Mau tanya seputar mesin 1nz

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

Siang om2 semua, mau tanya2 sedikit ini mungkin ada yg pernah alamin, habis overhaul, oversize semua karna baret, nah pas dingin/start awal itu kalo agak digas sedikit muncul asep biru yang agak banyak, tapi setelah itu kalo digas lagi ga ada asep muncul, pas digas rpm tinggi pun ga ada asap, kondisi ini swap tapi ecu belom diganti, dan asep mobil pedes di mata, muncul asap biru ini kalo pas dingin dan pertama kali gas aja, sisanya ga keluar asep lagi, apa ada yang pernah yg ngalamin? Penyebabnya apa ya? Baca2 sih karna ada oli lolos ke pembakaran, cuma kalo kata montirnya gara2 ecu yang belom diganti dan pas dicium asepnya katanya bau banjir bensin, mohon pencerahannya om2 πŸ™πŸ»
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by marmut »

asap kebiruan + pedes/pedih di mata = kebanyakan bensin.
penyebabnya? musti diurut lebih teliti lagi apakah dari fuel system, atau ignition system.


n.b :
cek busi, kalau basah bensin dan bau bensin, sudah jelas penyebabnya.
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

marmut wrote: Mon Jul 29, 2019 11:35 asap kebiruan + pedes/pedih di mata = kebanyakan bensin.
penyebabnya? musti diurut lebih teliti lagi apakah dari fuel system, atau ignition system.


n.b :
cek busi, kalau basah bensin dan bau bensin, sudah jelas penyebabnya.
Tapi asep biru dan pedes itu bener kebanyakan bensin ya om? Bukan karna oli masuk ke pembakaran ya? Belom cek busi sih, cuma udah tanya montir yang overhaul katanya mobilnya banjir bensin karna ecunya masih bawaan mesin lamanya, asep birunya juga kadang keluar kadang engga, tapi kalo asep emang pedes banget, kemaren sempet o2 sensor koit, udah diganti tetep aja pedes juga πŸ˜…, berarti bener banjir bensin ya?
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by adri31 »

Yg di swap apa? Mesin? Apakah mesinnya sama dengan aslinya? Kalau iya, apa perlu ganti ecu?
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by anadzir »

Ridhobramantio wrote: Mon Jul 29, 2019 18:09
marmut wrote: Mon Jul 29, 2019 11:35 asap kebiruan + pedes/pedih di mata = kebanyakan bensin.
penyebabnya? musti diurut lebih teliti lagi apakah dari fuel system, atau ignition system.


n.b :
cek busi, kalau basah bensin dan bau bensin, sudah jelas penyebabnya.
Tapi asep biru dan pedes itu bener kebanyakan bensin ya om? Bukan karna oli masuk ke pembakaran ya? Belom cek busi sih, cuma udah tanya montir yang overhaul katanya mobilnya banjir bensin karna ecunya masih bawaan mesin lamanya, asep birunya juga kadang keluar kadang engga, tapi kalo asep emang pedes banget, kemaren sempet o2 sensor koit, udah diganti tetep aja pedes juga πŸ˜…, berarti bener banjir bensin ya?
Asep biru itu tanda fuel rich om, alias kebanyakan bensin diruang mesin. Kalo asep putih tapi terus menerus itu baru oli bocor keruang piston, mungkin setelan valve clearance setelah overhaul ada yang mis, karena kebanyakan bengkel cuma ngira-ngira aja padahal valve clearance ini harus ada acuan atau contekannya. CMIIW.

Memang overhaulnya karena apa om?
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

anadzir wrote: Tue Jul 30, 2019 7:28
Ridhobramantio wrote: Mon Jul 29, 2019 18:09
marmut wrote: Mon Jul 29, 2019 11:35 asap kebiruan + pedes/pedih di mata = kebanyakan bensin.
penyebabnya? musti diurut lebih teliti lagi apakah dari fuel system, atau ignition system.


n.b :
cek busi, kalau basah bensin dan bau bensin, sudah jelas penyebabnya.
Tapi asep biru dan pedes itu bener kebanyakan bensin ya om? Bukan karna oli masuk ke pembakaran ya? Belom cek busi sih, cuma udah tanya montir yang overhaul katanya mobilnya banjir bensin karna ecunya masih bawaan mesin lamanya, asep birunya juga kadang keluar kadang engga, tapi kalo asep emang pedes banget, kemaren sempet o2 sensor koit, udah diganti tetep aja pedes juga πŸ˜…, berarti bener banjir bensin ya?
Asep biru itu tanda fuel rich om, alias kebanyakan bensin diruang mesin. Kalo asep putih tapi terus menerus itu baru oli bocor keruang piston, mungkin setelan valve clearance setelah overhaul ada yang mis, karena kebanyakan bengkel cuma ngira-ngira aja padahal valve clearance ini harus ada acuan atau contekannya. CMIIW.

Memang overhaulnya karena apa om?
Overhaul karna swap engine om, dari 1300 2nz ke 1500 1nz, pas awal overhaul ternyata headnya beda sama lokal, jadi seal klep,koil sama businya persamaannya sama innova/camry om, dan waktu itu ring seher kena tapi disini ga ada persamaannya karna piston juga beda, alhasil dipake dulu lah, nah setaun setelah itu gua udah beli dari luar tuh ringnya, pas dibongkar lagi boringan silinder 2 nya udah baret, akhirnya oversize 50 deh, dan dicek semua sih bagus, cuma emang dari awal mobil bensinnya ngocor banget om, boros parah, dan keadaan ecu masih pake bawaan 1300 nya, pas kemaren ke bengkelnya ngecek emang katanya mobil gua kebanyakan bensin, cuma pas baca2 katanya asep biru itu karna ada bocor oli ke pembakaran, makanya nyari2 info lagi hehe, maap kalo kepanjangan om πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by marmut »

kalau oli masuk ruang bakar, pasti jumlah oli akan berkurang. sudah cek dipstick?
asap dari oli terbakar umumnya putih dan bau sangit.
paling mudah buka busi saja, kalau basah bensin ya sudah bisa diambil kesimpulan sendiri kan..?
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

adri31 wrote: Tue Jul 30, 2019 6:29 Yg di swap apa? Mesin? Apakah mesinnya sama dengan aslinya? Kalau iya, apa perlu ganti ecu?
Yang diswap mesin om, mesin basically sama plek om beda di stroke aja, nah itu kurang tau sih, harusnyamsih ganti, cuma ga dapet ecunya kemaren, katanya sih dibantu akalin aja pake piggyback om
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

marmut wrote: Tue Jul 30, 2019 8:38 kalau oli masuk ruang bakar, pasti jumlah oli akan berkurang. sudah cek dipstick?
asap dari oli terbakar umumnya putih dan bau sangit.
paling mudah buka busi saja, kalau basah bensin ya sudah bisa diambil kesimpulan sendiri kan..?
Oli mesin dicek terus om dan ga berkurang sih om, kalo busi sih belom cek lagi om, nanti coba dicek lagi
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Duvebriliant0 »

Ridhobramantio wrote: Tue Jul 30, 2019 9:57
adri31 wrote: Tue Jul 30, 2019 6:29 Yg di swap apa? Mesin? Apakah mesinnya sama dengan aslinya? Kalau iya, apa perlu ganti ecu?
Yang diswap mesin om, mesin basically sama plek om beda di stroke aja, nah itu kurang tau sih, harusnyamsih ganti, cuma ga dapet ecunya kemaren, katanya sih dibantu akalin aja pake piggyback om
Kalo Brio di swap mesin Jazz ga perlu ganti ECU
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

Duvebriliant0 wrote: Tue Jul 30, 2019 14:27
Ridhobramantio wrote: Tue Jul 30, 2019 9:57
adri31 wrote: Tue Jul 30, 2019 6:29 Yg di swap apa? Mesin? Apakah mesinnya sama dengan aslinya? Kalau iya, apa perlu ganti ecu?
Yang diswap mesin om, mesin basically sama plek om beda di stroke aja, nah itu kurang tau sih, harusnyamsih ganti, cuma ga dapet ecunya kemaren, katanya sih dibantu akalin aja pake piggyback om
Kalo Brio di swap mesin Jazz ga perlu ganti ECU
Nah ini sih seharusny sama om, check engine juga ga nyala, cuma ini mesin sebenernya 1nz fe gen 2( udah dbw), dan mobil saya masih yang 1st gen (masih kabel gas) jadi intake sama box filter masih pake bawaan 1300nya, sama kebetulan 1nz yang saya punya itu headnya beda om, kata temen sih injektornya juga beda(pengalaman dia pernah dapet juga), soalnya isian headnya juga beda w :big_dunno:
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by epevert »

Ridhobramantio wrote:
Duvebriliant0 wrote: Tue Jul 30, 2019 14:27
Ridhobramantio wrote: Tue Jul 30, 2019 9:57 Yang diswap mesin om, mesin basically sama plek om beda di stroke aja, nah itu kurang tau sih, harusnyamsih ganti, cuma ga dapet ecunya kemaren, katanya sih dibantu akalin aja pake piggyback om
Kalo Brio di swap mesin Jazz ga perlu ganti ECU
Nah ini sih seharusny sama om, check engine juga ga nyala, cuma ini mesin sebenernya 1nz fe gen 2( udah dbw), dan mobil saya masih yang 1st gen (masih kabel gas) jadi intake sama box filter masih pake bawaan 1300nya, sama kebetulan 1nz yang saya punya itu headnya beda om, kata temen sih injektornya juga beda(pengalaman dia pernah dapet juga), soalnya isian headnya juga beda w :big_dunno:
Prinsipnya sih om bila ganti engine yg beda spec dgn aslinya..wajib oprek otaknya (ecu) utk hasil yg optimal...

Kalo kasus ngebul ya bener yg om2 diatas komen..kmgkinan bensin...kalo oli msk ruang bakar di mulut knalpot penuh oli jg....
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by ak4ng »

Tebak2an ini mobilnya ist Yap? CBU jdm? Pastikan mapping nya sama antara jdm vs Thai vs sing
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

epevert wrote: Tue Jul 30, 2019 23:40
Ridhobramantio wrote:
Duvebriliant0 wrote: Tue Jul 30, 2019 14:27

Kalo Brio di swap mesin Jazz ga perlu ganti ECU
Nah ini sih seharusny sama om, check engine juga ga nyala, cuma ini mesin sebenernya 1nz fe gen 2( udah dbw), dan mobil saya masih yang 1st gen (masih kabel gas) jadi intake sama box filter masih pake bawaan 1300nya, sama kebetulan 1nz yang saya punya itu headnya beda om, kata temen sih injektornya juga beda(pengalaman dia pernah dapet juga), soalnya isian headnya juga beda w :big_dunno:
Prinsipnya sih om bila ganti engine yg beda spec dgn aslinya..wajib oprek otaknya (ecu) utk hasil yg optimal...

Kalo kasus ngebul ya bener yg om2 diatas komen..kmgkinan bensin...kalo oli msk ruang bakar di mulut knalpot penuh oli jg....
Iya om, mungkin dipakein piggyback kali ya om buat bantu setting ecunya? Knalpot sih pernah saya rasain ujungnya item om kayak bekas pembakaran gitu, tapi kering ga basah
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

ak4ng wrote: Wed Jul 31, 2019 0:19 Tebak2an ini mobilnya ist Yap? CBU jdm? Pastikan mapping nya sama antara jdm vs Thai vs sing
Mobilnya echo om, cbu australia, kebetulan 1nz nya kalo cari2 sih kayaknya bekas bakpau jepang punya om CMIIW
User avatar
anadzir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by anadzir »

Ridhobramantio wrote: Tue Jul 30, 2019 8:03
Overhaul karna swap engine om, dari 1300 2nz ke 1500 1nz, pas awal overhaul ternyata headnya beda sama lokal, jadi seal klep,koil sama businya persamaannya sama innova/camry om, dan waktu itu ring seher kena tapi disini ga ada persamaannya karna piston juga beda, alhasil dipake dulu lah, nah setaun setelah itu gua udah beli dari luar tuh ringnya, pas dibongkar lagi boringan silinder 2 nya udah baret, akhirnya oversize 50 deh, dan dicek semua sih bagus, cuma emang dari awal mobil bensinnya ngocor banget om, boros parah, dan keadaan ecu masih pake bawaan 1300 nya, pas kemaren ke bengkelnya ngecek emang katanya mobil gua kebanyakan bensin, cuma pas baca2 katanya asep biru itu karna ada bocor oli ke pembakaran, makanya nyari2 info lagi hehe, maap kalo kepanjangan om πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Wah.. kalo kayagini perlu yang profesional om.. denger dari orang orang sih kalo mau swap engine yang minim trial n error emang harus full plek engine + wiring + ecu + transmisi (contoh: cedia ke evo 8/9). kalo ada salah satu yang gaada, trial n errornya bakal makan waktu lebih banyak lagi, malah ada yang gapernah selesai problemnya.

moga yang dibawah ane lebih paham.

ane tebak ini toyota echo hatchback yang warna biru itu ya? hehehe
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Mau tanya seputar mesin 1nz

Post by Ridhobramantio »

anadzir wrote: Mon Aug 12, 2019 5:40
Ridhobramantio wrote: Tue Jul 30, 2019 8:03
Overhaul karna swap engine om, dari 1300 2nz ke 1500 1nz, pas awal overhaul ternyata headnya beda sama lokal, jadi seal klep,koil sama businya persamaannya sama innova/camry om, dan waktu itu ring seher kena tapi disini ga ada persamaannya karna piston juga beda, alhasil dipake dulu lah, nah setaun setelah itu gua udah beli dari luar tuh ringnya, pas dibongkar lagi boringan silinder 2 nya udah baret, akhirnya oversize 50 deh, dan dicek semua sih bagus, cuma emang dari awal mobil bensinnya ngocor banget om, boros parah, dan keadaan ecu masih pake bawaan 1300 nya, pas kemaren ke bengkelnya ngecek emang katanya mobil gua kebanyakan bensin, cuma pas baca2 katanya asep biru itu karna ada bocor oli ke pembakaran, makanya nyari2 info lagi hehe, maap kalo kepanjangan om πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
Wah.. kalo kayagini perlu yang profesional om.. denger dari orang orang sih kalo mau swap engine yang minim trial n error emang harus full plek engine + wiring + ecu + transmisi (contoh: cedia ke evo 8/9). kalo ada salah satu yang gaada, trial n errornya bakal makan waktu lebih banyak lagi, malah ada yang gapernah selesai problemnya.

moga yang dibawah ane lebih paham.

ane tebak ini toyota echo hatchback yang warna biru itu ya? hehehe
Ya om betul yang biru, kebetulan sih transmisi semua plek sama, cuma ecu aja beda