Bahas NISSAN X-TRAIL donk ...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Bahas NISSAN X-TRAIL donk ...
NISSAN X-Trail yang di CKD di tanah air kalau tidak salah ada 2 versi.
Yang satu standar dan yang satu lagi full optional.
Full optional kalau tidak salah di roofnya ada 2 buah lampu lagi. Model emang jadi lebih menarik.
Kalau dibanding dengan New CR-V mana yang lebih ok?
Yang satu standar dan yang satu lagi full optional.
Full optional kalau tidak salah di roofnya ada 2 buah lampu lagi. Model emang jadi lebih menarik.
Kalau dibanding dengan New CR-V mana yang lebih ok?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Sumber : Mobilku.com
(13/05/2003) - Pada hari Nissan X-Trail diluncurkan, Honda memasang iklan CR-V secara mencolok di koran bertiras besar. Pada hari yang sama pula, seorang pengguna CR-V mengaku telah dibujuk rayu untuk mengganti mobilnya dengan Nissan X-Trail.
Seperti ada pertarungan sengit, bukan?
Segmen light SUV memang milik Honda CR-V. bukan di negeri ini saja, bahkan diseluruh dunia. Honda CR-V sudah jadi benchmark di segmen ini. Sebuah prestasi yang bermuara di tingkat penjualan (Honda Prospect Motor mengaku bisa menjual lebih dari 1000 unit perbulan. Sebuah angka yang mengiurkan).
Tak pelak lagi, meskipun para pengamat berkali-kali mengatakan bahwa porsi SUV di Indonesia masih kecil, namun para produsen tidak menutup mata terhadap peluang itu. Seperti adu cepat, mereka memperkenalkan wakilnya di pasar light SUV Indonesia. Hampir bersamaan, Ford Motor Indonesia meluncurkan Escape 2.0 liter dan Nissan Motor Indonesiamemperkenalkan X-Trail 2.5 liter.
Bila Ford mematok target moderat (atau ?tahu diri?) untuk penjualan Ford Escape 2.0 liter, Nissan optimis mematok penjualan X-Trail pada angka 300 unit perbulan. Angka ini berarti, penjualan Nissan akan meningkat hampir dua kali lipat dan menjadikan X-Trail pilar kedua setelah Terrano dalam bisnis Nissan di Indoesia.
Nissan X-Trail dikatagorikan sebagai light SUV. Seperti lainnya, spesies ini dirancang untuk lebih banyak digunakan di on-road dengan kapabilitas handling dan comfort setara sedan dikombinasikan dengan kelapangan dan keserbagunaan SUV. Tipe ini juga bukan pelahap lumpur, walaupun tidak menolak bila diajak meniti jalan tanah pedesaan.
Target pasar X-Trail yang diincar Nissan adalah eksekutif muda yang menginginkan kendaraan yang nyaman dan menyukai kegiatan alam terbuka. Dengan berpatokan seperti itu, maka X-Trail yang dipasarkan di Indonesia berkonfigurasi 2WD (two-wheel drive)dengan transmisi matik yang menawarkan tingkat kenyaman berkendara optimal.
Yang bakal jadi poin penting Nissan X-Trail adalak kapasitas mesinnya yang mencapai 2.5 liter, jauh lebih besar dari kompetitornya. X-Trail menggunakan mesin generasi baru, QR25DE, mesin empat silinder yang memproduksi 180 ps/6000 rpm dan torsi maksimal 25 kg.m/4000 rpm. Jelas, mesin ini jauh lebih bertenaga dari rival-rivalnya.
Berdasarkan sejumlah pengujian, Nissan mengklaim, akselerasi 0 ? 100 km/jam ditempuh dalam 10.6 detik dan kecepatan 100 ? 120 km/jam ditempuh 4.7 detik. Unjuk kerja mesin ini dijinakkan dengan sistem pengereman berteknologi ABS, EBD dan brake assist dan 4 ventilated disc yang menghentikan laju kendaraan dari 100 km/jam ? 0 dalam jarak 40.5 meter.
Mesin ini dilengkapi dengan balance shaft system yang mengurangi tingkat kebisingan dan getaran mesin, hingga menghasilkan tingkat kesenyapan setara mesin V6. Kombinasi teknologi Continuously variable valve timing control (CVTC) dan electronically controlled throttle menghasilkan tenaga dan respon throttle lebih sempurna pada rentang kecepatan rendah hingga menengah. Tentu saja, mesin ini dirancang ramah lingkungan dan irit bensin.
X-Trail juga diklaim punya volume interior paling besar, artinya kompartemen penumpang paling lega dan ruang kargo paling lapang. Dengan dimensi 4510 x 1765 x 1675 mm, X-Trail menawarkan interior lega untuk lima penumpang dan bagasi sepanjang 1033mm yang bisa dimolorkan hingga 1875 mm bila kursi baris kedua dilipat.
Kursi-kursinya dirancang ergonomis dan dilengkapi dengan perangkat safety seperti seat belt dan sandaran kepala. Interior juga dilengkapi dengan sejumlah tempat penyimanan dan cupholder. Yang mencolok, panel indicator diposisikan di tengah, trend yang mulai menggejala. Posisi ini membuat penumpang lain lebih mudah mengontrol indicator mobil. Bagi pengemudi juga lebih cepat membaca daripada posisi konvensional.
Nissan juga menawarkan inovasi yang membuat anda lebih tenang menikmati kegiatan outdoor. Seperti papan penutup lantai bagasi, misalnya. Nissan menawarkan papan bagasi terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dengan air. Anda akan lebih tentram karena barang-barang berlumpur dan kotor bisa saja dimasukan ke bagasi, tanpa perlu membersihkannya lebih dulu. Dikombinasikan dengan upholstery (khusus varian Xt)yang juga tahan air.
Fender depan terbuat dari polymer yang anti penyok. Fender ini akan kembali ke bentuk semula bila mengalami benturan ringan. Selain itu bobotnya juga 5 kg lebih ringan dari fender baja konvensional. -®- [/url]
(13/05/2003) - Pada hari Nissan X-Trail diluncurkan, Honda memasang iklan CR-V secara mencolok di koran bertiras besar. Pada hari yang sama pula, seorang pengguna CR-V mengaku telah dibujuk rayu untuk mengganti mobilnya dengan Nissan X-Trail.
Seperti ada pertarungan sengit, bukan?
Segmen light SUV memang milik Honda CR-V. bukan di negeri ini saja, bahkan diseluruh dunia. Honda CR-V sudah jadi benchmark di segmen ini. Sebuah prestasi yang bermuara di tingkat penjualan (Honda Prospect Motor mengaku bisa menjual lebih dari 1000 unit perbulan. Sebuah angka yang mengiurkan).
Tak pelak lagi, meskipun para pengamat berkali-kali mengatakan bahwa porsi SUV di Indonesia masih kecil, namun para produsen tidak menutup mata terhadap peluang itu. Seperti adu cepat, mereka memperkenalkan wakilnya di pasar light SUV Indonesia. Hampir bersamaan, Ford Motor Indonesia meluncurkan Escape 2.0 liter dan Nissan Motor Indonesiamemperkenalkan X-Trail 2.5 liter.
Bila Ford mematok target moderat (atau ?tahu diri?) untuk penjualan Ford Escape 2.0 liter, Nissan optimis mematok penjualan X-Trail pada angka 300 unit perbulan. Angka ini berarti, penjualan Nissan akan meningkat hampir dua kali lipat dan menjadikan X-Trail pilar kedua setelah Terrano dalam bisnis Nissan di Indoesia.
Nissan X-Trail dikatagorikan sebagai light SUV. Seperti lainnya, spesies ini dirancang untuk lebih banyak digunakan di on-road dengan kapabilitas handling dan comfort setara sedan dikombinasikan dengan kelapangan dan keserbagunaan SUV. Tipe ini juga bukan pelahap lumpur, walaupun tidak menolak bila diajak meniti jalan tanah pedesaan.
Target pasar X-Trail yang diincar Nissan adalah eksekutif muda yang menginginkan kendaraan yang nyaman dan menyukai kegiatan alam terbuka. Dengan berpatokan seperti itu, maka X-Trail yang dipasarkan di Indonesia berkonfigurasi 2WD (two-wheel drive)dengan transmisi matik yang menawarkan tingkat kenyaman berkendara optimal.
Yang bakal jadi poin penting Nissan X-Trail adalak kapasitas mesinnya yang mencapai 2.5 liter, jauh lebih besar dari kompetitornya. X-Trail menggunakan mesin generasi baru, QR25DE, mesin empat silinder yang memproduksi 180 ps/6000 rpm dan torsi maksimal 25 kg.m/4000 rpm. Jelas, mesin ini jauh lebih bertenaga dari rival-rivalnya.
Berdasarkan sejumlah pengujian, Nissan mengklaim, akselerasi 0 ? 100 km/jam ditempuh dalam 10.6 detik dan kecepatan 100 ? 120 km/jam ditempuh 4.7 detik. Unjuk kerja mesin ini dijinakkan dengan sistem pengereman berteknologi ABS, EBD dan brake assist dan 4 ventilated disc yang menghentikan laju kendaraan dari 100 km/jam ? 0 dalam jarak 40.5 meter.
Mesin ini dilengkapi dengan balance shaft system yang mengurangi tingkat kebisingan dan getaran mesin, hingga menghasilkan tingkat kesenyapan setara mesin V6. Kombinasi teknologi Continuously variable valve timing control (CVTC) dan electronically controlled throttle menghasilkan tenaga dan respon throttle lebih sempurna pada rentang kecepatan rendah hingga menengah. Tentu saja, mesin ini dirancang ramah lingkungan dan irit bensin.
X-Trail juga diklaim punya volume interior paling besar, artinya kompartemen penumpang paling lega dan ruang kargo paling lapang. Dengan dimensi 4510 x 1765 x 1675 mm, X-Trail menawarkan interior lega untuk lima penumpang dan bagasi sepanjang 1033mm yang bisa dimolorkan hingga 1875 mm bila kursi baris kedua dilipat.
Kursi-kursinya dirancang ergonomis dan dilengkapi dengan perangkat safety seperti seat belt dan sandaran kepala. Interior juga dilengkapi dengan sejumlah tempat penyimanan dan cupholder. Yang mencolok, panel indicator diposisikan di tengah, trend yang mulai menggejala. Posisi ini membuat penumpang lain lebih mudah mengontrol indicator mobil. Bagi pengemudi juga lebih cepat membaca daripada posisi konvensional.
Nissan juga menawarkan inovasi yang membuat anda lebih tenang menikmati kegiatan outdoor. Seperti papan penutup lantai bagasi, misalnya. Nissan menawarkan papan bagasi terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dengan air. Anda akan lebih tentram karena barang-barang berlumpur dan kotor bisa saja dimasukan ke bagasi, tanpa perlu membersihkannya lebih dulu. Dikombinasikan dengan upholstery (khusus varian Xt)yang juga tahan air.
Fender depan terbuat dari polymer yang anti penyok. Fender ini akan kembali ke bentuk semula bila mengalami benturan ringan. Selain itu bobotnya juga 5 kg lebih ringan dari fender baja konvensional. -®- [/url]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Thanks ya untuk reply dan info-nya.
Ternyata setelah dilihat lebih detil lagi. New CR-V lebih banyak unggulnya ya. Interior juga masih lebih bagus CR-V. Kemudian dari segi power X-Trail unggul sedikit dari CR-V.
Tapi dari keseluruhan feature CR-V masih lebih lengkap dan juga harganya yang lebih murah dari X-Trail. Belum lagi after sales HONDA lebih baik.
Thanks picturenya!
Ternyata setelah dilihat lebih detil lagi. New CR-V lebih banyak unggulnya ya. Interior juga masih lebih bagus CR-V. Kemudian dari segi power X-Trail unggul sedikit dari CR-V.
Tapi dari keseluruhan feature CR-V masih lebih lengkap dan juga harganya yang lebih murah dari X-Trail. Belum lagi after sales HONDA lebih baik.
Thanks picturenya!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39
Maaf mau nyambungin nich.......
maksud
2.0 liter pada ESCAPE
2.5 liter Nissan XTrail
4.0 litre CHEEROKEE
apa sich bosssss......????????????
maaf sy bukan orang otomotif tapi setidak-tidaknya pengamat OTOMOTIF(cuma ngamat-ngamatin doang).
Terus terang yg bikin sy bingung 2.0/2.5/4.0 gak mungkinkan itu kode bensin soale pake liter2an atw maksunya CC mobilnya ya....????? koq pake liter segala sich bosss.......??????
udah gitu saya ngebaca di beberapa thread selalu XTrail dan CRV terus yg dibandingin trus bosss..... gimana dengan CHEEROKEE dibandingkan dengan yg kedua tadi NISSAN and HONDA lebih unggul mana sich...........???? baik grand cheeroke atw yg keluaran sebelumnya mana sich bos yg lebih layak diperhitungkan...........????? soale ada niat mo beli Cheerokee nich.......
thanks buat tanggapannya.
maksud
2.0 liter pada ESCAPE
2.5 liter Nissan XTrail
4.0 litre CHEEROKEE
apa sich bosssss......????????????
maaf sy bukan orang otomotif tapi setidak-tidaknya pengamat OTOMOTIF(cuma ngamat-ngamatin doang).
Terus terang yg bikin sy bingung 2.0/2.5/4.0 gak mungkinkan itu kode bensin soale pake liter2an atw maksunya CC mobilnya ya....????? koq pake liter segala sich bosss.......??????
udah gitu saya ngebaca di beberapa thread selalu XTrail dan CRV terus yg dibandingin trus bosss..... gimana dengan CHEEROKEE dibandingkan dengan yg kedua tadi NISSAN and HONDA lebih unggul mana sich...........???? baik grand cheeroke atw yg keluaran sebelumnya mana sich bos yg lebih layak diperhitungkan...........????? soale ada niat mo beli Cheerokee nich.......
thanks buat tanggapannya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kode cc nya pak 2000cc,2500cc sedangkan ceroke 4000cc.
kalo ceroke ngak bisa di bandingkan dengan x trail dan crv karena mobil baru nya harganya jauh melebihi xtrail dan ceroke kalo ngak salah grand ceroke berada di range 700-800 an sedangkan xtrail ama crv 250 an.
kalo beli ceroke dapet cc gede walaupun horsepower nya hampir sama dengan xtraill.
ceroke bensin nya 1:4
sparepart agak mahal
yang taun 94 terlalu banyak trouble dari rem ngak pakem,bracket stir bengkok,ac ngak dingin.
naik an ceroke itu kayak naik perahu terlalu limbung.tapi kalo pake offrot enak bawa nya soalnya 4x4
kalo ceroke ngak bisa di bandingkan dengan x trail dan crv karena mobil baru nya harganya jauh melebihi xtrail dan ceroke kalo ngak salah grand ceroke berada di range 700-800 an sedangkan xtrail ama crv 250 an.
kalo beli ceroke dapet cc gede walaupun horsepower nya hampir sama dengan xtraill.
ceroke bensin nya 1:4
sparepart agak mahal
yang taun 94 terlalu banyak trouble dari rem ngak pakem,bracket stir bengkok,ac ngak dingin.
naik an ceroke itu kayak naik perahu terlalu limbung.tapi kalo pake offrot enak bawa nya soalnya 4x4
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39
Iya ya.............
Padahal katanya cc mobil juga sangat mempengaruhi biaya pajak nah klo gak ada kelebihan yg begitu berarti yach itu namanya keputusan bodoh untuk memiliki satu buah mobil yg cuma menang status keluaran Amrik.
kalo pun cheerokee itu menyandang gelar the real jeep pada kenyataannya penggunaan cheerokee kebanyakan dijalan beraspal sy gak pernah dengar petugas perhutani dikasih mobil inventaris cheerokee atw cheerokee dijadikan sarana angkutan umum pegunungan kebanyakan saya liat berkeliaran di dalam kota dan jalan-jalan tol, ya iya gila kali harga segitu mahal buat jadi angkot.
Jadi intinya cheerokee itu adalah mobil yg sangat tidak tepat guna dalam arti kata mobil dengan harga perhitungan mobil sangat mewah tapi keunggulan yg dimiliki adalah untuk kinerja kerja badak ya Bossss.......
hehehehehehehe...........
Padahal katanya cc mobil juga sangat mempengaruhi biaya pajak nah klo gak ada kelebihan yg begitu berarti yach itu namanya keputusan bodoh untuk memiliki satu buah mobil yg cuma menang status keluaran Amrik.
kalo pun cheerokee itu menyandang gelar the real jeep pada kenyataannya penggunaan cheerokee kebanyakan dijalan beraspal sy gak pernah dengar petugas perhutani dikasih mobil inventaris cheerokee atw cheerokee dijadikan sarana angkutan umum pegunungan kebanyakan saya liat berkeliaran di dalam kota dan jalan-jalan tol, ya iya gila kali harga segitu mahal buat jadi angkot.
Jadi intinya cheerokee itu adalah mobil yg sangat tidak tepat guna dalam arti kata mobil dengan harga perhitungan mobil sangat mewah tapi keunggulan yg dimiliki adalah untuk kinerja kerja badak ya Bossss.......
hehehehehehehe...........
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
huhauhauh rugi sih ngak juga sebenar nya soalnya dulu pas dikalimantan tuh mobil berjasa juga heheh buat bolak balik masuk hutan.
kalo make nya sih biasa aja yah hehehehe nyesel mau diapain kan udah kebeli kekekeke kalo bisa di kembaliin sih ngak papa.
punya saya sih udah lumayan bener sekarang sisa reinforce bracket stering aja ama stel rem (soalnya booster nya udah diganti yang taun muda)
kalo make nya sih biasa aja yah hehehehe nyesel mau diapain kan udah kebeli kekekeke kalo bisa di kembaliin sih ngak papa.
punya saya sih udah lumayan bener sekarang sisa reinforce bracket stering aja ama stel rem (soalnya booster nya udah diganti yang taun muda)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39
berarti modalinnya lumayan gede juga ya.......
boss mpoezz dari surabaya ke kalimanta bawa mobil wek jauh banget....... gimana rasanya enak gak...???? maksudnya nyaman gak buat dipake jarak jauh...... apa lagi keluar masuk hutan btw cheerokee kan boros banget 1:4 emang bensinnya cukup...???? kapasitasnya tangki bensinya brp liter kan dihutan gak ada SPBU hehehehehehe
boss mpoezz dari surabaya ke kalimanta bawa mobil wek jauh banget....... gimana rasanya enak gak...???? maksudnya nyaman gak buat dipake jarak jauh...... apa lagi keluar masuk hutan btw cheerokee kan boros banget 1:4 emang bensinnya cukup...???? kapasitasnya tangki bensinya brp liter kan dihutan gak ada SPBU hehehehehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kapasitas tangki bensin sih 70 liter yah cukup lah kalo berangkat ntar pulang isi lagi.di dalem hutan emang ngak ada spbu tapi kan di kota terdekat ada yang juga spbu hehehehe.
rasanya kalo dipake dihutan enak soalnya bawa gitu ngak was was 4x4.
tapi kalo dipake di kota kurang cocok karena limbung kayak naik perahu hehehe
rasanya kalo dipake dihutan enak soalnya bawa gitu ngak was was 4x4.
tapi kalo dipake di kota kurang cocok karena limbung kayak naik perahu hehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
Rupanya mpoezz ini orang hutan.mpoezz wrote:dulu pas dikalimantan tuh mobil berjasa juga heheh buat bolak balik masuk hutan.

Pantesan sekarang udah masuk ke kota, gayanya banyak banget (kemaren itu sampe minta mobilnya James Bond), yah......dapat dimaklumi, orang hutan masuk kota, hasilnya pasti begini, hihihi

Jangan-jangan........mpoezz ini adalah.........."The Missing Link"???
"Who bothers to cook TV dinners? I suck them frozen." ~ Woody Allen
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Nov 12, 2004 23:39