Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Fri Sep 20, 2013 7:26
Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Hi rekan2
Sebagai orang awam, saya mau tanya mengenai subject diatas. Selama ini yang saya lakukan, saat mobil matic diam di lampu merah :
- Apabila lampu merah tidak terlalu lama (dibawah 50s), posisi matic saya letakan di D dengan tetap menekan rem.
- Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic saya pindahkan di N dengan posisi handbrake on
Ternyata cara yang saya lakukan tersebut kurang sesuai kalau menurut link youtube berikut ini :
https://youtu.be/nTJ0Fp-yWQ8.
Menurut link youtube tsb , cara yg benar adalah :
-Apabila lampu merah tidak terlalu lama, posisi matic tetap di D dengan menginjak rem.
-Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic dipindahkan ke P dengan menarik handbrake.
Jadi tidak disarankan untuk memindahkan transmisi matic ke N
Mohon info dan penjelasan suhu-suhu disini, supaya transmisi matic dapat lebih awet.
Sebagai informasi, transmisi matic yg saya gunakan adalah non cvt.
Thanks
Sebagai orang awam, saya mau tanya mengenai subject diatas. Selama ini yang saya lakukan, saat mobil matic diam di lampu merah :
- Apabila lampu merah tidak terlalu lama (dibawah 50s), posisi matic saya letakan di D dengan tetap menekan rem.
- Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic saya pindahkan di N dengan posisi handbrake on
Ternyata cara yang saya lakukan tersebut kurang sesuai kalau menurut link youtube berikut ini :
https://youtu.be/nTJ0Fp-yWQ8.
Menurut link youtube tsb , cara yg benar adalah :
-Apabila lampu merah tidak terlalu lama, posisi matic tetap di D dengan menginjak rem.
-Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic dipindahkan ke P dengan menarik handbrake.
Jadi tidak disarankan untuk memindahkan transmisi matic ke N
Mohon info dan penjelasan suhu-suhu disini, supaya transmisi matic dapat lebih awet.
Sebagai informasi, transmisi matic yg saya gunakan adalah non cvt.
Thanks
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Kalo ane pas di lampu merah selalu pindah ke N
Udah kebiasaan
Udah kebiasaan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Kl sy sih sama ..greyrevolver wrote: Wed May 08, 2019 22:37
- Apabila lampu merah tidak terlalu lama (dibawah 50s), posisi matic saya letakan di D dengan tetap menekan rem.
- Apabila lampu merah cukup lama, posisi matic saya pindahkan di N dengan posisi handbrake
Diem sebentar D
Diem lama dikit N
Diem banget trus parkir P
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Dec 04, 2018 0:29
- Location: Depok
- Daily Vehicle: GNA
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Kalau saya begitu liat 50meter didepan nyala lampu merah langsung pindah N, mobil nggelinding. Matic 4 jadul torque converter geared
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Bokap dlu th 95 punya corolla matic. Parkir selalu N plus rem tangan. Kecuali parkir miring baru ke P. Mobil awet2 sampai dijual th 98.
Trus corona matic th 98... jg sama parkir selalu N kecuali miring. Transmisi awet sampe dijual lg di 2010.
Skrg avanza th 2010 matic jg sama perlakuannya... n no problem di transmisi sejauh ini.
Intinya pake N itu ok2 aja n ga membahayakan transmisi
Trus corona matic th 98... jg sama parkir selalu N kecuali miring. Transmisi awet sampe dijual lg di 2010.
Skrg avanza th 2010 matic jg sama perlakuannya... n no problem di transmisi sejauh ini.
Intinya pake N itu ok2 aja n ga membahayakan transmisi
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Saya kalau jeda sedikit selalu ke N, bukan cuma lampu merah. Kalau macet juga, saat gerak dikit2 dan banyak berhenti pindah ke N. Kalau Netral kan posisi TC lepas, jadi ga ada slip kopling. Kecuali antri di tanjakan, nah itu selalu D saya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Mobil apa itu? Baru tahu ini, ada mobil yang kalau posisi P, central lock kebuka.epinjose wrote: Wed May 08, 2019 23:39 Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Honda, yg sudah dapat speedlock dr paberik kayane punya fitur ini. CmiiwPugman wrote:Mobil apa itu? Baru tahu ini, ada mobil yang kalau posisi P, central lock kebuka.epinjose wrote: Wed May 08, 2019 23:39 Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat Dec 19, 2015 16:14
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Klo menurut pemikiran sy,seharusnya pindah ke N ketika lagi diem malah bgs y?transmisi manual pun klo lg diem kan kebanyakan di netral juga.sy pakai matic pun kalo lagi lampu merah lama langsung di N.kalo P justru setau saya gaboleh.karna mau ke R aja kalo dr D harus melalui N.sy biasa 10 detikan diem,tetep di D.kalo lebih dr 10 detik biasanya pindah ke N.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Kalo saya dulu pernah diajarin sama orang bmw, lampu merah di N biar beban transmisi kecil (thd mesin) tapi pelumasan atf di internal transmisi tetep jalan. Sdg kalo berhenti traffic light masuk P (apalagi nggak aktifin handbrake) pertama pelumasan internal transmisi nggak jalan, kedua parking pawl di gearbox terlalu ngunci, jadi begitu mau masuk ke R/D mesti alot dan ada suara "jedak" krn parking pawl nya terlalu ngunci buat nanggung beban body mobil/ban yg besar om.
Saya tiap kali berhenti traffic light sll masuk N terus, kl mau parkir biar transmisi awet biasa saya dr D/R masuk ke N dulu terus handbrake aktif (biar beban body mobil ditanggung handbrake) baru masuk P.
Sementara ini yg saya pahamin dan dapet info soal penggunaan trans matic, sebenernya saya masih penasaran penjelasan clear nya gimana (banyak yg kasi info beda2 jd agak bias). Kl ada tambahan info dr om2 disini sangat boleh dr opini saya, sapa tau bisa dapet penjelasan yg clear
Saya tiap kali berhenti traffic light sll masuk N terus, kl mau parkir biar transmisi awet biasa saya dr D/R masuk ke N dulu terus handbrake aktif (biar beban body mobil ditanggung handbrake) baru masuk P.
Sementara ini yg saya pahamin dan dapet info soal penggunaan trans matic, sebenernya saya masih penasaran penjelasan clear nya gimana (banyak yg kasi info beda2 jd agak bias). Kl ada tambahan info dr om2 disini sangat boleh dr opini saya, sapa tau bisa dapet penjelasan yg clear
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Permisi om, nyumbang informasi dari awam. Ini salah satu trick (sebetul nya entah trick atau penggunaan matic yg selama ini salah pada umum nya) pada ANKI atau ANF pada batch awal. Dimana jika posisi tidak ke N dulu sebelum P. Maka akan ada suara jedug yang sangat parah.erwinign wrote: Thu May 09, 2019 0:24 Kalo saya dulu pernah diajarin sama orang bmw, lampu merah di N biar beban transmisi kecil (thd mesin) tapi pelumasan atf di internal transmisi tetep jalan. Sdg kalo berhenti traffic light masuk P (apalagi nggak aktifin handbrake) pertama pelumasan internal transmisi nggak jalan, kedua parking pawl di gearbox terlalu ngunci, jadi begitu mau masuk ke R/D mesti alot dan ada suara "jedak" krn parking pawl nya terlalu ngunci buat nanggung beban body mobil/ban yg besar om.
Saya tiap kali berhenti traffic light sll masuk N terus, kl mau parkir biar transmisi awet biasa saya dr D/R masuk ke N dulu terus handbrake aktif (biar beban body mobil ditanggung handbrake) baru masuk P.
Sementara ini yg saya pahamin dan dapet info soal penggunaan trans matic, sebenernya saya masih penasaran penjelasan clear nya gimana (banyak yg kasi info beda2 jd agak bias). Kl ada tambahan info dr om2 disini sangat boleh dr opini saya, sapa tau bisa dapet penjelasan yg clear
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Feb 02, 2017 12:37
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Sepertinya yang TS lakukan sudah benar, saya juga mempraktekan hal sama di old pajero sport yang saat ini masuk tahun kesepuluh sampai saya jual transmisi masih dalam keadaan bagus dengan perawatan mengikuti panduan servis (40K km kuras dan ganti oli).
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Utk beberapa matic geared setau ane malah kl di P, itu oli atf ga muter, contoh nya di jazz GE, mitsu2 yg invecs II and below.. jd kl ane sehh tetep di N, lmayan nurunin suhu atf sembari ngelumasin
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 267
- Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Tiger 2000
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Sama om , kalau berhenti ckp lama, saya masuk ke N dan foot brake.epinjose wrote: Wed May 08, 2019 23:39 Netral om. Punya sy kalau P central lock nya kebuka. Jd kalau parkir & mau turun aja baru pindah P.
Kl ke P central lock kebuka dan ini mobil matic pertama yg saya pakai seperti itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Jangan pernah masukin P ketika berhenti di traffic light/stopan lampu merah hijau, karena dari P ke D melewati R. Bahayanya ketika pas panik, bisa salah masuk gigi R.
Paling aman ketika berhenti di traffic light, masukan ke gigi N (Neutral) dan tarik hand brake. Seperti naik mobil manual, ketika di traffic light, otomatis kita netralkan gigi kan?
P hanya digunakan ketika parkir atau berhenti benar² di tempat yang semestinya.
Paling aman ketika berhenti di traffic light, masukan ke gigi N (Neutral) dan tarik hand brake. Seperti naik mobil manual, ketika di traffic light, otomatis kita netralkan gigi kan?
P hanya digunakan ketika parkir atau berhenti benar² di tempat yang semestinya.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: Sun Nov 16, 2014 13:03
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Aneh juga kalau berhenti sebentar gak ke N, terus fungsi N nya kapan digunakan.
Selama ini, mau lampu merah, macet selalu N.
Selama ini, mau lampu merah, macet selalu N.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Saya macet, lampu merah atau berhenti dg mesin nyala, selalu di N plus handbrake. Di P kalau bener2 mau parkir atau matiin mesin. So far aman...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Nggak pa2 ya om mobil belum berhenti tapi transmisi sudah dipindah ke N?444 wrote: Wed May 08, 2019 23:14 Kalau saya begitu liat 50meter didepan nyala lampu merah langsung pindah N, mobil nggelinding. Matic 4 jadul torque converter geared
Anyway, kalo saya selama ini rajin banget ke N. Jangankan lampu merah, stop n go aja sering ke N. Lampu merah kadang ke P. Semua hampir pasti dibarengi dengan parking brake.
Paling gak enak kalo berhenti nahan di D, pegel di kaki mesti ngerem terus. Dan ngerem mobil yang harusnya jalan itu kayak melawan kodrat...kayak sia2 banget, ngapain juga dikasih tenaga buat maju kalo ditahan terus pake rem.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 298
- Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
yup setuju sama pendapat para om di atas, kalo cuma sekedar tunggu antrian di traffic light sih gak usah sampe pake P, cukup N lalu tarik handbrake.
saya pake P hanya jika parkir dan memang mau turun dari mobil. tapi jika parkir dan gak turun dari mobil ( misal mampir di minimarket) dan mesin mobil menyala biasanya saya tetap di N.
saya pake P hanya jika parkir dan memang mau turun dari mobil. tapi jika parkir dan gak turun dari mobil ( misal mampir di minimarket) dan mesin mobil menyala biasanya saya tetap di N.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Kalo saya
berhenti traffic light dibawah diatas semenit pindah ke N
berhenti traffic light dibawah semenit stay di D
stop and go jakarta pusat, selatan stay di D, jarang pindah N kecuali stuck total
selama masih mobil jalan ga pernah pindah ke P
kalau mobil emg ga akan jalan diatas 5 menit, dr berhenti sudah sy pindahin P
kalau parkir, dr D pindah ke N, tarik rem tangan, baru pindah ke P. anti jedug
berhenti traffic light dibawah diatas semenit pindah ke N
berhenti traffic light dibawah semenit stay di D
stop and go jakarta pusat, selatan stay di D, jarang pindah N kecuali stuck total
selama masih mobil jalan ga pernah pindah ke P
kalau mobil emg ga akan jalan diatas 5 menit, dr berhenti sudah sy pindahin P
kalau parkir, dr D pindah ke N, tarik rem tangan, baru pindah ke P. anti jedug
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
sesuai namanya , P hanya untuk Parkir..... bukan berhenti sebentar karena traffic light

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
klo di cvt sya .. antri maksimal s/d 30 detik tuas tetep di D sambil injek rem.. lewat 30detik tuas di N + handbrake..
klo parkir .. tuas di N trus handbrake.. baru P
bener ga ya..
klo parkir .. tuas di N trus handbrake.. baru P
bener ga ya..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Tanya - Saat Berhenti Transmisi di N, D atau P ?
Kalau saya lampu merah biasanya D (rute saya jarang ketemu lampu merah lama), kalau agak lama banget baru N tahan rem.
Matic jadul 20 tahun, yg 25 tahun juga bgitu. Diterapkan juga di workhorse toyota bensin 2.4
Matic jadul 20 tahun, yg 25 tahun juga bgitu. Diterapkan juga di workhorse toyota bensin 2.4
Ron Asheton Forever