Y-axis dalam grafik ini adalah posisi bukaan throttle dalam persen dan konsumsi bensin dalam kilometer/liter. Garis merah menunjukkan konsumsi bensin real-time dan garis hijau adalah bukaan throttle.
Pada mobil saya, sangat terlihat bahwa konsumsi BBM sangat berpengaruh dari posisi throttle. Konsumsi BBM jauh membaik apabila saya membuka throttle kurang dari 20 persen (pada grafik merah, kalau sedang naik drastis itu saya sedang melepas throttle). Begitu saya cruising agak konstan dengan bukaan throttle 20 persen dan keatas, konsumsi bensinpun ikut turun dibawah 20 km/liter.
Saya lupa memasukkan garis RPM mesin didalam grafik ini, tapi yang saya amati adalah apabila kita membuka throttle secara halus, bensinnya tetap lumayan irit meski RPMnya sedang tinggi dibandingkan dengan kalau saya injak throttle agak dalam tapi RPMnya rendah. Ini kelihatannya juga dipengaruhi oleh engine load.
Sehingga dalam kasus saya, apabila saya ingin menyalip kendaraan didepan saya, lebih baik saya turunkan 1 atau 2 gear sekaligus tapi saya injak throttle lebih santai daripada saya injak throttle lebih dalam

Grafik ini saya plot menggunakan software Android bernama Torque dan dites menggunakan Civic FD2.