Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

becoolsp
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Tue Jan 14, 2014 0:26

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by becoolsp »

Kemarin2 saya cari di toped, adanya si kaya bantal tambahan yang ditempel di atas cosole box. Kalau mobil2 lain, ada beberapa yang jual custom armrest console box tambahan. Ngayun nya parah ga om, soalnya kemarin pake anps, istri saya ngeluh banget gampang mual duduk di belakang.
?
Yg kaya bantal itu sy ada pakai om, tp tetap enak kalo ada arm rest :big_childish:

Untuk ngayun, justru hebatnya ipah disini, dia ga terlalu ngayun kok om, dan ga terlalu keras. Pass aja buat kelas frame tangga, pernah TD anps kesannya ini kok kaya kapal kena ombak terus, TD forti baru malah suspensinya keras betul. Ipah ditengah2nya lah.

Ipah sih all rounder banget, mengingat kerjaan kerja sendiri, which mean bbrp kali mesti angkut barang, ipah sangat membantu sekali.

Kalo sy sih pasti ambil ipah yah kalo jd ts, tp itu karena dr kecil ortu bawanya panther, taft, L300, dah kebiasaan punya diesel :mky_01:

Voxy juga bagusss om, bagus banget malah, kebagusan kl buat jd mobil satu2nya :weekk:
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

evanbngdor wrote: Fri Nov 15, 2019 4:55
Iriawans wrote: Fri Nov 15, 2019 4:42
Pengalaman saya pake NAV1 selama hampir 5 tahun dan jarak tempuh >120rb km, kaki2 aman dan gakda yg perlu diganti. Mungkin faktor keberuntungan dapet mobil yg bagus kualitas produksinya atau karena rute yg dilalui sehari2 mostly jalan tol. :frm_salut:
Biasannya secara fisik part kaki2 masih kelihatan bagus, cuma tingkat keausan pasti ada Om, misalnya shockbreaker, mungkin secara fisik ngga keliatan bocor/rembes, tp daya redam nya pasti udah berkurang apalagi udah sampe 5 tahun&120rb km.
setuju Om, shockbreaker pastinya udah pernah diganti.
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Iriawans »

ChZ wrote: Fri Nov 15, 2019 4:53
Iriawans wrote: Fri Nov 15, 2019 4:42
Pengalaman saya pake NAV1 selama hampir 5 tahun dan jarak tempuh >120rb km, kaki2 aman dan gakda yg perlu diganti. Mungkin faktor keberuntungan dapet mobil yg bagus kualitas produksinya atau karena rute yg dilalui sehari2 mostly jalan tol. :frm_salut:
nah iya experience may vary sih kalo rutenya bisa menjamin 80% aspal mulus tanpa ketemu jalan rusak si aman-aman saja. pengalaman sendiri soalnya pernah ngurusin Freed temen dan ada temen lain jg pake Freed kaki-kakinya kayak gak pernah bener :mky_01: ada aja masalahnya. Alphard pun keluhan beberapa pengguna juga rattle di kaki-kaki dan steering rack. cm kembali lagi ke rute dan gaya nyetirnya.
iya betul Om Chz. :big_okay:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by pendoli »

Maap males quote dari hp:

Iya om voxy nya daily di jakarta selatan yg banyak tanjakan turunan, sejauh ini belom pernah ga kuat nanjak kok
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by pilotgaruda »

Dilemanya sama kaya ana

Pinginnya voxy, dgn segudang fitur dan kenyamanan, dibanding anki yg kopong

tapi susah buat dipungkiri kl anki lebih reasonable utk jadi mobil harian / "segala medan"

Sampe sekarang ana jg masih belum putuskan anki v diesel at atau voxy

Kakak pake serena c26, sering banget ngegesrot. Even cm mau parkir di alfamidi aja ngegesrot. Keluar mall ngegesrot. Khawatir si voxy bernasib sama

tp ana heran kok mazda biante jarang bgt ngegesrot
ibrahimlubis
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Mon Jan 31, 2011 4:05

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ibrahimlubis »

ChZ wrote: Fri Nov 15, 2019 4:53
Iriawans wrote: Fri Nov 15, 2019 4:42
Pengalaman saya pake NAV1 selama hampir 5 tahun dan jarak tempuh >120rb km, kaki2 aman dan gakda yg perlu diganti. Mungkin faktor keberuntungan dapet mobil yg bagus kualitas produksinya atau karena rute yg dilalui sehari2 mostly jalan tol. :frm_salut:
nah iya experience may vary sih kalo rutenya bisa menjamin 80% aspal mulus tanpa ketemu jalan rusak si aman-aman saja. pengalaman sendiri soalnya pernah ngurusin Freed temen dan ada temen lain jg pake Freed kaki-kakinya kayak gak pernah bener :mky_01: ada aja masalahnya. Alphard pun keluhan beberapa pengguna juga rattle di kaki-kaki dan steering rack. cm kembali lagi ke rute dan gaya nyetirnya.
nambahin aja, kaki2 mobil boxy ini bener2 gak bisa diprediksi.. even cbu jepang atau ckd.. saya pengalaman alphard cbu selama 6 tahun garage queen cuma jalan 30.000 km saja, tetap ada rattle di steering rack, dan sliding door.. temen punya freed, biante, sienta, rata2 masih ada rattle di sliding door..

voxy ini bener2 menggoda.. dengan harganya, dia dah pasti disenangi anak2 dan ibu.. sunroof, seatnya, material oke warna gelap, kabin flat anak2 bisa kesana-kesini.. dimensi juga masih oke, dia ramping, dan gak terlalu panjang..

kalau bener2 gak mau mikirin kaki2, steering rack, rattle sliding door.. dan worry gak mau ke bengkel 2-3 hari, atau mungkin istilahnya ganti oli dan isi ke spbu saja.. saran untuk ts mending anki saja.. mungkin bisa pertimbangkan yg venturer kalau mau fiturnya full..
sapi12
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sat Aug 24, 2019 9:49
Location: Jawa
Daily Vehicle: Rush

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by sapi12 »

Klo sy menyoroti soal rattle saja yaa...
Klo pake voxy harus siap rattle, terutama dr dashboard. Voxy temen baru 5000 km udah rattle. anki g sy smp 40 rb km blum rattle 😬
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 589
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

ChZ wrote: Fri Nov 15, 2019 3:13
mungkin yang dimaksud ada 2 hal :

ANPS buat beberapa orang memang ada keluhan di legroom pengemudi karena desain centerdash nya.

atau

si oom ini gak terbiasa ngurut gas ala mobil diesel. krn ini juga terjadi di saya waktu dulu bawa Santafe diesel :mky_01: kakinya lebih cepet pegel.
Mungkin kali ya, tapi emang tarikan bawah anps berat mampus. Bawa almaz yang terkenal lemot aja feelnya jauh entengan almaz.
PRBS wrote: Fri Nov 15, 2019 3:10 Saya (agak) di posisi om.. mobil perangnya nissan serena C26 (ya mirip2 lah sama voxy, walaupun lebih sophisticated si voxy).. alasannya mobil ini jadi mobil perang sih simple, sliding doornya memudahkan akses keluar masuk, kabin yg super lega dengan (semi) capt seatnya, dan mobil ini memang murni buat “soccer moms” activity (buat antar jemput ke sekolah dan tempat les keponakan saya, buat les balet bareng gangnya dkk)..

Kilometer sudah 85rb, dengan daily activity BSD-Bintaro-Senopati.. kadang buat luarkota trayek jakarta-jogja (isi mobil udah kayak kos2an, ada stroller dkk).. tangguh? Tentu.. kaki2 baru ganti arm depan saja, sama shock belakang, (let say struktur kaki2 si C26 sama dengan voxy ya).. apakah buat daily merepotkan? Tergantung rutenya, kalau saya sih super fine, as long tidak memikirkan FC. Untuk manuver masih oke, apalagi ngubek2 cari jalan alternatif di kemang jaksel, masih oke kok.

Untuk bantu TS voting, saya voting agak 50:50.. separuh hati vote ke voxy, tapi separuh hati ke ANKI.. kenapa? Karena ANKI ini totally all rounded.. dia GC pas buat daily activity, sasis trucknya jaminan tahan banting, mesin dieselnya superior (dan masih bisa diisi solbus loh), dan kaki2nya jauh dari kata ringkih..

So, pilihan di TS sih.. oiya, tambahan lagi.. based on pengalaman saya, kalau daily activity hanya diisi untuk 2-3 orang, agak mubazir pakai mobil sekelas serena dan voxy.. mubazir space dan FC.. masih cocok pakai ANKI (IMHO ya)
Memang si sebenernya paling ideal multi fungsi itu ya anki. kebetulan anak lagi bertumbuh dewasa, udah mulai masuk sekolah, jadi kepikiran manjain anak ama istri ambil mpv roti tawar. kalau ada 2 mobil si, saya udah pasti ambil voxy ga perlu pusing. tapi kalau cuma 1 mobil, masih mencari cerita pengalaman enaknya bawa mobil roti tawar sehari2. Hahaha
ibrahimlubis wrote: Fri Nov 15, 2019 6:01
nambahin aja, kaki2 mobil boxy ini bener2 gak bisa diprediksi.. even cbu jepang atau ckd.. saya pengalaman alphard cbu selama 6 tahun garage queen cuma jalan 30.000 km saja, tetap ada rattle di steering rack, dan sliding door.. temen punya freed, biante, sienta, rata2 masih ada rattle di sliding door..

voxy ini bener2 menggoda.. dengan harganya, dia dah pasti disenangi anak2 dan ibu.. sunroof, seatnya, material oke warna gelap, kabin flat anak2 bisa kesana-kesini.. dimensi juga masih oke, dia ramping, dan gak terlalu panjang..

kalau bener2 gak mau mikirin kaki2, steering rack, rattle sliding door.. dan worry gak mau ke bengkel 2-3 hari, atau mungkin istilahnya ganti oli dan isi ke spbu saja.. saran untuk ts mending anki saja.. mungkin bisa pertimbangkan yg venturer kalau mau fiturnya full..
kayanya kalau venturer tanggung om. kemarin main ke auto2000, walaupun captain seat tapi ladder frame bikin susah gerak antara row 2 dan 3. Haha anki v ini yang bikin off sebenernya ga ada keyless remote sama vsc. hsa ama cruise si hampir ga pernah kepake.
pilotgaruda wrote: Fri Nov 15, 2019 5:58 Dilemanya sama kaya ana

Pinginnya voxy, dgn segudang fitur dan kenyamanan, dibanding anki yg kopong

tapi susah buat dipungkiri kl anki lebih reasonable utk jadi mobil harian / "segala medan"

Sampe sekarang ana jg masih belum putuskan anki v diesel at atau voxy

Kakak pake serena c26, sering banget ngegesrot. Even cm mau parkir di alfamidi aja ngegesrot. Keluar mall ngegesrot. Khawatir si voxy bernasib sama

tp ana heran kok mazda biante jarang bgt ngegesrot
Ternyata banyak juga ya yang dilemanya sama kaya saya. voxy atau anki, bearti voxy ini termasuk sukses ya buat pasaran indonesia. adek saya juga pake c26, kayanya c26 lebih rendah 5mm dari voxy.
pendoli wrote: Fri Nov 15, 2019 5:36 Maap males quote dari hp:

Iya om voxy nya daily di jakarta selatan yg banyak tanjakan turunan, sejauh ini belom pernah ga kuat nanjak kok
sering gasrot ga om selama pake di jakarta ?
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by andyez86 »

dari 2016 awal pakai ANKI diesel V matic...awal2 cukup direpotkan claim ini itu krn batch awal....ditambah Bengkel Resmi yg kurang cerdas....makin nambah ruwet......

tp buat pemakaian sehari2 sangat2 cukup....buat anter jemput tamu kantor oke,buat pergi sama keluarga bisa,bawa barang pernah sampe full cm sisain kursi driver sama sebelahnya buat staff kantor sampe ke jgja aman2 aja,FC dalkot hampir ga pernah dibawah 9.5km/l kondisi kaki sering ngasal bejek gas nya...hahhha...luar kota buat solo-jakarta(puter2 mulai dari jakbar,kota,BSD,PIK,cengkareng dll)-solo cm habis 380rb itupun masih sisa banyak di tangki....kilometer skrg udah 67.500 ga pernah minta aneh2...paling cm 1x ganti aki

Voxy klo rute banyak di kota ato tol trs sih nyaman...cm waktu dipake agk ke pelosok dikit pasti repot soal GC nya...blm lg kaki2 ga bakal sekuat ANKI klo nerjang jalan jelek....
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by PRBS »

Oiya, tambahan lagi.. untuk C26 kalau mau menghindari gesrot, profile bannya ditinggikan (lebih tebal), dan muffler tip nya dicopot aja, punya saya sudah hilang pas naik ferry ke bali hahaha..

Untuk voxy (misal TSnya jadi ambil voxy), profile bannya dipertebal saja, lumayan nambah GC (kalau sekedar menghindari gesrot)
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by geofreyap »

timbermaniac123 wrote: Fri Nov 15, 2019 1:33
geofreyap wrote: Thu Nov 14, 2019 16:32 Voxy lebih luas dalemnya di banding innova.
Tapi all rounder tetep anki sih.
Btw, arm rest yg di maksud di row 1 atau 2 Om ?

Trus masalah pegel kaki naik pajero, mgkn krn jok yg cenderung rendah, jadi posisi lebih jongkok.
Fortuner jg begitu soalnya.
Kalau anki lebih duduk posisinya.
CMIIW
arm rest pintu maksudnya om. bahan beludru sedangkan saya gampang keringetan. pengalaman pake hrv pintu fabric, dipake 2 tahun, fabric armrestnya dakian putih2 gitu. ahahaha
Ohh itu mah tinggal di lapis kulit aja Om.
Customer oe jg banyak yg di lapis kulit, sekalian sama jok tentunya.
:big_smile]
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Auanz »

Itu fc 1:5-6 rute kemana gan??? Apakah jalan merayap atau ky totally stop kaya di sudirman gt kondisinya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Omnibus »

duduk di belakang hrv bertiga sih rasanya ga nyaman, bangku depannya yg nyaman. buat nyetir enak.

kijang duduk belakang enak, disetirin enak. nyetir ga gitu enak. in some cases bikin badan capek. tp praktis mobilnya.

voxy cvt tp body besar dan berat. buat saya cvt cocoknya buat mobil2 kecil msh tolerable rubber band effect nya. bensin pasti paling boros dr ketiganya di dlm kota. kl luar kota mungkin malah paling irit.

kalau mau egois ya hrv. kalau peduli penumpang ..... rasanya kijang lbh pas. cuma hrs tahan aja feeling berasa kaya supir. voxy ..... kl ga cocok dan mau tuker tambah rv nya ga sebagus kijang.

membingungkan memang .... kenapa ga coba merk non-mainstream lagi?
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 589
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

Omnibus wrote: Fri Nov 15, 2019 12:35 duduk di belakang hrv bertiga sih rasanya ga nyaman, bangku depannya yg nyaman. buat nyetir enak.

kijang duduk belakang enak, disetirin enak. nyetir ga gitu enak. in some cases bikin badan capek. tp praktis mobilnya.

voxy cvt tp body besar dan berat. buat saya cvt cocoknya buat mobil2 kecil msh tolerable rubber band effect nya. bensin pasti paling boros dr ketiganya di dlm kota. kl luar kota mungkin malah paling irit.

kalau mau egois ya hrv. kalau peduli penumpang ..... rasanya kijang lbh pas. cuma hrs tahan aja feeling berasa kaya supir. voxy ..... kl ga cocok dan mau tuker tambah rv nya ga sebagus kijang.

membingungkan memang .... kenapa ga coba merk non-mainstream lagi?
haha, kapok om pake merk non mainstream. kemarin kemakan marketing "fitur". ternyata saya baru sadar kalau reliability mesin lebih penting dibanding fitur. Anki v si emang berasa kalah dr hrv di smart key + safety featurenya.

Sebenenrya kalau saya ambil anki / hrv saya row 3 itu akan sangat amat jarang terpakai. karena yang efektif anak, istri, suster semua duduk row 2. biasa buka pintu langsung naik, ga terbiasa nunggu buka row 3 buat suster dulu. Nah saya belum tau apakah istri suka dengan formasi captain seat atau tidak. saya pikirnya mungkin suster akan lebih gampang untuk ambil posisi duduk di belakang (tanpa tumble kursi kaya di anki), istri sama anak bisa duduk sebelahan (didempet tengah). row 3 masih jadi pertimbangan (masih bisa pinjam mobil anps punya orang tua untuk traveling ke luar kota)

Memang secara budget hrv se bisa dapet sekitar 320-330an. legroom saya rasa sama lega dengan innova. tapi saya ga tau kalau lebar row 2 hrv apakah sama dengan innova atau tidak? kalau ternyata lebar sama, kayanya hrv lebih oke ya. Soal fc innova sama hrv sama lah ya.

Auanz wrote: Fri Nov 15, 2019 11:15 Itu fc 1:5-6 rute kemana gan??? Apakah jalan merayap atau ky totally stop kaya di sudirman gt kondisinya?
Ahaha, dalam kota aja. emang rute macet, banyak stop & go lampu merah, rel kereta. yah mirip2 sudirman lah ya. So far mau kemana pun (non tol jakarta) almaz saya konstant 250km sekali isi. Bayangin, bertapa stress nya yang dulu bawa hrv 1:9 rute mirip2. tiba2 turun 1:6. pake 50rb km aja udah beda hampir 30 juta bbm nya
andyez86 wrote: Fri Nov 15, 2019 7:45 dari 2016 awal pakai ANKI diesel V matic...awal2 cukup direpotkan claim ini itu krn batch awal....ditambah Bengkel Resmi yg kurang cerdas....makin nambah ruwet......

tp buat pemakaian sehari2 sangat2 cukup....buat anter jemput tamu kantor oke,buat pergi sama keluarga bisa,bawa barang pernah sampe full cm sisain kursi driver sama sebelahnya buat staff kantor sampe ke jgja aman2 aja,FC dalkot hampir ga pernah dibawah 9.5km/l kondisi kaki sering ngasal bejek gas nya...hahhha...luar kota buat solo-jakarta(puter2 mulai dari jakbar,kota,BSD,PIK,cengkareng dll)-solo cm habis 380rb itupun masih sisa banyak di tangki....kilometer skrg udah 67.500 ga pernah minta aneh2...paling cm 1x ganti aki

Voxy klo rute banyak di kota ato tol trs sih nyaman...cm waktu dipake agk ke pelosok dikit pasti repot soal GC nya...blm lg kaki2 ga bakal sekuat ANKI klo nerjang jalan jelek....
biasa anki nya isi apa om ? saya skeptik diisi dexlite / biosolar. takut mesin jadi rewel (jarang rawat mesin, biasa cuma ikut service berkala aja)
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 589
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by timbermaniac123 »

ada pertanyaan lagi. Sebelumnya ditawarin orang tua, mau ga trade aja pake anps 2016. coba test drive 1 minggu, ternyata terlalu ngayun kaya kapal di jalanan rusak. kalau anki, ketemu jalanan rusak gitu bakal ngayun juga ga ya ? Soalnya anak ama istri kayanya lebih berasa mual duduk di row tengah

apa lebih worth saya ambil anps 2016 ortu saya punya aja trus di atur suspensi nya ? ya secara fitur safety lebih lengkap dibanding innova v si. cuma soal kenyamana penumpang saya masih skeptik. soalnya baru dipake cuma 1 minggu
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by quyquy »

Cuma sekedar kasih infonya aja

Innova bensin kalo sehat bisa dapat 1:8 dalkot.
Lalu kalo di optimalkan bisa dapat 1:9-10 dalkot.

Dan itu msh bisa pake pertalite.

Katakan buat jalan 100km dalkot, innova bensin yg udah di optimalkan cost bahan bakarnya: 85.000 pake pertalite tnp tambahan2 additif.

Nah compare dng yg innova diesel 2GD std. Konsumsi bahan bakarnya 1:12an dalkot. Kalo buat jalan 100km dalkot, cost bahan bakarnya: 97.500.

Pengen murah pake biosolar tp nambah additif, rajin gnt filter solar, oli mesin gnt lebih cepat.

Apa aja yg dioptimalkan utk innova reborn bensin: electric fan, piggyback, exhasut.

Kalo ane jd TS, ane milih innova reborn yg dioptimalkan. Getaran jauh lebih tenang (getaran lho ya bukan suara).
Auanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Sun Aug 26, 2018 14:43
Location: cengkareng

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Auanz »

timbermaniac123 wrote: Fri Nov 15, 2019 15:58
Omnibus wrote: Fri Nov 15, 2019 12:35 duduk di belakang hrv bertiga sih rasanya ga nyaman, bangku depannya yg nyaman. buat nyetir enak.

kijang duduk belakang enak, disetirin enak. nyetir ga gitu enak. in some cases bikin badan capek. tp praktis mobilnya.

voxy cvt tp body besar dan berat. buat saya cvt cocoknya buat mobil2 kecil msh tolerable rubber band effect nya. bensin pasti paling boros dr ketiganya di dlm kota. kl luar kota mungkin malah paling irit.

kalau mau egois ya hrv. kalau peduli penumpang ..... rasanya kijang lbh pas. cuma hrs tahan aja feeling berasa kaya supir. voxy ..... kl ga cocok dan mau tuker tambah rv nya ga sebagus kijang.

membingungkan memang .... kenapa ga coba merk non-mainstream lagi?
haha, kapok om pake merk non mainstream. kemarin kemakan marketing "fitur". ternyata saya baru sadar kalau reliability mesin lebih penting dibanding fitur. Anki v si emang berasa kalah dr hrv di smart key + safety featurenya.

Sebenenrya kalau saya ambil anki / hrv saya row 3 itu akan sangat amat jarang terpakai. karena yang efektif anak, istri, suster semua duduk row 2. biasa buka pintu langsung naik, ga terbiasa nunggu buka row 3 buat suster dulu. Nah saya belum tau apakah istri suka dengan formasi captain seat atau tidak. saya pikirnya mungkin suster akan lebih gampang untuk ambil posisi duduk di belakang (tanpa tumble kursi kaya di anki), istri sama anak bisa duduk sebelahan (didempet tengah). row 3 masih jadi pertimbangan (masih bisa pinjam mobil anps punya orang tua untuk traveling ke luar kota)

Memang secara budget hrv se bisa dapet sekitar 320-330an. legroom saya rasa sama lega dengan innova. tapi saya ga tau kalau lebar row 2 hrv apakah sama dengan innova atau tidak? kalau ternyata lebar sama, kayanya hrv lebih oke ya. Soal fc innova sama hrv sama lah ya.

Auanz wrote: Fri Nov 15, 2019 11:15 Itu fc 1:5-6 rute kemana gan??? Apakah jalan merayap atau ky totally stop kaya di sudirman gt kondisinya?
Ahaha, dalam kota aja. emang rute macet, banyak stop & go lampu merah, rel kereta. yah mirip2 sudirman lah ya. So far mau kemana pun (non tol jakarta) almaz saya konstant 250km sekali isi. Bayangin, bertapa stress nya yang dulu bawa hrv 1:9 rute mirip2. tiba2 turun 1:6. pake 50rb km aja udah beda hampir 30 juta bbm nya
andyez86 wrote: Fri Nov 15, 2019 7:45 dari 2016 awal pakai ANKI diesel V matic...awal2 cukup direpotkan claim ini itu krn batch awal....ditambah Bengkel Resmi yg kurang cerdas....makin nambah ruwet......

tp buat pemakaian sehari2 sangat2 cukup....buat anter jemput tamu kantor oke,buat pergi sama keluarga bisa,bawa barang pernah sampe full cm sisain kursi driver sama sebelahnya buat staff kantor sampe ke jgja aman2 aja,FC dalkot hampir ga pernah dibawah 9.5km/l kondisi kaki sering ngasal bejek gas nya...hahhha...luar kota buat solo-jakarta(puter2 mulai dari jakbar,kota,BSD,PIK,cengkareng dll)-solo cm habis 380rb itupun masih sisa banyak di tangki....kilometer skrg udah 67.500 ga pernah minta aneh2...paling cm 1x ganti aki

Voxy klo rute banyak di kota ato tol trs sih nyaman...cm waktu dipake agk ke pelosok dikit pasti repot soal GC nya...blm lg kaki2 ga bakal sekuat ANKI klo nerjang jalan jelek....
biasa anki nya isi apa om ? saya skeptik diisi dexlite / biosolar. takut mesin jadi rewel (jarang rawat mesin, biasa cuma ikut service berkala aja)
Oooo i see ane jd ada bayangan sih gan. Dulu pas masi pacaran avanza yg orang2 blg irit jg ane fc 1:6-7km krn sering pp ke rumah doi yg di sudirman padahal kantor ane dr cengkareng.

Tp skr sejak jd istri ga perlu ke sono2 lg dan avanza yg tdnya seminggu sekali isi jd 2 minggu sekali isi.

Jd mungkin kl almaz ane jd ambil dgn rute daily bs perkiraan 1:8-9 kali. Karena lokasi ane ga macet ky di sudirman lebih ky di daan mogot gt jalan merayap.

Soalnya skr ane pake mazda 2 sky average di mid bs 1:12.6 untuk rute daily ane. Jd kl pake almaz roughly mungkin 1:8-9 kali ya
paparay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Jul 07, 2017 3:35

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by paparay »

Kemarin dapet case serupa, awalnya bingung voxy dan ipah.
Tapi setelah duduk di bangku tengah voxy jadi mantap untuk tidak ambil. Buat saya dan istri, ergonomi kursi tengah kurang cocok buat duduk lama.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by pilotgaruda »

paparay wrote: Fri Nov 15, 2019 22:29 Kemarin dapet case serupa, awalnya bingung voxy dan ipah.
Tapi setelah duduk di bangku tengah voxy jadi mantap untuk tidak ambil. Buat saya dan istri, ergonomi kursi tengah kurang cocok buat duduk lama.
ipahnya gimana oom? ambil yg desel/bensin? memuaskan? boleh di share ceritanya
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Nugrohonug »

ANKI diesel biaya oprasionalnya murah om kalo pakai biosolar tapi kalo pakai dex ya sama aja, 2GD getaran dan suaranya halus walaupun gak sehalus diesel korea.

Kalo rute om dalkot dan keluar kota yg jalannya gak offroad sih beli voxy aja om


Tetangga sebelah rumah sy awalnya beli venturer diesel trus 2 bln kemudian dia beli voxy karna lebih nyaman, rute tetangga sy dalkot doang.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15592
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by ChZ »

ibrahimlubis wrote: Fri Nov 15, 2019 6:01
nambahin aja, kaki2 mobil boxy ini bener2 gak bisa diprediksi.. even cbu jepang atau ckd.. saya pengalaman alphard cbu selama 6 tahun garage queen cuma jalan 30.000 km saja, tetap ada rattle di steering rack, dan sliding door.. temen punya freed, biante, sienta, rata2 masih ada rattle di sliding door..

voxy ini bener2 menggoda.. dengan harganya, dia dah pasti disenangi anak2 dan ibu.. sunroof, seatnya, material oke warna gelap, kabin flat anak2 bisa kesana-kesini.. dimensi juga masih oke, dia ramping, dan gak terlalu panjang..

kalau bener2 gak mau mikirin kaki2, steering rack, rattle sliding door.. dan worry gak mau ke bengkel 2-3 hari, atau mungkin istilahnya ganti oli dan isi ke spbu saja.. saran untuk ts mending anki saja.. mungkin bisa pertimbangkan yg venturer kalau mau fiturnya full..
taun lalu saya ngetes Vellfire 2018 gen 3 punya seorang member SM sini KM 2.000 juga keluhannya sama : rattle. masalahnya rattle di mobil harga semilyar itu lebih susah ditolerir daripada mobil harga 300 juta :mky_07: pemiliknya sampe misuh-misuh, baru kali ini orang punya mobil 1M malah dikata-katain :mky_07:
timbermaniac123 wrote: Fri Nov 15, 2019 7:21

Mungkin kali ya, tapi emang tarikan bawah anps berat mampus. Bawa almaz yang terkenal lemot aja feelnya jauh entengan almaz.

Memang si sebenernya paling ideal multi fungsi itu ya anki. kebetulan anak lagi bertumbuh dewasa, udah mulai masuk sekolah, jadi kepikiran manjain anak ama istri ambil mpv roti tawar. kalau ada 2 mobil si, saya udah pasti ambil voxy ga perlu pusing. tapi kalau cuma 1 mobil, masih mencari cerita pengalaman enaknya bawa mobil roti tawar sehari2. Hahaha
hmmm efek biosolar? krn seingat ane ANPS kok ga seberat itu yah, apa batch yang CKD beda. soalnya kata mbah bebonk setelan ECU dakar CKD beda ma CBU :e-think: dulu pengalaman gini di Grandis juga yang 2005 bawahnya berat mampus, yang 2008 enteng sampe bisa spin spin

Ngomongin mobil roti tawar si dari pengalaman orang yang pake pada gak jarang yang setir sendiri.

pengalaman ane bawa juga nggak se-heboh itu. bbrp kali bawa (Serena C24, Alphard gen 2, Vellfire gen 3, Elgrand E52 V6) nyetirnya lumayan friendly untuk dibawa sendiri. Justru saya ngerasa lebih secure bawa roti tawar daripada ladderframe SUV.

Badan boxy justru lebih gampang ngepasinnya pas parkir karena gak banyak lekukan. Perasaan saya bawa CRV dan bawa Alphard lebih gampang bawa Alphard buat ngepasin bodinya pas parkir... moncongnya pendek dan belakangnya kotak aja gitu. Voxy seharusnya lebih gampang, Serena juga gampang banget. Saya pas bawa C24 malah ke desa-desa masuk ke rumah penduduk yang sempit. Gak susah.

cuma kebanyakan orang beratnya di image : pake roti tawar masa setir sendiri, atau kadang udah terintimidasi dulu liat mundur kacanya jauh bener. :mky_07: pdhl pake roti tawar kadang malah dikasi VIP parking space krn dianggep mobil mewah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by andyez86 »

ANKI 2GD isi solar aja gpp.....sesekali tambahin aditif lah.....tp liat kondisi solar akhir2 koq sptnya kurang bagus saya mix ama pertadex sih....perbandingan 3:1 ato 2:1 tergantung kondisi.....dompet kwkwkwkwkkw........
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by matra »

timbermaniac123 wrote: Fri Nov 15, 2019 16:27 ada pertanyaan lagi. Sebelumnya ditawarin orang tua, mau ga trade aja pake anps 2016. coba test drive 1 minggu, ternyata terlalu ngayun kaya kapal di jalanan rusak. kalau anki, ketemu jalanan rusak gitu bakal ngayun juga ga ya ? Soalnya anak ama istri kayanya lebih berasa mual duduk di row tengah

apa lebih worth saya ambil anps 2016 ortu saya punya aja trus di atur suspensi nya ? ya secara fitur safety lebih lengkap dibanding innova v si. cuma soal kenyamana penumpang saya masih skeptik. soalnya baru dipake cuma 1 minggu
innova sama2 ngayun suspensinya,karena struktur chasisnya
kalau anps 2016 mau di buat kurang ngayun haruns ganti shockbreaker yang bagusan
albertkartono
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by albertkartono »

Voxy ud paling masuk akal sbnrny om, aplg klo misalny kedepanny mau nambah anak lagi. Cmg kl merasa ga nyaman bawa buat harian ya ANKI paling balance sih. Di remap bisa buat ngacir, bantingan msh lumayan nyaman,suara diesel sih ud trmsk diesel modern ga geter2 parah kyk diesel jadul. Opsi lain ad sienta Q om. Kabin lumayan lega jg utk uk compact begitu,sliding door gmpg buat akses baris 2,nyaman bantinganny, compact, dibawa msh ad rasa fun to drive vs voxy yg bobotny jauh lb berat,irit bbm pastiny 1.5+cvt+body ringan
:mky_02: :big_exellent: :big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mobil keluarga sekaligus mobil kerja harian

Post by Omnibus »

timbermaniac123 wrote: Fri Nov 15, 2019 15:58

------tapi saya ga tau kalau lebar row 2 hrv apakah sama dengan innova atau tidak? kalau ternyata lebar sama, kayanya hrv lebih oke ya. Soal fc innova sama hrv sama lah ya.


----------

Ahaha, dalam kota aja. emang rute macet, banyak stop & go lampu merah, rel kereta. yah mirip2 sudirman lah ya. So far mau kemana pun (non tol jakarta) almaz saya konstant 250km sekali isi. Bayangin, bertapa stress nya yang dulu bawa hrv 1:9 rute mirip2. tiba2 turun 1:6. pake 50rb km aja udah beda hampir 30 juta bbm nya
hrv sempit sih engga tp rasanya lebih lebar innova. cuma yg musti dilihat itu row 2 hrv busa joknya tipis ga enak dipake duduk lama2 apalagi suspensi lbh firm drpd innova. kl urusan penumpang innova lebih nyaman.

bensin hrv 1:9 dulu kan, saya kebayang rutenya gimana yg sering dilewatin, setara sm dulu serena c26 saya 1:6an paling irit 1:7. Sy ga tau voxy tp secara konfigurasi sih mendekati c26 jd asumsi kondisi dalkot stop n go pasti lbh boros dan lemot voxy drpd innova (cvt bensin vs geared at diesel).

Test drive aja innova n voxy. Kl hrv sementara coret lah, udah pernah punya juga kan. Kl saya krn alasan konsumsi bbm dan kenyamanan akan pilihnya innova.