dany_pos wrote: Thu Dec 19, 2019 11:55
Yg seinget ane jg punya design model kyk gitu selain yg disebutin ts: rush/terios lama, teana j31 n l33, ford ranger t6, pug 107, mitsu eterna, accord maestro, bmw e38 (hampir). Yg aneh teana j32, di penumpang semua handle pintunya gitu, tp di pintu driver pake model biasa.
Btw kenapa waktu nyetir malah megang itu? Lebih aman klo kedua tangan pegang setir.
sepemikiran dengan saya, aneh juga ya nyetir sambil megangin handle pintu? apalagi yang model gitu. kalau mau manuver apa ga bahaya? apalagi kalau mobil manual, udahlah gonta ganti gigi. dan indo menganut RHD, umumnya manusia juga Right Handed.
Btw ane jg punya detail di setiap mobil yg selalu ane perhatiin yaitu lampu sein di spion n fender. Kenapa pabrikan repot2 ya bikin 2 jenis lokasi untuk membedakan trim level. Yg artinya perlu buat 2 jenis fender (1 bolong, 1 ga) + 2 jenis spion (pake sein n ga). Klo liat mobil yg buat amrik, sein di fender kadang ga ada, di spion jg ga ada tp di headlamp posisinya di sambing, bukan di bagian tengah headlamp, jd dr samping pun keliatan. Kenapa indonesia punya beda ya. Ada lagi beberapa ane liat pake dua2nya di fender n di spion misal: yaris e, fortuner 2008-2011, mazda 2 tipe r lama, azda2 sedan, xtrail t31. Yg ga mau ribet kayak ops dakar, outlander sport n mirage. Yg tipe atas bolong di fendernya diganti sirip ala2. Yg setia pake di fender kayak fiat 500 n mini cooper. Bmw jg sampe generasi f10 sebelum lci n seangkatannya masih pake sein di fender
sign fender memang ada beberapa negara yang wajib, saya lupa, sedangkan di indo ga ada kewajiban, hanya ada kewajiban wajib terlihat sekian2. begitu juga lokasinya.
untuk lokasi lampu sign di headlamp juga biasanya ngikut sign fender. kalau ada sign fender, lampu sign di headlamp posisinya dekat grill, kalau ga ada biasanya ditaro di sisi terluar = sekaligus sign fender.
zaman dulu, ada sign di spion = highest trim. alasannya apa ga tau juga. mungkin sama dengan alasan: ada krom/colored/polosana di housing spion yg menunjukan trim level.
kalau USDM, wajib ada side marker. contoh paling unik ada di civic turbo, side marker juga tetep ada di indo. tapi ga ada korelasi dengan posisi sign di headlamp. malah yang saya suka dari USDM itu lampu sign boleh merah (di indo juga boleh kemerahan, tapi karena disini lakunya mobil Jepang yang ada sign merah jadi lah biasanya kuning semua), jadi lampu belakang assy ga rame ada warna putih merah dan kuning, cukup merah dan putih saja.