KielConstantine wrote: Fri Dec 27, 2019 22:04
thoger wrote: Fri Dec 27, 2019 3:33
Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah

kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya

sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk
Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.
Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.
Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.
Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.
Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.
Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.
Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.
Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk

, kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.
Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh
Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.
Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.
Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha
Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.
Nuhun om
ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kuping
ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.
1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...
Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.
Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.
2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.
Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).
penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.
Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin

toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.
sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.
Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...