misi om" semua
mau minta saran
bulan lalu saya remap sekalian ganti DP dan FP mobil saya honda brv manual di salah satu bengkel surabaya..
dan baru minggu lalu ane ngolong liat ternyata egr nya di tutup sama empuh nya bengkel..
ane sempat nanya sama empuhnya bengkel katanya ga ada masalah..
apakah nutup egr di mesin bensin g masalah ya om" semuanya?? ada resiko ga ya??
terima kasih om" semua
menutup egr mesin honda L15Z
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: menutup egr mesin honda L15Z
engga. mobil jadul kaga ada EGR bae2 aja. mobil ane (Mitsu 4G69) slot EGR-nya malah disumbat dari pabrik.
EGR di mesin bensin mostly urusannya buat ngurangi emisi NOx...
ada juga efeknya ke efisiensi BBM, tapi harusnya gak banyak.
EGR di mesin bensin mostly urusannya buat ngurangi emisi NOx...
ada juga efeknya ke efisiensi BBM, tapi harusnya gak banyak.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: menutup egr mesin honda L15Z
Saya pernah baca EGR yang bikin mesin bensin ga ngelitik dengan kompresi 1:10 ke atas. Karena mesin bensin harus selalu stoichiometrik, ketika mesin dalam kondisi beban partial, throttle terbuka sedikit, maka hanya sedikit oksigen yang masuk bersama dengan bensin (14:1). Karena ruang silinder volumenya fixed, maka sisa volume dipenuhi oleh gas EGR yang inert. Sehingga efeknya seperti menaikkan kompresi ratio.
Dulu belum ada EGR mesin bensin kompresi rasionya cuma bisa 1:9 maks.
Dulu belum ada EGR mesin bensin kompresi rasionya cuma bisa 1:9 maks.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
- Location: Jakarta
Re: menutup egr mesin honda L15Z
sebetulnya rugi menutup egr untuk mesin bensin khususnya mesin dengan port injection, karena pada dasarnya egr cuma bekerja di rpm rendah dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Tapi pada rpm atas, egr selalu tertutup.
Untuk pemakaian harian tentunya menutup egr bikin mesin jadi lebih boros bahan bakar
Untuk pemakaian harian tentunya menutup egr bikin mesin jadi lebih boros bahan bakar
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: menutup egr mesin honda L15Z
dulu jazz saya pipa egrnya pecah
terus coba ditutup malah nyala indikator check engine
akhirnya bikin pipa egr di budi knalpot
mungkin kalo sudah diremap sih ga masalah, karena tuningnya sudah disesuaikan dengan kondisi tsb
makanya check engine juga ga nyala
terus coba ditutup malah nyala indikator check engine
akhirnya bikin pipa egr di budi knalpot
mungkin kalo sudah diremap sih ga masalah, karena tuningnya sudah disesuaikan dengan kondisi tsb
makanya check engine juga ga nyala
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Mon Jun 13, 2016 14:47
Re: menutup egr mesin honda L15Z
jadi emang lebih baik di buka lagi ya om??
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota F653RM
Re: menutup egr mesin honda L15Z
paling baik ya balikin ke standar pabrik aja om. buka lagi.fikrebi wrote: Sat Oct 19, 2019 1:35 jadi emang lebih baik di buka lagi ya om??
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: menutup egr mesin honda L15Z
Kalo ane di posisi om, ane bakal tanya dulu sama mekanik yg modif downpipe nya, apa emang dia nutup EGR dulu. Kalo emang dia yg nutup, minta buka lagi aja krn setau ane fungsi EGR itu penting untuk mengurangi emisi NOx sama menjaga suhu ruang bakar supaya tetap dalam batas aman khususnya pada rpm tinggi. CMIIWfikrebi wrote: Sat Oct 19, 2019 1:35 jadi emang lebih baik di buka lagi ya om??
saya kemarin ga perhatikan sih pas di pasang DP nya
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Jan 02, 2020 2:14
- Location: Bandung
Re: menutup egr mesin honda L15Z
Maaf gan bukannya EGR menutup di rpm rendah (idle) dan EGR bekerja pada saat engine dapat beban (high rpm)? CMMIWdiveblues wrote: Fri Oct 18, 2019 12:11 sebetulnya rugi menutup egr untuk mesin bensin khususnya mesin dengan port injection, karena pada dasarnya egr cuma bekerja di rpm rendah dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Tapi pada rpm atas, egr selalu tertutup.
Untuk pemakaian harian tentunya menutup egr bikin mesin jadi lebih boros bahan bakar

Referensi dari aa1car.com
https://www.aa1car.com/library/egr.htm
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
- Daily Vehicle: RU1
Re: menutup egr mesin honda L15Z
ikut nimbrung aja kalo di spin diesel EGR nyala di persneling tinggi (4 dan 5 saja) dan load rendah-medium dengan rpm under 2500. selebihnya egrnya nutup pol.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: menutup egr mesin honda L15Z
Dari Wikipedia:
EGR is typically not employed at high loads because it would reduce peak power output. This is because it reduces the intake charge density. EGR is also omitted at idle (low-speed, zero load) because it would cause unstable combustion, resulting in rough idle.
translation:
EGR biasanya tidak digunakan pada beban tinggi karena akan mengurangi output daya puncak. Ini karena mengurangi kepadatan asupan intake. EGR juga dihilangkan saat idle (kecepatan rendah, beban nol) karena akan menyebabkan pembakaran yang tidak stabil, menghasilkan idle kasar.
EGR is typically not employed at high loads because it would reduce peak power output. This is because it reduces the intake charge density. EGR is also omitted at idle (low-speed, zero load) because it would cause unstable combustion, resulting in rough idle.
translation:
EGR biasanya tidak digunakan pada beban tinggi karena akan mengurangi output daya puncak. Ini karena mengurangi kepadatan asupan intake. EGR juga dihilangkan saat idle (kecepatan rendah, beban nol) karena akan menyebabkan pembakaran yang tidak stabil, menghasilkan idle kasar.