Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D dng harga BBM baru
Dear All :
Dengan harga bahan bakar baru seperti ini maka diperkirakan dalam
waktu ke depan popularitas Innova D4-D & mobil2 bermesin diesel akan
naik secara signifikan, sedang utk mesin2 bensin yang akan menjadi
bintang adalah city car dengan mesin2 berukuran kecil.
Mengenai mesin diesel, yuk kita coba membuat hitung2 an kasar di atas
kertas, dengan membandingkan Innova VVT-i dan D4-D.
Kita anggap konsumsi BBM si VVT-i adalah 1 : 7,5 (moderate - almost
best case), kita voor atas deh.
Dan kita anggap konsumsi solar si Innova D4-D = 1 : 10,5 (almost worst
case), kita voor bawah utk yg diesel.
Lalu anggap harga bahan bakar Rp. 4800,- liter, dengan asumsi solar
ditambah additive cetane booster & Powerfuel, bensin dicampur octane
booster & Powerfuel. Kenapa harus dicampur, karena kualitas solar
biasa & premium yg "sedemikian rupa", spt yg saya pernah jabarkan di
posting2 terdahulu.
I. Kalau kedua dalam setiap tahun sama2 digunakan sejauh 20.000 Km :
Maka jumlah BBM yg dibutuhkan :
VVT-i : 2667 liter
D4-D : 1905 liter
Selisih = 762 X 4800 = Rp. 3.658.000 per tahunnya.
Dalam 5 tahun menjadi = Rp. 3.810.000 X 5 = Rp. 18,3 juta
Maka dalam 5 tahun kita harus mengeluarkan uang extra sebanyak 18,3
juta utk membiayai BBM si Innova VVT-i.
II. Kalau kedua mobil dalam setiap tahun sama2 jalan sejauh 30.000 Km :
Maka jumlah BBM yg dibutuhkan :
VVT-i : 4000 liter
D4-D : 2857 liter
Selisih = 1143 X 4800 = Rp. 5.486.000 per tahunnya.
Dalam 4 tahun saja selisih sudah mencapai = Rp. 5.486.000 X 4 = Rp. 22
juta (dibulatkan).
Juga kondisi knalpot pada mesin diesel yang akan jauh lebih awet,
karena permukaan dalam pipa tertutup endapan partikel karbon, sehingga
tidak cepat korosi.
Utk filter solar Innova D4-D harganya Rp. 54 ribu, asumsi ganti setiap
15.000 km sekali, kalau mobil setahun jalan 30 rb. km maka setahun
ganti 2X (Rp. 108 ribu), 4 tahun anggap jadi hampir 500 ribu (termasuk
ongkos jasa), so cukup ekonomis lah.
So sedihnya saat ini resale value D4-D masih di bawah yg bensin,
tetapi dengan harga BBM yg baru ini, serta akan dihapuskannya subsidi
BBM secara total akhir tahun 2006, dimana harga bensin & solar biasa
akan berada di atas Rp. 5000 / l., maka keuntungan significant mesin
diesel akan makin menonjol dan diharapkan akan mengubah persepsi
masyarakat akan mesin diesel.
Bicara kenyaman atas suara mesin, dengan mengkonsumsi solar biasa +
Cetane booster + PF, maka mesin akan terjaga kebersihannya & suara
mesin dapat lebih tetap terjaga halus.
Andai lewat 1,5 - 2 tahun suara mesin mulai kasar, tinggal lakukan
proses purging dengan biaya Rp. 140 - 200 rb. sekali proses, maka
nozzle & injector akan bersih kembali spt. baru, suara mesin halus
spt. baru kembali :-)
salam efisiensi
A.S.
dapet dari milis TOKINOV
Dear All :
Dengan harga bahan bakar baru seperti ini maka diperkirakan dalam
waktu ke depan popularitas Innova D4-D & mobil2 bermesin diesel akan
naik secara signifikan, sedang utk mesin2 bensin yang akan menjadi
bintang adalah city car dengan mesin2 berukuran kecil.
Mengenai mesin diesel, yuk kita coba membuat hitung2 an kasar di atas
kertas, dengan membandingkan Innova VVT-i dan D4-D.
Kita anggap konsumsi BBM si VVT-i adalah 1 : 7,5 (moderate - almost
best case), kita voor atas deh.
Dan kita anggap konsumsi solar si Innova D4-D = 1 : 10,5 (almost worst
case), kita voor bawah utk yg diesel.
Lalu anggap harga bahan bakar Rp. 4800,- liter, dengan asumsi solar
ditambah additive cetane booster & Powerfuel, bensin dicampur octane
booster & Powerfuel. Kenapa harus dicampur, karena kualitas solar
biasa & premium yg "sedemikian rupa", spt yg saya pernah jabarkan di
posting2 terdahulu.
I. Kalau kedua dalam setiap tahun sama2 digunakan sejauh 20.000 Km :
Maka jumlah BBM yg dibutuhkan :
VVT-i : 2667 liter
D4-D : 1905 liter
Selisih = 762 X 4800 = Rp. 3.658.000 per tahunnya.
Dalam 5 tahun menjadi = Rp. 3.810.000 X 5 = Rp. 18,3 juta
Maka dalam 5 tahun kita harus mengeluarkan uang extra sebanyak 18,3
juta utk membiayai BBM si Innova VVT-i.
II. Kalau kedua mobil dalam setiap tahun sama2 jalan sejauh 30.000 Km :
Maka jumlah BBM yg dibutuhkan :
VVT-i : 4000 liter
D4-D : 2857 liter
Selisih = 1143 X 4800 = Rp. 5.486.000 per tahunnya.
Dalam 4 tahun saja selisih sudah mencapai = Rp. 5.486.000 X 4 = Rp. 22
juta (dibulatkan).
Juga kondisi knalpot pada mesin diesel yang akan jauh lebih awet,
karena permukaan dalam pipa tertutup endapan partikel karbon, sehingga
tidak cepat korosi.
Utk filter solar Innova D4-D harganya Rp. 54 ribu, asumsi ganti setiap
15.000 km sekali, kalau mobil setahun jalan 30 rb. km maka setahun
ganti 2X (Rp. 108 ribu), 4 tahun anggap jadi hampir 500 ribu (termasuk
ongkos jasa), so cukup ekonomis lah.
So sedihnya saat ini resale value D4-D masih di bawah yg bensin,
tetapi dengan harga BBM yg baru ini, serta akan dihapuskannya subsidi
BBM secara total akhir tahun 2006, dimana harga bensin & solar biasa
akan berada di atas Rp. 5000 / l., maka keuntungan significant mesin
diesel akan makin menonjol dan diharapkan akan mengubah persepsi
masyarakat akan mesin diesel.
Bicara kenyaman atas suara mesin, dengan mengkonsumsi solar biasa +
Cetane booster + PF, maka mesin akan terjaga kebersihannya & suara
mesin dapat lebih tetap terjaga halus.
Andai lewat 1,5 - 2 tahun suara mesin mulai kasar, tinggal lakukan
proses purging dengan biaya Rp. 140 - 200 rb. sekali proses, maka
nozzle & injector akan bersih kembali spt. baru, suara mesin halus
spt. baru kembali :-)
salam efisiensi
A.S.
dapet dari milis TOKINOV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
emang kijang bensin dan diesel harga resminya berapa sih....
yg jelas diesel akan lebih mahal ya.....
si penulis lupa mempertimbangkan bahwa utk membeli mobil diesel itu akan lebih mahal.....nah kalo kalkulasi ini dimasukkan...salah2 pada tahun ke 5 baru terjadi BEP antara pemakai inova bensin dan solar....ya bisa dibilang efisiensi pake solar baru dimulai dr th ke 5 keatas.....
itu juga kalo pemakai bensin masih memakai inova pada tahun ke 5. bagaimana kalo pemakai inova bensin sudah menjual mobilnya sebelum 5 tahun......hihnishiskhsiskss..s.s.
riwayat kijang kotak th 1987-1997 = 10tahun.
riwayat kijang kapsul th 1997-2004 = 7 tahun.
riwayat kijang inova th 2004- ??? siapa tahu cuma sampe 2009. udah ganti new model.....??? cuma bertahan 5 tahun dong......
kalo riwayat inova cuma 5 tahun....pemiliknya pasti udah pikir2 mau ganti juga.....hikhishiss..s.s.....
yg jelas diesel akan lebih mahal ya.....
si penulis lupa mempertimbangkan bahwa utk membeli mobil diesel itu akan lebih mahal.....nah kalo kalkulasi ini dimasukkan...salah2 pada tahun ke 5 baru terjadi BEP antara pemakai inova bensin dan solar....ya bisa dibilang efisiensi pake solar baru dimulai dr th ke 5 keatas.....
itu juga kalo pemakai bensin masih memakai inova pada tahun ke 5. bagaimana kalo pemakai inova bensin sudah menjual mobilnya sebelum 5 tahun......hihnishiskhsiskss..s.s.
riwayat kijang kotak th 1987-1997 = 10tahun.
riwayat kijang kapsul th 1997-2004 = 7 tahun.
riwayat kijang inova th 2004- ??? siapa tahu cuma sampe 2009. udah ganti new model.....??? cuma bertahan 5 tahun dong......
kalo riwayat inova cuma 5 tahun....pemiliknya pasti udah pikir2 mau ganti juga.....hikhishiss..s.s.....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Very interesting!
JAdi bagaimanapun diesel masih lebih ekonomis di bandingkan sodaranya yg bermesin bensin yah?
Gimana kalo itung2anya menyertakan juga Solar-Dex yg baru dirilis Pertamina?
Apakah masih tetap ekonomis ya,kan dg solar baru,km yg dicapai perliter nya kan lbh tinggi(12km/L)spt yg dilansir AB?
JAdi bagaimanapun diesel masih lebih ekonomis di bandingkan sodaranya yg bermesin bensin yah?
Gimana kalo itung2anya menyertakan juga Solar-Dex yg baru dirilis Pertamina?
Apakah masih tetap ekonomis ya,kan dg solar baru,km yg dicapai perliter nya kan lbh tinggi(12km/L)spt yg dilansir AB?
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Kalau PertaDEX, Anda jangan bandingkan vs premium, tapi vs Pertamax/Pertamax Plus, Mr. Edward. Baru fair.edward wrote:Very interesting!
Gimana kalo itung2anya menyertakan juga Solar-Dex yg baru dirilis Pertamina?
Apakah masih tetap ekonomis ya,kan dg solar baru,km yg dicapai perliter nya kan lbh tinggi(12km/L)spt yg dilansir AB?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1632
- Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21
Tapi masalanya harga D4D ama bensin saja beda 15.5 juta ! Dari sini saja orang sudah takut !
Apalagi pembeli Innova vast majoritynya ambil yang M/T. Tapi D4D kan yang A/T yang torsinya lebih kuat ! Apakah orang rela pindah ke A/T ?
Lihat dari data Top Gear edisi bulan ini penjualan Innova selama tahun 2004 :
Innova E std gas 1,467
" E gas 203
" G M/T gas 11,094
" G A/T gas 1,359
" V M/T gas 4,505
" V A/T gas 1,496
" V 2.7 gas 0
" E std d4d 56
" E d4d 67
" G M/T d4d 1,192
" G A/T d4d 185
" V M/T d4d 527
" V A/T d4d 145
Dari data atas, conclusion saya adalah mayoritas pembeli Innova itu benar benar cari ekonomis, lihat selisih volume sales G dan V saja begitu jauh !
Dan lihat selisih A/T dan M/T ! Kok banyak pembeli Innova ngak suka matik ? Apakah ngak kapok kena macet jam jam di Jakarta ? Apakah enak kaki kirinya ?
So I think meskipun sekarang Premium naik tajam, tapi my guess is paling makin banyak orang lari ke Pertamax ! Not the DEX yang harganya paling tinggi ! Mungkin juga masih banyak orang yang pakai solar murah. Tapi dengan sudah di angka 4000+ per liter, solar murah pun sudah ngak murah lagi !
So my guess, the Innova G M/T will still be the King for many years to come !
Apalagi pembeli Innova vast majoritynya ambil yang M/T. Tapi D4D kan yang A/T yang torsinya lebih kuat ! Apakah orang rela pindah ke A/T ?
Lihat dari data Top Gear edisi bulan ini penjualan Innova selama tahun 2004 :
Innova E std gas 1,467
" E gas 203
" G M/T gas 11,094
" G A/T gas 1,359
" V M/T gas 4,505
" V A/T gas 1,496
" V 2.7 gas 0
" E std d4d 56
" E d4d 67
" G M/T d4d 1,192
" G A/T d4d 185
" V M/T d4d 527
" V A/T d4d 145
Dari data atas, conclusion saya adalah mayoritas pembeli Innova itu benar benar cari ekonomis, lihat selisih volume sales G dan V saja begitu jauh !
Dan lihat selisih A/T dan M/T ! Kok banyak pembeli Innova ngak suka matik ? Apakah ngak kapok kena macet jam jam di Jakarta ? Apakah enak kaki kirinya ?
So I think meskipun sekarang Premium naik tajam, tapi my guess is paling makin banyak orang lari ke Pertamax ! Not the DEX yang harganya paling tinggi ! Mungkin juga masih banyak orang yang pakai solar murah. Tapi dengan sudah di angka 4000+ per liter, solar murah pun sudah ngak murah lagi !
So my guess, the Innova G M/T will still be the King for many years to come !
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Mencermatin angka yg disodorkan SithLord diatas,agak menarik juga,mengkaji 'perilaku' konsumen pembeli mobil ditanah air(mgk tabel diatas bisa mewakili krn inova merupakan mobil top seller saat ini).
Asumsi yg bisa saya tangkap dr melihat tabel diatas:
1.Mobil Diesel 'kurang populer' dibandingkan sodaranya yg bermesin bensin.
Liat angka penjualan diesel yg cuma 10% dr inova bermesin bensin!
Kenapa?
* Kayaknya ada semacam "urban Legend" yg ada di kepala mayoritas konsumen mobil kita:ada semacam anggapan yg salah ttg mobil bermesin diesel yg salah kaprah selama ini misalnya:mesinnya berisik,perawatannya mahal,kalo rusak satu rusak semua,mobil gampang masuk angin shg tersendat2,asapnya kayak jelaga dll.Dan ini sudah berlangsung sekian lama!
* Harga baru mobil bermesin diesel lebih mahal dr bensin!
Dr sini juga sudah menjadi salah satu faktor yg menyurutkan orang untuk beli mobil diesel.
2.Transmisi otomatis.
Kasusnya sama dg anggapan/urband legend yg salah kaprah pula kayak kasus diesel diatas!
Org udah cenderung berasumsi,mobil matik gak kuat nanjak,akselerasinya lemot,perwatan mahal,klo pas rusak maka mbetulin AT sangat mahal(liat kasus Volvo yg AT nya rusak).
Orang gak merasa mbawa mobil kalo tangan kirinya menganggur(hehe yg ini lucu dan norak bgt yah?
).Tapi mmg begitulah kenyataannya.
Ditambah lg mobil AT harga jualnya jatuh!
Komplit dah.Makanya angka penjualan mobil AT ditabel diatas beda jauh bgt dg MT!
So hanya itu yg bisa saya tangkap.
Mgk yg lain bisa nambahin.
Last: my question:gimana menghilangkan pandangan yg salah thd diesel dan AT ini?
Asumsi yg bisa saya tangkap dr melihat tabel diatas:
1.Mobil Diesel 'kurang populer' dibandingkan sodaranya yg bermesin bensin.
Liat angka penjualan diesel yg cuma 10% dr inova bermesin bensin!
Kenapa?
* Kayaknya ada semacam "urban Legend" yg ada di kepala mayoritas konsumen mobil kita:ada semacam anggapan yg salah ttg mobil bermesin diesel yg salah kaprah selama ini misalnya:mesinnya berisik,perawatannya mahal,kalo rusak satu rusak semua,mobil gampang masuk angin shg tersendat2,asapnya kayak jelaga dll.Dan ini sudah berlangsung sekian lama!
* Harga baru mobil bermesin diesel lebih mahal dr bensin!
Dr sini juga sudah menjadi salah satu faktor yg menyurutkan orang untuk beli mobil diesel.
2.Transmisi otomatis.
Kasusnya sama dg anggapan/urband legend yg salah kaprah pula kayak kasus diesel diatas!
Org udah cenderung berasumsi,mobil matik gak kuat nanjak,akselerasinya lemot,perwatan mahal,klo pas rusak maka mbetulin AT sangat mahal(liat kasus Volvo yg AT nya rusak).
Orang gak merasa mbawa mobil kalo tangan kirinya menganggur(hehe yg ini lucu dan norak bgt yah?

Ditambah lg mobil AT harga jualnya jatuh!
Komplit dah.Makanya angka penjualan mobil AT ditabel diatas beda jauh bgt dg MT!
So hanya itu yg bisa saya tangkap.
Mgk yg lain bisa nambahin.
Last: my question:gimana menghilangkan pandangan yg salah thd diesel dan AT ini?
Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
@ bos sithlord dan Bos Edward.....sy mau tambahin dikit....
tidak semua spbu menjual solar ....contohnya di spbu sebrang kuburan kedoya....sudah berapa kali sy liat mobil diesel terkecoh udah masuk spbu, trus keluar lagi lantaran gak jual solar....
Tapi yg paling mempengaruhi adalah harga baru mobil yg memegang peranan penting.
Coba harga diesel lebih murah atau paling tidak sama dgn mobil bensin...ceritanya pasti bisa lain......
Satu point lagi yg mgkn tidak penting buat pandangan orang selama ini but for me this is very100x important....coba perhatikan....
at this time berapa persen sih orang yg ikut kontes audio mobil pake mobil diesel....??? hikhiskhsisks..s.s..s
tidak semua spbu menjual solar ....contohnya di spbu sebrang kuburan kedoya....sudah berapa kali sy liat mobil diesel terkecoh udah masuk spbu, trus keluar lagi lantaran gak jual solar....
Tapi yg paling mempengaruhi adalah harga baru mobil yg memegang peranan penting.
Coba harga diesel lebih murah atau paling tidak sama dgn mobil bensin...ceritanya pasti bisa lain......
Satu point lagi yg mgkn tidak penting buat pandangan orang selama ini but for me this is very100x important....coba perhatikan....
at this time berapa persen sih orang yg ikut kontes audio mobil pake mobil diesel....??? hikhiskhsisks..s.s..s

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Saya sudah sejak lama menyukai mesin diesel, dan rasanya penasaran, kenapa diesel tidak pernah bisa sehalus mesin bensin dan secepat mesin bensin.
Well, teknologi menjawab semuanya. Turbo commonrail is a great technology, make the diesel move faster and silent.
Dan karena masyarakat kita adalah masyarakat gaptek, jadi hanya sedikit saja yang tahu perkembangan teknologi n keuntungan mobil diesel. Masih butuh bertahun-tahun untuk membuat masyarakat Indo sadar akan kelebihan mesin diesel.
lagipula, masyarakat Amrik n Eropa yang begitu "cerdas" pun masih belum seluruhnya pindah ke diesel koq.
Well, teknologi menjawab semuanya. Turbo commonrail is a great technology, make the diesel move faster and silent.
Dan karena masyarakat kita adalah masyarakat gaptek, jadi hanya sedikit saja yang tahu perkembangan teknologi n keuntungan mobil diesel. Masih butuh bertahun-tahun untuk membuat masyarakat Indo sadar akan kelebihan mesin diesel.
lagipula, masyarakat Amrik n Eropa yang begitu "cerdas" pun masih belum seluruhnya pindah ke diesel koq.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Maksudnya "POM bensin" Diesel.conan wrote:'Bensin diesel'? There is no such thing, bung Mpoezz. Diesel ya diesel, petrol ya petrol.mpoezz wrote:katanya di AS susah cari pom bensin diesel yah,kebanyakan pom premium semua
POM ini kayaknya hasil korupsi huruf yah?Dr POMPA bensin,di korupsi menjadi POM bensin.
Sama kayak orang Jakarta bilang,Traffic Light di korup menjadi :lampu merah( yg di korupsi 2lampu:kuning dan hijau).
Orang jawa tengah masih mending korupsinya cuma 1 lampu:iku loh cedake "BANGJO"(bangjo=abang ijo,kuningnya di korup)



Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Ikut nimbrung
(IMHO) :
1. Resale value mobil diesel :
Hingga hari ini yang membuat resale value mobil diesel lebih rendah dibanding bensin karena masyarakat tidak memiliki pilihan solar yg lebih baik, solar DEX mahal, juga persepsi yang salah tentang mesin diesel.
Tetapi ingat :
1.1 Awal 2006 Shell akan merilis solar versi mereka, kalau melihat solar Shell di Singapore, moga2 yg akan mereka keluarkan di Indonesia juga termasuk ULSD (Ultra Low Sulphur diesel fuel).
1.2 Di 2006 Petronas juga akan merilis solar versi mereka, yg mana solar bersubsidi dengan kadar sulfur 3000 ppm.
1.3 Pertamina akan merilis solar middle class, antara solar biasa & DEX
1.4 Tahun 2008 kilang Accelon Energy di Kaltim rencananya akan mulai memproduksi FT Syn Diesel Fuel hasil sintesa batubara menjadi solar yg memiliki cetane number 70 & sulfur nyaris 0 !
1.5 Akhir 2006 subsidi BBM dihapus, nggak akan ada lagi premium harga murah.
Memang mengubah image & persepsi di masyarakat perlu waktu, tetapi melihat perkembangan global & perkembangan trend BBm di dlm negeri, harusnya persepsi bisa berubah lebih cepat.
So nantinya biarpun mobil diesel barunya lebih mahal dr yg bensin, tetapi idealnya bekasnya juga akan tetap lebih mahal dr yg bensin.
Sebetulnya bukti saat inipun sudah ada, yaitu Landcruiser VX tahun 96 - 97, coba aja cek harga bekasnya........hehehhehehe
Mobil diesel di Eropa & Amerika Serikat :
Di beberapa negara Eropa pada hari ini registrasi mobil baru bermesin diesel sudah melampaui registrasi baru mobil bermesin bensin.
Populasi mobil diesel di banyak negara Eropa berimbang dng total populasi mobil bensin, bahkan di bbrp negara populasinya sudah lebih tinggi dibanding mobil bensin.
Produsen mobil penumpang yang tidak membuat variant diesel akan tersingkir dari pasar otomotif Eropa, hal ini yang sampai membuat Honda mengembangkan mesin 2.2 i-CTDi dan Toyota yg menggebrak pasar dengan D4-D 2.2 yg powernya mencapai 175 bhp itu
Di Amerika memang masyarakatnya gasoline minded, tetapi diramalkan trend penjualan mobil diesel akan naik significant di tahun2 yg akan datang, bersama dengan meluasnya popularitas mobil gasoline - hybrid.
Di Asia :
Thailand, Korea Selatan & India mobil diesel sgt populer, 90% Fortuner yg terjual di Thailand adalah diesel, Innova yg terjual di India 50% adalah yg diesel.
So semakin mahal harga BBM di suatu negara, dan dimana masyarakatnya mendapat informasi dengan baik, pada umumnya mobil diesel meraih popularitas yg tinggi.
Berikut ini kutipan para petingi otomotif dr persh2 otomotif dunia ttg visi mereka mengenai mesin diesel :
MERCEDES BENZ :
"We are convinced that the future of diesel is just beginning,"
declared Eckhard Cordes, head of DaimlerChrysler's premium Mercedes
Car Group.
He outlined ambitious plans to expand Mercedes-Benz' diesel lineup 70
years after it became the first carmaker to offer diesels as standard
equipment.
"There is a clear trend towards the clean, economical and sporty
diesel engine," he said. "Over the past few months registrations of
diesel-powered passengers cars across Europe as a whole outstripped
petrol vehicles for the first time ever."
HONDA :
Other Asian carmakers like South Korea's Hyundai and Japan's Honda are
also pushing to beef up European sales by offering more diesels.
Shigeru Takagi, head of Honda's Europe operations, told Reuters that a
diesel-powered version of the Civic compact is due in early 2006 and
the launch of diesel versions of the CR-V offroader and the FR-V
minivan in 2005 would drive sales growth.
It expects one-third of the new Civic brands sold to use
diesel-powered engines, he said.
TOYOTA :
Such economies of scale help offset the added cost of making hybrids
and allow Toyota make a profit on the models.
"In the initial stage it was rather difficult to make money" but now
"we do make a profit," Ishizaka said. "Otherwise we might say we like
to limit the numbers, but we are expanding." Even Toyota is hedging
its bets, however. It is working hard to boost the percentage of
diesel-powered cars it sells in Europe, which currently accounts for
around 36 percent of its sales. It is also rolling out a new 2.2-litre
diesel motor it makes in Poland.
Sekedar opini / koreksi kalau salah / maap bagi yg kurang berkenan
salam
(IMHO) :
1. Resale value mobil diesel :
Hingga hari ini yang membuat resale value mobil diesel lebih rendah dibanding bensin karena masyarakat tidak memiliki pilihan solar yg lebih baik, solar DEX mahal, juga persepsi yang salah tentang mesin diesel.
Tetapi ingat :
1.1 Awal 2006 Shell akan merilis solar versi mereka, kalau melihat solar Shell di Singapore, moga2 yg akan mereka keluarkan di Indonesia juga termasuk ULSD (Ultra Low Sulphur diesel fuel).
1.2 Di 2006 Petronas juga akan merilis solar versi mereka, yg mana solar bersubsidi dengan kadar sulfur 3000 ppm.
1.3 Pertamina akan merilis solar middle class, antara solar biasa & DEX
1.4 Tahun 2008 kilang Accelon Energy di Kaltim rencananya akan mulai memproduksi FT Syn Diesel Fuel hasil sintesa batubara menjadi solar yg memiliki cetane number 70 & sulfur nyaris 0 !
1.5 Akhir 2006 subsidi BBM dihapus, nggak akan ada lagi premium harga murah.
Memang mengubah image & persepsi di masyarakat perlu waktu, tetapi melihat perkembangan global & perkembangan trend BBm di dlm negeri, harusnya persepsi bisa berubah lebih cepat.
So nantinya biarpun mobil diesel barunya lebih mahal dr yg bensin, tetapi idealnya bekasnya juga akan tetap lebih mahal dr yg bensin.
Sebetulnya bukti saat inipun sudah ada, yaitu Landcruiser VX tahun 96 - 97, coba aja cek harga bekasnya........hehehhehehe
Mobil diesel di Eropa & Amerika Serikat :
Di beberapa negara Eropa pada hari ini registrasi mobil baru bermesin diesel sudah melampaui registrasi baru mobil bermesin bensin.
Populasi mobil diesel di banyak negara Eropa berimbang dng total populasi mobil bensin, bahkan di bbrp negara populasinya sudah lebih tinggi dibanding mobil bensin.
Produsen mobil penumpang yang tidak membuat variant diesel akan tersingkir dari pasar otomotif Eropa, hal ini yang sampai membuat Honda mengembangkan mesin 2.2 i-CTDi dan Toyota yg menggebrak pasar dengan D4-D 2.2 yg powernya mencapai 175 bhp itu
Di Amerika memang masyarakatnya gasoline minded, tetapi diramalkan trend penjualan mobil diesel akan naik significant di tahun2 yg akan datang, bersama dengan meluasnya popularitas mobil gasoline - hybrid.
Di Asia :
Thailand, Korea Selatan & India mobil diesel sgt populer, 90% Fortuner yg terjual di Thailand adalah diesel, Innova yg terjual di India 50% adalah yg diesel.
So semakin mahal harga BBM di suatu negara, dan dimana masyarakatnya mendapat informasi dengan baik, pada umumnya mobil diesel meraih popularitas yg tinggi.
Berikut ini kutipan para petingi otomotif dr persh2 otomotif dunia ttg visi mereka mengenai mesin diesel :
MERCEDES BENZ :
"We are convinced that the future of diesel is just beginning,"
declared Eckhard Cordes, head of DaimlerChrysler's premium Mercedes
Car Group.
He outlined ambitious plans to expand Mercedes-Benz' diesel lineup 70
years after it became the first carmaker to offer diesels as standard
equipment.
"There is a clear trend towards the clean, economical and sporty
diesel engine," he said. "Over the past few months registrations of
diesel-powered passengers cars across Europe as a whole outstripped
petrol vehicles for the first time ever."
HONDA :
Other Asian carmakers like South Korea's Hyundai and Japan's Honda are
also pushing to beef up European sales by offering more diesels.
Shigeru Takagi, head of Honda's Europe operations, told Reuters that a
diesel-powered version of the Civic compact is due in early 2006 and
the launch of diesel versions of the CR-V offroader and the FR-V
minivan in 2005 would drive sales growth.
It expects one-third of the new Civic brands sold to use
diesel-powered engines, he said.
TOYOTA :
Such economies of scale help offset the added cost of making hybrids
and allow Toyota make a profit on the models.
"In the initial stage it was rather difficult to make money" but now
"we do make a profit," Ishizaka said. "Otherwise we might say we like
to limit the numbers, but we are expanding." Even Toyota is hedging
its bets, however. It is working hard to boost the percentage of
diesel-powered cars it sells in Europe, which currently accounts for
around 36 percent of its sales. It is also rolling out a new 2.2-litre
diesel motor it makes in Poland.
Sekedar opini / koreksi kalau salah / maap bagi yg kurang berkenan
salam
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Mengenai tingkat kebisingan suara mesin diesel :
Kalau suatu saat anda ke Singapore, cobain deh naik Taxi Mercedes New Eyes warna putih (Prestige taxi) E 220 CDI (2200 cc CRD).
Apalagi kalau rute anda dari Changi menuju kota atau sebaliknya, lari 90 - 110 km/jam, duduklah di bangku depan, matikan radio & tape, tutuplah mata anda, dengarkanlah suara di sekeliling anda.........bandingkan dengan mobil bensin yg anda miliki saat ini.
(Dengan catatan : asal tidak dibandingkan dengan mobil bensin yg jelasnya lebih tinggi dr E class macam S class, BMW seri 7 atau Lexus LS 430).
Itulah kinerja mesin CRD yang diberi minum solar ULSD yang cetane numbernya cukup tinggi.
Menariknya harga ULSD di Singapore tidak lebih mahal dr solar LSD setara DEX nya Pertamina :
Per tanggal 30 Nov 2005 harga diesel fuel (ULSD) di Singapore (dari
Exxon & Shell) per lt : Sin $ 1,07
http://www.shell.com/home/Framework?sit ... n/news_and_\
library/press_releases/2005/zzz_lhn.html&FC3=/sg-en/html/iwgen/news_and_library/\
press_releases/2005/pump_price_change_1130.html
http://www2.exxonmobil.com/AP-English/N ... _301105.as\
p
Dengan currency rate sekarang harga berkisar Rp 6 100 /lt ;
Berarti harga PertaDEX kita yg Rp 5 900/lt kemahalan !!!
Kalau di "bebaskan" ada kemungkinan Shell bisa jual LSD disini dgn harga
murah dari PertaDEX.....
Semoga hal tsb. bisa terwujud di tahun 2006 !
salam
Kalau suatu saat anda ke Singapore, cobain deh naik Taxi Mercedes New Eyes warna putih (Prestige taxi) E 220 CDI (2200 cc CRD).
Apalagi kalau rute anda dari Changi menuju kota atau sebaliknya, lari 90 - 110 km/jam, duduklah di bangku depan, matikan radio & tape, tutuplah mata anda, dengarkanlah suara di sekeliling anda.........bandingkan dengan mobil bensin yg anda miliki saat ini.
(Dengan catatan : asal tidak dibandingkan dengan mobil bensin yg jelasnya lebih tinggi dr E class macam S class, BMW seri 7 atau Lexus LS 430).
Itulah kinerja mesin CRD yang diberi minum solar ULSD yang cetane numbernya cukup tinggi.
Menariknya harga ULSD di Singapore tidak lebih mahal dr solar LSD setara DEX nya Pertamina :
Per tanggal 30 Nov 2005 harga diesel fuel (ULSD) di Singapore (dari
Exxon & Shell) per lt : Sin $ 1,07
http://www.shell.com/home/Framework?sit ... n/news_and_\
library/press_releases/2005/zzz_lhn.html&FC3=/sg-en/html/iwgen/news_and_library/\
press_releases/2005/pump_price_change_1130.html
http://www2.exxonmobil.com/AP-English/N ... _301105.as\
p
Dengan currency rate sekarang harga berkisar Rp 6 100 /lt ;
Berarti harga PertaDEX kita yg Rp 5 900/lt kemahalan !!!
Kalau di "bebaskan" ada kemungkinan Shell bisa jual LSD disini dgn harga
murah dari PertaDEX.....
Semoga hal tsb. bisa terwujud di tahun 2006 !
salam
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jan 07, 2014 10:41
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
sekarang ipah disel lebih mahal RV ny daripada bensin
jaman cepat berubah,,, waktu dan pemikiran juga sangt cepat berganti
thn 2005,, sebentar lagi ampir 10 tahun,
tp 10thn rasany cepat sekali, seperti hanya beberapa bulan yg lalu ikut acara launching innova
jaman cepat berubah,,, waktu dan pemikiran juga sangt cepat berganti
thn 2005,, sebentar lagi ampir 10 tahun,
tp 10thn rasany cepat sekali, seperti hanya beberapa bulan yg lalu ikut acara launching innova
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
Ane pencinta mesin diesel juga.
Masih keukeuh ngga setuju mobil Kuda diesel keluarga dijual.
Perlahan lahan diperbaiki, restorasi kembali satu satu.
Setelah keluhan asap putih tebal saat start dingin diperbaiki, ketauan kalau glowplugnya mati TIGA dari EMPAT silinder... bagaimana mo ngga tebel itu asap?
Ganti glowplug, stel pompa solar ke setelan standar, kasih solar+racun herbal, voila...!
Sekarang sudah lebih halus suaranya, dan asap pun cepat sekali hilang saat cold start. Asap tebal awalan cold start pun sudah sangat tipis keluarnya.
Asikkk...nikmat benerr bawa diesel meski diesel jadul. FC dalkot 1:9 pemakaian lalin padat dan lancar. Kalau padat melulu, jeblok hanya sampai 1:7,5 paling boros.
4D56 M/T n/a.

Masih keukeuh ngga setuju mobil Kuda diesel keluarga dijual.
Perlahan lahan diperbaiki, restorasi kembali satu satu.
Setelah keluhan asap putih tebal saat start dingin diperbaiki, ketauan kalau glowplugnya mati TIGA dari EMPAT silinder... bagaimana mo ngga tebel itu asap?
Ganti glowplug, stel pompa solar ke setelan standar, kasih solar+racun herbal, voila...!
Sekarang sudah lebih halus suaranya, dan asap pun cepat sekali hilang saat cold start. Asap tebal awalan cold start pun sudah sangat tipis keluarnya.
Asikkk...nikmat benerr bawa diesel meski diesel jadul. FC dalkot 1:9 pemakaian lalin padat dan lancar. Kalau padat melulu, jeblok hanya sampai 1:7,5 paling boros.
4D56 M/T n/a.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
Diesel irit & bertenaga.... Yg penting filter solarnya aja yg sering dicek...
Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...
Smoga CRV ada diesel...
Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...
Smoga CRV ada diesel...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
ricz wrote:Diesel irit & bertenaga.... Yg penting filter solarnya aja yg sering dicek...
Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...
Smoga CRV ada diesel...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D
ga mau cx-5 diesel aja om??ricz wrote:Diesel irit & bertenaga.... Yg penting filter solarnya aja yg sering dicek...
Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...
Smoga CRV ada diesel...


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59
Re:
Kemana nih orang ya.
Klonengannya juga sudah lama NGAK keliatan di SM
Oh RV aka Toyotaman aka Sitlord.....I miss u full....
Klonengannya juga sudah lama NGAK keliatan di SM
Oh RV aka Toyotaman aka Sitlord.....I miss u full....

Sithlord wrote:
Dan lihat selisih A/T dan M/T ! Kok banyak pembeli Innova ngak suka matik ? Apakah ngak kapok kena macet jam jam di Jakarta ? Apakah enak kaki kirinya ?
S !