Permisi.......
Mon maap ganggu,
Ini mo konsul ban, 235/70/15, Katana
Opsi yg masuk budget (max 1jeti)
- GT Savero AT plus / GTR 378
- Hankook Optimo H429
- Dunlop TG30
Banyak info malah bikin ane puyeng, misalnya:.
-Dunlop TG30 kan produk lama, takut ada apa2,eh, Yg rekomen bilang, ini ban senyap,better daripada ban d bawah.
- Hankook senyap, gampang benjol ,
- GT Savero Plus, awet. banyak dpake Katana
- GTR 378,
Pemakaian 1x/mggu mudik, PP +/- 100km
mungkin suhu2 disini bisa bantu....
Thanks
ASK Ban Budget Max 1Jeti
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: ASK Ban Budget Max 1Jeti
Dunlop TG30...asal produksi baru menurut saya lebih mending daripada kedua merk yang disebut
kl GTR378...utk saya udah kapok
opsi lain dueler A/T kayaknya 1jt lewat sdkt
kl GTR378...utk saya udah kapok
opsi lain dueler A/T kayaknya 1jt lewat sdkt
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 256
- Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda
Re: ASK Ban Budget Max 1Jeti
Koreksi:MSU wrote: Thu Jun 13, 2019 5:57 Dunlop TG30...asal produksi baru menurut saya lebih mending daripada kedua merk yang disebut
kl GTR378...utk saya udah kapok
opsi lain dueler A/T kayaknya 1jt lewat sdkt
Setelah ane pikir2, rencana berubah, awalnya ganti 2ban, sekarang 4ban, budget mepet di 800K/ban, max 3.300 (4pcs)
BS Dueler A/T 1.050/ban, 4.200 (4pcs) waduh. + BS Dueler menurut ane terlalu awet, hehehe
Ini depan pake BS Dueler, 10 tahun pake, masih tebal, meski ada retak rambut.
Maklum, jarang pake, max 6000 km lah setaon..
Oke masbro, GTR 378 coret
Nah, awalnya memang ke Dunlop TG-30, banyak nyaranin itu.
Eh, iseng2 cek ke website resmi Dunlop kok ga ada ya, kan jadi curiga.
Kalo produksi, kemaren TG30 dapet yg Februari 2019 (800k, free Bal - Nitro, Tutup pentil)
Trus,dikasih opsi lagi di Dunlop TG20(beda profil), LM704 (beda profil), GTR Savero AT Plus, GTR Savero SUV (beda profil), GTR Champiro BXT Plus. Semua masuk budget. (Beda profil = tidak ada 235/70, antara 205/215).
User yg pake HK sama Dunlop, bilang HK lebih empuk tapi harus waspada tekanan ban, kalo ga, ya rawan benjol.
Kalo dilihat dari kembangan, kira2 yang paling senyap dan empuk yang mana ya?
Ini gambarnya...
Terima kasih mas...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: ASK Ban Budget Max 1Jeti
numpang thread, mumpung lagi nyari ban dgn kriteria sama buat panther touring dengan ukuran standar 235/70 R15.
panther saya beli seken taun 2018, dari dealer dikasih ban dueler new old stock dengan prod date 0317. di awal tahun 2021, ban depan ganti krn udah rada botak, dan ganti ke dunlop TG30. secara performa sih lumayan, grip oke, comfort dan silent untuk kelas A/T. worth buat harganya.
nah sekarang ban belakang udah menipis dan mau ganti, maunya sih ganti ke 235/75 aja biar tinggian dikit dan membantu top speed tapi TG30 ga ada ukuran ini.
kriteria yg dicari:
- kondisi pemakaian adalah daily use dalkot, sesekali tol, dan bbrp minggu sekali mungkin keluar kota.
- kondisi daily road adalah aspal surabaya yg terkenal penuh tambalan, bumpy dan benjol bergelombang dimana-mana. pemakaian sekitar 2000km per bulan atau 20-25rb km per tahun, jadi tidak perlu ban yg berumur lama, lebih prefer yg bisa habis duluan sebelum mulai getas dan retak.
- suara tidak terlalu jadi masalah karena suara dan getaran mesin panther sendiri sudah seperti itu.
- grip untuk kecepatan tinggi tidak terlalu diperlukan, tidak akan dipakai ngebut diatas 100kph (it's a panther, dude). yg penting untuk ngelewati banjir tidak slippery waktu rem, karena jalan diluar komplek rumah sering banjir.
- tidak mudah tertancap paku (pake BS dueler kayaknya sering bgt tertancap paku)
- tidak mau GT, karena pengalaman dan sharing kalau GT terkenal mudah benjol dan ngelupas.
- tidak mau BS dueler, keras dan sekarang udah terlalu mahal, dan pengalaman sering banget kemasukan kerikil dan sepertinya gampang ketusuk paku.
- tidak mau yg gampang jebol, jangan hanya bagus diawal tapi baru 2 taun udah rusak
setelah nyari kandidat, tersaringlah berikut ini untuk budget dibawah sejuta:
- Dunlop TG20 (review luar katanya licin di wet track?) -> paling murah, tapi tidak yakin dengan pola alurnya untuk membuang air, dan alurnya besar
- Dunlop AT22 (idem dgn TG20) -> lebih mahal dikit dari TG20
- Accelera Omikron A/T (di review luar hampir ga ada yg bilang jelek, semua blg worth it dan performa all round) --> tapi apakah merk ini awet? lebih mahal dari dunlop AT22.
apakah ada yg udah pernah coba atau bandingin ketiga kandidat ini? atau mungkin ada rekomendasi lain?
panther saya beli seken taun 2018, dari dealer dikasih ban dueler new old stock dengan prod date 0317. di awal tahun 2021, ban depan ganti krn udah rada botak, dan ganti ke dunlop TG30. secara performa sih lumayan, grip oke, comfort dan silent untuk kelas A/T. worth buat harganya.
nah sekarang ban belakang udah menipis dan mau ganti, maunya sih ganti ke 235/75 aja biar tinggian dikit dan membantu top speed tapi TG30 ga ada ukuran ini.
kriteria yg dicari:
- kondisi pemakaian adalah daily use dalkot, sesekali tol, dan bbrp minggu sekali mungkin keluar kota.
- kondisi daily road adalah aspal surabaya yg terkenal penuh tambalan, bumpy dan benjol bergelombang dimana-mana. pemakaian sekitar 2000km per bulan atau 20-25rb km per tahun, jadi tidak perlu ban yg berumur lama, lebih prefer yg bisa habis duluan sebelum mulai getas dan retak.
- suara tidak terlalu jadi masalah karena suara dan getaran mesin panther sendiri sudah seperti itu.
- grip untuk kecepatan tinggi tidak terlalu diperlukan, tidak akan dipakai ngebut diatas 100kph (it's a panther, dude). yg penting untuk ngelewati banjir tidak slippery waktu rem, karena jalan diluar komplek rumah sering banjir.
- tidak mudah tertancap paku (pake BS dueler kayaknya sering bgt tertancap paku)
- tidak mau GT, karena pengalaman dan sharing kalau GT terkenal mudah benjol dan ngelupas.
- tidak mau BS dueler, keras dan sekarang udah terlalu mahal, dan pengalaman sering banget kemasukan kerikil dan sepertinya gampang ketusuk paku.
- tidak mau yg gampang jebol, jangan hanya bagus diawal tapi baru 2 taun udah rusak
setelah nyari kandidat, tersaringlah berikut ini untuk budget dibawah sejuta:
- Dunlop TG20 (review luar katanya licin di wet track?) -> paling murah, tapi tidak yakin dengan pola alurnya untuk membuang air, dan alurnya besar
- Dunlop AT22 (idem dgn TG20) -> lebih mahal dikit dari TG20
- Accelera Omikron A/T (di review luar hampir ga ada yg bilang jelek, semua blg worth it dan performa all round) --> tapi apakah merk ini awet? lebih mahal dari dunlop AT22.
apakah ada yg udah pernah coba atau bandingin ketiga kandidat ini? atau mungkin ada rekomendasi lain?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: ASK Ban Budget Max 1Jeti
Nitip sendal om, sy juga mo beli Omikron tp masih maju mundur…
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Gojek
Re: ASK Ban Budget Max 1Jeti
Om saya pernah beli tg20 di tahun 2008. Sbenernys pengalaman saya ga jelek2 amat. Lumayan kuat bannya, aquaplanning ga seburuk dugaan org koq. Tp saya kalo ujan ga pernah kenceng max 70 80.r1409 wrote: Sun Nov 07, 2021 6:29 numpang thread, mumpung lagi nyari ban dgn kriteria sama buat panther touring dengan ukuran standar 235/70 R15.
panther saya beli seken taun 2018, dari dealer dikasih ban dueler new old stock dengan prod date 0317. di awal tahun 2021, ban depan ganti krn udah rada botak, dan ganti ke dunlop TG30. secara performa sih lumayan, grip oke, comfort dan silent untuk kelas A/T. worth buat harganya.
nah sekarang ban belakang udah menipis dan mau ganti, maunya sih ganti ke 235/75 aja biar tinggian dikit dan membantu top speed tapi TG30 ga ada ukuran ini.
kriteria yg dicari:
- kondisi pemakaian adalah daily use dalkot, sesekali tol, dan bbrp minggu sekali mungkin keluar kota.
- kondisi daily road adalah aspal surabaya yg terkenal penuh tambalan, bumpy dan benjol bergelombang dimana-mana. pemakaian sekitar 2000km per bulan atau 20-25rb km per tahun, jadi tidak perlu ban yg berumur lama, lebih prefer yg bisa habis duluan sebelum mulai getas dan retak.
- suara tidak terlalu jadi masalah karena suara dan getaran mesin panther sendiri sudah seperti itu.
- grip untuk kecepatan tinggi tidak terlalu diperlukan, tidak akan dipakai ngebut diatas 100kph (it's a panther, dude). yg penting untuk ngelewati banjir tidak slippery waktu rem, karena jalan diluar komplek rumah sering banjir.
- tidak mudah tertancap paku (pake BS dueler kayaknya sering bgt tertancap paku)
- tidak mau GT, karena pengalaman dan sharing kalau GT terkenal mudah benjol dan ngelupas.
- tidak mau BS dueler, keras dan sekarang udah terlalu mahal, dan pengalaman sering banget kemasukan kerikil dan sepertinya gampang ketusuk paku.
- tidak mau yg gampang jebol, jangan hanya bagus diawal tapi baru 2 taun udah rusak
setelah nyari kandidat, tersaringlah berikut ini untuk budget dibawah sejuta:
- Dunlop TG20 (review luar katanya licin di wet track?) -> paling murah, tapi tidak yakin dengan pola alurnya untuk membuang air, dan alurnya besar
- Dunlop AT22 (idem dgn TG20) -> lebih mahal dikit dari TG20
- Accelera Omikron A/T (di review luar hampir ga ada yg bilang jelek, semua blg worth it dan performa all round) --> tapi apakah merk ini awet? lebih mahal dari dunlop AT22.
apakah ada yg udah pernah coba atau bandingin ketiga kandidat ini? atau mungkin ada rekomendasi lain?
Rasanya kalau dibanding 3 itu saya pilih at22. Sori om, pengalaman saya sih ban at yg onroad biased 2020 (GY silent trac) itu udah hampir sama kayak ban ht 689 bawaan blazer dulu thn 2000. Ban teknologi baru sih memang hebat. Saya udah nyerah pake ukuran std, ban 30 inch lebih banyak pilihannya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: ASK Ban Budget Max 1Jeti
hasil penelusuran lebih jauh di review luar, sepertinya akan condong ke omikron.
TG20 jarang banget ada reviewnya, tapi kurang sreg dengan pola tapaknya yg sepertinya kurang bagus membelah air.
AT22 banyak yg review jelek untuk wet braking
omikron a/t bisa dibilang semua review bagus, tidak ada negative review kecuali 1 untuk defect product, mungkin pas sial aja.
TG20 jarang banget ada reviewnya, tapi kurang sreg dengan pola tapaknya yg sepertinya kurang bagus membelah air.
AT22 banyak yg review jelek untuk wet braking
omikron a/t bisa dibilang semua review bagus, tidak ada negative review kecuali 1 untuk defect product, mungkin pas sial aja.