Spek: ANE Matic
Ban : GT Radial A/T Plus 205/70/R15
Diisi 2 Dewasa & 2 anak+ Barang.
Waktu : 27-28 July 2019
Checkpoint BSB : jam 4 sore, 27 July 2019
Touchdown : 5.20 sore, 27 July 2019
Time offroad : - + 1 jam
Turun : 9 pagi, 28 July 2019.
Berawal dari post di group SM RoadTrip ke BSB yang kalau ga salah inget sudah dari bulan Juni 2019.
Tapi saat itu berhubung ban masih standart, jadi ga masukin lineup.
Baru pada dekat2 hari H saya ikutan lineup, dan saya belum tau yang lain pakai mobil apa.
Yang pasti Disclaimernya "4x2 sudah bisa lewat, siap baret dan siap kaki2 rusak".
Dalam hati, "kaki2 rusak tinggal claim beres, baret2 claim asuransi. Aman lah"

Lineup seharusnya kumpul di RA 102, tapi apa daya karna Tol update macetnya cepet banget, jadi terjebak.
Baru dekat2 102 sudah lewat 40 menit dari waktu yamg di tentukan (13:00 WIB), langsung contact om Rakean dan beliau juga sudah lewat 102 dan di arahkan agar menuju exit tol Ciperna, karna di sana lineup juga berkumpul. Langsung Gassspol..
Checkpoint Lineup di exit tol ciperna.

Setelah semua hadir, lanjut ke checkpoint BSB.

Disini mulai banyak yang menanyakan "Yakin nih R3 mau di bawa naik?", secara yang lain AWD, 4x4 dan RWD.
Saya bilang "yakin dong, udah jauh2 masa ga di bawa naik"
Rolling lah kita.... Dan, langsung di hadapi tanjakan curam dengan bebatuan (oiya saya di posisi 2, di belakang nya everest.)
Langsung geser transmisi ke L, dan lewat tanpa halangan atau hilang traksi.
Mobil. Melaju pelan namun pasti dengan posisi transmisi L atau 2.
500m pertama di banyak ilalang yang akan(pasti) membuat tanda kenang2an di seluruh body(sampe setinggi pilar A)
Lalu masuk ke jalan penuh batuan ukuran kecil dan sedang FWD masih aman dan tidak ada mentok di sisi bawah(karna GC sudah 203).
Lalu FWD pun mencapai limitnya, tidak mendPatkan traksi karna roda depan terganjal obstacles (batu dan jalan berpasir) pada posisi menanjak, sudah di coba mundur dan gas dari bawah sampai mepet ke tanah, masih juga tidak mendapatkan bagian jalan yang bisa dilewati.
Ini posisi mobil 1 dan 2 jalan beriringan dan yang lain masih jauh di belakang.
Setelah beberapa kali coba dan rombongan di belakng sudah sampai dan terjadi antrian, maka diputuskanlah agar di rescue oleh Everest(menarik R3 tanpa beban sedikitpun) sejauh - +20m.
Setelah rescue selesai, kita jalan beriringam lagi dan kondisi jalan masih terus berbatu dan berpasir.

100 meter sebelum sampai lokasi, terdapat tanjakan berkelok dan terdapat obstacles yang tidak bisa di taklukan oleh FWD. Maka mau tidak mau rescue lagi.
Tapi overall 4x2 FWD + ban A/T bisa melewati trek ini.

Mungkin yg kurang kemarin adalah ban saya terlalu keras, lupa untuk mengurangi angin, jadi mengurangi angin ban bisa membantu mendapatkan traksi lebih maksimal.
Oiya pada saat pulang, perlu sangat hati2 karna turunan sangan terjal dan banyak turuna berkelok juga, malah 2 kali mentok, tapi hanya kena pelindung plastik depan bawah.
Untuk mengatasi dorongan mobil, saya tidak memakai D karna malah jadi lebih cepat dan berat untuk di rem.
Jadi saya pakai mode N dan lock rem tangan SEPERLUNYA dengan kombinasi rem kaki untuk semua turunan.
#kalau ada yg lebih expert mengenai cara meluncur di bebatuan berbasir dengan Matic, bisa di koreksi cara saya.
Dan jangan lupa full baret karna ranting dan lecet karna batu di bagian depan bawah adalah Absolute.
Kapok??? Tentu tidak. Malah sekarang makin mau ke light offroad lagi.
Ada beberapa cerita lucu sebenarnya. seperti saya lupa sebagian besar nama2 lineup.
sampai pulang pun saya masih salah, yaitu om Nanda yang seharusnya namanya adalah om Syaiful (everest).
Mohon maaf on Syaiful atas kelancangan ini. terimakasih banyak untuk om rakean (navara), om Jun (VRZ 4x4) , om Syaiful (everest), om Maskopat (taft) , om Kumar (Subaru), om galih (Troops), dan lain nya yang masih saya coba ingat2 nama nya.


**Foto lainnya menyusul, dan video dashcam akan di upload.
#SUZUKI
#R3 #ertiga
#GTRadial #savero
#bukitseribubintang #BSB
#offroad
#Serayamotor #OW