
https://m.detik.com/oto/mobil/d-4688121 ... 1563612180
Bagaimana pendapat para autolovers tentang kehadiran mobil listrik dan di sahkannya regulasinya ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ttp mungkin manajemennya alokasiin biaya depresiasi batrenyaddyta27 wrote: Sun Sep 01, 2019 3:26 pernah nyobain taksi byd dari soekarno hatta airport ke bogor, start dr bandara baterai 64% nyampe bogor sisa 42%, enak ternyata akselarasi mobil listrik trus ga ada suara mesin sama sekali, kata supirnya 100% bisa nyampe 400km biaya listrik sekali charge sampe penuh sekitar 80ribuan..
kl biaya sekali charge 80kddyta27 wrote: Sun Sep 01, 2019 3:26 pernah nyobain taksi byd dari soekarno hatta airport ke bogor, start dr bandara baterai 64% nyampe bogor sisa 42%, enak ternyata akselarasi mobil listrik trus ga ada suara mesin sama sekali, kata supirnya 100% bisa nyampe 400km biaya listrik sekali charge sampe penuh sekitar 80ribuan..
Kalo hitungan kasar saya gini:mr_mytplx wrote:kl biaya sekali charge 80kddyta27 wrote: Sun Sep 01, 2019 3:26 pernah nyobain taksi byd dari soekarno hatta airport ke bogor, start dr bandara baterai 64% nyampe bogor sisa 42%, enak ternyata akselarasi mobil listrik trus ga ada suara mesin sama sekali, kata supirnya 100% bisa nyampe 400km biaya listrik sekali charge sampe penuh sekitar 80ribuan..
dan sekali charge 400km
maka kl dibandingkan mobil konvensional dg bahan bakar pertalite jadinya :
80k = 10,5l pertalite
10,5l pertalite = 400 km
jadi konsumsi bbm perliter = sekitar 1:38
Sptnya begitu.... commuter gitu.Tats wrote:Mobil listrik ini kalau sy liat cocok jd city car
Berkeliling kota tanpa polusi ditemani torsi maksimal dari 0 rpm
Idealnya dari rumah pergi ke kantor, mall, atau parkiran lainnya langsung ngecharge
Semoga infrastruktur utk mobil listrik semakin baik di indo
Belum lagi kl perlu ganti baterai.liemivan86 wrote: Sun Sep 01, 2019 6:22Kalo hitungan kasar saya gini:mr_mytplx wrote:kl biaya sekali charge 80kddyta27 wrote: Sun Sep 01, 2019 3:26 pernah nyobain taksi byd dari soekarno hatta airport ke bogor, start dr bandara baterai 64% nyampe bogor sisa 42%, enak ternyata akselarasi mobil listrik trus ga ada suara mesin sama sekali, kata supirnya 100% bisa nyampe 400km biaya listrik sekali charge sampe penuh sekitar 80ribuan..
dan sekali charge 400km
maka kl dibandingkan mobil konvensional dg bahan bakar pertalite jadinya :
80k = 10,5l pertalite
10,5l pertalite = 400 km
jadi konsumsi bbm perliter = sekitar 1:38
80rb/400 km = Rp. 200/km
Anggap harga pertamax 10rb, mobil 10 km/L, jadi Rp. 1000/km
Perbedaan nya Rp. 800/km. Anggap lifetime mobil nya 100rb km, total pengiritan dengan mobil listrik 80jt. Ditambah pengiritan di servis berkala, dll, anggap total 100 jt.
Menurut saya, dengan beda 100 jt koq kurang menarik ya kalo hanya untuk yang mengejar pengiritan. Harga mobil yang lebih mahal, durabilitas yang masih belum diketahui, dll, jadi terlihat kurang menarik.
Lain lagi kalo mengejar kenikmatan akselerasi, isu lingkungan, dll, ya..
ilhami wrote:Murah ya. Kalau 3 tahun lagi harga baterai turun draatis boleh juga.
Itu hoax om, kalau dulu emang iya soalnya batere nikel jaman dulu ada memorynya. Kalau jaman skrg batere gadget rata2 Lithium ion.pojokban wrote: Sun Sep 01, 2019 12:41 kalau hp katanya batere lg separuh penuh gak boleh di charge, bisa mengurangi umur batere, apa sama dengan EV, kalau iya repot juga, gak disini takut separuh jalan matek, kalau setiap hari diisi tanpa peduli sisanya baterenya gak awet
Dulu baterai itu Nickel Cadmium.sintoni wrote:Itu hoax om, kalau dulu emang iya soalnya batere nikel jaman dulu ada memorynya. Kalau jaman skrg batere gadget rata2 Lithium ion.pojokban wrote: Sun Sep 01, 2019 12:41 kalau hp katanya batere lg separuh penuh gak boleh di charge, bisa mengurangi umur batere, apa sama dengan EV, kalau iya repot juga, gak disini takut separuh jalan matek, kalau setiap hari diisi tanpa peduli sisanya baterenya gak awet
Kalao skrg hape mau dicas kapan aja boleh, malah bagusnya 40-90% biar ga stress baterenya.
Yang penting cuma jangan dimaenin pas lg ngecas soalnya panas. Kelemahan utama batere ya panas itu.
memang ga menarik untuk negara yang masih terbelakang soal kebijakan emisinya. tapi kalau di negara lain, punya EV jauh lebih menguntungkan karena saya pernah baca di eropa manalah itu, ada yang pajak minus dari pemerintah = dikasi cashback taxliemivan86 wrote: Sun Sep 01, 2019 6:22Kalo hitungan kasar saya gini:mr_mytplx wrote:kl biaya sekali charge 80kddyta27 wrote: Sun Sep 01, 2019 3:26 pernah nyobain taksi byd dari soekarno hatta airport ke bogor, start dr bandara baterai 64% nyampe bogor sisa 42%, enak ternyata akselarasi mobil listrik trus ga ada suara mesin sama sekali, kata supirnya 100% bisa nyampe 400km biaya listrik sekali charge sampe penuh sekitar 80ribuan..
dan sekali charge 400km
maka kl dibandingkan mobil konvensional dg bahan bakar pertalite jadinya :
80k = 10,5l pertalite
10,5l pertalite = 400 km
jadi konsumsi bbm perliter = sekitar 1:38
80rb/400 km = Rp. 200/km
Anggap harga pertamax 10rb, mobil 10 km/L, jadi Rp. 1000/km
Perbedaan nya Rp. 800/km. Anggap lifetime mobil nya 100rb km, total pengiritan dengan mobil listrik 80jt. Ditambah pengiritan di servis berkala, dll, anggap total 100 jt.
Menurut saya, dengan beda 100 jt koq kurang menarik ya kalo hanya untuk yang mengejar pengiritan. Harga mobil yang lebih mahal, durabilitas yang masih belum diketahui, dll, jadi terlihat kurang menarik.
Lain lagi kalo mengejar kenikmatan akselerasi, isu lingkungan, dll, ya..
soal batere ini, toyota masih pake Nickel Cadmium = Ni-Cd loh.ginting wrote: Sun Sep 01, 2019 14:06 Dulu baterai itu Nickel Cadmium.
Sekarang Lithium ion..
udah beda banget..
aku sampai ingat dulu ada mythos : baterai nokia / ericsson gitu kudu dikuras dulu diisi, katanya..
tp saya penasaran nih, apakah kalau baterai EV bisa didaur ulang material nya ? (seperti halnya aki mobil yg banyak dilebur lagi)