Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kurleb 3 mingguan yg lalu saya ganti bushing arm depan kiri kanan serena C24.
Setelah ganti saya blm sempat spooring.
Nah, sabtu kemarin saya ganti shock belakang sekalian mau spooring.
Pas sampai bengkel spooring, ketika kolong mobil dicek sama montir, saya dibuat kaget krn bushing yg baru diganti (kanan) muncrat karetnya seperti di foto.
Pantesan selama perjalanan ke bengkel kok saya denger bunyi jeduk dari roda kanan plus roda depan yg tiba2x geol kayak nginjek pinggiran aspal yg beda tinggi.
Pertanyaan saya : apakah memang utk Serena C24 sangat tidak dianjurkan utk ganti bushing arm depan jika bushing sdh pecah? Lebih baik ganti arm assy. Mohon pencerahannya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
seharusnya sih tidak masalah ganti bushing saja, kecuali design bushing-nya sudah nyatu dengan swing arm tidak bisa dilepas.
itupun masih ada cara lain untuk diperbaiki dengan di cor ulang entah pakai karet seperti aslinya atau bahan P.U.
sudah coba komplain ke tempat yang pasangnya?
atau langsung saja sambangi bengkel lili di otopart bsd atas, atau uban jaya di dekat bintaro plaza.
Saya beli bushing di salah satu toko sparepart Nissan di atrium senen.
Jadi saya asumsikan permintaan penggantian bushing arm depan utk Serena C24 memang cukup banyak.
Saya sdh komplain ke bengkelnya (bengkel kaki yg cukup terkenal), yah dia sih cenderung menyalahkan kualitas bushingnya dgn alasan tidak ada bushing arm depan yg ori.
Yasudahlah, saya akhirnya beli arm assy trus minta diskon ongkos pasang.
Terus terang, saya masih penasaran kenapa karet bushingnya sampai muncrat kayak gitu, Kalo retak saya masih bisa ngerti.
Apakah mungkin ada kesalahan prosedur pasang bushing?
kemungkinan dari kualitas karetnya.... karena kalo kesalahan pemasangan, rasa-rasanya nggak sampe seperti itu.
coba saja swing arm yang lama iseng-iseng di rebuild cor karet lagi. jadi misalkan suatu saat sudah waktunya penggantian, sudah siap tinggal pasang.
wah sampe benyek gitu karetnya ya, mungkin itu kualitas karetnya yang buruk. apa gak komplain ke toko sparepart tempat om beli?
mungkin kalo mau ganti bushing lagi mending beli ke bengkelnya om, biasanya mereka kasih garansi 1 tahun. pengalaman saya ganti bushing2 nissan march di bengkel kaki-kaki sampe bongkar pasang 3x sampe nemu yang bener-bener sesuai harapan, karena garansi itu jadi tidak keluar biaya lagi.
iybam wrote: Tue Jul 16, 2019 3:23
wah sampe benyek gitu karetnya ya, mungkin itu kualitas karetnya yang buruk. apa gak komplain ke toko sparepart tempat om beli?
mungkin kalo mau ganti bushing lagi mending beli ke bengkelnya om, biasanya mereka kasih garansi 1 tahun. pengalaman saya ganti bushing2 nissan march di bengkel kaki-kaki sampe bongkar pasang 3x sampe nemu yang bener-bener sesuai harapan, karena garansi itu jadi tidak keluar biaya lagi.
Udah komplain juga ke tokonya. Dia bilang masangnya tuh yg gak bener.
Berhubung kejadian hari sabtu sdgkan senin sdh masuk sekolah aka kembali nganter anak sekolah melewati medan perang kemacetan, saya akhirnya beli arm assy dari dia dgn harga khusus.
Kenapa saya buru2x, krn efeknya bukan cuma bunyi jedug kenceng, tapi mobil bisa tiba2x belok sendiri walaupun sedikit. Sangat riskan kalo lagi berjibaku melawan macet.
Karet buat bushing , setau ane macem2 tipe hardness nya. kalo jadi Lumer spt itu, sptnya Hardness nya rendah.
Kalo hardness nya tinggi paling jd pecah atau Gompal. kalo kena beban di atas speknya
bembenk95 wrote: Tue Jul 16, 2019 8:23
Karet buat bushing , setau ane macem2 tipe hardness nya. kalo jadi Lumer spt itu, sptnya Hardness nya rendah.
Kalo hardness nya tinggi paling jd pecah atau Gompal. kalo kena beban di atas speknya
Saya beli bushing di salah satu toko sparepart Nissan di atrium senen.
Jadi saya asumsikan permintaan penggantian bushing arm depan utk Serena C24 memang cukup banyak.
Saya sdh komplain ke bengkelnya (bengkel kaki yg cukup terkenal), yah dia sih cenderung menyalahkan kualitas bushingnya dgn alasan tidak ada bushing arm depan yg ori.
Yasudahlah, saya akhirnya beli arm assy trus minta diskon ongkos pasang.
Terus terang, saya masih penasaran kenapa karet bushingnya sampai muncrat kayak gitu, Kalo retak saya masih bisa ngerti.
Apakah mungkin ada kesalahan prosedur pasang bushing?
kalo boleh tahu nama bengkelnya om
via pm juga tak apa hehe...