Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
As subjek
Harga listrik di Indo = Rp 1500 / Kwh
Kapasitas batere =
TESLA S P100 D = 95 - 100 Kw (utk 450 Km)
NIO ES 8 = 70 Kw (anggap 400 - 450 Km)
Jadi andai ke 2 mobil tsb isi full dari 0
TESLA S P 100 D = Rp 150.000
NIO ES 8 = Rp 105.000
Dan anda bisa bawa 400 - 450 Km
Sekarang bandingkan dgn mesin bensin isi Pertabo / V Power 95
Andai kapasitas tangki 50 L saja
50 X 12.000 = Rp 600.000
Oke skg bandingkan mobil Diesel isi BioSolar
Tangki 50 L = Rp 257.000
Tangki 60 L = Rp 300.000 lebih
Too Bad mobil owe saat ini nggak bisa di Charge !!
akakakakakakkakaak
Harga listrik di Indo = Rp 1500 / Kwh
Kapasitas batere =
TESLA S P100 D = 95 - 100 Kw (utk 450 Km)
NIO ES 8 = 70 Kw (anggap 400 - 450 Km)
Jadi andai ke 2 mobil tsb isi full dari 0
TESLA S P 100 D = Rp 150.000
NIO ES 8 = Rp 105.000
Dan anda bisa bawa 400 - 450 Km
Sekarang bandingkan dgn mesin bensin isi Pertabo / V Power 95
Andai kapasitas tangki 50 L saja
50 X 12.000 = Rp 600.000
Oke skg bandingkan mobil Diesel isi BioSolar
Tangki 50 L = Rp 257.000
Tangki 60 L = Rp 300.000 lebih
Too Bad mobil owe saat ini nggak bisa di Charge !!
akakakakakakkakaak
Last edited by Turboman on Sat Nov 09, 2019 8:52, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Tue Apr 16, 2019 23:03
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Yang paling mungkin ke beli sih wuling e100
tapi katanya sekali charge bisa jalan 250km an dengan ac nyala dan lagu
dan wuling e 100 sepertinya juga didesain untuk charge setiap malam dengan mode charge biasa sekitar 8 jam
mungkin harus dibandingkan dengan konsumsi ron 92 ya
tapi katanya sekali charge bisa jalan 250km an dengan ac nyala dan lagu
dan wuling e 100 sepertinya juga didesain untuk charge setiap malam dengan mode charge biasa sekitar 8 jam
mungkin harus dibandingkan dengan konsumsi ron 92 ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Aug 24, 2016 1:15
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Tp kalau sekarang pake daya listrik rumah 2200 VA ngisi full lebih dari sehari semalam, mending pake bbm. Mungkin lain cerita kalau fast charging station sudah banyak
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
dengar2 sih PLN bikin paket sistem charging station utk pasang di rumahhayamjalu wrote:Tp kalau sekarang pake daya listrik rumah 2200 VA ngisi full lebih dari sehari semalam, mending pake bbm. Mungkin lain cerita kalau fast charging station sudah banyak
biaya sekali nge charge full saat ini cuman kena Rp 70.000
ya colok dari jam 11 malam misal, tinggal tidur en pagi cabut
memang idealnya sih PLN bisa menyediakan charging station di semua Rest Area sepanjang Tol Trans Jawa / Tol Trans Sumatra
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Dan mungkin yang perlu dihitung juga adalah kapan dan berapa biaya ganti baterainya. Eh tapi ini jatuhnya seperti biaya maintenance ya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Dengan ramai nya penggunaan mobil Listrik, maka IPP / Independent Power Producer harusnya juga bisa jual listriknya sendiri, baik ke kawasan industri maupun utk charging station.......jual sendiri en gak perlu jual ke PLN
misal dijual Rp 1700 / Kwh tapi Charging station nya Ultra Fast kelas IONITY yg bisa charge full gak sampe 30 menit, orang pasti rela
Ngr charge TESLA S P 100 D sampe full bayar 150 - 170 rb misal, tapi cukup 15 - 20 menit aja
Potensi listrik Geothermal Indonesia = 27 Gw
Potensi listrik tenaga angin di Indonesia = 60 Gw (katanya)
PLTB (Bayu) sepanjang pantai selatan Jawa, di lokasi2 PLTB / PLTG dibuat Ultra Fast Charging, kalo perlu nge charge saat jam 22.00 - 06.00 tarip diskon 50%, toh antara Full Load / No Load utk Listrik nya jalan terus (Geothermal / Angin), jadi daripada sia3 mending buat nge charge mobil.......
wkwkwkww
misal dijual Rp 1700 / Kwh tapi Charging station nya Ultra Fast kelas IONITY yg bisa charge full gak sampe 30 menit, orang pasti rela
Ngr charge TESLA S P 100 D sampe full bayar 150 - 170 rb misal, tapi cukup 15 - 20 menit aja
Potensi listrik Geothermal Indonesia = 27 Gw
Potensi listrik tenaga angin di Indonesia = 60 Gw (katanya)
PLTB (Bayu) sepanjang pantai selatan Jawa, di lokasi2 PLTB / PLTG dibuat Ultra Fast Charging, kalo perlu nge charge saat jam 22.00 - 06.00 tarip diskon 50%, toh antara Full Load / No Load utk Listrik nya jalan terus (Geothermal / Angin), jadi daripada sia3 mending buat nge charge mobil.......
wkwkwkww
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Saya pribadi juga cukup tertarik dgn mobil EV ini dan sudah lama memperhatikan perkembangannya. Kalau di tempat saya kerja di pabrik sudah menggunakan forklift tenaga batery merk ""Koxxxxx" untuk waktu yg cukup lama sampai sekarang masih operasional. Saya pribadi masih menggunakan mobil berbahan bakar bensin sampai sekarang dan berharap ke depan akan banyak pabrikan yg menjual mobil EV dgn harga yg terjangkau di domestic market biar bisa ngerasain dan memanfaatkan mobil yg tidak ada asap keluar dari knalpotnya dan senyap mesinnya serta biaya chargingnya sangat jauh lebih murah dari pada isi bbm mobil ICE.Turboman wrote:As subjek
Harga listrik di Indo = Rp 1500 / Kwh
Kapasitas batere =
TESLA S P100 D = 95 - 100 Kw (utk 450 Km)
NIO ES 8 = 70 Kw (anggap 400 - 450 Km)
Jadi andai ke 2 mobil tsb isi full dari 0
TESLA S P 100 D = Rp 150.000
NIO ES 8 = Rp 105.000
Dan anda bisa bawa 400 - 450 Km
Sekarang bandingkan dgn mesin bensin isi Pertabo / V Power 95
Andai kapasitas tangki 50 L saja
50 X 12.000 = Rp 600.000
Oke skg bandingkan mobil Diesel isi BioSolar
Tangki 50 L = Rp 257.000
Tangki 60 L = Rp 300.000 lebih
Too Bad mobil owe saat ini nggak bisa di Charge !!
akakakakakakkakaak

HR15DE 2014
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Kecepatan Charge IONITY Charging
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Yesmboisker wrote:Dan mungkin yang perlu dihitung juga adalah kapan dan berapa biaya ganti baterainya. Eh tapi ini jatuhnya seperti biaya maintenance ya.
soal garansi batere ini yg sgt penting
tapi saya percaya ke depannya harga batere bisa turun krn volume produksi batere akan terus naik (saat ini dimotori oleh CATL)
Juga perkembangan teknik batere, ada bbrp potensi yg masih belum tergarap maksimal
- Li - Ni - Cobalt Battery
- Graphene battery
- Aluminium Air battery
yang semua itu konon energy density di atas Li Ion battery
bayangkan di masa datang mungkin battery Hape kita akan main di level 10 - 12 rb mAH dengan ukuran yg sama dgn batere Li Ion yg ada skg
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Mulai akan menjamur ketika perubahan Pajak Penjualan Mobil efektif berlaku per 2021 (yg sudah dittd presiden).
yg mana PPnBM EV paling kecil, berdasarkan emisi gas buang terendah / equal to zero
jika tidak ada perubahan lagi, sampai 2021 harapannya akan makin banyak quick-charging station.
yg mana PPnBM EV paling kecil, berdasarkan emisi gas buang terendah / equal to zero

jika tidak ada perubahan lagi, sampai 2021 harapannya akan makin banyak quick-charging station.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1212
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik
Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Kalau hanya melihat faktor biaya yg harus dikeluarkan, tentu harus memasukan harga mobil.
Katakan beda 500 jt, dibagi 12 ribu dapat 41666 liter, cukup utk 416000 km. Belum dikurangi biaya ngecharge ev untuk jalan sejauh 416000 km, brp coba? Hehe..
Tapi tuk faktor lain misal pertimbangan lingkungan lain lagi. Tetep sih next beli ev harusnya sudah lebih terjangkau.
Katakan beda 500 jt, dibagi 12 ribu dapat 41666 liter, cukup utk 416000 km. Belum dikurangi biaya ngecharge ev untuk jalan sejauh 416000 km, brp coba? Hehe..
Tapi tuk faktor lain misal pertimbangan lingkungan lain lagi. Tetep sih next beli ev harusnya sudah lebih terjangkau.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
harga2 EV di sini akan lebih riil setelah 2021 dimana pajak emisi CO2 akan berlaku, itupun kalo gak muncul pajak2 aneh2 lagi.....wkwkwkwk.......kalo harga2 saat ini memang masi gak realistisskylion wrote:Kalau hanya melihat faktor biaya yg harus dikeluarkan, tentu harus memasukan harga mobil.
Katakan beda 500 jt, dibagi 12 ribu dapat 41666 liter, cukup utk 416000 km. Belum dikurangi biaya ngecharge ev untuk jalan sejauh 416000 km, brp coba? Hehe..
Tapi tuk faktor lain misal pertimbangan lingkungan lain lagi. Tetep sih next beli ev harusnya sudah lebih terjangkau.
Kalo bicara harga asli mobilnya sendiri (FoB) dibandingkan dgn Performa nya, udah gak ada cerita ICE cars akan menang dgn harga yg setara
Terutama soal 0 - 100 nya, si EV gak ada ritual ganti gigi.....Torsi electro motor guede2 en udah nendang sejak motor mulai berputar.........tinggal tergantung setting inverter nya ajah, mau akselerasi smooth / Brutal
Last edited by Turboman on Sat Nov 09, 2019 18:06, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Honda E dengan batere 35 Kw dan konon jarak tempuh cuman 200 - 220 km
35 Kw means kalo isi dari 0 cuman kena Rp 53.000.......udah bisa Jkt - Puncak PP
Cuman kayaknya ini mahal juga buat ukuran City Car ?
ekekekekke
35 Kw means kalo isi dari 0 cuman kena Rp 53.000.......udah bisa Jkt - Puncak PP
Cuman kayaknya ini mahal juga buat ukuran City Car ?
ekekekekke
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
udah itu kualitas meteran listrik yg PraBayar juga menyedihkanZaxis wrote:PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik
Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
ane pernah alamin meteran listrik error gara2 kemasukkin semut, udah itu klaim dan proses penggantiannya lamaaaa bener.......untung itu meterannya ada di rumah yang masih kosong
Jika trend EV berkembang dgn pesat memang Perusahaan listrik negara pelan3 bisa menyaingi perusahaan minyak dlm penyediaan energy Transportasi.......masalahnya sanggup gak nih si PLN utk membangun jaringan SPKLU secara luas dgn cepat......trus Byar Pett makin parah nggak gara2 banyaknya Ultra Fast charging.......wkwkwkwkkwkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
- Daily Vehicle: Pajero 4N15
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Apa ada yg tahu berapa cycling battery utk mobil EV ini ?
Pengalaman saya, di negri kita yg tropis ini (temperatur udara panas) ketahanan battery sangat rentan drop..
Battery dengan kapasitas 1200 cycle saja hanya bertahan 2 tahunan (sekitar 750-an cycle) di iklim negri kita..
Artinya, jika tiap 2 tahun harus ganti battery, dan ini dihitung sebagai variable running cost mobil EV, apa masih tetap bisa dikatakan running cost-nya lebih murah dibanding mobil dengan engine bbm fosil ?
Pengalaman saya, di negri kita yg tropis ini (temperatur udara panas) ketahanan battery sangat rentan drop..
Battery dengan kapasitas 1200 cycle saja hanya bertahan 2 tahunan (sekitar 750-an cycle) di iklim negri kita..
Artinya, jika tiap 2 tahun harus ganti battery, dan ini dihitung sebagai variable running cost mobil EV, apa masih tetap bisa dikatakan running cost-nya lebih murah dibanding mobil dengan engine bbm fosil ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Pasang solar panel di atap rumah buat ngecharge cukup ga ya? Jadi ga begitu tergantung PLNTurboman wrote:udah itu kualitas meteran listrik yg PraBayar juga menyedihkanZaxis wrote:PLN harus bikin program tambah daya gratis biar sukses program mobil listrik
Ganti mcb aja masa musti bayar jutaan
ane pernah alamin meteran listrik error gara2 kemasukkin semut, udah itu klaim dan proses penggantiannya lamaaaa bener.......untung itu meterannya ada di rumah yang masih kosong
Jika trend EV berkembang dgn pesat memang Perusahaan listrik negara pelan3 bisa menyaingi perusahaan minyak dlm penyediaan energy Transportasi.......masalahnya sanggup gak nih si PLN utk membangun jaringan SPKLU secara luas dgn cepat......trus Byar Pett makin parah nggak gara2 banyaknya Ultra Fast charging.......wkwkwkwkkwkwkw
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Pilih mobil yang dilengkapi battery cooler dongg .......wkwkwkwkwgerobak nippon wrote:Apa ada yg tahu berapa cycling battery utk mobil EV ini ?
Pengalaman saya, di negri kita yg tropis ini (temperatur udara panas) ketahanan battery sangat rentan drop..
Battery dengan kapasitas 1200 cycle saja hanya bertahan 2 tahunan (sekitar 750-an cycle) di iklim negri kita..
Artinya, jika tiap 2 tahun harus ganti battery, dan ini dihitung sebagai variable running cost mobil EV, apa masih tetap bisa dikatakan running cost-nya lebih murah dibanding mobil dengan engine bbm fosil ?
Btw harusnya sih rata2 EV cars ada battery cooling system, kalo ngga gimana Tesla / Leaf owner yang tinggal di Florida / Hawaii / Arizona ?
Yang jadi problem justru di daerah yg sangat dingin, kemampuan batere jadi menurun saat suhu sgt dingin, makanya di aki mobil kita juga ada satuan CCA qq Cold Cranking Ampere alias besarnya arus saat si aki di suhu 0 derajat Fahrenheit......di bawah 0 F angka CCA akan menurun
Well tetap perlu ada pengembangan lebih lanjut soal battery management ini baik utk pengoperasian di iklim sgt panas / sgt dingin
CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
EV cars yg saya tunggu : wuling e100 dan nissan leaf
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
si Samsung mulai produksi Graphene battery utk HaPe nya
kapasitas 5000 mAh dgn waktu charging dr 0 sampe full cuman 13 menit katanya........
Dgn bahan Graphene harusnya harga batere akan turun karena harga bahan baku Karbon lebih murah daripada garam Lithium......Graphene bisa di sintesa dari batubara / marerial karbon lain
CMIIW
kapasitas 5000 mAh dgn waktu charging dr 0 sampe full cuman 13 menit katanya........
Dgn bahan Graphene harusnya harga batere akan turun karena harga bahan baku Karbon lebih murah daripada garam Lithium......Graphene bisa di sintesa dari batubara / marerial karbon lain
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Energy Absolute - Thailand akan membuat pabrik batere di Thailand yg lebih besar drpd pabrik batere Panasonic - Tesla di US
Konon mereka juga akan bikin 1000 charging station di Thai
Spt nya Thailand juga akan "ngebut" dgn program EV cars........
NAH ini akan jadi ajang test gimana reliability EV cars di iklim Tropis
https://asia.nikkei.com/Business/Busine ... igafactory
https://www.bangkokpost.com/business/17 ... c-paradise
Konon mereka juga akan bikin 1000 charging station di Thai
Spt nya Thailand juga akan "ngebut" dgn program EV cars........
NAH ini akan jadi ajang test gimana reliability EV cars di iklim Tropis
https://asia.nikkei.com/Business/Busine ... igafactory
https://www.bangkokpost.com/business/17 ... c-paradise
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Honda E menarik buat komuter dalam kota jarak dekat, kyknya emang diset Honda buat menjadi mobil listrik masal yang terjangkau harganya, semoga nanti skema pajak baru berlaku akan muncul honda E atau nissan leafTurboman wrote: Sat Nov 09, 2019 18:23 Honda E dengan batere 35 Kw dan konon jarak tempuh cuman 200 - 220 km
35 Kw means kalo isi dari 0 cuman kena Rp 53.000.......udah bisa Jkt - Puncak PP
Cuman kayaknya ini mahal juga buat ukuran City Car ?
ekekekekke
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
produk mobil listril yang cukup murah untuk awal di indonesia
wuling e100
dfsk glory e3
wuling e100
dfsk glory e3
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Miev udah discontinue ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Saya malah bermimpi kelak suatu saat nanti, di masa EV booming, akan muncul kendaraan dgn wireless-ultra fast charging, di bawah jalan udh ada panel charge nya sehingga sambil berenti stopan skitar 3menit, sambil isi batre tau2 full
g ada cerita antri2 charge atau apalah:off_good_job:



