WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 06, 2017 13:15
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Kijang
WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Numpang nanya barangkali ada rekan2 yg punya pengalaman sama.
saya ada Kijang Diesel Krista 2001, secara umum performa mesin masih sangat baik.
permasalahan yang timbul sejak 2 tahun yg lalu dan sudah keluar masuk bengkel masih belum sembuh adalah saat kondisi berhenti, misal macet lama, lebih dari 1 jam, dan kondisi cuaca panas temperature langsung bergerak naik, bahkan sampai merah.
tetapi saat sudah over heat, dan dibuat jalan walaupun pelan2 langsung temperatur bertahap turun dan kembali normal.
saya coba test juga kondisi parkir di jalan yg lagi terik matahari, mesin dan ac nyala, dalam waktu satu jam temperature mesin perlahan naik melebihi separoh, dan jalan terus sampai merah, kemudian kap mobil saya buka tanpa mematikan mesin, kondisi temperature menurun bertahap sampai normal.
dah berkali2 ganti bengkel dengam keluhan sama belum teratasi, mulai bersihkan radiator, pakai coolant, nambah extra fan, ganti termostat, ganti water pump, ganti swicth di radiator, dll. masih tetap aja overheat klo macet. apalagi sebentar lagi musim mudik, tahun2 kemaren selalu overheat dijalan.
barangkali ada rekan2 disini yg bisa kasih pencerahan, terima kasih sebelumnya.
saya ada Kijang Diesel Krista 2001, secara umum performa mesin masih sangat baik.
permasalahan yang timbul sejak 2 tahun yg lalu dan sudah keluar masuk bengkel masih belum sembuh adalah saat kondisi berhenti, misal macet lama, lebih dari 1 jam, dan kondisi cuaca panas temperature langsung bergerak naik, bahkan sampai merah.
tetapi saat sudah over heat, dan dibuat jalan walaupun pelan2 langsung temperatur bertahap turun dan kembali normal.
saya coba test juga kondisi parkir di jalan yg lagi terik matahari, mesin dan ac nyala, dalam waktu satu jam temperature mesin perlahan naik melebihi separoh, dan jalan terus sampai merah, kemudian kap mobil saya buka tanpa mematikan mesin, kondisi temperature menurun bertahap sampai normal.
dah berkali2 ganti bengkel dengam keluhan sama belum teratasi, mulai bersihkan radiator, pakai coolant, nambah extra fan, ganti termostat, ganti water pump, ganti swicth di radiator, dll. masih tetap aja overheat klo macet. apalagi sebentar lagi musim mudik, tahun2 kemaren selalu overheat dijalan.
barangkali ada rekan2 disini yg bisa kasih pencerahan, terima kasih sebelumnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
ini masih viscous fan ya? sudah diperiksa kondisi viscous fan-nya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kemungkinan sih problem di visco fan, tetapi anehnya udah pasang extra fan masih bisa overheat.
Coba ganti tutup radiator
Coba ganti tutup radiator
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kalau semua sudah dijalankan tp masih overheat, coba ini :Alanjanuar wrote: Tue May 21, 2019 7:53 Numpang nanya barangkali ada rekan2 yg punya pengalaman sama.
saya ada Kijang Diesel Krista 2001, secara umum performa mesin masih sangat baik.
permasalahan yang timbul sejak 2 tahun yg lalu dan sudah keluar masuk bengkel masih belum sembuh adalah saat kondisi berhenti, misal macet lama, lebih dari 1 jam, dan kondisi cuaca panas temperature langsung bergerak naik, bahkan sampai merah.
tetapi saat sudah over heat, dan dibuat jalan walaupun pelan2 langsung temperatur bertahap turun dan kembali normal.
saya coba test juga kondisi parkir di jalan yg lagi terik matahari, mesin dan ac nyala, dalam waktu satu jam temperature mesin perlahan naik melebihi separoh, dan jalan terus sampai merah, kemudian kap mobil saya buka tanpa mematikan mesin, kondisi temperature menurun bertahap sampai normal.
dah berkali2 ganti bengkel dengam keluhan sama belum teratasi, mulai bersihkan radiator, pakai coolant, nambah extra fan, ganti termostat, ganti water pump, ganti swicth di radiator, dll. masih tetap aja overheat klo macet. apalagi sebentar lagi musim mudik, tahun2 kemaren selalu overheat dijalan.
barangkali ada rekan2 disini yg bisa kasih pencerahan, terima kasih sebelumnya.
1. Pasang coolant baru. lihat gimana hasilnya kalau macet. Bisa jadi kotoran di dalam water jacket akan rontok
2. Ganti radiator. MUngkin sudah banyak scale / kerak di dalam yg menghambat pelepasan panas.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Sepertinya sama dengan kasus yang pernah saya alami di L300 dan Trooper, dua kali ke bengkel karena overheating, kalau jalan sih temperatur aman jaya di tengah.
Akhirnya bengkel minta saya ganti radiator, sejak itu gak pernah masalah dg pendinginan masin lagi meski jalan di kemacetan
Akhirnya bengkel minta saya ganti radiator, sejak itu gak pernah masalah dg pendinginan masin lagi meski jalan di kemacetan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kalo saya maka akan cek:
1. Rojok radiator
2. Bongkar visco,tambahin oli biar seret dikit
3. Steam kondensor & radiator
4. Cek fungsi termostat
5. Pas mesin dingin coba buka tutup radiator...ada gelembung2 ga...kl ada maka perlu top OH..mgkn ganti gasket cyl head atau ada masalah di cyl head
6. Overheat ini kl idle 1jam non ac atau pake ac? Kl hanya overheat pake ac..maka perlu mampir konsultasi ama tukang ac
7. Shroud fan masih ada?
8. Kl ga mempan semua...sy turunin mesinnya...overhaul haha...
1. Rojok radiator
2. Bongkar visco,tambahin oli biar seret dikit
3. Steam kondensor & radiator
4. Cek fungsi termostat
5. Pas mesin dingin coba buka tutup radiator...ada gelembung2 ga...kl ada maka perlu top OH..mgkn ganti gasket cyl head atau ada masalah di cyl head
6. Overheat ini kl idle 1jam non ac atau pake ac? Kl hanya overheat pake ac..maka perlu mampir konsultasi ama tukang ac
7. Shroud fan masih ada?
8. Kl ga mempan semua...sy turunin mesinnya...overhaul haha...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Yang ditakutkan dari dieselnya Kijang kapsul (mesin 2L) adalah retak rambut di dalam blok silindernya.
Penyakitnya 2L
Ketika semua sistem pendinginan sudah dicek: oli visco, radiator nggak mampet, thermostast oke, jalur piping air pendinginan mesin oke maka next mengarah masalah retak rambut (cmiiw)
Monggo para senior sharing2 di mari..
Penyakitnya 2L
Ketika semua sistem pendinginan sudah dicek: oli visco, radiator nggak mampet, thermostast oke, jalur piping air pendinginan mesin oke maka next mengarah masalah retak rambut (cmiiw)
Monggo para senior sharing2 di mari..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
retak rambu itu baru bermasalah kalah retakan sdh menembus dinding water jacket , ditandai dgn rembesnya air ke oli. dan oli jd milky alias warna mirip susu..quyquy wrote:Yang ditakutkan dari dieselnya Kijang kapsul (mesin 2L) adalah retak rambut di dalam blok silindernya.
Penyakitnya 2L
Ketika semua sistem pendinginan sudah dicek: oli visco, radiator nggak mampet, thermostast oke, jalur piping air pendinginan mesin oke maka next mengarah masalah retak rambut (cmiiw)
Monggo para senior sharing2 di mari..
coba oom TS cek apakah oli berubah warna
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kalau ngga ada kebocoran di selang2, mungkin radiatornya ada yang mampet. Saran saya sih:
1. Service radiator atau lebih baik ganti baru
2. Cek Thermostat
3. Tambahin oli visco fan
4. Jangan sampe radiator masuk angin waktu ngisi coolant
1. Service radiator atau lebih baik ganti baru
2. Cek Thermostat
3. Tambahin oli visco fan
4. Jangan sampe radiator masuk angin waktu ngisi coolant
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Persis kayak Escudo 1.6 saya dulu.
Dan saya baru tau problemnya di radiator setelah radiator saya ganti krn tabung atasnya retak.

Dan saya baru tau problemnya di radiator setelah radiator saya ganti krn tabung atasnya retak.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kemarin kejadian di LS400, lagi macet (berhenti 1/2 menit) tempratur naik lumayan cepet tapi kalo udah jalan turun.
Pas dicek ternyata visco udah bekas servisan, ganti baru, dicek macet total depan mall anggrek sampe depan trisakti aman aman saja. Note: radiator bawaan sudah di service sebelumnya.
Semoga membantu..
Pas dicek ternyata visco udah bekas servisan, ganti baru, dicek macet total depan mall anggrek sampe depan trisakti aman aman saja. Note: radiator bawaan sudah di service sebelumnya.
Semoga membantu..
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 06, 2017 13:15
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Kijang
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Tambahan info yg bs saya sampaikan :
1. Utk radiator dan berkali-kali bongkar dan bersihkan om, tetap sama aja.
2. Utk kemungkinan retak rambut dah di cek juga, melalui oli yg warna masih normal dan gak ada asap yg keluar (kata teknisi bengkel gak ada air yg ngerembes ke mesin)
3. Tutup radiator dah ganti.
4. Sempat dikasih saran ganti radiator oleh bengkel, saya sih gak masalah, cuman bengkel nya gak bs kasih jaminan masalah akan solved. Info dr tukang radiator, radiator saya masih normal.
5. Saya juga dah service bospom (gak tau ada korelasi dengan panasnya apa gak).
6. Alternatif terakhir apa dijual ya, hehe, cuman masih sayang banget, karena bawaannya masih benar2 enak ni mobil.
7. Perkiraan saya karena sirkulasi udara di bawah kap mobil, krn kap nya klo dipegang puanass banget, tangan di tempeli ke kap gak akan kuat nempel krn saking panasnya.
8. Fan masih standar, dan barusan di ganti water pump nya sehingga masih bagus putarannya. Sempat nambah extra fan cuman tetap aja gak ngaruh, akhir nya saya copot extra fannya krn berisik.
1. Utk radiator dan berkali-kali bongkar dan bersihkan om, tetap sama aja.
2. Utk kemungkinan retak rambut dah di cek juga, melalui oli yg warna masih normal dan gak ada asap yg keluar (kata teknisi bengkel gak ada air yg ngerembes ke mesin)
3. Tutup radiator dah ganti.
4. Sempat dikasih saran ganti radiator oleh bengkel, saya sih gak masalah, cuman bengkel nya gak bs kasih jaminan masalah akan solved. Info dr tukang radiator, radiator saya masih normal.
5. Saya juga dah service bospom (gak tau ada korelasi dengan panasnya apa gak).
6. Alternatif terakhir apa dijual ya, hehe, cuman masih sayang banget, karena bawaannya masih benar2 enak ni mobil.
7. Perkiraan saya karena sirkulasi udara di bawah kap mobil, krn kap nya klo dipegang puanass banget, tangan di tempeli ke kap gak akan kuat nempel krn saking panasnya.
8. Fan masih standar, dan barusan di ganti water pump nya sehingga masih bagus putarannya. Sempat nambah extra fan cuman tetap aja gak ngaruh, akhir nya saya copot extra fannya krn berisik.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Iya om,Alanjanuar wrote:Tambahan info yg bs saya sampaikan :
1. Utk radiator dan berkali-kali bongkar dan bersihkan om, tetap sama aja.
2. Utk kemungkinan retak rambut dah di cek juga, melalui oli yg warna masih normal dan gak ada asap yg keluar (kata teknisi bengkel gak ada air yg ngerembes ke mesin)
3. Tutup radiator dah ganti.
4. Sempat dikasih saran ganti radiator oleh bengkel, saya sih gak masalah, cuman bengkel nya gak bs kasih jaminan masalah akan solved. Info dr tukang radiator, radiator saya masih normal.
5. Saya juga dah service bospom (gak tau ada korelasi dengan panasnya apa gak).
6. Alternatif terakhir apa dijual ya, hehe, cuman masih sayang banget, karena bawaannya masih benar2 enak ni mobil.
7. Perkiraan saya karena sirkulasi udara di bawah kap mobil, krn kap nya klo dipegang puanass banget, tangan di tempeli ke kap gak akan kuat nempel krn saking panasnya.
8. Fan masih standar, dan barusan di ganti water pump nya sehingga masih bagus putarannya. Sempat nambah extra fan cuman tetap aja gak ngaruh, akhir nya saya copot extra fannya krn berisik.
Sayang dijual kalo lgx, itu legend boyota.
Salah satu bukti mobil boyota yg gak lekang zaman, krn menurut ane bentuknya masih enak diliat meskipun udah 20 taun ada.
Mending dicoba fix dlu aja hahaha
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sat Feb 04, 2017 9:07
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Turut prihatin Om, semoga lekas ketemu masalahnya,Alanjanuar wrote: Wed May 22, 2019 10:08 Tambahan info yg bs saya sampaikan :
1. Utk radiator dan berkali-kali bongkar dan bersihkan om, tetap sama aja.
2. Utk kemungkinan retak rambut dah di cek juga, melalui oli yg warna masih normal dan gak ada asap yg keluar (kata teknisi bengkel gak ada air yg ngerembes ke mesin)
3. Tutup radiator dah ganti.
4. Sempat dikasih saran ganti radiator oleh bengkel, saya sih gak masalah, cuman bengkel nya gak bs kasih jaminan masalah akan solved. Info dr tukang radiator, radiator saya masih normal.
5. Saya juga dah service bospom (gak tau ada korelasi dengan panasnya apa gak).
6. Alternatif terakhir apa dijual ya, hehe, cuman masih sayang banget, karena bawaannya masih benar2 enak ni mobil.
7. Perkiraan saya karena sirkulasi udara di bawah kap mobil, krn kap nya klo dipegang puanass banget, tangan di tempeli ke kap gak akan kuat nempel krn saking panasnya.
8. Fan masih standar, dan barusan di ganti water pump nya sehingga masih bagus putarannya. Sempat nambah extra fan cuman tetap aja gak ngaruh, akhir nya saya copot extra fannya krn berisik.
Sepertinya masih ada 1 lagi yang belum tersentuh, coba cek dudukan tutup radiator Om, apakah keropos, atau rusak, coba diganti dulu bagian itu,
Apakah kalau overheat itu coolant ngumpul di tabung reservoir?
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 06, 2017 13:15
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Kijang
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Tempat tutup radiator sdh saya ganti om, namanya leher angsa klo gak salah atau `gulu banyak` klo bahasa jawa, hehe. Sekalian selang ke radiator juga saya ganti.
Waktu overheat tabung Penampungan air nya jd penuh om, kemudian bertahap turun sampai setengah setelah mesin dingin.
Waktu overheat tabung Penampungan air nya jd penuh om, kemudian bertahap turun sampai setengah setelah mesin dingin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kl pengalaman sy, di mesin bensin pas packing cyl head jebol betul air & oli nyampur....tp pas diesel cyl headnya retak...air & oli ga nyampur..cm kl ga salah ada gelembung di radiator. Sama persis penyakitnya..jalan jauh ga overheat...tp ketemu macet sbntr lsg overheat.. dulu akhirnya ganti cylinder head & solved (sblmnya udh cek point2 di posting sy)Alanjanuar wrote: Wed May 22, 2019 10:08 Tambahan info yg bs saya sampaikan :
1. Utk radiator dan berkali-kali bongkar dan bersihkan om, tetap sama aja.
2. Utk kemungkinan retak rambut dah di cek juga, melalui oli yg warna masih normal dan gak ada asap yg keluar (kata teknisi bengkel gak ada air yg ngerembes ke mesin)
3. Tutup radiator dah ganti.
4. Sempat dikasih saran ganti radiator oleh bengkel, saya sih gak masalah, cuman bengkel nya gak bs kasih jaminan masalah akan solved. Info dr tukang radiator, radiator saya masih normal.
5. Saya juga dah service bospom (gak tau ada korelasi dengan panasnya apa gak).
6. Alternatif terakhir apa dijual ya, hehe, cuman masih sayang banget, karena bawaannya masih benar2 enak ni mobil.
7. Perkiraan saya karena sirkulasi udara di bawah kap mobil, krn kap nya klo dipegang puanass banget, tangan di tempeli ke kap gak akan kuat nempel krn saking panasnya.
8. Fan masih standar, dan barusan di ganti water pump nya sehingga masih bagus putarannya. Sempat nambah extra fan cuman tetap aja gak ngaruh, akhir nya saya copot extra fannya krn berisik.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Maap mungkin saran sy ini agak ngawur...
Tp sy penasaran gini; beneran itu overheat atau jangan2 cuma jarum indikator suhunya yg error?
Tp sy penasaran gini; beneran itu overheat atau jangan2 cuma jarum indikator suhunya yg error?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Sudah coba diganti jarum sensor temperatur yg di mesin om?
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 06, 2017 13:15
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Kijang
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Om MSU, Om coklat
1. Jarum indikator dah saya ganti juga om, kena 750rb tapi ternyata tetap masalahnya.
2. Kondisi dengan nyala mesin, di test gelembung pakai botol air mineral yg ditutupkan keatas nya memang muncul gelembung air walaupun intensitas nya kecil. Kata tukang bengkel nya sih masih tergolong normal. Gak tau lagi klo tukang nya yg kurang sip.
3. Utk eksperimen nyari2 masalah ini dah habis lebih dr 10jt gonta ganti berbagai part.
4. Barangkali ada rekan-rekan disini yg punya info bengkel mobil diesel yg bagus di malang, belum pernah nyoba di beres sih, pengalaman mahal soalnya hehe
5. Keliatannya benar benar overheat, krn kap nya aja di pegang sampai panass banget, gak seperti mobil normal.
6. Keliatannya yg belum di coba ganti packing cyl head, benernya dah coba minta ganti, waktu itu perkiraan biaya 3,5jt, nginep seminggu, tapi ternyata gak diganti sama bengkelnya, krn kata dia kuatir gak nyelesaiin masalah, hadehhhh, padahal mobil dah terlanjur ngandang seminggu
1. Jarum indikator dah saya ganti juga om, kena 750rb tapi ternyata tetap masalahnya.
2. Kondisi dengan nyala mesin, di test gelembung pakai botol air mineral yg ditutupkan keatas nya memang muncul gelembung air walaupun intensitas nya kecil. Kata tukang bengkel nya sih masih tergolong normal. Gak tau lagi klo tukang nya yg kurang sip.
3. Utk eksperimen nyari2 masalah ini dah habis lebih dr 10jt gonta ganti berbagai part.
4. Barangkali ada rekan-rekan disini yg punya info bengkel mobil diesel yg bagus di malang, belum pernah nyoba di beres sih, pengalaman mahal soalnya hehe
5. Keliatannya benar benar overheat, krn kap nya aja di pegang sampai panass banget, gak seperti mobil normal.
6. Keliatannya yg belum di coba ganti packing cyl head, benernya dah coba minta ganti, waktu itu perkiraan biaya 3,5jt, nginep seminggu, tapi ternyata gak diganti sama bengkelnya, krn kata dia kuatir gak nyelesaiin masalah, hadehhhh, padahal mobil dah terlanjur ngandang seminggu
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 259
- Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Kebetulan juga lagi cari2 info soal ini. Drpd bikin topik baru, izin ikut nanya di mari suhu2 skalian.
Kondisi sehat. Tpi sering nyetir 6-7 jam nonstop/ 5-6 jam full throtle. Mobil udh d remap. Fuel cooler dan atf cooler sdh d tambahkan. Mobil innova 2kd visco fan.
Warming up cepat.
Pcv jd bnyk oli stelah nyetir berjam2. (Yg ini sdh pesen oct)
Ada bbrapa saran yg ane terima
*Ganti lower temperature thermostat. Jadi thermostat membuka d temperatur lebih rendah buat imbangi gaya nyetir. Katanya d mobil balap d kurangi 5-10 derajat.
*Kurangi daya pegas thermostat. Biasa nya d lakukan d mobil lawas Dgn cara potong/geser per thermostat.
*Pasang extra fan. Di depan atf cooler/radiator dgn thermo switch atau ikut kompresor ac. (Yang ini ts udh pasang dan gak ngaruh)
Menurut suhu2 mana yang cocok buat mobil ane. Dan kali aja bsa jdi reference juga buat ts.
Kondisi sehat. Tpi sering nyetir 6-7 jam nonstop/ 5-6 jam full throtle. Mobil udh d remap. Fuel cooler dan atf cooler sdh d tambahkan. Mobil innova 2kd visco fan.
Warming up cepat.
Pcv jd bnyk oli stelah nyetir berjam2. (Yg ini sdh pesen oct)
Ada bbrapa saran yg ane terima
*Ganti lower temperature thermostat. Jadi thermostat membuka d temperatur lebih rendah buat imbangi gaya nyetir. Katanya d mobil balap d kurangi 5-10 derajat.
*Kurangi daya pegas thermostat. Biasa nya d lakukan d mobil lawas Dgn cara potong/geser per thermostat.
*Pasang extra fan. Di depan atf cooler/radiator dgn thermo switch atau ikut kompresor ac. (Yang ini ts udh pasang dan gak ngaruh)
Menurut suhu2 mana yang cocok buat mobil ane. Dan kali aja bsa jdi reference juga buat ts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
saran terbaik saya cuma cari 2nd opinion om...memang seperti judi, takut ga selesai masalah.Alanjanuar wrote: Wed May 22, 2019 21:16 Om MSU, Om coklat
1. Jarum indikator dah saya ganti juga om, kena 750rb tapi ternyata tetap masalahnya.
2. Kondisi dengan nyala mesin, di test gelembung pakai botol air mineral yg ditutupkan keatas nya memang muncul gelembung air walaupun intensitas nya kecil. Kata tukang bengkel nya sih masih tergolong normal. Gak tau lagi klo tukang nya yg kurang sip.
3. Utk eksperimen nyari2 masalah ini dah habis lebih dr 10jt gonta ganti berbagai part.
4. Barangkali ada rekan-rekan disini yg punya info bengkel mobil diesel yg bagus di malang, belum pernah nyoba di beres sih, pengalaman mahal soalnya hehe
5. Keliatannya benar benar overheat, krn kap nya aja di pegang sampai panass banget, gak seperti mobil normal.
6. Keliatannya yg belum di coba ganti packing cyl head, benernya dah coba minta ganti, waktu itu perkiraan biaya 3,5jt, nginep seminggu, tapi ternyata gak diganti sama bengkelnya, krn kata dia kuatir gak nyelesaiin masalah, hadehhhh, padahal mobil dah terlanjur ngandang seminggu
cuma dulu pas mits.kuda kakak saya kena kasus begini...ya akhirnya nurut aja TOP OH karena merasa udah ga ada jalan lain
& bener ketemu problemnya pas udah buka cyl head..akhirnya diganti cyl head-nya, baru solved
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Sekedar nambahin, paking cylinder head rembes ga melulu air nyampur oli, kl bener2 alus kdg bsa ga nyampur, atau coolant ngocor dr knalpot pas cold start..
utk plg valid, coba test kompresi ama test tekanan radiator.. bengkel2 bonafid pasti ad 2 alat test simple ini.. jd bsa lebi pasti diagnosis nya, ga coba2 lg
utk plg valid, coba test kompresi ama test tekanan radiator.. bengkel2 bonafid pasti ad 2 alat test simple ini.. jd bsa lebi pasti diagnosis nya, ga coba2 lg
numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 06, 2017 13:15
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Kijang
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Om MSU, maksudnya TOP OH itu apa ya?
Maaf agak kurang paham dengan istilah2 otomotif.
Utk tes tekanan radiator dah pernah coba om, klo gak salah yg radiator nya di pompa itu kan, waktu itu sih normal, gak ada kebocoran.
Maaf agak kurang paham dengan istilah2 otomotif.
Utk tes tekanan radiator dah pernah coba om, klo gak salah yg radiator nya di pompa itu kan, waktu itu sih normal, gak ada kebocoran.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
ini pernah kejadian juga di mobil saya air di penampungan mendidih dan meluap. Ganti tutup radiator dan visco ditambah oli jd agak seret problem solved.Alanjanuar wrote: Wed May 22, 2019 13:20 Tempat tutup radiator sdh saya ganti om, namanya leher angsa klo gak salah atau `gulu banyak` klo bahasa jawa, hehe. Sekalian selang ke radiator juga saya ganti.
Waktu overheat tabung Penampungan air nya jd penuh om, kemudian bertahap turun sampai setengah setelah mesin dingin.
Awal nya visco fan diisi oli dgn volume normal tp mesin masih gampang overheat. Diisi agak banyakan jd seret alhamdulilah ga pernah overheat lagi. Asumsi saya sih bimetal nya sudah tdk bagus.
Saran saya buat TS, coba visco fan nya dicek lagi. Ditambahin dulu oli silikon nya dibuat agak seret aja, resiko nya jadi lebih berisik mesin nya ketika ngebut.hehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: WTA : Kijang Diesel 2001 Selalu Overheat saat berhenti lama
Overhaul/turun mesin setengah, tp bagian atas aja.Alanjanuar wrote: Thu May 23, 2019 2:26 Om MSU, maksudnya TOP OH itu apa ya?
Maaf agak kurang paham dengan istilah2 otomotif.
Utk tes tekanan radiator dah pernah coba om, klo gak salah yg radiator nya di pompa itu kan, waktu itu sih normal, gak ada kebocoran.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T