Engine braking tansmisi cvt

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
Tampanman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Engine braking tansmisi cvt

Post by Tampanman » 17 May 2019, 02:32

Tanya suhu semua, melakukan engine braking pada transmisi cvt (dengan down shift pada manual mode), apakah akan merusak tansmisi cvt nya?, Biasanya suka saya pakai kalau di jalanan menurun untuk menghemat penggunaan rem...

ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 461
Joined: 25 Jan 2017, 07:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: fortuner

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by ngalih » 17 May 2019, 04:12

:big_think: Ijin nyimak ya om...

newcity_vtec
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 15 Mar 2007, 07:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by newcity_vtec » 17 May 2019, 07:08

Punya mobil transmisi CVT, jarang nyetir :big_cry: dan belum ketemu turunan panjang.
Nunggu ilmu dari suhu2 semua nih. :ungg:

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by josomba » 17 May 2019, 07:32

Ndak masalah....salah satu bukman mobil pake transmisi sipiti memang nyuruh masuk lowest (virtual) gear untuk turunan buat engine brake...


Lebih perlu worrry ke sisi interval ganti oli cvt-nya aja. Kalau bukman bilang lifetime oil atau >100k baru ganti, better dipercepat.
Image
Image

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2813
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by marmut » 17 May 2019, 09:49

engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
pipes - cigars - coffee

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 340
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by osbertc0ol » 17 May 2019, 10:39

CVT nya lio / brio kaga bisa engine brake..

Kalo banyak turunan, jgn pake rem KW ya, pake rem Original atau aftermarket yang kualitas bagus. dan minyak rem harus selalu prima (kuras max 2thn sekali) pake dot 4.

Dari awal aja om udah di manual mode gigi terendah.. jgn pas udah meluncur baru diturunin giginya.
Last edited by osbertc0ol on 17 May 2019, 10:53, edited 1 time in total.

User avatar
anadzir
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: 06 Dec 2018, 13:16
Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by anadzir » 17 May 2019, 10:39

marmut wrote:
17 May 2019, 09:49
engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
+1

baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.

tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.

Tampanman
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by Tampanman » 17 May 2019, 10:57

anadzir wrote:
17 May 2019, 10:39
marmut wrote:
17 May 2019, 09:49
engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
+1

baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.

tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
Nah maka dari itu kalau turunan terlampau panjang, misal di puncak yang ditakutkan kalau tidak pakai engine brake rem cepat panas. Btw om-om disini tau ga fitur hill descent control itu mekanismenya pakai engine brake atau rem?

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2813
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by marmut » 17 May 2019, 11:07

jalan menurun panjang ya lepas gas saja, virtual gear set di 3 sudah cukup. boleh set di 2 apabila jalan cukup ramai atau menurun curam, sambil kaki kanan stand by di pedal rem. stand by saja, jangan diinjak kalau tidak benar-benar diperlukan.
kalaupun musti injak rem dengan durasi agak lama, sesekali dilepas supaya tidak overheating.

HDC setau saya hanya bekerja di kecepatan sangat rendah dan menggunakan kaliper rem yang diaktifkan otomatis.
pipes - cigars - coffee

pengendiesel
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 596
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by pengendiesel » 17 May 2019, 13:13

kalo ane sih selalu hajar engine brake di cvt, apalagi kalo turunan panjang.
Segawat2nya cvt jebol, lebih gawat kalo mobil gak terkendali/rem blong/dst

sukerdan02
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by sukerdan02 » 17 May 2019, 15:39

Tampanman wrote:
17 May 2019, 10:57
anadzir wrote:
17 May 2019, 10:39
marmut wrote:
17 May 2019, 09:49
engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.

tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
+1

baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.

tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
Nah maka dari itu kalau turunan terlampau panjang, misal di puncak yang ditakutkan kalau tidak pakai engine brake rem cepat panas. Btw om-om disini tau ga fitur hill descent control itu mekanismenya pakai engine brake atau rem?
HDC kalo ga salah kombinasi semua, transmisi, rem dan traction control.. Tapi HDC setau sy cumadi kecepatan sangat rendah, up to 10 km/h.. Itupun yg sy pernah lihat, hidupkan HDC dulu baru mulai turunan.. Ada yg HDC cuma bisa aktif di posisi 4 Low malah..

dualock
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 19 Apr 2017, 15:33
Daily Vehicle: toyota

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by dualock » 17 May 2019, 16:06

Kalo ane cukup taruh transmisi di S dan rem seperlunya.
Ngak usah oper2 gigi.
Kerja rem juga lebih ringan.

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by IGedeAmat » 17 May 2019, 16:31

anu...
kalo CVT yang gak ada virtual gear nya, misalnya Livina, cuma ada D ama L gimana ya ?
tahan di L aja ?

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 573
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by silentIm2 » 17 May 2019, 18:31

Sebenarnya sih ga perlu engine braking. Rem nyala dari atas sampe ke bawah itu gpp, ga bakal gosong remnya, asal kecepatannya konstan. Misalnya lebih baik kecepatan 50 km/jam konstan turun daripada kecepatan 60 km/jam, trus nikung ngerem jadi 40 km/jam, gas lagi, rem lagi, dst. Kalo konstan sebenarnya CVT juga menyesuaikan rasionya, bukan rasio tertinggi yang dipakai. Buktinya ngeremnya juga ga perlu dalam2 kan, cuma ujung jempol saja. Inget jauh lebih murah kampas rem daripada CVT overheat.

Kalo mau lebih terasa engine brakenya, ya pindah ke S/L. Tapi CVT juga akan naik temperaturnya.

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by lonely1999 » 18 May 2019, 13:05

Kalo sy di cvt angl dulu diturunan panjang masuk ke OD. Kalo masih kurang jg baru ke L.
Di mobil sekarang cvt ada virtual gearnya. Yach disesuaikan saja. Yg penting rem tetap yg utama

anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: 09 Dec 2015, 23:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by anrico17 » 18 May 2019, 13:42

Dari pengalaman pake 2 mobil CVT honda (brio n hrv)

Dua duanya sama sekali ato hampir gk ada engine braking... gk ada bedanya di netral ato drive...

Hrv disetting ‘manual’ gigi 1 pun tetep gak ada
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15

User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2590
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2015 GNKI D4D AT

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by b8099ok » 20 May 2019, 07:35

Ikat FRD pake rantai kapal, lempar dari bagasi.
Tune and drive! :big_love:

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Engine braking tansmisi cvt

Post by IGedeAmat » 20 May 2019, 08:14

b8099ok wrote:
20 May 2019, 07:35
Ikat FRD pake rantai kapal, lempar dari bagasi.
kalo bawa FRD di bagasi mah, gak perlu jauh2 mikirin turunan,
pikirin aja dulu nanjaknya gimana.. ???

Post Reply