Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Hallo semuanya.
Saya habis beli l300 thn 2016. Second. Awal pemakaian tidak ada masalah. Tapi sekarang mesinnya rewel. Pagi2 susah starter sampai aki tekor.
Gejalanya mesin menggelitik. Tutup oli dan indikator level oli mengeluarkan asap putih,tenaga lemah. makan oli.
Apa ini indikasi untuk turun mesin?
Kalau penyakit nozel bermasalah gejalanya apa saja?
Trims pengalamannya.
Saya habis beli l300 thn 2016. Second. Awal pemakaian tidak ada masalah. Tapi sekarang mesinnya rewel. Pagi2 susah starter sampai aki tekor.
Gejalanya mesin menggelitik. Tutup oli dan indikator level oli mengeluarkan asap putih,tenaga lemah. makan oli.
Apa ini indikasi untuk turun mesin?
Kalau penyakit nozel bermasalah gejalanya apa saja?
Trims pengalamannya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
kalo nosel masalah setau saya ga makan oli, tapi bisa2 oli malah nambah kl nosel bocor
patokan saya diesel perlu turun mesin kalo tenaga udah turun, buka tutup oli berasa ada angin keluar
btw makan oli seberapa parahnya?
patokan saya diesel perlu turun mesin kalo tenaga udah turun, buka tutup oli berasa ada angin keluar
btw makan oli seberapa parahnya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Apr 22, 2017 2:04
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
2KD saya juga nih, keluar asap putih dari tutup oli dan lubang dipstick apabila dibuka kalau mesin sudah panas (temperature kurang sedikit dari setengah), tapi tidak makan oli. Apa ada yang pernah mengalami? Mohon pencerahan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Makasih bang infonya. Saya sudah cek memang ada asap+angin keluar dari tutup olinya. Oli nambah kira2 1ltr per1000 kmMSU wrote:kalo nosel masalah setau saya ga makan oli, tapi bisa2 oli malah nambah kl nosel bocor
patokan saya diesel perlu turun mesin kalo tenaga udah turun, buka tutup oli berasa ada angin keluar
btw makan oli seberapa parahnya?
Untuk overhaul ditunda dulu asal rajin kontrol olinya. (Nabung biayanya bocoran 10-15 jt)
Cuma ya itu aduh pagi terkadang susah starter sampai harus dorong2.
Kalau nozel bermasalah gejala penyakitnya apa donk bang??
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
betul sekali...turmes 4D56 L300 sediakan sekitar angka segitubm9792ct wrote: Fri Oct 04, 2019 6:17Makasih bang infonya. Saya sudah cek memang ada asap+angin keluar dari tutup olinya. Oli nambah kira2 1ltr per1000 kmMSU wrote:kalo nosel masalah setau saya ga makan oli, tapi bisa2 oli malah nambah kl nosel bocor
patokan saya diesel perlu turun mesin kalo tenaga udah turun, buka tutup oli berasa ada angin keluar
btw makan oli seberapa parahnya?
Untuk overhaul ditunda dulu asal rajin kontrol olinya. (Nabung biayanya bocoran 10-15 jt)
Cuma ya itu aduh pagi terkadang susah starter sampai harus dorong2.
Kalau nozel bermasalah gejala penyakitnya apa donk bang??
kondisi busi pemanas gimana? mgkn mati?
kalo nosel kebanyakan ke tenaga aja jelek..
1liter per 1000km ya udah parah sih haha...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Tenaga juga kurang.bawa 2 ton deg2 juga ngatur nafasnya.MSU wrote:betul sekali...turmes 4D56 L300 sediakan sekitar angka segitubm9792ct wrote: Fri Oct 04, 2019 6:17Makasih bang infonya. Saya sudah cek memang ada asap+angin keluar dari tutup olinya. Oli nambah kira2 1ltr per1000 kmMSU wrote:kalo nosel masalah setau saya ga makan oli, tapi bisa2 oli malah nambah kl nosel bocor
patokan saya diesel perlu turun mesin kalo tenaga udah turun, buka tutup oli berasa ada angin keluar
btw makan oli seberapa parahnya?
Untuk overhaul ditunda dulu asal rajin kontrol olinya. (Nabung biayanya bocoran 10-15 jt)
Cuma ya itu aduh pagi terkadang susah starter sampai harus dorong2.
Kalau nozel bermasalah gejala penyakitnya apa donk bang??
kondisi busi pemanas gimana? mgkn mati?
kalo nosel kebanyakan ke tenaga aja jelek..
1liter per 1000km ya udah parah sih haha...
Kayaknya komplikasi deh bang rencana coba servis nozel sebelum overhaul.
Beli seken gk teliti jadinya banyak PR.
Btw Dnger2 l300 baru kualitasnya juga menurun. Bodi tipis dan radiator kecil.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
cek Ring piston aus, bisa dgn cek kompresi dulu sebelum di bongkar menurut ane
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Pernah ngalamin gara2 radiator pecah ndak ketahuan kena ke mesin.
Ada rembesan oli keluar di tutup oli mesin.
Kl mesin nyala, keluar asap (lp warna apa) dr tutup oli, tiap berapa saat rajin isi oli.
Dan seinget saya kena ke glow plug juga. Mesin susah nyalanya.
Kl tenaga masih oke buat bawa barang.
Setiap abis service, mesin nyala gampang, tp ya ujung2-nya susah nyala lagi.
Akhirnya glow plugnya pun kena.
Akhir kata setelah ada waktu, turun mesin.
Ada rembesan oli keluar di tutup oli mesin.
Kl mesin nyala, keluar asap (lp warna apa) dr tutup oli, tiap berapa saat rajin isi oli.
Dan seinget saya kena ke glow plug juga. Mesin susah nyalanya.
Kl tenaga masih oke buat bawa barang.
Setiap abis service, mesin nyala gampang, tp ya ujung2-nya susah nyala lagi.
Akhirnya glow plugnya pun kena.
Akhir kata setelah ada waktu, turun mesin.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Bener. Overhaul dipending dulu krn nunggu waktu kosong.biasanya lama pengerjaan 1minggu ya ??newcity_vtec wrote:Pernah ngalamin gara2 radiator pecah ndak ketahuan kena ke mesin.
Ada rembesan oli keluar di tutup oli mesin.
Kl mesin nyala, keluar asap (lp warna apa) dr tutup oli, tiap berapa saat rajin isi oli.
Dan seinget saya kena ke glow plug juga. Mesin susah nyalanya.
Kl tenaga masih oke buat bawa barang.
Setiap abis service, mesin nyala gampang, tp ya ujung2-nya susah nyala lagi.
Akhirnya glow plugnya pun kena.
Akhir kata setelah ada waktu, turun mesin.
Maklum kendaraan angkutan gk nambang kelamaan ya dapur kacau.
Ane tinggal di Riau. Pekanbaru.
Masih nyari2 bengkel yang reputasi bagus. Apa sebaiknya ke bengkel resmi ya? Takut stroke biayanya. suruh ganti ini itu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Cek kompresi aja dlu om.. cari bengkel yg bonafide buat cek kompresi. Jangan k beres mahal om.
imho sih asap PUTIH dari lubang isi oli dan 1000 km tambah 1 l udah parah tuh.
l300 memang rentan overheat yg skrg .. biasa kalau ane cabut thermostat nya.. iklim indonesia terlebih buat l300 yg muatan overload gk cocok pakai thermostat.
Utama nya memang di radiator, boleh skalian sogrok dlu radiator nya , stlah itu selalu kasih coolant dan rutin cek air radiator.
trus coba purging , kuras tangki , ganti filter solar, bersihkan filter kecil d bospom (orang bengkel bilang filter roko) kalau masih ngempos trakhir baru kalibrasi bospom dn nozel .. bisa skalian seting biar jos.
Ane biasa angkat mobil bekas ini.. biasa ya ane lihat dari utamanya mesin, byk yg head nya udh di scrap krna overheat.
Susah start pagi bisa d glowplug nya.. tapi kalau udh d panasin trus susah start lagi ya brarti harus d cek lagi supply solar nya.
Misal fix udh harus overhaul,
Kalau belum ada dana kasih nano energizer dlu buat meminimalkan kerusakan tambahan. Oli kasih yg terjamin keaslian nya. Percepat ganti oli.
mudah2an membantu.
imho sih asap PUTIH dari lubang isi oli dan 1000 km tambah 1 l udah parah tuh.
l300 memang rentan overheat yg skrg .. biasa kalau ane cabut thermostat nya.. iklim indonesia terlebih buat l300 yg muatan overload gk cocok pakai thermostat.
Utama nya memang di radiator, boleh skalian sogrok dlu radiator nya , stlah itu selalu kasih coolant dan rutin cek air radiator.
trus coba purging , kuras tangki , ganti filter solar, bersihkan filter kecil d bospom (orang bengkel bilang filter roko) kalau masih ngempos trakhir baru kalibrasi bospom dn nozel .. bisa skalian seting biar jos.
Ane biasa angkat mobil bekas ini.. biasa ya ane lihat dari utamanya mesin, byk yg head nya udh di scrap krna overheat.
Susah start pagi bisa d glowplug nya.. tapi kalau udh d panasin trus susah start lagi ya brarti harus d cek lagi supply solar nya.
Misal fix udh harus overhaul,
Kalau belum ada dana kasih nano energizer dlu buat meminimalkan kerusakan tambahan. Oli kasih yg terjamin keaslian nya. Percepat ganti oli.
mudah2an membantu.
Last edited by Givrun on Fri Oct 04, 2019 12:43, edited 2 times in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Yg ini kayak nya Blow by gas om , oli nya gak berkurang byk kan..?GT888 wrote: Fri Oct 04, 2019 6:06 2KD saya juga nih, keluar asap putih dari tutup oli dan lubang dipstick apabila dibuka kalau mesin sudah panas (temperature kurang sedikit dari setengah), tapi tidak makan oli. Apa ada yang pernah mengalami? Mohon pencerahan.
Coba cek PCV nya .. apa kluar asap yg sama.
Imho masih aman dan lama baru turun mesin
Kasih oli yang bagusan
atau nano energizer juga boleh.
blow by gas sih kata nya di ukur nya beda lagi sama tes kompresi. Belum prnah ketemu yg punya alatnya d tempat ane.
Last edited by Givrun on Fri Oct 04, 2019 12:36, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1842
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Betul sekali..sy jg banyak dengar d group FBnya L300...keluaran terbaru malah banyak yg overheat krn radiator diperkecil...agak aneh jg sih krn harusnya jgn dikecilin..
Mgkn baiknya radiator jg diperbesar pake ex L300 lama...kl ori mahal bs cari aftermarketnya spt merk ADR
Mgkn baiknya radiator jg diperbesar pake ex L300 lama...kl ori mahal bs cari aftermarketnya spt merk ADR
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Feb 02, 2017 12:37
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Coba dikonsultasilan dulu di bengkel attiyah, jl dirgantara pekanbaru, disitu langganan PSF (pajero sport family). Lokasi silahkan lihat mbah google.bm9792ct wrote: Fri Oct 04, 2019 11:11Bener. Overhaul dipending dulu krn nunggu waktu kosong.biasanya lama pengerjaan 1minggu ya ??newcity_vtec wrote:Pernah ngalamin gara2 radiator pecah ndak ketahuan kena ke mesin.
Ada rembesan oli keluar di tutup oli mesin.
Kl mesin nyala, keluar asap (lp warna apa) dr tutup oli, tiap berapa saat rajin isi oli.
Dan seinget saya kena ke glow plug juga. Mesin susah nyalanya.
Kl tenaga masih oke buat bawa barang.
Setiap abis service, mesin nyala gampang, tp ya ujung2-nya susah nyala lagi.
Akhirnya glow plugnya pun kena.
Akhir kata setelah ada waktu, turun mesin.
Maklum kendaraan angkutan gk nambang kelamaan ya dapur kacau.
Ane tinggal di Riau. Pekanbaru.
Masih nyari2 bengkel yang reputasi bagus. Apa sebaiknya ke bengkel resmi ya? Takut stroke biayanya. suruh ganti ini itu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Bener Om krg lebih 1 minggu, itupun sambil cari sewaan mobil buat operasional.bm9792ct wrote: Fri Oct 04, 2019 11:11 Bener. Overhaul dipending dulu krn nunggu waktu kosong.biasanya lama pengerjaan 1minggu ya ??
Maklum kendaraan angkutan gk nambang kelamaan ya dapur kacau.
Ane tinggal di Riau. Pekanbaru.
Masih nyari2 bengkel yang reputasi bagus. Apa sebaiknya ke bengkel resmi ya? Takut stroke biayanya. suruh ganti ini itu.
Kebetulan kenal orang panggilan buat ngebengkel.
Jd ndak masuk ke beres ngerjainnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Ngeri jg mobil buat kerja gini
Baru 3 tahun udah hancur lebur
Baru 3 tahun udah hancur lebur
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Gak ada saingan sih om,, terkenal nya bandel tapi itu dlu skrg mah radiator nya bikin problem an. Jadi harus jeli2 kalau angkat second.Jambangan wrote: Fri Oct 04, 2019 21:27 Ngeri jg mobil buat kerja gini
Baru 3 tahun udah hancur lebur
padahal salah satu volume maker MMKSI (baca: cuan maker) udh tembus hampir 200 juta jga harga baru nya. Fitur nya gitu2 aja dari dlu. Lebih murah 40 juta dapet carry yg udh immobiliser .
aneh juga soal radiator nya ini. stau ane ditemukan d unit yg sdh update EGR, Kok radiatorr tembaga yg sdh battle proven malah ganti ,cover plastik tipis, lebar nya berkurang , kisi2 tipis, .. mana ringkih , kesenggol dikit itu alamat bocor.
ane tanyakan ke SA katanya ini kisi2 nya lebih bikin dingin dari yg versi lama.
Imho sih cost cutting karna radiator tembaga yg dlu lebih mahal sih menurut ane.
makanya semenjak ada traga (panther panjang) ane gk pernah lirik lagi ini elsapek.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sat Apr 22, 2017 2:04
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Terima kasih om pencerahannya. Oli berkurang sedikit sekali om. Benar dari pcv keluar asap yang sama. Oli sekarang kebetulan pakai y*cco transpro 10-40. BBM full bio solar tanpa racun. Jadi masih aman ya om kalo kondisi begini?Givrun wrote: Fri Oct 04, 2019 12:29Yg ini kayak nya Blow by gas om , oli nya gak berkurang byk kan..?GT888 wrote: Fri Oct 04, 2019 6:06 2KD saya juga nih, keluar asap putih dari tutup oli dan lubang dipstick apabila dibuka kalau mesin sudah panas (temperature kurang sedikit dari setengah), tapi tidak makan oli. Apa ada yang pernah mengalami? Mohon pencerahan.
Coba cek PCV nya .. apa kluar asap yg sama.
Imho masih aman dan lama baru turun mesin
Kasih oli yang bagusan
atau nano energizer juga boleh.
blow by gas sih kata nya di ukur nya beda lagi sama tes kompresi. Belum prnah ketemu yg punya alatnya d tempat ane.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Wah frontal dan to the point masbro wkwkwk.Jambangan wrote:Ngeri jg mobil buat kerja gini
Baru 3 tahun udah hancur lebur
Memang salahnya kemarin tidak teliti saya belinya. Kotor dan karat dibawah kabin dan chasis. seperti bekas tambang :0
Ni mobil bekas pemakaian daerah desa. Mungkin waktu jalan jelek dipaksa terus mesinnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Om, perbandingan antara traga ama l300 dr sisi kemampuan bawa beban dan lebar bagaimana Om?Givrun wrote: Fri Oct 04, 2019 22:09
makanya semenjak ada traga (panther panjang) ane gk pernah lirik lagi ini elsapek.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
[/quote]
Om, perbandingan antara traga ama l300 dr sisi kemampuan bawa beban dan lebar bagaimana Om?[/quote]
Volume bak sedikit lebih besar traga. &Tenaga kalau untuk jalan aspal menang sisusu.
Klo jalan tanah/lumpur dnger2 pengalaman supir lbih enak l300.
Untuk overload saya blum pernah liat ke2 mobil tsb di4ton.
Paling tinggi 3.5 ton.
Mesin kuat. Bagian bawah takut ambrol
Om, perbandingan antara traga ama l300 dr sisi kemampuan bawa beban dan lebar bagaimana Om?[/quote]
Volume bak sedikit lebih besar traga. &Tenaga kalau untuk jalan aspal menang sisusu.
Klo jalan tanah/lumpur dnger2 pengalaman supir lbih enak l300.
Untuk overload saya blum pernah liat ke2 mobil tsb di4ton.
Paling tinggi 3.5 ton.
Mesin kuat. Bagian bawah takut ambrol
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
.au cek nozzle en pompa injeksi ke Unggul Jaya Diesel - Jatinegara ajabm9792ct wrote:Hallo semuanya.
Saya habis beli l300 thn 2016. Second. Awal pemakaian tidak ada masalah. Tapi sekarang mesinnya rewel. Pagi2 susah starter sampai aki tekor.
Gejalanya mesin menggelitik. Tutup oli dan indikator level oli mengeluarkan asap putih,tenaga lemah. makan oli.
Apa ini indikasi untuk turun mesin?
Kalau penyakit nozel bermasalah gejalanya apa saja?
Trims pengalamannya.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
[/quote]newcity_vtec wrote:Om, perbandingan antara traga ama l300 dr sisi kemampuan bawa beban dan lebar bagaimana Om?Givrun wrote: Fri Oct 04, 2019 22:09
makanya semenjak ada traga (panther panjang) ane gk pernah lirik lagi ini elsapek.
Om, perbandingan antara traga ama l300 dr sisi kemampuan bawa beban dan lebar bagaimana Om?[/quote]
Volume bak sedikit lebih besar traga. &Tenaga kalau untuk jalan aspal menang sisusu.
Klo jalan tanah/lumpur dnger2 pengalaman supir lbih enak l300.
Untuk overload saya blum pernah liat ke2 mobil tsb di4ton.
Paling tinggi 3.5 ton.
Mesin kuat. Chasis kaki2 yg gemeteran.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Domisili jauh om. Disumatra.riau soalnya.
Ane sih ngiri dijawa banyak pilihan bengkel2 swasta yg berpengalaman.
Disini bengkel susah dan pengalaman ane servis. kapok terus kerjanya ga beres.
Kalau compare traga dan l300.
Mesin dan volume bak lebih besar traga.
Jalan aspal menang traga.
Tapi untuk medan lumpur dan pelosok l300 lebih baik ketahanannya
Ane sih ngiri dijawa banyak pilihan bengkel2 swasta yg berpengalaman.
Disini bengkel susah dan pengalaman ane servis. kapok terus kerjanya ga beres.
Kalau compare traga dan l300.
Mesin dan volume bak lebih besar traga.
Jalan aspal menang traga.
Tapi untuk medan lumpur dan pelosok l300 lebih baik ketahanannya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
Aman om , blow by gas tinggi karna kompresi tinggi , mungkin ada keausan / gap di part mesin jadi mengalir keluar dari sela2 part mesin. Gak kerasa perbedaan tenaga, Beda sama ring piston aus di barengi oli berkurang dan asap putih karna ini oli masuk ruang bakar.GT888 wrote: Sat Oct 05, 2019 1:04Terima kasih om pencerahannya. Oli berkurang sedikit sekali om. Benar dari pcv keluar asap yang sama. Oli sekarang kebetulan pakai y*cco transpro 10-40. BBM full bio solar tanpa racun. Jadi masih aman ya om kalo kondisi begini?Givrun wrote: Fri Oct 04, 2019 12:29Yg ini kayak nya Blow by gas om , oli nya gak berkurang byk kan..?GT888 wrote: Fri Oct 04, 2019 6:06 2KD saya juga nih, keluar asap putih dari tutup oli dan lubang dipstick apabila dibuka kalau mesin sudah panas (temperature kurang sedikit dari setengah), tapi tidak makan oli. Apa ada yang pernah mengalami? Mohon pencerahan.
Coba cek PCV nya .. apa kluar asap yg sama.
Imho masih aman dan lama baru turun mesin
Kasih oli yang bagusan
atau nano energizer juga boleh.
blow by gas sih kata nya di ukur nya beda lagi sama tes kompresi. Belum prnah ketemu yg punya alatnya d tempat ane.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: Ask: perbedaan gejala nozel& ring piston aus
ini ada yg kasi link bengkel om , coba d cek dlu aja.mj2005 wrote: Fri Oct 04, 2019 13:27
Coba dikonsultasilan dulu di bengkel attiyah, jl dirgantara pekanbaru, disitu langganan PSF (pajero sport family). Lokasi silahkan lihat mbah google.