Car Details : Door Pull Handle

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 516
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Car Details : Door Pull Handle

Post by adriangaut »

Haloo sobat SM

Kali ini saya mau mencoba membahas detail kecil (atau mungkin besar) pada sebuah mobil yang (mungkin) jarang dibicarakan, yaitu door pull handle

In particular, saya suka sama pegangan tarik pintu (gini ga ya?) mobil yang bisa sekalian berfungsi sebagai pegangan buat tangan agar rileks (oh sh*t handle(?)). Tidak semua mobil punya handle pintu yang desainnya seperti ini....

Di rumah mobil saya yang desainnya seperti ini adalah C230 Sport, dan 300E, enaknya berasa waktu perjalanan jauh (ke luar kota) jadi sambil tangan kiri pegang setir, tangan kanan bisa rileks sambil pegangan ke door handle tersebut. Jeleknya desain ini sih lokasi switch power windownya jadi agak sedikit awkward, agak ke bawah pintu. Kalau yang 300E di akalin dengan switch power window diletakkan di konsol tengah.

Biar gambar yang menjelaskan :
Image
Image

PS : Alasan ini juga yang menyebabkan saya maunya ganti dari C230 ke Camry XV40, camry XV50 handle pintunya desainnya nggak bisa di pegang lagi :')
Image

Interior XV50
Image
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1644
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by pengendiesel »

Bukannya pada saat mobil jalan, kedua tangan harus di setir om?

Imho bahaya sih kalo ada tangan lepas dari setir, apalagi sampai pegangan door handle. Karena kalau diliat konstruksi door handlenya, waktu yang diperlukan tangan tsb kembali ke setir lebih lama kalau dibandingkan sekedar ditaruh saja, gak pegangan door handle. Cmiiw.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by ak4ng »

Door trim nya innova reborn g bisa buat nyimpen tangan and aga nekuk buat mencet power window zzzzzzzz
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
coipan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Sat Feb 21, 2015 17:15

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by coipan »

Ini sama kayak di xtrail T32 am ANPS , memang bkin lebih nyaman sih gan genggem gituan . Hanya di ANPS slot masuknya kecil dan sempit , padahal ukuran tangan ane kecil beda sama di T32
dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by dany_pos »

Yg seinget ane jg punya design model kyk gitu selain yg disebutin ts: rush/terios lama, teana j31 n l33, ford ranger t6, pug 107, mitsu eterna, accord maestro, bmw e38 (hampir). Yg aneh teana j32, di penumpang semua handle pintunya gitu, tp di pintu driver pake model biasa.
Btw kenapa waktu nyetir malah megang itu? Lebih aman klo kedua tangan pegang setir.

Btw ane jg punya detail di setiap mobil yg selalu ane perhatiin yaitu lampu sein di spion n fender. Kenapa pabrikan repot2 ya bikin 2 jenis lokasi untuk membedakan trim level. Yg artinya perlu buat 2 jenis fender (1 bolong, 1 ga) + 2 jenis spion (pake sein n ga). Klo liat mobil yg buat amrik, sein di fender kadang ga ada, di spion jg ga ada tp di headlamp posisinya di sambing, bukan di bagian tengah headlamp, jd dr samping pun keliatan. Kenapa indonesia punya beda ya. Ada lagi beberapa ane liat pake dua2nya di fender n di spion misal: yaris e, fortuner 2008-2011, mazda 2 tipe r lama, azda2 sedan, xtrail t31. Yg ga mau ribet kayak ops dakar, outlander sport n mirage. Yg tipe atas bolong di fendernya diganti sirip ala2. Yg setia pake di fender kayak fiat 500 n mini cooper. Bmw jg sampe generasi f10 sebelum lci n seangkatannya masih pake sein di fender
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by kunaskun »

dany_pos wrote: Thu Dec 19, 2019 11:55 Yg seinget ane jg punya design model kyk gitu selain yg disebutin ts: rush/terios lama, teana j31 n l33, ford ranger t6, pug 107, mitsu eterna, accord maestro, bmw e38 (hampir). Yg aneh teana j32, di penumpang semua handle pintunya gitu, tp di pintu driver pake model biasa.
Btw kenapa waktu nyetir malah megang itu? Lebih aman klo kedua tangan pegang setir.
sepemikiran dengan saya, aneh juga ya nyetir sambil megangin handle pintu? apalagi yang model gitu. kalau mau manuver apa ga bahaya? apalagi kalau mobil manual, udahlah gonta ganti gigi. dan indo menganut RHD, umumnya manusia juga Right Handed.

Btw ane jg punya detail di setiap mobil yg selalu ane perhatiin yaitu lampu sein di spion n fender. Kenapa pabrikan repot2 ya bikin 2 jenis lokasi untuk membedakan trim level. Yg artinya perlu buat 2 jenis fender (1 bolong, 1 ga) + 2 jenis spion (pake sein n ga). Klo liat mobil yg buat amrik, sein di fender kadang ga ada, di spion jg ga ada tp di headlamp posisinya di sambing, bukan di bagian tengah headlamp, jd dr samping pun keliatan. Kenapa indonesia punya beda ya. Ada lagi beberapa ane liat pake dua2nya di fender n di spion misal: yaris e, fortuner 2008-2011, mazda 2 tipe r lama, azda2 sedan, xtrail t31. Yg ga mau ribet kayak ops dakar, outlander sport n mirage. Yg tipe atas bolong di fendernya diganti sirip ala2. Yg setia pake di fender kayak fiat 500 n mini cooper. Bmw jg sampe generasi f10 sebelum lci n seangkatannya masih pake sein di fender
sign fender memang ada beberapa negara yang wajib, saya lupa, sedangkan di indo ga ada kewajiban, hanya ada kewajiban wajib terlihat sekian2. begitu juga lokasinya.

untuk lokasi lampu sign di headlamp juga biasanya ngikut sign fender. kalau ada sign fender, lampu sign di headlamp posisinya dekat grill, kalau ga ada biasanya ditaro di sisi terluar = sekaligus sign fender.

zaman dulu, ada sign di spion = highest trim. alasannya apa ga tau juga. mungkin sama dengan alasan: ada krom/colored/polosana di housing spion yg menunjukan trim level.

kalau USDM, wajib ada side marker. contoh paling unik ada di civic turbo, side marker juga tetep ada di indo. tapi ga ada korelasi dengan posisi sign di headlamp. malah yang saya suka dari USDM itu lampu sign boleh merah (di indo juga boleh kemerahan, tapi karena disini lakunya mobil Jepang yang ada sign merah jadi lah biasanya kuning semua), jadi lampu belakang assy ga rame ada warna putih merah dan kuning, cukup merah dan putih saja.
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by michaelgiri93 »

dany_pos wrote: Thu Dec 19, 2019 11:55
Btw ane jg punya detail di setiap mobil yg selalu ane perhatiin yaitu lampu sein di spion n fender. Kenapa pabrikan repot2 ya bikin 2 jenis lokasi untuk membedakan trim level. Yg artinya perlu buat 2 jenis fender (1 bolong, 1 ga) + 2 jenis spion (pake sein n ga). Klo liat mobil yg buat amrik, sein di fender kadang ga ada, di spion jg ga ada tp di headlamp posisinya di sambing, bukan di bagian tengah headlamp, jd dr samping pun keliatan. Kenapa indonesia punya beda ya. Ada lagi beberapa ane liat pake dua2nya di fender n di spion misal: yaris e, fortuner 2008-2011, mazda 2 tipe r lama, azda2 sedan, xtrail t31. Yg ga mau ribet kayak ops dakar, outlander sport n mirage. Yg tipe atas bolong di fendernya diganti sirip ala2. Yg setia pake di fender kayak fiat 500 n mini cooper. Bmw jg sampe generasi f10 sebelum lci n seangkatannya masih pake sein di fender
Nah itu saya juga heran om, kenapa harus repot repot
Tapi kalau saya pribadi lebih suka sein di fender sih daripada di spion
Wkwkwk
Alasannya simple sih, kalau sein di fender itu lebih kelihatan dari samping daripada di spion, yg menurut saya itu relatif lebih aman. :big_peace:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 516
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by adriangaut »

Hehe

Pegangin handle pintu enaknya waktu lagi jalan toll lancaaaar terus santaii, itupun gak terus”an, momen” tertentu sajaa. Tetap paling aman sih 2 tangan di setir... apalagi kalo setirnya berat hahaha

Saya sebenernya lebih seneng sein di fender sih daripada di spion, entah kenapa trend-nya sekarang di spion semua, padahal kalo desainnya oke di fender menurut saya lebih bagus, subjektif sih....kalo sein merangkap side marker bagus juga kayanya ya...
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by iwing »

saya malah gak seneng blasss sein di spion tapi pabrikan skrg pada di spion semua. hadeh

btw klo lagi santai di tol kayak nya enak ada handel di situ. blm pernah ngerasain sih cuma bayangin aja
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by pradit_d »

Klo tangan kanan pegangin handle pintu mirip kayak kebiasaan supir angkot/truk tangan kanannya nyender di jendela yg kebuka ga sih? Hehehe
Terlepas dr itu ane jg suka bgtvama design handle pintu model ini, terutama dulu di infiniti fx37/50 n teana j32, pernah jg ada masa2 ane merhatiin design handle tiap mobil sejak suka ama 2 mobil tadi.

Buat yg lampu turn signal, ane lebih suka di fender sih asalkan dibikin cantik kayak bmw lancip2 gitu, cuman bmw sekarang sejak generasi f30 jg udah di spion. Yg di spion itu bikin design mobil kurang sporty, menurut ane sih ya apalagi modelnya masih besar2 blm led pula. Klo yg di spion suka kayak mazda6 yg sekarang atau cx-5 lama, soalnya posisinya bener2 di samping n bukan di depan lebih keliatan buat pengemudi lain, udah gitu agak tersembunyi design-nya jadi ga mengganggu estetika. Ada lagi punya hrv n civic turbo jg bagus agak tersembuyi n ga mengganggu design spion, tapi redup bgt n hampir ga keliatan, apalagi siang, kadang klo lg sebelahan ama mereka trus mau belok kayak ga keliatan udah pasang sign.
:big_peace:
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by Harchi »

Ane lebih demen ama yg di spion sih sign nya, karena design nya lebih niat dibanding yg di fender, misalnya ada 2 tipe buat pilihan trim. Yg di fender kadang kesannya asal pasang aja, beda cerita klo emang dr awal desainnya buat di fender. Waktu punya T31 xtremer ane copotin yg di fender, lubangnya ditutupin logo nismo, karena udah ada jg di spionnya. Pas mau jual baru dipasang lagi sign nya.
Ternyata banyak jg yg memperhatikan hal2 kecil kyk gini ya, ane ga sendiri deh. Btw ada yg suka perhatiin dudukan plat mobil di belakang yg ukurannya kecil bgt ga? Ane perhatiin di mobil2 jdm biasanya
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
bfront
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Mon Nov 21, 2011 1:20

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by bfront »

kebalikan... satu part yang paling saya benci dari ANPS justru malah door handle pintu depan. gede banget bikin terasa sempit. ngeganggu kalo mau meraih tombol buka jendela.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by marmut »

adriangaut wrote: Thu Dec 19, 2019 7:02

-

, enaknya berasa waktu perjalanan jauh (ke luar kota) jadi sambil tangan kiri pegang setir, tangan kanan bisa rileks sambil pegangan ke door handle tersebut.

-


HA....!!!
inilah enaknya nyetir merkedes. sayapun nggak jarang naruh tangan disitu kalau situasi memungkinkan (saat dulu bawa merc). karena memang rasanya menyenangkan.

pun bagi yang pernah nyetir volvo seri 700 dan 900, pasti pernah (dan hobi) naruh sikut kanan di bagian atas doortrim pintu sambil ujung jari nempel ke kaca jendela bagian atas. karena ada sensasi tersendiri nyetir dengan gaya seperti itu.
ronniehusain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Mon Jul 31, 2017 23:46
Location: Bekasi
Daily Vehicle: public transportation

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by ronniehusain »

sein di spion rata2 mobil di indonesia seringnya seimbang tingginya sama handle rem motor2, jadi rawan kesenggol, trus pecah deh...
karena pecah, air masuk,,dan akhirnya cover spion terlihat jorok :D
blacksaphire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by blacksaphire »

Wah saya jg suka perhatiin hal2 kecil begini.
Dulu saya suka perhatiin pilar b yg di-blackout atau ga, trus klo yg di-blackout finishing nya glossy atau doff. Skrg udah ga gitu perhatiin.
Setelah itu suka perhatiin design wiper cowl, modelnya yg ujung atasnya pake karet atau full plastik, klo yg pake karet udah getas n rompal2 atau blm. Skrg jg udah ga perhatiin.
Yg saya perhatiin skrg cuman spion yg model pake batang dr pintu di bawah kaca, gmn ya jelasinnya, pokonya yg kyk xpander, ignis, mini. Suka bgt model ini dibanding yg nempel di kaca jendela.
Trus kadang suka perhatiin mobil yg pake wiper frameless, entah itu diganti sendiri atau udah bawaan pabrik.
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by idlamahilang »

Yup ini dia kesukaan ane, cuma yg ditaruh di handle nya cuma siku, bukan tangan. Biasanya posisi ini terjadi klo lg di lampu merah, ato nyetir santai.

Kalo batang spion di bawah jendela, ane kurang suka. Karena kalau pas nyetir n penumpang depan agak nunduk, saya susah liat spion kiri nya.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by bangrosi »

bfront wrote:kebalikan... satu part yang paling saya benci dari ANPS justru malah door handle pintu depan. gede banget bikin terasa sempit. ngeganggu kalo mau meraih tombol buka jendela.
Setuju temen baru ambil ANPS lebih enak door handle model datar bisa buat sandaran tangan,model kaya gini cuma enak nariknya buat nutup pintu aja.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by Asfur »

waduh kok aneh yah, kalo stir kanan bukanya enakan tangan kiri yg istirahat nyender di arm rest kiri atau concol tengah.
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by IGedeAmat »

adriangaut wrote: Thu Dec 19, 2019 7:02 Haloo sobat SM

Kali ini saya mau mencoba membahas detail kecil (atau mungkin besar) pada sebuah mobil yang (mungkin) jarang dibicarakan, yaitu door pull handle

In particular, saya suka sama pegangan tarik pintu (gini ga ya?) mobil yang bisa sekalian berfungsi sebagai pegangan buat tangan agar rileks (oh sh*t handle(?)). Tidak semua mobil punya handle pintu yang desainnya seperti ini....
....
"Oh, Sh*t!! handle" itu bukannya yang disisi penumpang dan posisinya diatas pintu itu Om ?
karena saat situasi Oh, Sh*t.. tangan supir mah pasti ada disetir dua2nya,
tangan penumpang yang sibuk cari pegangan...
:big_peace:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Car Details : Door Pull Handle

Post by Omnibus »

handle hanya utk jones jomblo ngenes ..... real man tangan kanan pegang setir tangan kiri pegang tangan cewe disebelahnya :mky_04: