Saran Dakar 2013..

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

Halo, Izin Masukan

Sy sekarang pakai rush 2018 trd a/t km 11.000

Minat ganti old dakar 2013

Sy ngidam dakar sebab diesel turbo, sunroof, irit dan gagah (subyektif saya)

Pertanyaan saya, Apakah worthed ganti rush 2018 dengan old dakar 2013 ?

Apa yg harus sy perhatikan khusus dlm mencari old dakar 2013 ?

Mohon Masukan / Saran Dan Tips Mencari Old dakar 2013

Berapa Pasaran Real Harga Old dakar 2013, Adakah yg Baru saja membeli old dakar tahun tsb ?

Sy searching di OLX masih bingung dgn harga pasaran old dakar 2013, rata2 makelar n dealer.

Dari yg termurah 239 ~ 310 juta

Saya di jatim, Baiknya sy membeli di Jatim atau Jakarta ?

Pas searching , Plat B lebih murah sekitar 20 juta, di banding Jatim, Apakah Worthed dgn biaya mutasi n transportasi sy dr jatim ?

Pertimbangan unit jg, apakah rata2 plat B lebih terawat di banding Jatim ?


Mohon masukan sebanyaknya, Sebab sy Amatir dlm membeli mobil bekas..

Biasa beli baru dr dealer, Kalau beli New Dakar kalah di dana yg terpakai kebutuhan lain..

Terima Kasih....
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Saran Dakar 2013..

Post by pernahmiskin »

Worthed kalau sy bilang dr rush ke old dakar
Kelas ga boong.

Masalah plat B

Menurut sy, Apa ga beli di jatim saja.

Ketimbang ribet urus mutasi & buru2 dlm memburu unit di jakarta.

Kalau bisa general cek di beres dan hasil diagnosa mintakan part number'nya.

Part bisa beli online dgn modal part number dr beres n pasang di bengkel tetangga / kenalan.

Adakan dana sekitar 10-20 juta buat peremajaan unit

Mulai dr kuras cairan, ban, kampas rem, karet2 pintu dan karet sunroof, engine mounting, trans mounting.

Remap/Dastek wait n see aja dl kalau sdh cukup dgn tenaga std.

Perawatan lain sesuaikan aja dgn indikasi masalah mobil tsb.
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Saran Dakar 2013..

Post by MSU »

Kalo beli mobil bekas saya ga sarankan ambil dari dealer,kecuali pembeli ngerti bener cara ngeceknya..karena banyak yang kena "sulap"
Yang paling penting hunting mobkas ga boleh napsu & buru2
Kalo sy malah mending cari di jatim..lbh santai carinya & ga perlu terlalu pikirin cost transport surveynya
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Saran Dakar 2013..

Post by maastricht889 »

Buat mobil pasaran macem dakar sih mending ambil dr kenalan lsg pemakai aja om, hati2 showroom mobil bekas itu mau dimanapun dan pake jasa inspeksi msh ada kemungkinan mleset om. Ato nggak bs juga ambil di lelangan jakarta, asal bs cek unitnya. Pernah ada user disini liat pjs exceed di pedege km 40rb, terus ada stiker penggantian filter solar di km 160rb artinya....
Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

@pernahmiskin Makasih infonya om, lengkap infonya tinggal nambahin info dr oom2 SM yg lain..

@MSU Iya, sy jg mikir damage cost pas hunting di jkt, Makasih y oom info'nya, Cari langsung penjual susah oom sdh sekali survey yg sy temui memang sulapan make up..

Sasis bawah ada bekas las


@erwinign odo puteran y oom, parah juga.

Nanti akan saya bawa ke beres buat general check up, Kalau sdh ada unit yg bener2 cocok dan misal penjual ga kasih izin, saya skip..

Saya ga terlalu buru2 misal ambil plat jatim jd hunting kalau pas week end libur kerja..

Pingin'nya sih fresh from dealer, tp dana masih terpakai buat yg lain..

Jd kemungkinan misal dpt old dakar, akan sy rawat 1 atau 2 tahunan & jual buat ambil dakar yg baru

Btw om MSU & all SM member, masalah jasa inspeksi n hunting second car.

Youtuber Wa**d asal jateng, Adakah yg tau pola kerja'nya ?

Googling sih, Dia pasang tarif 2% dr nominal mobil n akomodasi selama hunting.

Jd misal old dakar yg sy cari harga 300jt biaya jasa dia 6 juta dan kemungkinan akomodasi 5 juta total 11 juta.

Apakah worthed biaya jasa youtuber tsb ?

Sy mau minta tolong bantuan youtubers tsb tp masih ragu sebab blm ada kawan/saudara yg tau real track record dia, Sy jg ragu dgn review dr comment video youtubers tsb, yg saya takutkan kalau comment cuma gimmick marketing team youtubers tsb.
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Harchi »

Klo ane boleh bilang, mending beli di daerah ketimbang di jkt. Ane ngeliat di daerah yg ga terlalu besar rata2 mobil lebih disayang/dirawat dibanding jkt.
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Saran Dakar 2013..

Post by maastricht889 »

Dakar ini rata2 dah tinggi2 KM nya semua sih om kl sy bilang, pelan2 cari aja sih om intinya. Dan jgn ambil dr jakarta deh.

https://www.olx.co.id/item/dijual-pajer ... -761963620

https://www.olx.co.id/item/pajero-dakar ... -761878036

https://www.olx.co.id/item/pajero-dakar ... -764054312

Coba consider ke link di atas om, domisili semarang sama kudus itu mobilnya, tp rata2 kayanya pedege. Semoga cocok
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Saran Dakar 2013..

Post by andyez86 »

coba cari di grup fb komunitas om
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Saran Dakar 2013..

Post by vp920b »

Coba cari di facebook market place om.

Dari rush ke dakar sih kelas beda ya. Enak naik dakar pastinya.

Kalau bs bawa ke bengkel resmi untuk general cek up harga 500rb aja.

Dibanding nanti harus mutasi dan bbn ke jatim apa ga lebih baik cari di jatim?

Biasanya di daerah lebih terawat, km lebih dikit. Mungkin ke jateng enak om banyak km yang irit.

Dakar yg penting cek kaki kaki dan mesin sering sering ganti filter solar dan bersihkan egr. Kalau ga ngebul dan ngempos tenaganya. Isi solar dex juga kalau mampu, jangan biosolar karena sudah B20 atau skg sudah B30? Jd cepet kotor itu EGRnya dan FilSolarnya.

Thanks
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Saran Dakar 2013..

Post by mbingtampan »

Kalau Om beli old dakar dan hanya dipakai 1-2 thn trus ganti baru, saran saya mending pake dulu aja rushnya Om, stelah itu langsung ganti baru kalau dananya udah cukup.
sugarpot
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by sugarpot »

Menurut ane sih coba dipertimbangkan lagi om apalagi umur mobil udah 6 tahun dan lagi namanya mobil bekas kita gatau orang lain merawat mobilnya kayak gimana pasti ada aja yang dibenerin.Lagipula rush om masih baru banget itungannya,apa gak sayang om ?
Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

Mohon Maaf, Saya blm tau cara quote, jd sy quote 1 per 1
Dengan cara manual, quote, copy n paste.

Buat Oom Admin, Sy minta tolong kalau post sy salah mohon di perbaiki kalau berkenan, Terima Kasih.

Buat oom2 yg komen, Terima Kasih atas pemikiran dan masukan yg di berikan kpd saya.

Sy seneng sekali dpt sambutan yg baik.


Harchi wrote: Wed Dec 18, 2019 0:49 Klo ane boleh bilang, mending beli di daerah ketimbang di jkt. Ane ngeliat di daerah yg ga terlalu besar rata2 mobil lebih disayang/dirawat dibanding jkt.
Baik oom, Sy tampung masukan'nya.
Terima Kasih
erwinign wrote: Wed Dec 18, 2019 2:34 Dakar ini rata2 dah tinggi2 KM nya semua sih om kl sy bilang, pelan2 cari aja sih om intinya. Dan jgn ambil dr jakarta deh.

https://www.olx.co.id/item/dijual-pajer ... -761963620

https://www.olx.co.id/item/pajero-dakar ... -761878036

https://www.olx.co.id/item/pajero-dakar ... -764054312

Coba consider ke link di atas om, domisili semarang sama kudus itu mobilnya, tp rata2 kayanya pedege. Semoga cocok
Siap oom, Terima Kasih atas link yg oom berikan.

andyez86 wrote: Wed Dec 18, 2019 2:40 coba cari di grup fb komunitas om
Baik oom, Terima Kasih

FB komunitas pajero yg masih aktif dan rame apa oom ?
vp920b wrote: Wed Dec 18, 2019 5:05 Coba cari di facebook market place om.

Dari rush ke dakar sih kelas beda ya. Enak naik dakar pastinya.

Kalau bs bawa ke bengkel resmi untuk general cek up harga 500rb aja.

Dibanding nanti harus mutasi dan bbn ke jatim apa ga lebih baik cari di jatim?

Biasanya di daerah lebih terawat, km lebih dikit. Mungkin ke jateng enak om banyak km yang irit.

Dakar yg penting cek kaki kaki dan mesin sering sering ganti filter solar dan bersihkan egr. Kalau ga ngebul dan ngempos tenaganya. Isi solar dex juga kalau mampu, jangan biosolar karena sudah B20 atau skg sudah B30? Jd cepet kotor itu EGRnya dan FilSolarnya.

Thanks
Oke oom, Terima Kasih
Kemungkinan akan pakai Solar biasa + Racun sesuai post2 SM.

Di spbu yg paling dkt rumah (11km ga ada pertadex) pertadex adanya di kota 25 km'an.

Jd kemungkinan akan sy mix, kalau pas mau ngisi kebetuan di kota isi dex kalau pas ga ke kota isi biosolar

mbingtampan wrote: Wed Dec 18, 2019 5:15 Kalau Om beli old dakar dan hanya dipakai 1-2 thn trus ganti baru, saran saya mending pake dulu aja rushnya Om, stelah itu langsung ganti baru kalau dananya udah cukup.
Ok oom, Terima Kasih saran'nya.

Sy sdh ga begitu sreg dgn rush, tiap kali ketemu pajero rasa'nya selalu ada ganjel di ati.

Sebab dl pas beli awal niatnya dakar new tp karena dana terpakai buat renovasi rumah jd alokasi dana sy bagi 2(dua)

Dan sekarang Alokasi dana buat new dakar terpaksa terbagi lg karena ada tanah di jual murah.


sugarpot wrote: Wed Dec 18, 2019 7:58 Menurut ane sih coba dipertimbangkan lagi om apalagi umur mobil udah 6 tahun dan lagi namanya mobil bekas kita gatau orang lain merawat mobilnya kayak gimana pasti ada aja yang dibenerin.Lagipula rush om masih baru banget itungannya,apa gak sayang om ?
Sebetulnya sayang jg di depresiasi yg lumayan, 2018 juni saya beli 273.4 jt (ga diskon sebab pas masih baru2nya)

Dan sy lihat pasaran di OLX sekitar 230-240 untuk plat jatim.

Pdg di dkt sekolah anak saya, pas iseng sy tanyain berani bayar 235 jt.

Untuk peremajaan sy sdh siapkan anggaran kurleb 20 juta, moga aja ga terpakai semua,Amin.

Dan untuk unit yg sreg, akan saya bawa ke beres buat generak check up sekalian tau estimasi peremajaan unit tsb. Jg senjata nawar ke yg jual .


Btw Terima Kasih oom
Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

Maaf lupa nulis di tulisan sy sebelumnya, sy ga bisa edit karena masih blm di aproved..

Adakah yg tau jawaban dr pertanyaan sy tentang jasa inspeksi n hunting car dr youtubers (w*h*d) jateng tsb ?
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Saran Dakar 2013..

Post by thirdstar7 »

Kl mau ambil dokar sih mending cr dr skrg aja om, krn kan perlu waktu jg nyari unit yg agak lumayan min.
Dibanding rush mah jauh bgt Naiknya, rush menurut sy dibanding avanza aja enak avanza.
Cuman menang di gagal eksterior aja, dlmnya jauh sih apalagi vs ama Dakar om
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Saran Dakar 2013..

Post by pernahmiskin »

thirdstar7 wrote: Wed Dec 18, 2019 10:26 Kl mau ambil dokar sih mending cr dr skrg aja om, krn kan perlu waktu jg nyari unit yg agak lumayan min.
Dibanding rush mah jauh bgt Naiknya, rush menurut sy dibanding avanza aja enak avanza.
Cuman menang di gagal eksterior aja, dlmnya jauh sih apalagi vs ama Dakar om
Baik oom, Terima Kasih
Sy jg lg hunting, Tp ga terlalu buru2 jg.

Rush, Exterior & Fitur yg buat sy kepincut waktu membeli..


Kalau dakar sy ngidam dr dulu sekali..

Btw new rush banding old dakar
Suspensi lebih nyaman mana oom ?
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Bulgogi »

Biasanya, saya kalo beli mobil bekas pilih yg jual langsung pemiliknya, di situs jual beli mobil biasanya ada filter diler / pribadi.

Trus, service recordnya jelas.

Pas ketemu ga perlu cek sana sini lagi, langsung aja bawa ke diler resmi bareng ownernya. Minta beres cek semuanya.

Selesai cek, dan keliatan penyakitnya, baru negosiasi.

Udh 3x saya beli second dgn cara gitu, alhamdulillah dapet barang superb semua..
Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

Bulgogi wrote: Wed Dec 18, 2019 12:48 Biasanya, saya kalo beli mobil bekas pilih yg jual langsung pemiliknya, di situs jual beli mobil biasanya ada filter diler / pribadi.

Trus, service recordnya jelas.

Pas ketemu ga perlu cek sana sini lagi, langsung aja bawa ke diler resmi bareng ownernya. Minta beres cek semuanya.

Selesai cek, dan keliatan penyakitnya, baru negosiasi.

Udh 3x saya beli second dgn cara gitu, alhamdulillah dapet barang superb semua..
Oke oom..
Terima Kasih tambahan informasi'nya

Sy malah baru ngeh kalau ada filter antara pribadi/dealer
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 820
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Saran Dakar 2013..

Post by pradit_d »

Ini kyk ane dulu bgt. Pengen A tapi kayaknya opsi B lebih realistis, trus pilih B. Pas udah dipake akhirnya ga puas, ujung2nya si B dijual ganti A, jadinya lebih banyak keluar duit. Sejak itu klo beli barang yg udah pengen ga mikir2 pilihan yg lebih rasional, asalkan puas...hahaha.
Klo menurut ane sih dlm kondisi sehat udah jelas enakan dakar n klo pun ane di posisi ts, ane rela nukar tambah rush ke dakar. Cuman cari dakarnya harus yg bener2 bagus ya, mahalan dikit jg gpp, karena udah bbrp kali jg pilih mobkas ambil yg murah tapi jatuh2nya lebih banyak jg karena ganti ini itu, contoh yg sepele: ane paling kesel ama karet2 getas di body mobil, dulu ane berasumsi ambil ambil aja klo murah dgn harapan ntar direstorasi aja pake selisih duit dibanding beli unit yg masih bagus, eh ternyata lebih mahal biayanya.
Klo rush nya jual pelan2 sendiri, jgn ke pdg
Btw duduk di baris 3 old dakar lebih ga nyaman dibanding baris 3 an rush, sama blower ac baris 2 seinget ane ga ada karena ada sunroof.
:big_peace:
Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

pradit_d wrote: Wed Dec 18, 2019 23:23 Ini kyk ane dulu bgt. Pengen A tapi kayaknya opsi B lebih realistis, trus pilih B. Pas udah dipake akhirnya ga puas, ujung2nya si B dijual ganti A, jadinya lebih banyak keluar duit. Sejak itu klo beli barang yg udah pengen ga mikir2 pilihan yg lebih rasional, asalkan puas...hahaha.
Klo menurut ane sih dlm kondisi sehat udah jelas enakan dakar n klo pun ane di posisi ts, ane rela nukar tambah rush ke dakar. Cuman cari dakarnya harus yg bener2 bagus ya, mahalan dikit jg gpp, karena udah bbrp kali jg pilih mobkas ambil yg murah tapi jatuh2nya lebih banyak jg karena ganti ini itu, contoh yg sepele: ane paling kesel ama karet2 getas di body mobil, dulu ane berasumsi ambil ambil aja klo murah dgn harapan ntar direstorasi aja pake selisih duit dibanding beli unit yg masih bagus, eh ternyata lebih mahal biayanya.
Klo rush nya jual pelan2 sendiri, jgn ke pdg
Btw duduk di baris 3 old dakar lebih ga nyaman dibanding baris 3 an rush, sama blower ac baris 2 seinget ane ga ada karena ada sunroof.
Baik oom,Terima Kasih Masukan'nya.

Rush Saya jual santai aja kok oom, kalaupun laku n bkm dpt dakar, sy masih ada kendaraan lain.

Baris ke 3 di mobil jarang sy gunakan, kalaupun d gunakan jg jarang banget
(kemungkinan saudara pas libur bareng)

Masalah AC jg ga ada masalah, jarang nyalakan double blower sy oom.

Anak2 sy ga begitu kuat kena hembusan angin ac mobil selama perjalanan,,jd cuma andalkan AC depan Yg set dingin maksimal dgn blower minimal.
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Saran Dakar 2013..

Post by piraku »

pernahmiskin wrote:
thirdstar7 wrote: Wed Dec 18, 2019 10:26 Kl mau ambil dokar sih mending cr dr skrg aja om, krn kan perlu waktu jg nyari unit yg agak lumayan min.
Dibanding rush mah jauh bgt Naiknya, rush menurut sy dibanding avanza aja enak avanza.
Cuman menang di gagal eksterior aja, dlmnya jauh sih apalagi vs ama Dakar om
Baik oom, Terima Kasih
Sy jg lg hunting, Tp ga terlalu buru2 jg.

Rush, Exterior & Fitur yg buat sy kepincut waktu membeli..


Kalau dakar sy ngidam dr dulu sekali..

Btw new rush banding old dakar
Suspensi lebih nyaman mana oom ?
Bantu jawab

Kalau naikan seinget saya sama sama grodakan bedanya di tenaga sama tinggi, sama sama kerasnya. Suasana kabin sama sama sempit terutama headroom, bedanya pjs lebih lebar aja. Generasi yang sama saya prefer fortuner naikannya lebih enak, kecuali yg skrang prefer anps daripada anf.

Buat TS

Kalau dari sejarahnya kenapa ga tahan dulu ngumpulin buat ambil anps, nanti pas facelift keluar siapa tau disc nya gede yg pre FL ubahannya jg ga seberapa malah mukanya lebih gagah yg pre FL. Nanti udh beli ops liat anps bergejolak lagi hatinya haha. Daripada nanggung nanggung mending boyong yg baru. Karena yaitu, opa naikannya ga lebih enak juga dari rush. Saya dulu jg 2018 pingin ambil fortuner lama bekas tp karena ini mobil pertama dan belum paham seluk beluk mobil, pingin yg baru dulu jadi ambil terios. Skrang setiap liat fortuner lirik lirik mulu, tp ya tahan aja, belum lunas nyicil ke kantor [emoji23]
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Tats »

Kalo sy rasa2 pjs 2013 lebih nyaman daripada rush om
Tp yg jadi masalah sy pernahnya naik rush generasi kemarin bukan yg baru...
Sy bahas dikit sesuai objektivitas sy ya om hehe

Om TS sy asumsikan pake mobilnya lebih sering nyetir drpd jd penumpang
Kalau sebagai yg nyetir sih jauh banget enakan pjs om dibanding rush
Tenaga & torsi nya enak, trus suara turbo nya bener2 paling bikin ngangenin
Bener2 ngangenin deh suara turbo di era2 old pjs dan fortuner vnt
Malah sengaja suka sy mainin gas nya biar ada suara2 kaya wastegate/BOV nya lah om hehe
Ilustrasi: gas "ngiiiiiiiing" lepas gas "css" ya begitulah kira2

Kelemahannya paling kalo parkir lebih ribet karena gede
Setir berat dan feedback setirnya agak hambar
Dan pjs kons bbmnya ga seirit yg org2 bilang om hehe

Nah kalau jd penumpangnya kalo sy juga masih bisa bilang enakan pajero dibanding rush
Orang2 bilang keras, tp kalo menurut sy malah pas si pajero ini karena jadinya lebih stabil dan masih nyaman kok
Kalau cruising di tol, mau jalan beton sm jalan aspal sama2 enak dan surprisingly lebih terasa stabil dibanding new pjs loh...
Tapi ya bantingan si old pjs kerasa jadi lebih "raw" dibanding new pjs yg kerasa lebih refined
Intinya masih jauh lebih enak dibanding mobil2 baru harga di bawah 300jt an om
Coba aja dulu numpang pjs punya kerabat trus bandingin sm rushnya om

Happy hunting
Amatir
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Dec 16, 2019 15:35

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Amatir »

piraku wrote: Thu Dec 19, 2019 15:37
Bantu jawab

Kalau naikan seinget saya sama sama grodakan bedanya di tenaga sama tinggi, sama sama kerasnya. Suasana kabin sama sama sempit terutama headroom, bedanya pjs lebih lebar aja. Generasi yang sama saya prefer fortuner naikannya lebih enak, kecuali yg skrang prefer anps daripada anf.

Buat TS

Kalau dari sejarahnya kenapa ga tahan dulu ngumpulin buat ambil anps, nanti pas facelift keluar siapa tau disc nya gede yg pre FL ubahannya jg ga seberapa malah mukanya lebih gagah yg pre FL. Nanti udh beli ops liat anps bergejolak lagi hatinya haha. Daripada nanggung nanggung mending boyong yg baru. Karena yaitu, opa naikannya ga lebih enak juga dari rush. Saya dulu jg 2018 pingin ambil fortuner lama bekas tp karena ini mobil pertama dan belum paham seluk beluk mobil, pingin yg baru dulu jadi ambil terios. Skrang setiap liat fortuner lirik lirik mulu, tp ya tahan aja, belum lunas nyicil ke kantor [emoji23]
[/quote]

Baik oom, Terima Kasih.

Dana masih terpakai buat kebutuhan lain oom, jd kemungkinan old dakar sy keep 1-2 tahunan sambil genepin duit buat beli baru.


Tats wrote: Thu Dec 19, 2019 17:33 Kalo sy rasa2 pjs 2013 lebih nyaman daripada rush om
Tp yg jadi masalah sy pernahnya naik rush generasi kemarin bukan yg baru...
Sy bahas dikit sesuai objektivitas sy ya om hehe

Om TS sy asumsikan pake mobilnya lebih sering nyetir drpd jd penumpang
Kalau sebagai yg nyetir sih jauh banget enakan pjs om dibanding rush
Tenaga & torsi nya enak, trus suara turbo nya bener2 paling bikin ngangenin
Bener2 ngangenin deh suara turbo di era2 old pjs dan fortuner vnt
Malah sengaja suka sy mainin gas nya biar ada suara2 kaya wastegate/BOV nya lah om hehe
Ilustrasi: gas "ngiiiiiiiing" lepas gas "css" ya begitulah kira2

Kelemahannya paling kalo parkir lebih ribet karena gede
Setir berat dan feedback setirnya agak hambar
Dan pjs kons bbmnya ga seirit yg org2 bilang om hehe

Nah kalau jd penumpangnya kalo sy juga masih bisa bilang enakan pajero dibanding rush
Orang2 bilang keras, tp kalo menurut sy malah pas si pajero ini karena jadinya lebih stabil dan masih nyaman kok
Kalau cruising di tol, mau jalan beton sm jalan aspal sama2 enak dan surprisingly lebih terasa stabil dibanding new pjs loh...
Tapi ya bantingan si old pjs kerasa jadi lebih "raw" dibanding new pjs yg kerasa lebih refined
Intinya masih jauh lebih enak dibanding mobil2 baru harga di bawah 300jt an om
Coba aja dulu numpang pjs punya kerabat trus bandingin sm rushnya om

Happy hunting
Oke oom, Terima Kasih Advice'nya

Old dakar, sy minat di turbo diesel, sunroof (anak2 pingin), torsi n tenaga lebih dr cukup buat keluarga, dan gagah (subyektif sy)

Kons bbm buat rata2,
1 liter / berapa km ?

Luar kota 1 ltr banding 10km bisa ?

Di rush buat luar kota 1 ltr/14km bbm pertalite
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4384
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Saran Dakar 2013..

Post by ginting »

Amatir wrote:
piraku wrote: Thu Dec 19, 2019 15:37
Bantu jawab

Kalau naikan seinget saya sama sama grodakan bedanya di tenaga sama tinggi, sama sama kerasnya. Suasana kabin sama sama sempit terutama headroom, bedanya pjs lebih lebar aja. Generasi yang sama saya prefer fortuner naikannya lebih enak, kecuali yg skrang prefer anps daripada anf.

Buat TS

Kalau dari sejarahnya kenapa ga tahan dulu ngumpulin buat ambil anps, nanti pas facelift keluar siapa tau disc nya gede yg pre FL ubahannya jg ga seberapa malah mukanya lebih gagah yg pre FL. Nanti udh beli ops liat anps bergejolak lagi hatinya haha. Daripada nanggung nanggung mending boyong yg baru. Karena yaitu, opa naikannya ga lebih enak juga dari rush. Saya dulu jg 2018 pingin ambil fortuner lama bekas tp karena ini mobil pertama dan belum paham seluk beluk mobil, pingin yg baru dulu jadi ambil terios. Skrang setiap liat fortuner lirik lirik mulu, tp ya tahan aja, belum lunas nyicil ke kantor [emoji23]
Baik oom, Terima Kasih.

Dana masih terpakai buat kebutuhan lain oom, jd kemungkinan old dakar sy keep 1-2 tahunan sambil genepin duit buat beli baru.


Tats wrote: Thu Dec 19, 2019 17:33 Kalo sy rasa2 pjs 2013 lebih nyaman daripada rush om
Tp yg jadi masalah sy pernahnya naik rush generasi kemarin bukan yg baru...
Sy bahas dikit sesuai objektivitas sy ya om hehe

Om TS sy asumsikan pake mobilnya lebih sering nyetir drpd jd penumpang
Kalau sebagai yg nyetir sih jauh banget enakan pjs om dibanding rush
Tenaga & torsi nya enak, trus suara turbo nya bener2 paling bikin ngangenin
Bener2 ngangenin deh suara turbo di era2 old pjs dan fortuner vnt
Malah sengaja suka sy mainin gas nya biar ada suara2 kaya wastegate/BOV nya lah om hehe
Ilustrasi: gas "ngiiiiiiiing" lepas gas "css" ya begitulah kira2

Kelemahannya paling kalo parkir lebih ribet karena gede
Setir berat dan feedback setirnya agak hambar
Dan pjs kons bbmnya ga seirit yg org2 bilang om hehe

Nah kalau jd penumpangnya kalo sy juga masih bisa bilang enakan pajero dibanding rush
Orang2 bilang keras, tp kalo menurut sy malah pas si pajero ini karena jadinya lebih stabil dan masih nyaman kok
Kalau cruising di tol, mau jalan beton sm jalan aspal sama2 enak dan surprisingly lebih terasa stabil dibanding new pjs loh...
Tapi ya bantingan si old pjs kerasa jadi lebih "raw" dibanding new pjs yg kerasa lebih refined
Intinya masih jauh lebih enak dibanding mobil2 baru harga di bawah 300jt an om
Coba aja dulu numpang pjs punya kerabat trus bandingin sm rushnya om

Happy hunting
Oke oom, Terima Kasih Advice'nya

Old dakar, sy minat di turbo diesel, sunroof (anak2 pingin), torsi n tenaga lebih dr cukup buat keluarga, dan gagah (subyektif sy)

Kons bbm buat rata2,
1 liter / berapa km ?

Luar kota 1 ltr banding 10km bisa ?

Di rush buat luar kota 1 ltr/14km bbm pertalite[/quote]Old Dakar kawan saya rata rata 1:9 lukot pk biosolar, full to full
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3036
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran Dakar 2013..

Post by KielConstantine »

Menurut gw pribadi sih, enggak bakal nyesel tuker rush ke old dakar. Walaupun tahun tua jg, rata2 masih pada awet mesin & transmisinya . Paling cek injektor aja, sama belt belt (timing/fan) ganti pas odo 100k.

Dirumah, bokap masih pelihara old dakar thn 2014 odo sekitar 70rb. Disuru ganti baru anps malah kagak mau. Katanya "ngapain ganti pajero baru, yg lama masih enak, belom ngerong-rong, pake aja dulu sampe ancur". Wkwkwk :mky_01:

Pernah dibawa dari jkt sampe bali balik jkt lg. No problem, isi solar doank lagi.. full goceng.. fulltank cuman bayar 350rb hahahaha

Fortuner VNT jg ok banget sih, tinggal selera aja. Cari sunroof bs old dakar, cari tampang pejabat bs old fortuner. Sama-sama awet kok. Aman sentosa ngerawatnya murah.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran Dakar 2013..

Post by Pboyz97 »

Worth kok, kelas gak bohong, sama dakar jg mobil yg awet dan perawatannya gampang, part harganya 11 12 sm fortuner VNT. Pinter2 nyari unit yg sehat sm service recordnya lengkap aja
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11