Engine braking tansmisi cvt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Engine braking tansmisi cvt
Tanya suhu semua, melakukan engine braking pada transmisi cvt (dengan down shift pada manual mode), apakah akan merusak tansmisi cvt nya?, Biasanya suka saya pakai kalau di jalanan menurun untuk menghemat penggunaan rem...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
- Location: lenteng agung jakarta
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Engine braking tansmisi cvt

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Engine braking tansmisi cvt
Punya mobil transmisi CVT, jarang nyetir
dan belum ketemu turunan panjang.
Nunggu ilmu dari suhu2 semua nih.

Nunggu ilmu dari suhu2 semua nih.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Engine braking tansmisi cvt
Ndak masalah....salah satu bukman mobil pake transmisi sipiti memang nyuruh masuk lowest (virtual) gear untuk turunan buat engine brake...
Lebih perlu worrry ke sisi interval ganti oli cvt-nya aja. Kalau bukman bilang lifetime oil atau >100k baru ganti, better dipercepat.
Lebih perlu worrry ke sisi interval ganti oli cvt-nya aja. Kalau bukman bilang lifetime oil atau >100k baru ganti, better dipercepat.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Engine braking tansmisi cvt
engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.
tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.
tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Engine braking tansmisi cvt
CVT nya lio / brio kaga bisa engine brake..
Kalo banyak turunan, jgn pake rem KW ya, pake rem Original atau aftermarket yang kualitas bagus. dan minyak rem harus selalu prima (kuras max 2thn sekali) pake dot 4.
Dari awal aja om udah di manual mode gigi terendah.. jgn pas udah meluncur baru diturunin giginya.
Kalo banyak turunan, jgn pake rem KW ya, pake rem Original atau aftermarket yang kualitas bagus. dan minyak rem harus selalu prima (kuras max 2thn sekali) pake dot 4.
Dari awal aja om udah di manual mode gigi terendah.. jgn pas udah meluncur baru diturunin giginya.
Last edited by osbertc0ol on Fri May 17, 2019 3:53, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Thu Dec 06, 2018 6:16
- Daily Vehicle: 2016 SX-4 Scross
Re: Engine braking tansmisi cvt
+1marmut wrote: Fri May 17, 2019 2:49 engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.
tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.
tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Engine braking tansmisi cvt
Nah maka dari itu kalau turunan terlampau panjang, misal di puncak yang ditakutkan kalau tidak pakai engine brake rem cepat panas. Btw om-om disini tau ga fitur hill descent control itu mekanismenya pakai engine brake atau rem?anadzir wrote: Fri May 17, 2019 3:39+1marmut wrote: Fri May 17, 2019 2:49 engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.
tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.
tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Engine braking tansmisi cvt
jalan menurun panjang ya lepas gas saja, virtual gear set di 3 sudah cukup. boleh set di 2 apabila jalan cukup ramai atau menurun curam, sambil kaki kanan stand by di pedal rem. stand by saja, jangan diinjak kalau tidak benar-benar diperlukan.
kalaupun musti injak rem dengan durasi agak lama, sesekali dilepas supaya tidak overheating.
HDC setau saya hanya bekerja di kecepatan sangat rendah dan menggunakan kaliper rem yang diaktifkan otomatis.
kalaupun musti injak rem dengan durasi agak lama, sesekali dilepas supaya tidak overheating.
HDC setau saya hanya bekerja di kecepatan sangat rendah dan menggunakan kaliper rem yang diaktifkan otomatis.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Engine braking tansmisi cvt
kalo ane sih selalu hajar engine brake di cvt, apalagi kalo turunan panjang.
Segawat2nya cvt jebol, lebih gawat kalo mobil gak terkendali/rem blong/dst
Segawat2nya cvt jebol, lebih gawat kalo mobil gak terkendali/rem blong/dst
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Engine braking tansmisi cvt
HDC kalo ga salah kombinasi semua, transmisi, rem dan traction control.. Tapi HDC setau sy cumadi kecepatan sangat rendah, up to 10 km/h.. Itupun yg sy pernah lihat, hidupkan HDC dulu baru mulai turunan.. Ada yg HDC cuma bisa aktif di posisi 4 Low malah..Tampanman wrote: Fri May 17, 2019 3:57Nah maka dari itu kalau turunan terlampau panjang, misal di puncak yang ditakutkan kalau tidak pakai engine brake rem cepat panas. Btw om-om disini tau ga fitur hill descent control itu mekanismenya pakai engine brake atau rem?anadzir wrote: Fri May 17, 2019 3:39+1marmut wrote: Fri May 17, 2019 2:49 engine brake ya wajip mas....
transmisi jaman sekarang lebih rentan rusak karena fluida tidak diganti atau salah pilih, bukan dari pemakaian. karena mereka sudah diprogram untuk tidak mungkin over revving.
tapi, kalau penggunaan engine brake dengan tujuan hemat rem ya salah besar.
IMO, saat turunan panjang peranan rem minimal 60-70% dan sisanya dibantu dengan engine brake.
kecuali anda mengemudikan truk besar dengan muatan penuh, bolehlah istirahatkan kaki dari menginjak pedal rem dan andalkan jake brake.
baru baca baca engine brake di transmisi matic lebih rentan di transmisi secara keseluruhan dibanding transmisi manual.
engine brake boleh, asal sewajarnya, jangan keseringan downshifting di kecepatan tinggi.
tapi jangan bergantung sama rem saja karena ketika cakram dan kaliper panas rem bakal agak ngeblong atau ngejepit.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Apr 19, 2017 8:33
- Daily Vehicle: toyota
Re: Engine braking tansmisi cvt
Kalo ane cukup taruh transmisi di S dan rem seperlunya.
Ngak usah oper2 gigi.
Kerja rem juga lebih ringan.
Ngak usah oper2 gigi.
Kerja rem juga lebih ringan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Engine braking tansmisi cvt
anu...
kalo CVT yang gak ada virtual gear nya, misalnya Livina, cuma ada D ama L gimana ya ?
tahan di L aja ?
kalo CVT yang gak ada virtual gear nya, misalnya Livina, cuma ada D ama L gimana ya ?
tahan di L aja ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Engine braking tansmisi cvt
Sebenarnya sih ga perlu engine braking. Rem nyala dari atas sampe ke bawah itu gpp, ga bakal gosong remnya, asal kecepatannya konstan. Misalnya lebih baik kecepatan 50 km/jam konstan turun daripada kecepatan 60 km/jam, trus nikung ngerem jadi 40 km/jam, gas lagi, rem lagi, dst. Kalo konstan sebenarnya CVT juga menyesuaikan rasionya, bukan rasio tertinggi yang dipakai. Buktinya ngeremnya juga ga perlu dalam2 kan, cuma ujung jempol saja. Inget jauh lebih murah kampas rem daripada CVT overheat.
Kalo mau lebih terasa engine brakenya, ya pindah ke S/L. Tapi CVT juga akan naik temperaturnya.
Kalo mau lebih terasa engine brakenya, ya pindah ke S/L. Tapi CVT juga akan naik temperaturnya.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
- Location: kolong langit
- Daily Vehicle: supra fit
Re: Engine braking tansmisi cvt
Kalo sy di cvt angl dulu diturunan panjang masuk ke OD. Kalo masih kurang jg baru ke L.
Di mobil sekarang cvt ada virtual gearnya. Yach disesuaikan saja. Yg penting rem tetap yg utama
Di mobil sekarang cvt ada virtual gearnya. Yach disesuaikan saja. Yg penting rem tetap yg utama
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Engine braking tansmisi cvt
Dari pengalaman pake 2 mobil CVT honda (brio n hrv)
Dua duanya sama sekali ato hampir gk ada engine braking... gk ada bedanya di netral ato drive...
Hrv disetting ‘manual’ gigi 1 pun tetep gak ada
Dua duanya sama sekali ato hampir gk ada engine braking... gk ada bedanya di netral ato drive...
Hrv disetting ‘manual’ gigi 1 pun tetep gak ada
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Engine braking tansmisi cvt
Ikat FRD pake rantai kapal, lempar dari bagasi.
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Engine braking tansmisi cvt
kalo bawa FRD di bagasi mah, gak perlu jauh2 mikirin turunan,
pikirin aja dulu nanjaknya gimana.. ???