Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by Salvanost »



Video youtube lama 2 tahun lalu
Ini berhubung saya nubie bingung sama videonya
Kelihatan kalau kondisi mesinnya jadi semakin bagus...
Tetapi cara kerjanya gimana?

1. Itu aditif yg dipake fungsinya buat apa aja?
2. Mesin mobilnya ada masalah apa?
3. Apakah ini kasus spesifik yg memang bisa diobatin dengan menggunakan aditif? Kalau tanpa aditif, misal dibawa ke bengkel apakah perlakuannya sama (sama bengkel pake aditif juga?) Atau mesinnya dibongkar?
4. Sama dengan teknik carbon clean di bengkel2 spesialis?

Terima kasih
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1059
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by michaelgiri93 »

Lho suka ngikutin project farm juga ya om?
Seafoam ini juga chrisfix bilang positif



Tapi seinget saya mbah kilmer bilang kalau seafoam buat mobil modern gak terlalu ngefek, atau malah gak berguna.
Jadi gak tau saya mana yang bener.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by josomba »

Seafoam kalau di indo yg mirip ya DCS...kecuali fungsi dituang ke dalam tangki bensin emg ndak bs setaubogut.
Image
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by MSU »

Kayaknya sih ini fungsinya sama2 sedikit mengurangi kerak karbon di ruang bakar ya...jadi ingat jaman 90an awal sebelum ada foam model DCS...ya mesti TOP OH kalo ngelitik udah ga ilang2..
Kalo saya puas ama carbon clean model yg diinjeksi ke ruang bakar via lubang busi..dulu nyobain merk AMB via bengkel di kelapa gading-jkt...abis itu kebetulan jalan2 ke puncak..7k-e berasa beda banget.
Prosedur carbon clean via lubang busi ini juga aman krn udah bbrp kl order (biasa per 20rb km)...sampe skrg mobil msh dipake harian
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by marmut »

perlakuan seperti itu cuma 2 kemungkinannya, jadi bener atau malah makin parah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Jun 06, 2019 13:39 perlakuan seperti itu cuma 2 kemungkinannya, jadi bener atau malah makin parah.
Kenapa om, rontokan karbon nya malah bikin baret liner ? Atau malah bkin loss kompresi ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Jun 06, 2019 21:24

Kenapa om, rontokan karbon nya malah bikin baret liner ? Atau malah bkin loss kompresi ?

kalo bikin loss kompresi, saya belum pernah nemu kasusnya. pun untuk bikin baret liner, kecil kemungkinannya walaupun bisa saja terjadi.

tapi yang musti diperhatiken, buat mobil yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihin fuel line-nya (mulai dari tengki sampe ke mesin) lalu dimasukin cairan as a fuel system cleaner, dan anggap saja semua kotoran yang di tengki dan fuel line rontok semua, kemana semua kotorannya mengarah? injektor kan? kalo semua kotoran numpuk di injektor, apa yang terjadi?

trus itu waktu nyemprot ke throttle, keliatan udah cukup banyak nyemprotin cairan tapi kotoran yang di throttle masih tetep numpuk. sepertinya jauh lebih manjur beli karb. klin yang 25 ribuan sekaleng, sedikit semprot langsung bersih, walaupun nggak tau isinya apaan.

yang ketiga, dimasukin ke dalem mesin dan berfungsi sebagai engine flush.
suara mesin (dari HLA?) yang tadinya kasar banget bisa mendadak senyap.... (?)
kalo emang bener itu pake HLA, ada yang sudah pernah bongkar langsung dan lihat isinya seperti apa? kalo saya sih, numpang ketawa aja. hahahahaha......
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Jun 07, 2019 8:04
DOHC wrote: Thu Jun 06, 2019 21:24

Kenapa om, rontokan karbon nya malah bikin baret liner ? Atau malah bkin loss kompresi ?

kalo bikin loss kompresi, saya belum pernah nemu kasusnya. pun untuk bikin baret liner, kecil kemungkinannya walaupun bisa saja terjadi.

tapi yang musti diperhatiken, buat mobil yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihin fuel line-nya (mulai dari tengki sampe ke mesin) lalu dimasukin cairan as a fuel system cleaner, dan anggap saja semua kotoran yang di tengki dan fuel line rontok semua, kemana semua kotorannya mengarah? injektor kan? kalo semua kotoran numpuk di injektor, apa yang terjadi?

trus itu waktu nyemprot ke throttle, keliatan udah cukup banyak nyemprotin cairan tapi kotoran yang di throttle masih tetep numpuk. sepertinya jauh lebih manjur beli karb. klin yang 25 ribuan sekaleng, sedikit semprot langsung bersih, walaupun nggak tau isinya apaan.

yang ketiga, dimasukin ke dalem mesin dan berfungsi sebagai engine flush.
suara mesin (dari HLA?) yang tadinya kasar banget bisa mendadak senyap.... (?)
kalo emang bener itu pake HLA, ada yang sudah pernah bongkar langsung dan lihat isinya seperti apa? kalo saya sih, numpang ketawa aja. hahahahaha......
Ahh ya ya, bener jg sehh.. kayanya yg cara bgituan cuman efektif kl utk kasus2 ga tralu parah..

Dan mengenai fuel cleaner, stuju sehh, perna kejadian di mobil ane dl, mobil bsa mendadak matot sendiri pas lg jalan, atau geter2 ga jlas.. yg ad kuar duit extra utk bersihin pake alat, itu jg untung masi ga rusak tuh injector
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by coklatMetalik »

Kalo yg beginian ngerusak injektor gk ya? :big_think:
Kan ironis kalo pembersih injektor malah ngerusak injektor...
265224623_d8ffd477-b12c-40cb-99ff-90559f95da8b_756_1008.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by MSU »

coklatMetalik wrote: Sat Jun 08, 2019 1:37 Kalo yg beginian ngerusak injektor gk ya? :big_think:
Kan ironis kalo pembersih injektor malah ngerusak injektor...

265224623_d8ffd477-b12c-40cb-99ff-90559f95da8b_756_1008.jpg
Jaman dulu saya kutak kutik injektor...cairan beginian ga ngerusak,cuma mungkin efektivitas pembersihannya yang kurang..
Dulu sering pake cairan ini,akhirnya iseng saya lepas injektornya & bersihkan pake carb cleaner (bikin colokan darurat)..hasilnya bumi & langit...seumur2 pegang mobil itu br kerasa tarikan & idle smooth (peugeot 405)
Sekarang pake kijang 7k-e....tiap 5000km sy pake cairan ini...beli merk Honda...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Sat Jun 08, 2019 1:37 Kalo yg beginian ngerusak injektor gk ya? :big_think:
Kan ironis kalo pembersih injektor malah ngerusak injektor...

265224623_d8ffd477-b12c-40cb-99ff-90559f95da8b_756_1008.jpg

ini dimasukin ke tengki bensin?
kalo ngerusak apa enggaknya, saya nggak ngerti. harusnya sih nggak mungkin ngerusak.
tapi sepengalaman saya pake injector cleaner, kotoran yang (mungkin) ada di tengki dan fuel line serta fuel filter ikut terangkat semua dan numpuk di injektor.
akibatnya? mobil lagi jalan mendadak mbrebet seperti busi mati, kemudian mesin mati total. di start lagi agak sulit nyala.

seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah samasekali pakai injector cleaner (yang dimasukkan ke dalam tengki bensin) coba dipikir-pikir lagi resikonya.
kalau saya sih lebih baik kuras tengki dulu.....
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: Sat Jun 08, 2019 3:10
coklatMetalik wrote: Sat Jun 08, 2019 1:37 Kalo yg beginian ngerusak injektor gk ya? :big_think:
Kan ironis kalo pembersih injektor malah ngerusak injektor...

265224623_d8ffd477-b12c-40cb-99ff-90559f95da8b_756_1008.jpg

ini dimasukin ke tengki bensin?
kalo ngerusak apa enggaknya, saya nggak ngerti. harusnya sih nggak mungkin ngerusak.
tapi sepengalaman saya pake injector cleaner, kotoran yang (mungkin) ada di tengki dan fuel line serta fuel filter ikut terangkat semua dan numpuk di injektor.
akibatnya? mobil lagi jalan mendadak mbrebet seperti busi mati, kemudian mesin mati total. di start lagi agak sulit nyala.

seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah samasekali pakai injector cleaner (yang dimasukkan ke dalam tengki bensin) coba dipikir-pikir lagi resikonya.
kalau saya sih lebih baik kuras tengki dulu.....
Iya betul masuk ke tangki...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
kangadut
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
Location: jakarta

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by kangadut »

Restorasi mobil berdeposit karbon parah cuma pakai aditif = buang2 uang.
Aditif pembersih lebih cocok utk mobil yg terawat dan blm parah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jun 08, 2019 3:10
coklatMetalik wrote: Sat Jun 08, 2019 1:37 Kalo yg beginian ngerusak injektor gk ya? :big_think:
Kan ironis kalo pembersih injektor malah ngerusak injektor...

265224623_d8ffd477-b12c-40cb-99ff-90559f95da8b_756_1008.jpg

ini dimasukin ke tengki bensin?
kalo ngerusak apa enggaknya, saya nggak ngerti. harusnya sih nggak mungkin ngerusak.
tapi sepengalaman saya pake injector cleaner, kotoran yang (mungkin) ada di tengki dan fuel line serta fuel filter ikut terangkat semua dan numpuk di injektor.
akibatnya? mobil lagi jalan mendadak mbrebet seperti busi mati, kemudian mesin mati total. di start lagi agak sulit nyala.

seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah samasekali pakai injector cleaner (yang dimasukkan ke dalam tengki bensin) coba dipikir-pikir lagi resikonya.
kalau saya sih lebih baik kuras tengki dulu.....
nambahin, kuras tangki jg ga ngejamin aman sehh.. dl lipindut ane perna abis kuras tangki (heboh jaman premios bsa bkin jebol fuel pump), cemplungin sbotol bgituan, yg ad tetep mesin bsa sesekali brebet2, kl di bejeg gas nya ga bsa kontan naek nya, brebet2 dl baru naek.. sembuh stelah copot 4 injector buat dibersihin..

btw, tp ad jg merek yg ane pake walaupun odo uda tinggi, ga bkin masalah aneh2 sehh.. si redline csfc-1, itu kl dosis maintenance gapapa, malah di ipah tuwir ane jd langganan padahal odo ud 200 rebu..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jun 10, 2019 12:23

nambahin, kuras tangki jg ga ngejamin aman sehh.. dl lipindut ane perna abis kuras tangki (heboh jaman premios bsa bkin jebol fuel pump), cemplungin sbotol bgituan, yg ad tetep mesin bsa sesekali brebet2, kl di bejeg gas nya ga bsa kontan naek nya, brebet2 dl baru naek.. sembuh stelah copot 4 injector buat dibersihin..

-

cuman kuras tengki dowang yang laen kaya pipa bensin ama injektor kaga dibongkar dibersihin?
pinter bener dah....
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by coklatMetalik »

OHV wrote: Mon Jun 10, 2019 12:23
marmut wrote: Sat Jun 08, 2019 3:10
coklatMetalik wrote: Sat Jun 08, 2019 1:37 Kalo yg beginian ngerusak injektor gk ya? :big_think:
Kan ironis kalo pembersih injektor malah ngerusak injektor...

265224623_d8ffd477-b12c-40cb-99ff-90559f95da8b_756_1008.jpg

ini dimasukin ke tengki bensin?
kalo ngerusak apa enggaknya, saya nggak ngerti. harusnya sih nggak mungkin ngerusak.
tapi sepengalaman saya pake injector cleaner, kotoran yang (mungkin) ada di tengki dan fuel line serta fuel filter ikut terangkat semua dan numpuk di injektor.
akibatnya? mobil lagi jalan mendadak mbrebet seperti busi mati, kemudian mesin mati total. di start lagi agak sulit nyala.

seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah samasekali pakai injector cleaner (yang dimasukkan ke dalam tengki bensin) coba dipikir-pikir lagi resikonya.
kalau saya sih lebih baik kuras tengki dulu.....
nambahin, kuras tangki jg ga ngejamin aman sehh.. dl lipindut ane perna abis kuras tangki (heboh jaman premios bsa bkin jebol fuel pump), cemplungin sbotol bgituan, yg ad tetep mesin bsa sesekali brebet2, kl di bejeg gas nya ga bsa kontan naek nya, brebet2 dl baru naek.. sembuh stelah copot 4 injector buat dibersihin..

btw, tp ad jg merek yg ane pake walaupun odo uda tinggi, ga bkin masalah aneh2 sehh.. si redline csfc-1, itu kl dosis maintenance gapapa, malah di ipah tuwir ane jd langganan padahal odo ud 200 rebu..
Redline di ipah pake sejak kilometer brp om?
Tengkinya dikuras dulu gk?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jun 10, 2019 12:40
DOHC wrote: Mon Jun 10, 2019 12:23

nambahin, kuras tangki jg ga ngejamin aman sehh.. dl lipindut ane perna abis kuras tangki (heboh jaman premios bsa bkin jebol fuel pump), cemplungin sbotol bgituan, yg ad tetep mesin bsa sesekali brebet2, kl di bejeg gas nya ga bsa kontan naek nya, brebet2 dl baru naek.. sembuh stelah copot 4 injector buat dibersihin..

-

cuman kuras tengki dowang yang laen kaya pipa bensin ama injektor kaga dibongkar dibersihin?
pinter bener dah....
Kaga mbah, waktu itu kira cuman tangki yg jorok, fuel line sehh sempet ane copotin jg tp cuman ampe yg deket firewall doank, yg sisanya ampe ke injector ga bsa ane copotin soal nya ngeri patah ntuh pipa nya, apalagi ga ad klem banjo sgala d lipindut..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Komen tentang aditif yg dipake buat restorasi mesin tua/lama?

Post by DOHC »

coklatMetalik wrote: Mon Jun 10, 2019 14:02
OHV wrote: Mon Jun 10, 2019 12:23
marmut wrote: Sat Jun 08, 2019 3:10


ini dimasukin ke tengki bensin?
kalo ngerusak apa enggaknya, saya nggak ngerti. harusnya sih nggak mungkin ngerusak.
tapi sepengalaman saya pake injector cleaner, kotoran yang (mungkin) ada di tengki dan fuel line serta fuel filter ikut terangkat semua dan numpuk di injektor.
akibatnya? mobil lagi jalan mendadak mbrebet seperti busi mati, kemudian mesin mati total. di start lagi agak sulit nyala.

seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau mobil sudah lebih dari 5 tahun dan belum pernah samasekali pakai injector cleaner (yang dimasukkan ke dalam tengki bensin) coba dipikir-pikir lagi resikonya.
kalau saya sih lebih baik kuras tengki dulu.....
nambahin, kuras tangki jg ga ngejamin aman sehh.. dl lipindut ane perna abis kuras tangki (heboh jaman premios bsa bkin jebol fuel pump), cemplungin sbotol bgituan, yg ad tetep mesin bsa sesekali brebet2, kl di bejeg gas nya ga bsa kontan naek nya, brebet2 dl baru naek.. sembuh stelah copot 4 injector buat dibersihin..

btw, tp ad jg merek yg ane pake walaupun odo uda tinggi, ga bkin masalah aneh2 sehh.. si redline csfc-1, itu kl dosis maintenance gapapa, malah di ipah tuwir ane jd langganan padahal odo ud 200 rebu..
Redline di ipah pake sejak kilometer brp om?
Tengkinya dikuras dulu gk?
Redline ud perna beberapa kl dipake sejak odo 100 rebuan, cuman jarang2 aj, rutin nya sejak ntuh mobil jd garage queen staon blakangan..

Percaya ga percaya, ntuh ipah ga perna di kutak katik tangki bensin ama fuel pump ama fuel injectornya... smua nya ting ting dr sjak lahir di karawang 13 taon lalu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: