last post by coipan
-
- 0 Replies
- 209 Views
-
Last post by chevyku
-
- 54 Replies
- 12188 Views
-
Last post by vinves
-
- 70 Replies
- 14188 Views
-
Last post by 12punch