1. History
Generasi pertama (2003-2009)
Mazda3 yang dijual secara resmi di Indonesia adalah model sedan dan hatchback bermesin 1.6 liter dengan transmisi manual dan 2.0 liter automatic. Di negara lain juga tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter, 2.3 liter, dan turbo 2.3 liter. Untuk pasar Eropa tersedia dengan mesin diesel 1.6, 2.0, dan 2.2 liter. Mazda3 ini menggunakan platform yang sejenis dengan Ford Focus dan Volvo C30. Mazda 3 generasi pertama ini sempat hadir di Indonesia dari rentang tahun 2007 - 2008.

Generasi kedua (2009-2013)
Mazda3 menggunakan mesin 2.0 liter, Mazda3s bermesin 2.5 liter. Mesin 2.3 liter non-turbo digantikan dengan mesin baru 2.5 liter, sedangkan MazdaSpeed3 tetap menggunakan mesin turbo 2.3 liter. Untuk pasar domestik Jepang, Mazda Axela tetap tersedia dengan mesin ekonomis 1.5 liter bensin. Di Eropa, Mazda3 juga tersedia dengan mesin diesel 1.6 liter dan turbo diesel 2.2 liter. Sayangnya mazda 3 generasi ini tidak masuk Indonesia karena kecilnya pasar medium hatchback pada saat itu

Generasi ketiga (2013-Sekarang)
Mazda3 dengan teknologi SkyActiv diluncurkan pada tahun 2013 sebagai model baru tahun 2014. Tetap tersedia dalam bentuk Hatchback 5 pintu dan Sedan 4 pintu. Untuk pasar Amerika Mazda3 menggunakan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dan 2.5 liter. Sedangkan untuk pasar Jepang dan Eropa juga tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter dan diesel 2.2 liter. Mazda 3 generasi ini hadir dalam bentuk FL di Indonesia dalam bentuk FL pada akhir 2017 dan hanya dijual dalam varian hatchback

MAZDA KAI CONCEPT
Mazda Kai Concept, merupakan sebuah hatchback kompak dengan bahasa desain KODO dan teknologi terbaru Mazda di dalamnya. Kabarnya, mobil ini menjadi Mazda 3 hatchback generasi baru. Berbicara desainnya, ada kemiripan dengan desain Vision Coupe yang menanggalkan elemen tak penting atau lebih minimalis. Lekukan desain lebih halus ketimbang bahasa desain KODO saat ini dan bodi mobil lebih terlihat mengalir.
Bagian wajahnya juga terlihat sederhana, tapi punya aura agresif. Grille besar hitam menonjolkan logo Mazda berwarna silver. Mengapit grille ada lampu sipit dengan lampu utama bulat di ujungnya. Lekukan pada sisi samping punya peran aerodinamika maupun estetika. Fender yang terlihat lebar dan atletis menguatkan aura sporty.
Kabin dari Mazda Kai Concept juga elegan, sporty namun minimalis. Konsol tengah besar, memisahkan bangku pengemudi dan penumpang memberi kesan sporty. Di bagian dasbor, ada layar sentuh lebar sebagai pusat infotainment Commander Control dan beberapa tombol untuk climate control dan Start/Stop.
Arsitektur bangun kabarnya menggunakan SkyActiv-Vehicle Architecture yang merupakan peningkatan dari SkyActiv-Chassis yang ada pada model Mazda saat ini. Untuk dapur pacu, mesin bensin supercharger terbaru SkyActiv-X dibenamkan di balik kap mesinnya.


Generasi keempat (2019 โ sekarang)
Berbasis dari mazda kai concept, mazda resmi meluncurkan mazda 3 generasi ke 4 pada 2018 lalu, dan akhirnya dibawa resmi ke Indonesia pada gelaran GIAAS 2019 kemarin, dengan varian hatchback dan sedan. Mobil ini dibandrol dengan harga 489 jt hatchback dan 530 jt hatch sedan. Di luar negeri, ia ditawarkan dengan mesin Skyactiv โ X. Namun, yg masuk ke Indo menggunakan mesin 2.0 Skyactiv- G, Yang serupa dengan generasi sebelumnya. Mazda 3 generasi ke 4 ini tidak jauh berbeda dengan kai concept, dengan mengusung teknologi skyactiv dan kodo design yang lebih modern. Di Indonesia, mazda 3 akan berhadapan dengan Honda Civic turbo hatchback dan sedan .

Apa itu Jinba Itai?
Bagi anda yang merupakan penggemar mazda atau pemilik mazda pasti tidak asing lagi dengan istilah jinba ittai. Jinba Ittai merupakan sebuah filosofi dimana, pengendara menyatu dengan mobilnya , jadi tujuan mazda menerapkan konsep tersebut ialah, mereka ingin kita sebagai konsumennya menikmati mobil tersebut, dan menjadikan mobil tersebut fun to drive , serta menjadikan mobil itu as part of our passion, not just transportation means from one place to another place .
After we talk about the history about this car. Now , let's go to the review
2. Exterior
Desain exterior All new Mazda 3 ini dari mazda kai concept, dengan grill kodo yang lebih lebar dan sedikit pipih, serta dimensi headlamp yang sedikit mengecil daripada generasi sebelumnya. Terlihat simpel tapi elegan, dan enak dilihat

Bagian depan AN Mazda 3 hatchback

Dari sudut yang agak jauh pun, masih tetap enak dilihat, the best in it's class


Bagian depan AN Mazda 3 sedan, which is not different from hatchback version

Headlamp AN Mazda 3 hatchback, which is very beautiful and very good looking


LED Projektornya sangat - sangat cantik bila menyala dimalam hari


Headlamp AN Mazda 3 sedan
Nah, setelah kita membahas bagian depan, mari kita membahas bagian sampingnya. Bagian samping dari Mazda 3 ini, sangat enak dilihat, dan untuk versi hatchbacknya, speachless. That's the only word i can say about AN Mazda 3 Hatchback Design, benar2 mirip dengan Kai concept, dan juga Ferrari GTCLussoT, which is very good looking. Dijamin, you will never get bored to see this car in every side


Bagian samping AN Mazda 3 hatchback

Bagian samping AN Mazda 3 sedan, memang terlihat biasa saja dibandingkan dengan versi hatchbacknya , tapi masih tetap enak dilihat menurut saya.
Setelah membahas bagian samping, mari kita membahas bagian belakangnya. Bagian belakang dari AN Mazda3, juga tak kalah cantik dibanding bagian depan dan samping. Desain rear lampnya mengadopsi lampu LED khas mazda jaman now which is very beautiful & simpel, tapi tetap elegan.




Bagian belakang AN Mazda 3 Hatchback

Bagian belakang AN Mazda 3 sedan
3. Interior
As usual, AN Mazda 3 dibekali dengan interior yang modern dan bernuansa eropa, yang menunjukkan mazda semakin mantap untuk naik kelas ke kelas entry level of japanese premium car. Hampir semua ornamen interior di AN Mazda 3 ini mirip dengan BMW, which is the best in it's class


Interior AN Mazda 3 Hatchback, dengan kombinasi warna merah kecolkatan dan hitam.

Interior AN Mazda 3 sedan, dengan kombinasi warna abu - abu dan hitam
Desain interior dari mobil ini sangat baik, serta memiliki BQ dan bahan yang solid & berkualitas, sehingga menimbulkan kesan mahal pada mobil ini. Untuk row 2, masih cukup lega, namun sayangnya gak selega Civic Turbo Hatchback dan sedan

Row 2 AN Mazda 3 Hatchback

Row 2 AN Mazda 3 Sedan
Untuk bagasi, cukup luas, tapi tetap saja, Mazda bukan yang terbaik untuk urusan akomodasi, ia masih kalah luas dengan civic turbo hatchback dan sedan

Sisanya, biar gambar yang berbicara saja ya hehehe

Doortrim AN Mazda 3 Hatchback

Airvent AN Mazda 3 Hatchback

Instrument cluster AN Mazda 3

Konsol tengah AN Mazda 3 hatchback

Doortrim sisi pengemudi AN Mazda 3 hatchback

HU AN Mazda 3 hatchback, lebih panjang dah lebarnya sedikit berkurang dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Kisi AC AN Mazda 3 hatchback

Tombol pengaturan HU AN Mazda 3 hatchback, tombolnya berukuran lebih besar dibanding generasi sebelumnya, dan tentu saja, dengan kualitas yang lebih baik juga dibandingkan dengan generasi sebelumnya
4. Fitur
Nah, fitur di mobil ini sangatlah banyak, the best in it's class, sekaligus menjadi salah satu kelebihan utama mobil ini. Mobil ini sudah dilengkapi dengan adaptive cruise control which is merupakan yg pertama di kelasnya , sekaligus merupakan mobil mazda pertama yg dijual di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut

Apa itu adaptive cruise control?
Adaptive cruise control merupakan sebuah system untuk mengontrol percepatan dan pengereman secara automatis. Sistem ini terutama menggunakan laser atau radar yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman .
Mengapa sistem ini penting?
Karena sistem ini sangat membantu menyelesaikan beberapa masalah yang biasanya pengemudi hadapi dalam mengemudi di antara lain adalah :
-Kebanyakan pengendara mobil tidak bisa memprediksi gerakan mobil yang lain seperti rem mendadak
-Pengendara mobil harus selalu dalam keadaan konsentrasi penuh dalam memperhatikan jalan dan mobil di sekitarnya untuk menghindari kesalahan
-Kemungkinan terjadinya tabrakan dengan mobil lain jika mobil pengendara terlalu dekat dan cepat.
Selain adaptive cruise control , mobil ini juga dilengkapi dengan fitur safety yg banyak seperti ABS, EBD , BA , 7 Airbags, dll. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan HUD, electric memory seat, jok pengemudi dan penumpang yg pengaturannya sudah electrik, sunroof, istop, dan seat belt reminder untuk penumpang belakang + untuk pengemudi, ia sudah dilengkapi dengan mode sport dan paddle shift yang tentu saja akan menambah unsur fun to drive dari mobil ini. Hanya saja, speaker mobil ini belum BOSE seperti mazda CX5, sehingga agak kurang mantap gitu rasanya, walaupun speaker bawaan dari mobil ini sudah cukup oke kualitas suaranya. Selanjutnya, saya tampilkan gambarnya saja ya untuk membahas fitur dari AN Mazda 3 ini lebih jauh.

Setir AN Mazda 3, dengan format sebelah kiri untuk mengatur audio dan telepon, dan sebelah kanan untuk pengaktifan adaptive cruise controlnya

Tempat Istop dan pengaturan memory seat

Seatbelt reminder untuk penumpang belakang

Sunroof

AC sudah dual zone

Tempat penyimpanan lumayan banyak, walaupun gak sebanyak civic turbo

Tempat pengaturan HU dan audio yang sangat simpel dan enak dilihat. Cara penggunaannya pun tidak sulit, kiri atas untuk pengaturan mute dan volume, kiri bawah untuk favorites, tombol tengah untuk memilih mode, kiri atas sebelah tombol untuk music, kiri bawahnya untuk home, kanan atas untuk navigasi, dan kanan bawah untuk menu back. Serta, ada tombol mode sport di sisi paling kanan atas, dan tombol EPB dan auto brake hold di bawahnya. Very easy to use hehehe.

Tuas untuk pengaturan wiper

Tuas untuk menyalakan lampu utama dan lampu sein
Sekarang, mari kita bahas fitur yang ada di HUnya ya, tapi mohon maaf sebelumnya, karena keterbatasan waktu dan tempat, fiturnya tidak bisa saya jelaskan semua, hanya seadanya saja , walaupun honestly, fitur di HU dari AN Mazda 3 ini sangatlah banyak hehehe

Bagian awal Interface HU AN Mazda 3, sama seperti sebelumnya, ada 5 komponen utama yaitu inforation, entertainment, communication, navigatiion & services. Letaknya pun dari atas ke bawah, beda dengan generasi sebelumnya letaknya menyamping, dari kiri ke kanan which is lebih simpel dan lebih enak dilihat.

Bagian information. Terdapat Fuel Efficiency untuk mengetahui seberapa hemat mobil kita, dan vehicle status monitor untuk mengetahui kondisi kendaraan kita saat ini.

Isi dari bagian fuel efficiency, terdapat status istop kita aktif atau tidak, dan status dari aki mobil kita



Isi dari bagian vehicle status monitor, terdapat indikator kapan kita harus servis rutin dan ganti oli

Menu settings yang sangat banyak fiturnya, bisa atur audio dll, even tampilan cluster dan ambient light bisa diatur sesuka kita lho. Benar- benar canggih. Sisanya, biar gambar yang berbicara ya















Sangat banyak kan? hehehe

Sayang softwarenya belum di install sm mazdanya

Salah satu elemen dari fitur entertainment

Bluetooth settings

Berguna untuk memperingatkan kita jika ada mobil atau motor di depan, samping atau belakang kita
5. Driving Impression
Karena tracknya pendek, jadi saya hanya bisa jelaskan secara singkat saja ya
Mobil ini dibekali dengan mesin 2.0 Liter Skyactiv -G dengan transmisi otomatis 6 percepatan

Mesin AN Mazda 3


Kunci AN Mazda 3


Speedometer AN Mazda 3 yang sangat modern dan enak dilihat

HUD AN Mazda 3
Yang saya rasakan adalah, mobil ini sangat fun to drive, putaran bawah tengahnya terasa nendang dan memacu adrenalin, selain itu feedback setir juga akurat dan terasa natural , walaupun bantingan suspensinya lebih keras dibanding civic turbo, tapi masih tolerable lah. Intinya, mobil ini sangat enak dikendarai .
5. Conclusion
Worth to buy, mobil ini sangat layak anda pertimbangkan jika anda ingin mobil jepang yang bernuansa eropa , tapi dengan dimensi yang lebih besar, cc yang lebih besar, dan akomodasi yang lebih lega dibandingkan dengan hatchback biasa, serta cocok untuk anda yang ingin upgrade dari citycar atau hatchback ke kendaraan yang lebih tinggi kelasnya namun tidak butuh 7 seater dan masih enak dikendarai. Intinya mobil ini cocok untuk anda yang:
- Gak masalahin merek dan RV
- Driving enthusiast
- Gimmick and tech enthusiast
- Anda yang merasa kalau mobil eropa masih telalu mahal, tapi pengen mobil jepang yang bernuansa eropa dan perawatannya lebih murah daripada mobil eropa
- Ingin mobil yang lincah
- Ingin mobil dengan posisi mengemudi ergonomis
- Ingin mobil dengan BQ dan road noise yang baik
- Ingin mobil yang tidak membosankan untuk dilihat dari berbagai sisi
Namun, jangan pilih mobil ini jika:
- Masih mentingin merek
- Mementingkan kenyamanan
- Perlu tempat penyimpanan banyak
- Perlu bagasi luas
- Perlu row 2 yang lega
Pros:
- Fun to drive
- Banyak gimmick
- BQ solid
- Good noise insulation
- Desain exterior dan interior
- Handling oke
- Posisi mengemudi ergonomis
- Transmisi sigap dan smooth
Cons:
- Speaker belum BOSE
- Bagasi gak seluas lawan sekelasnya
- Row 2 gak lega - lega amat
- Sparepart mahal
- Citra merek
Dengan harga 480 - 520 jt OTR Jakarta, mobil ini sangat worth to buy. I hope i can bring you to my garage one day
That's all of my review, i hope you will enjoy it, and thanks for the attention
![Have A Nice day [emo-have-a-nice-day]](./images/smilies/2017-niceday.gif)