Hatchback VW atau.....

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Hatchback VW atau.....

Post by kendibocor »

Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1471
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Hatchback VW atau.....

Post by Pugman »

kendibocor wrote: Sat Dec 21, 2019 11:06 Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Saya juga ngidam neh mobil dan menjadi pertimbangan untuk meminang bekasnya juga.
Tsi Mk7 dengar-dengar memang lebih bandel dari Mk6 untuk gearbox ya, scirocco ini mobil cantik, tapi kan 3 pintu, berarti sudah dipertimbangkan ya?
Mk6 GTI mesin 2.0 wet clutch katanya lebih minim problem dari yang 1.4.
Selamat berburu Om, nanti cerita disini ya..
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: Hatchback VW atau.....

Post by k4sus »

Ambil kalo mau 3 pintu ambil Scirocco 2.0 atau Scirocco R aja, gearbox sama dengan GTI.
Atau ambil mk7 GTI aja kalo mau yg tahun muda.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Hatchback VW atau.....

Post by kendibocor »

Pugman wrote: Sat Dec 21, 2019 12:15
kendibocor wrote: Sat Dec 21, 2019 11:06 Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Saya juga ngidam neh mobil dan menjadi pertimbangan untuk meminang bekasnya juga.
Tsi Mk7 dengar-dengar memang lebih bandel dari Mk6 untuk gearbox ya, scirocco ini mobil cantik, tapi kan 3 pintu, berarti sudah dipertimbangkan ya?
Mk6 GTI mesin 2.0 wet clutch katanya lebih minim problem dari yang 1.4.
Selamat berburu Om, nanti cerita disini ya..
3 pintunya ga masalah om karena memang pake sendiri bwat kerja, kalo sama keluarga kebetulan ada suv. scirocco paling cantik dan paling head-turning tapi internalnya kaya mk6 tsi dengan harga mk6 gti.
k4sus wrote: Sat Dec 21, 2019 12:33 Ambil kalo mau 3 pintu ambil Scirocco 2.0 atau Scirocco R aja, gearbox sama dengan GTI.
Atau ambil mk7 GTI aja kalo mau yg tahun muda.
Mk7 gti out of budget om. Sempat cari2 jg Scirocco 2.0 tapi budget segitu dapetnya tahun 2011an. Dsgnya si memang lebih robust tp komponen lainnya bagaimana ya?
k4sus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 60
Joined: Tue Sep 18, 2012 11:56

Re: Hatchback VW atau.....

Post by k4sus »

Mesin 2.0 TSI aman, asal dikasih minum minimal ron95. Power limit nya masih jauhhh. Paling waterpump atau intake runner aja, tapi jarang kena.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Hatchback VW atau.....

Post by maastricht889 »

kl scirocco yg saya tau ya paling plafon yg tau2 turun itu om
absolute
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Thu Jun 10, 2010 2:14

Re: Hatchback VW atau.....

Post by absolute »

Budget 300an paling bener ambil mk6 gti / scirocco 2.0
Mesin mantap, transmisi bandel.. atau kalau umur ga gtu masalah, bs lirik mk5 gti sisa uang nya buat modif :D
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Hatchback VW atau.....

Post by benzz89 »

Golf TSI 1.4 MK7 not bad juga depresiasinya yah. Ane beli baru 2014 des, STNK keluar 2015 Jan = 400 juta. Kalau sekarang harga misal 280 aja berarti depresiasi 30% untuk 5 taon masih oke untuk german's car.

BTT... ane pernah tawarin golf MK7 TSI ane ke om Kendi, cuman blom jodoh kali yah waktu itu [emoji4]

Kalau jarak rumah - kantor nya banyak jalan tol & sepi sih enak lah bawa VW, tapi kalau banyak macetnya & merayap kurang enak DSG nya, karakternya aneh buat stop & go, capek aja bawanya, kalah melulu di sruntul ama avanza dkk [emoji1]

DSG MK7 sih lebih refine banding MK6 tapi tetap ane notice ada gejala getar2 (halus) kalau macet2an & merayap lama. Tapi kalau di tol sih mantaplah larinya karena perpindahan gigi sangat cepat sekali.

Saran ane sih cari GTI MK7 lah om, memang over budget sih tapi bisa di akalin leasing atau nabung dulu. Cari yang standard ting2 kayanya GTI masih lebih banyak yang tidak di oprek secara tenaga sudah maksimal banding yang TSI.

Scirroco lebih cocok buat weekend car yah banding daily, ceper sekali itu mobil, bantingan juga jauh lebih keras banding golf MK7. Ane juga hampir ambil rocco waktu itu, harga selisih 70 jutaan kalau tidak salah, cuman interiornya masih mirip ama golf MK6, jauh lebih modern interior golf MK7.

Rocco gak praktikal, secara mau masuk mobil susah harus nunduk agak banyak buat postur ane tinggi 180 cm, mau keluar mobil juga susah (lagi). Pintu (coupe) lumayan panjang, sulit buka-tutup di area parkiran yang sempit. Posisi duduk sangat rendah, buat ane pribadi kurang nyaman.

Tampilan rocco sih timeless, depresiasi mungkin lebih kuat lagi banding golf, cuman less practical jauh lah banding golf, jeroan sama persis ama golf

GTI MK6 sudah ketuaan kayanya kalau dijadikan buat daily, kecuali dapat yang rare super mint tanpa modif2 sih boleh juga, cuman kalau buat daily sih paling masuk akal GTI MK7, secara umur lebih muda, DSG wet clutch, performa gak usah ditanya, depresiasi ane rasa lebih kuat banding TSI MK7 nya, rare juga di jalan, ane kalau ketemu GTI pasti nenggok & kalaupun ada kesempatan lagi pasti ane beli GTI MK7, second juga gak apa2 asal standard ting2 & service record jelas.

Coba om tanya2 ke SA VW, biasa mereka banyak dapat titipan dari owner yang service di sana, mereka kan tau record itu mobil gimana selama service di sana. Ane juga pernah di tawarin ama SA nya ada audi barang mulus simpanan, owner nya kerja di spore, mobil banyak nganggurnya jadi mau dijual (murah), velg nya aja 40-an juta, tapi ane gak berani pegang audi lah [emoji16].

Lucunya mobil ane pun lakunya ama itu SA karena ane juga tawarin ke dia seandainya ada yang minat, jual di tempat lain agak sulit lakunya. Lewat dia ketemu calon pembeli pensiunan dari perusahaan minyak, yang dulu nya fanatik audi, VW & mercy. Sekali datang, liat, langsung deal hari itu juga (gak lupa ane kasih success fee juga buat SA nya karena sudah janji juga dari awal [emoji4]). Transaksi di showroom VW, sekalian dia general check up unit ane sepuas2nya di sana. Susah2 gampang sih beli & jual VW, harus ketemu yang fanatik juga, kalau sudah ketemu mah gampang banget dealnya [emoji4]. Btw ane kasih success fee 12 juta ke SA dari awal mereka minta 15 juta, tapi mereka bisa kasih tau kita kisi2 kira2 calon pembeli bisa deal di angka berapa ke kita.

Saran ane kunjungin seluruh showroom VW, ketemu sales or SA nya, bilang ente lagi hunting unit yang masih bagus, standard ting2, kalau deal janjikan sukses fee lah biar pada semangat huntingin unit terbaik buat om. Happy hunting yah Om Kendi, semoga berjodoh ketemu yang terbaik, kalau sudah ketemu monggo di review dimari [emoji120]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Hatchback VW atau.....

Post by kendibocor »

benzz89 wrote: Sat Dec 21, 2019 16:39 Golf TSI 1.4 MK7 not bad juga depresiasinya yah. Ane beli baru 2014 des, STNK keluar 2015 Jan = 400 juta. Kalau sekarang harga misal 280 aja berarti depresiasi 30% untuk 5 taon masih oke untuk german's car.

BTT... ane pernah tawarin golf MK7 TSI ane ke om Kendi, cuman blom jodoh kali yah waktu itu [emoji4]

Kalau jarak rumah - kantor nya banyak jalan tol & sepi sih enak lah bawa VW, tapi kalau banyak macetnya & merayap kurang enak DSG nya, karakternya aneh buat stop & go, capek aja bawanya, kalah melulu di sruntul ama avanza dkk [emoji1]

DSG MK7 sih lebih refine banding MK6 tapi tetap ane notice ada gejala getar2 (halus) kalau macet2an & merayap lama. Tapi kalau di tol sih mantaplah larinya karena perpindahan gigi sangat cepat sekali.

Saran ane sih cari GTI MK7 lah om, memang over budget sih tapi bisa di akalin leasing atau nabung dulu. Cari yang standard ting2 kayanya GTI masih lebih banyak yang tidak di oprek secara tenaga sudah maksimal banding yang TSI.

Scirroco lebih cocok buat weekend car yah banding daily, ceper sekali itu mobil, bantingan juga jauh lebih keras banding golf MK7. Ane juga hampir ambil rocco waktu itu, harga selisih 70 jutaan kalau tidak salah, cuman interiornya masih mirip ama golf MK6, jauh lebih modern interior golf MK7.

Rocco gak praktikal, secara mau masuk mobil susah harus nunduk agak banyak buat postur ane tinggi 180 cm, mau keluar mobil juga susah (lagi). Pintu (coupe) lumayan panjang, sulit buka-tutup di area parkiran yang sempit. Posisi duduk sangat rendah, buat ane pribadi kurang nyaman.

Tampilan rocco sih timeless, depresiasi mungkin lebih kuat lagi banding golf, cuman less practical jauh lah banding golf, jeroan sama persis ama golf

GTI MK6 sudah ketuaan kayanya kalau dijadikan buat daily, kecuali dapat yang rare super mint tanpa modif2 sih boleh juga, cuman kalau buat daily sih paling masuk akal GTI MK7, secara umur lebih muda, DSG wet clutch, performa gak usah ditanya, depresiasi ane rasa lebih kuat banding TSI MK7 nya, rare juga di jalan, ane kalau ketemu GTI pasti nenggok & kalaupun ada kesempatan lagi pasti ane beli GTI MK7, second juga gak apa2 asal standard ting2 & service record jelas.

Coba om tanya2 ke SA VW, biasa mereka banyak dapat titipan dari owner yang service di sana, mereka kan tau record itu mobil gimana selama service di sana. Ane juga pernah di tawarin ama SA nya ada audi barang mulus simpanan, owner nya kerja di spore, mobil banyak nganggurnya jadi mau dijual (murah), velg nya aja 40-an juta, tapi ane gak berani pegang audi lah [emoji16].

Lucunya mobil ane pun lakunya ama itu SA karena ane juga tawarin ke dia seandainya ada yang minat, jual di tempat lain agak sulit lakunya. Lewat dia ketemu calon pembeli pensiunan dari perusahaan minyak, yang dulu nya fanatik audi, VW & mercy. Sekali datang, liat, langsung deal hari itu juga (gak lupa ane kasih success fee juga buat SA nya karena sudah janji juga dari awal [emoji4]). Transaksi di showroom VW, sekalian dia general check up unit ane sepuas2nya di sana. Susah2 gampang sih beli & jual VW, harus ketemu yang fanatik juga, kalau sudah ketemu mah gampang banget dealnya [emoji4]. Btw ane kasih success fee 12 juta ke SA dari awal mereka minta 15 juta, tapi mereka bisa kasih tau kita kisi2 kira2 calon pembeli bisa deal di angka berapa ke kita.

Saran ane kunjungin seluruh showroom VW, ketemu sales or SA nya, bilang ente lagi hunting unit yang masih bagus, standard ting2, kalau deal janjikan sukses fee lah biar pada semangat huntingin unit terbaik buat om. Happy hunting yah Om Kendi, semoga berjodoh ketemu yang terbaik, kalau sudah ketemu monggo di review dimari [emoji120]
Hallo om benz, iya om sebenernya uda lama pgn nyobain golf or scirocco. Tapi selain hati blm mantap, ada aja pengeluaran yg bikin batal2 terus bwat piara ni mbl :big_cry:
Kayanya harga si golf berasa depresiasi ga gtu tinggi karrna sekarang barunya uda 600an om. Dari jaman mk5 sebenernya uda bercita2 si om suatu saat harus punya golf. Tp waktu masi jamannya mk5 belom bisa cari duit, tahun 2012 hampir ambil mk6 tp batal karena ada pengeluaran lain, tahun 2014 ane malah beli SUV jepang yg pdhl harganya ga beda jauh wkt itu ma golf. Dari 2014-sekarang harga golf meroket ga kira2 yg bikin makin susah aja bwat miaranya.

GTI mk7 paling the best sih ya. Sayangnya emang kepentok di budget. Pikiran pgn nyobain tsi nya dlu sambil nabung. Kalo dapet scirocco sih ane pikir bakalan ane simpen dan mudah2an ga perlu dijual lagi. Timeless bgt modelnya dari 2008 sampai sekarang tetep cakep.

Waktu itu SA VW mana om? Apa masih ada contactnya kalo ada waktu iseng2 saya coba tanya2 siapa tau ada scirocco or golf mint condition yg standar.
k4sus wrote: Sat Dec 21, 2019 13:12 Mesin 2.0 TSI aman, asal dikasih minum minimal ron95. Power limit nya masih jauhhh. Paling waterpump atau intake runner aja, tapi jarang kena.
minum pertaplus sih wajib ya om dan siap lah bwat isi pertaplus. Paling istri marah2 saya makin males keluar ngirit bensin :big_biglaugh: makasih om infonya
erwinign wrote: Sat Dec 21, 2019 15:52 kl scirocco yg saya tau ya paling plafon yg tau2 turun itu om
oh plafonnya sering turun ya om? Tapi plafon turun gitu harusnya ga terlalu sulit la ya benerin di bengkel macem bengkel jok variasi gtu.
absolute wrote: Sat Dec 21, 2019 16:00 Budget 300an paling bener ambil mk6 gti / scirocco 2.0
Mesin mantap, transmisi bandel.. atau kalau umur ga gtu masalah, bs lirik mk5 gti sisa uang nya buat modif :D
Mk5 kayanya uda ketuaan om ga siap hati kayanya kalo terlalu tua. Scirocco 2.0 kalo sesuai budget paling dapet 2011-2012 kayanya itu pun harus pelan2 cari. Tapi 2011an gtu ketuaan ga yah :ungg:
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: Hatchback VW atau.....

Post by sugarpot »

Sebagai pengguna vw,kalo kata ane sih agan harus siap sama konsekuensinya namanya mobil second pasti ada aja yang dibenerin apalagi umurnya juga bisa dibilang gak muda.Kalo untuk harian sih nyaman gan cuman ya harus kuat ngisi pertamax turbo sama biaya servisnya aja.Tapi kalo ane disuruh milih sih ane ambil mercy/bmw aja ..selain lebih gaya secara “brand” servisnya juga mirip” harganya hahahahaha
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Hatchback VW atau.....

Post by iwansiagian »

kendibocor wrote:Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Bantu sharing pengalaman aja ya om kendi..
1. Mengenai Fragile sih gak ya secara keseluruhan. Cuma kelemahan penggerek fwd yang kalo jalan jelek aja, wong tol aja keriting:). Polo 2016 saya sudah ada bunyi di steering nya kadang kalo diputer saat tertentu. Saat ini kilometer sudah 60.[cencored], praktis tidak ada problem. Hanya rutin service 10k Aja. Service 10k gratis. 20k sd 60k total habis 20 juta :) itu rutin servis aja loh.

2. Untuk daily ok aja asal jangan rute macet bumper to bumper ya. Malah capek soalnya kalo saya selalu pake manual. Selama saya pake manual mode DSG ga pernah masalah. Pernah coba pake D biasa, habis kena macet di tol Cikampek, saya keluar Cibitung kawasan MM2100 menuju kawasan ejip Lippo Cikarang, nah disitu saya pake D dan ada kira 20 polisi tidur setiap 200 meter, habis itu muncul clanking sound setiap shift gear nya. Sejak itu saya pake manual mode kalo banyak polisi tidur jarak nya deket deket. Ga pernah muncul lagi clanking sound Itu. Musuhnya DSG panas. Karena itu kalo hari kerja, jarang banget saya pake. Dipake kalo road trip aja sama weekend.

3. Goodwill ngobrol dengan SA di Kemayoran Lima tahun om, tapi mungkin ya bisa lebih kalo kita rutin servicenya ya. Namanya Goodwill sih ya tergantung mereka mau kasih berapa. Mungkin part gratis tapi jasa bayar.

4. Pertimbangan saya dulu ambil polo, karena di range harga baru itu dulu tidak ada mobil lain pake turbo dan VSC. Kalo sekarang mungkin saya belum tentu ambil.
Kalo saran saya sihh dengan budget segitu mending ambil polo vrs baru aja om, siapa tau dapat diskon gede:), lumayan dari showroom udah 140 hp dan torsi 230NM, mirip golf TSI standard
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Hatchback VW atau.....

Post by kendibocor »

iwansiagian wrote: Sun Dec 22, 2019 0:26
kendibocor wrote:Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Bantu sharing pengalaman aja ya om kendi..
1. Mengenai Fragile sih gak ya secara keseluruhan. Cuma kelemahan penggerek fwd yang kalo jalan jelek aja, wong tol aja keriting:). Polo 2016 saya sudah ada bunyi di steering nya kadang kalo diputer saat tertentu. Saat ini kilometer sudah 60.[cencored], praktis tidak ada problem. Hanya rutin service 10k Aja. Service 10k gratis. 20k sd 60k total habis 20 juta :) itu rutin servis aja loh.

2. Untuk daily ok aja asal jangan rute macet bumper to bumper ya. Malah capek soalnya kalo saya selalu pake manual. Selama saya pake manual mode DSG ga pernah masalah. Pernah coba pake D biasa, habis kena macet di tol Cikampek, saya keluar Cibitung kawasan MM2100 menuju kawasan ejip Lippo Cikarang, nah disitu saya pake D dan ada kira 20 polisi tidur setiap 200 meter, habis itu muncul clanking sound setiap shift gear nya. Sejak itu saya pake manual mode kalo banyak polisi tidur jarak nya deket deket. Ga pernah muncul lagi clanking sound Itu. Musuhnya DSG panas. Karena itu kalo hari kerja, jarang banget saya pake. Dipake kalo road trip aja sama weekend.

3. Goodwill ngobrol dengan SA di Kemayoran Lima tahun om, tapi mungkin ya bisa lebih kalo kita rutin servicenya ya. Namanya Goodwill sih ya tergantung mereka mau kasih berapa. Mungkin part gratis tapi jasa bayar.

4. Pertimbangan saya dulu ambil polo, karena di range harga baru itu dulu tidak ada mobil lain pake turbo dan VSC. Kalo sekarang mungkin saya belum tentu ambil.
Kalo saran saya sihh dengan budget segitu mending ambil polo vrs baru aja om, siapa tau dapat diskon gede:), lumayan dari showroom udah 140 hp dan torsi 230NM, mirip golf TSI standard
Makasih om infonya. Tadinya sempet mikir mau polo, tp interiornya itu lo om. Kalo polo gen selanjutnya uda masuk sini mungkin bisa jadi ambil itu. Sayang VW indo blm jelas kapan mau masukin polo baru sama golf baru. Itu servis 20k -60k 20 jt apa ada part yg ganti pm? Atau cuma jasa dan fluida2 aja?
Jalur sehari2 sih ga gtu macet dan jalanan jg normal om, saya kerja di kelapa gading tp biasa kerja turun tol cempaka putih jd sebenernya jalanan relatif bagus dan macet jg ga terlalu parah.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Hatchback VW atau.....

Post by Pboyz97 »

Kalo harian sih saya vote MK7, fun to drive sm denger2 lumayan awet kok. Kalo scrocco keknya lebih cocok buat weekend ya, sama bisa jadi future classic jg karena desainnya jg cakep gak lekang dimakan jaman.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Hatchback VW atau.....

Post by iwansiagian »

kendibocor wrote:
iwansiagian wrote: Sun Dec 22, 2019 0:26
kendibocor wrote:Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Bantu sharing pengalaman aja ya om kendi..
1. Mengenai Fragile sih gak ya secara keseluruhan. Cuma kelemahan penggerek fwd yang kalo jalan jelek aja, wong tol aja keriting:). Polo 2016 saya sudah ada bunyi di steering nya kadang kalo diputer saat tertentu. Saat ini kilometer sudah 60.[cencored], praktis tidak ada problem. Hanya rutin service 10k Aja. Service 10k gratis. 20k sd 60k total habis 20 juta :) itu rutin servis aja loh.

2. Untuk daily ok aja asal jangan rute macet bumper to bumper ya. Malah capek soalnya kalo saya selalu pake manual. Selama saya pake manual mode DSG ga pernah masalah. Pernah coba pake D biasa, habis kena macet di tol Cikampek, saya keluar Cibitung kawasan MM2100 menuju kawasan ejip Lippo Cikarang, nah disitu saya pake D dan ada kira 20 polisi tidur setiap 200 meter, habis itu muncul clanking sound setiap shift gear nya. Sejak itu saya pake manual mode kalo banyak polisi tidur jarak nya deket deket. Ga pernah muncul lagi clanking sound Itu. Musuhnya DSG panas. Karena itu kalo hari kerja, jarang banget saya pake. Dipake kalo road trip aja sama weekend.

3. Goodwill ngobrol dengan SA di Kemayoran Lima tahun om, tapi mungkin ya bisa lebih kalo kita rutin servicenya ya. Namanya Goodwill sih ya tergantung mereka mau kasih berapa. Mungkin part gratis tapi jasa bayar.

4. Pertimbangan saya dulu ambil polo, karena di range harga baru itu dulu tidak ada mobil lain pake turbo dan VSC. Kalo sekarang mungkin saya belum tentu ambil.
Kalo saran saya sihh dengan budget segitu mending ambil polo vrs baru aja om, siapa tau dapat diskon gede:), lumayan dari showroom udah 140 hp dan torsi 230NM, mirip golf TSI standard
Makasih om infonya. Tadinya sempet mikir mau polo, tp interiornya itu lo om. Kalo polo gen selanjutnya uda masuk sini mungkin bisa jadi ambil itu. Sayang VW indo blm jelas kapan mau masukin polo baru sama golf baru. Itu servis 20k -60k 20 jt apa ada part yg ganti pm? Atau cuma jasa dan fluida2 aja?
Jalur sehari2 sih ga gtu macet dan jalanan jg normal om, saya kerja di kelapa gading tp biasa kerja turun tol cempaka putih jd sebenernya jalanan relatif bagus dan macet jg ga terlalu parah.
Part nya consumable aja kok. Seperti oli, filter udara, filter oli, filter bensin setiap 20k(harga 500 ribuan), terus kemarin 60k busi hampir 400 ribu per piece x 4. Plus jasa jasa. Kalo part diluar consumable sepanjang masa garansi di cover vw kok.

Kalo mobil Eropa mending beli baru aja sihh om daripada pusing habis waktu nanti benerin. Apalagi DSG ga kenal kilometer kapan dia mau rusak ya rusak ga bisa di prediksi pemakaian berapa kilometer.
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Hatchback VW atau.....

Post by omenRoo »

kalo udah suka scirocco mah ambil aja, kalo gak puas dijual lagi gak turun banyak sih harusnya ya. yang penting dapet mobil yang jelas historinya..
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Hatchback VW atau.....

Post by F272 »

Asal jangan warna biru...histori ex. Member SM Tulung Agung ya om.... [emoji2960][emoji2960][emoji2960]
omenRoo wrote:kalo udah suka scirocco mah ambil aja, kalo gak puas dijual lagi gak turun banyak sih harusnya ya. yang penting dapet mobil yang jelas historinya..
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Hatchback VW atau.....

Post by ginting »

F 272 wrote:Asal jangan warna biru...histori ex. Member SM Tulung Agung ya om.... [emoji2960][emoji2960][emoji2960]
omenRoo wrote:kalo udah suka scirocco mah ambil aja, kalo gak puas dijual lagi gak turun banyak sih harusnya ya. yang penting dapet mobil yang jelas historinya..
Kalau ex member SM dari Tulung Agung maka harus perhatikan kaki kakinya, pasti sudah lemah, shock bocor, per gak mau balek, swing arm sudah oblak, ball joint kendor

Dll
User avatar
r12qiSonH4ji
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 812
Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
Location: Mampang Prapatan
Daily Vehicle: Gerobak sayur

Re: Hatchback VW atau.....

Post by r12qiSonH4ji »

kendibocor wrote: Sat Dec 21, 2019 11:06 Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Ijin memberi saran ya om,
Ane pernah punya tsi mk7 3 tahun dan sampe skrg klo di jalan ada mk7 lewat, pasti nengok dan rasa kangen kembali muncul

Klo dari 3 pilihan TS sh, ane vote tsi mk7 aja, klo buat daily di Jkt / kota besar sudah cukup. Kecuali memang speed hunter, ambillah gti mk7. Dan memang gti mk7 ini bikin ane ngiler jg. Ingin kembali meminang, yg tsi aja kenceng apalagi gti.

Terakhir ane hanya bisa mengucapkan
I 🧡 Golf
---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Hatchback VW atau.....

Post by F272 »

Saya pernah lihat Golf MK7 TSi merah di Sumatera.... bukan cuma di kota tapi ke jalur antimainstream... ke Gunung..perkebunan teh Pagar Alam...sampe ke Lembah Semendo...padahal di sono ga ada lapangan Golf... gokil emang itu Golf... [emoji869][emoji16]



r12qiSonH4ji wrote:
kendibocor wrote: Sat Dec 21, 2019 11:06 Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Ijin memberi saran ya om,
Ane pernah punya tsi mk7 3 tahun dan sampe skrg klo di jalan ada mk7 lewat, pasti nengok dan rasa kangen kembali muncul

Klo dari 3 pilihan TS sh, ane vote tsi mk7 aja, klo buat daily di Jkt / kota besar sudah cukup. Kecuali memang speed hunter, ambillah gti mk7. Dan memang gti mk7 ini bikin ane ngiler jg. Ingin kembali meminang, yg tsi aja kenceng apalagi gti.

Terakhir ane hanya bisa mengucapkan
I [emoji3448] Golf
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Hatchback VW atau.....

Post by kendibocor »

Pboyz97 wrote: Sun Dec 22, 2019 8:26 Kalo harian sih saya vote MK7, fun to drive sm denger2 lumayan awet kok. Kalo scrocco keknya lebih cocok buat weekend ya, sama bisa jadi future classic jg karena desainnya jg cakep gak lekang dimakan jaman.
Iya om setelah mikir2 lumayan keras kayanya bakalan hunting mk7 aja. Kayaknya paling rasional ya :mky_01:
iwansiagian wrote: Sun Dec 22, 2019 8:55
kendibocor wrote:
iwansiagian wrote: Sun Dec 22, 2019 0:26 Bantu sharing pengalaman aja ya om kendi..
1. Mengenai Fragile sih gak ya secara keseluruhan. Cuma kelemahan penggerek fwd yang kalo jalan jelek aja, wong tol aja keriting:). Polo 2016 saya sudah ada bunyi di steering nya kadang kalo diputer saat tertentu. Saat ini kilometer sudah 60.[cencored], praktis tidak ada problem. Hanya rutin service 10k Aja. Service 10k gratis. 20k sd 60k total habis 20 juta :) itu rutin servis aja loh.

2. Untuk daily ok aja asal jangan rute macet bumper to bumper ya. Malah capek soalnya kalo saya selalu pake manual. Selama saya pake manual mode DSG ga pernah masalah. Pernah coba pake D biasa, habis kena macet di tol Cikampek, saya keluar Cibitung kawasan MM2100 menuju kawasan ejip Lippo Cikarang, nah disitu saya pake D dan ada kira 20 polisi tidur setiap 200 meter, habis itu muncul clanking sound setiap shift gear nya. Sejak itu saya pake manual mode kalo banyak polisi tidur jarak nya deket deket. Ga pernah muncul lagi clanking sound Itu. Musuhnya DSG panas. Karena itu kalo hari kerja, jarang banget saya pake. Dipake kalo road trip aja sama weekend.

3. Goodwill ngobrol dengan SA di Kemayoran Lima tahun om, tapi mungkin ya bisa lebih kalo kita rutin servicenya ya. Namanya Goodwill sih ya tergantung mereka mau kasih berapa. Mungkin part gratis tapi jasa bayar.

4. Pertimbangan saya dulu ambil polo, karena di range harga baru itu dulu tidak ada mobil lain pake turbo dan VSC. Kalo sekarang mungkin saya belum tentu ambil.
Kalo saran saya sihh dengan budget segitu mending ambil polo vrs baru aja om, siapa tau dapat diskon gede:), lumayan dari showroom udah 140 hp dan torsi 230NM, mirip golf TSI standard
Makasih om infonya. Tadinya sempet mikir mau polo, tp interiornya itu lo om. Kalo polo gen selanjutnya uda masuk sini mungkin bisa jadi ambil itu. Sayang VW indo blm jelas kapan mau masukin polo baru sama golf baru. Itu servis 20k -60k 20 jt apa ada part yg ganti pm? Atau cuma jasa dan fluida2 aja?
Jalur sehari2 sih ga gtu macet dan jalanan jg normal om, saya kerja di kelapa gading tp biasa kerja turun tol cempaka putih jd sebenernya jalanan relatif bagus dan macet jg ga terlalu parah.
Part nya consumable aja kok. Seperti oli, filter udara, filter oli, filter bensin setiap 20k(harga 500 ribuan), terus kemarin 60k busi hampir 400 ribu per piece x 4. Plus jasa jasa. Kalo part diluar consumable sepanjang masa garansi di cover vw kok.

Kalo mobil Eropa mending beli baru aja sihh om daripada pusing habis waktu nanti benerin. Apalagi DSG ga kenal kilometer kapan dia mau rusak ya rusak ga bisa di prediksi pemakaian berapa kilometer.
Skrng golf tsi uda 600an om, selaen budget saat ini belum ada, sayang juga ya hatganya uda sampai segitu. Trus mungkin 1-2 thn lg mk8 mungkin masuk indo. Jd sementara cari 2nd dlu om. Saya lg hunting2 yg DSGnya uda diganti. Karena belinya jg santai ga buru2 jd bener2 hunting yg kondisinya masih bagus. Mudah2an dapet ya.
omenRoo wrote: Mon Dec 23, 2019 2:00 kalo udah suka scirocco mah ambil aja, kalo gak puas dijual lagi gak turun banyak sih harusnya ya. yang penting dapet mobil yang jelas historinya..
Setelah mikir2 kayanya makin ke arah mk7 aja deh om. Hehehe makasih masukannya.
r12qiSonH4ji wrote: Mon Dec 23, 2019 21:39
kendibocor wrote: Sat Dec 21, 2019 11:06 Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Ijin memberi saran ya om,
Ane pernah punya tsi mk7 3 tahun dan sampe skrg klo di jalan ada mk7 lewat, pasti nengok dan rasa kangen kembali muncul

Klo dari 3 pilihan TS sh, ane vote tsi mk7 aja, klo buat daily di Jkt / kota besar sudah cukup. Kecuali memang speed hunter, ambillah gti mk7. Dan memang gti mk7 ini bikin ane ngiler jg. Ingin kembali meminang, yg tsi aja kenceng apalagi gti.

Terakhir ane hanya bisa mengucapkan
I 🧡 Golf
Kalo boleh tau kenapa dijual om? GTI mk7 out of budget om hehehe.
F 272 wrote: Mon Dec 23, 2019 22:52 Saya pernah lihat Golf MK7 TSi merah di Sumatera.... bukan cuma di kota tapi ke jalur antimainstream... ke Gunung..perkebunan teh Pagar Alam...sampe ke Lembah Semendo...padahal di sono ga ada lapangan Golf... gokil emang itu Golf... [emoji869][emoji16]



r12qiSonH4ji wrote:
kendibocor wrote: Sat Dec 21, 2019 11:06 Sesuai judul Lagi mau ngiler hot hatchback bwat pake sehari-hari. Setelah liat2 kok hatchback VW bikin ngiler ya. Di range 250-320 kira2 bisa dapet golf mk7 2014 (240-280an) atau scirocco 2013 (280-320) atau golf mk6 gti 2011-2012an (300an).
Nah diantara ketiga pilihan ini lebih baik yg mana ya?
Petimbangan diantara 3 ini:
1. Pertimbangan golf mk7 tsi: plusnya paling murah dan umur bisa dapet paling muda. Minusnya dsg apakah se fragile yg orang2 bilang?
2. Pertimbangan scirocco: plusnya model paling cantik, harga kayanya masih nahan dibanding golf, bisa jadi future classic? minusnya 11-12 ma golf mk6 tsi yg denger2 lebih fragile daripada mk7
3. Pertimbangan mk6 gti: plusnya kayanya dsg yg paling no problemo. Model masih cakep dibandig tsinya. Minusnya dapet tahun paling tua. Part2 lain?

Kalo ngikutin mau sih paling demen scirocco, cuman kayanya secara keseluruhan "kayanya" paling fragile.

Butuh masukan temen2 terutama yg punya owning experience.

1. Apakah memang VW itu fragile dan ga robust?
2. Masuk akal ga bwat daily use (rumah kantor jalanan mulus jd ga perlu pertimbangan jalanan jelek)
3. Fast moving apakah lebih mahal drpd bmw or merc?
4. Slow moving yg paling banyak masalah selain dsg apa lagi?
5. Kalo nyari yg servis rutin di beres, goodwill untuk ganti dsg gratis itu 5 atau 10 thn ya? Setau saya 5 thn tp ada yg pernah bilang 10 thn.
6. Apa ada masukan lain selain 3 mobil ini? Yg fun to drive tentunya.

Terima kasih
Ijin memberi saran ya om,
Ane pernah punya tsi mk7 3 tahun dan sampe skrg klo di jalan ada mk7 lewat, pasti nengok dan rasa kangen kembali muncul

Klo dari 3 pilihan TS sh, ane vote tsi mk7 aja, klo buat daily di Jkt / kota besar sudah cukup. Kecuali memang speed hunter, ambillah gti mk7. Dan memang gti mk7 ini bikin ane ngiler jg. Ingin kembali meminang, yg tsi aja kenceng apalagi gti.

Terakhir ane hanya bisa mengucapkan
I [emoji3448] Golf
Bukan golf manja ini ya om uda sampe sumatra segala :big_smoking:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Hatchback VW atau.....

Post by evolution21 »

https://www.medcom.id/otomotif/mobil/yb ... -indonesia

sayang sekali... gegara bbm mobil uenak jd ga bisa masuk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hatchback VW atau.....

Post by Turboman »

Dah nanti yg masuk yg ini ajalah

udah gak pusing lagi harus isi bensin / solar jenis apa
images%20-%202019-12-25T234255.748.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hatchback VW atau.....

Post by Turboman »

Cusssss
images%20-%202019-12-25T234606.656.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Hatchback VW atau.....

Post by KielConstantine »

Golf GTI / Scirocco 2.0 / R kan transmisi DSG pake type Wet Clutch. Direndem dalem oli, lebih adem gitu suhunya. Jd bisa dibilang lebih awet drpd counterpartsnya si DSG 1.4 TSI yg type Dry clutch. Tapi tahun lalu ada member SM (om moonshade) beli scirocco 1.4 TSI brand new, trans DSG nya langsung di remap gimana gitu, katanya bisa jadi lebih awet mechatronicnya. Enggak tau gimana kabar mobilnya skarang.. Doi belom nongol2 lagi. Yg penting masih under warranty dah. Kalo kenapa2 tinggal claim..


------------------
Sebelom nyoba pelihara VW/Audi, coba dulu kepoin IG bengkel spesialis VAG group yang satu ini :mky_08:





Kebanyakan sih. Parts2 mechatronic DSG, Turbo, Steering rack pada ready stock sama mereka.
Kalo ready stock, brarti banyak mobil2 customer yg dateng buat ganti parts2 tersebut..
Secara logic bisnis/usaha dagang. Kalo tidak / jarang banget ganti segelondongan, ngapain di stock sama tuh bengkel.
Kan mahal, malah jd duit mati kapan cuannya...


Jadi kesimpulannya.. Tinggal siapin budget aja kalo mobilnya mendadak dangdut :emo-big_love:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Hatchback VW atau.....

Post by ginting »

coba kita panggil dulu orangnya kesini, oom...

Toa...pinjam toa oom @F 272 dulu ya...

Perhatian...perhatian...oom @moonshade ditunggu kehandirannya buat bantu kasih pencerahan buat warga SM..
Mohon maaf mengganggu kesibukannya.
:big_deal: :big_deal: :big_deal:
KielConstantine wrote: Wed Dec 25, 2019 23:25 Golf GTI / Scirocco 2.0 / R kan transmisi DSG pake type Wet Clutch. Direndem dalem oli, lebih adem gitu suhunya. Jd bisa dibilang lebih awet drpd counterpartsnya si DSG 1.4 TSI yg type Dry clutch. Tapi tahun lalu ada member SM (om moonshade) beli scirocco 1.4 TSI brand new, trans DSG nya langsung di remap gimana gitu, katanya bisa jadi lebih awet mechatronicnya. Enggak tau gimana kabar mobilnya skarang.. Doi belom nongol2 lagi. Yg penting masih under warranty dah. Kalo kenapa2 tinggal claim..


------------------
Sebelom nyoba pelihara VW/Audi, coba dulu kepoin IG bengkel spesialis VAG group yang satu ini :mky_08:





Kebanyakan sih. Parts2 mechatronic DSG, Turbo, Steering rack pada ready stock sama mereka.
Kalo ready stock, brarti banyak mobil2 customer yg dateng buat ganti parts2 tersebut..
Secara logic bisnis/usaha dagang. Kalo tidak / jarang banget ganti segelondongan, ngapain di stock sama tuh bengkel.
Kan mahal, malah jd duit mati kapan cuannya...


Jadi kesimpulannya.. Tinggal siapin budget aja kalo mobilnya mendadak dangdut :emo-big_love: