beberapa waktu yg lalu ada yg tanya apakah ATF Dexron III bisa dipakai untuk menggantikan ATF Mobil JWS3309. halmana sduah dijawab dengan benar oleh Seraya. Saya sekedar ingin share informasi mengenai ATF lain yg bisa dipakai sebagai substitusi Mobil JWS3309. Saya hobbyist Volvo dan mobil Eropah. Volvo S80 3.2 dan S60 2.3T seperti halnya dengan Lexus atau Toyota Crown, menggunakan Transmisi AISIN Wagner dan oli ATF selain Mobil3309 sbenarnya adalah AISIN T-IV atau Toyota T-IV. Oli AISIN T-IV sulit diperoleh di Indonesia, yg ada MultiPurpose yang katanya pengganti T-IV, namun belum ada peryataan tertulis. Mobil 3309 memang sudah banyak beredar namun harganya diatas ATF Toyota-IV .
Saya berencana untuk mengganti ATF untuk mobil2 Volvo saya dari Mobil 3309 ke Toyota T-IV. Lumayan, untuk kuras bersih Oli Matic Volvo perlu 12 liter, oleh karena pembuangan harus dengan system dorong sehingga sekitar 3 atau 4 liter oli baru ikut terbuang (bukan drain oil pan dan Conventer seperti Mercedes yg hanya butuh 8 atau 9 liter).
Semoga bermanfaat bagi Volvo lovers yang selama ini harus beli Mobil 3309 atau ATF genuine Volvo yg harganya selangit.
salam
ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Apr 20, 2019 12:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Volvo S80
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
pake Aisin AFW+ azamftlgi wrote:beberapa waktu yg lalu ada yg tanya apakah ATF Dexron III bisa dipakai untuk menggantikan ATF Mobil JWS3309. halmana sduah dijawab dengan benar oleh Seraya. Saya sekedar ingin share informasi mengenai ATF lain yg bisa dipakai sebagai substitusi Mobil JWS3309. Saya hobbyist Volvo dan mobil Eropah. Volvo S80 3.2 dan S60 2.3T seperti halnya dengan Lexus atau Toyota Crown, menggunakan Transmisi AISIN Wagner dan oli ATF selain Mobil3309 sbenarnya adalah AISIN T-IV atau Toyota T-IV. Oli AISIN T-IV sulit diperoleh di Indonesia, yg ada MultiPurpose yang katanya pengganti T-IV, namun belum ada peryataan tertulis. Mobil 3309 memang sudah banyak beredar namun harganya diatas ATF Toyota-IV .
Saya berencana untuk mengganti ATF untuk mobil2 Volvo saya dari Mobil 3309 ke Toyota T-IV. Lumayan, untuk kuras bersih Oli Matic Volvo perlu 12 liter, oleh karena pembuangan harus dengan system dorong sehingga sekitar 3 atau 4 liter oli baru ikut terbuang (bukan drain oil pan dan Conventer seperti Mercedes yg hanya butuh 8 atau 9 liter).
Semoga bermanfaat bagi Volvo lovers yang selama ini harus beli Mobil 3309 atau ATF genuine Volvo yg harganya selangit.
salam
Pan matiknya Volvo sedan buatan Aisin ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Apr 20, 2019 12:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Volvo S80
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
Yes, AisinWagner, sama seperti Lexus,Crown
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu Feb 16, 2017 4:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SmallScooter
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
permisi om, numpang tanya.
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
di manual book minta oli SAE brp utk viskositas pakibg rendah utk ambient 30 - 35 deg C ?lonelysome wrote:permisi om, numpang tanya.
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih
5W30 kah ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
lonelysome wrote: Mon Apr 22, 2019 9:20 permisi om, numpang tanya.
kebetulan ortu dapat Volvo S40 2.0 Turbo Automatic tahun 2004. Karena ini pertama kali-nya megang mobil matic, yang ingin saya tanyakan adalah, apa mobil ini bisa diparkir paralel (Netral,lepas rem tangan), krn saya coba trick pencet shift lock pada saat mesin mati tuasnya tidak mau pindah, tapi kalau di kontak-on (tanpa hidupkan mesin), pencet shift lock bisa pindah ke Netral, tapi kunci tidak bisa dicabut. Dan oli mesin yang rekomended untuk mobil ini apa ya (yang harganya masuk akal)... terima kasih
posisikan shifter ke P lalu matikan mesin, setelah kunci kontak tercabut, injak pedal rem dan pindahkan shifter ke N. sudah dicoba?
oli mesin, kalo nggak salah inget mintanya buntut 40 ya? sering-sering mampir ke trit oli mesin banyak info disana....
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu Feb 16, 2017 4:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SmallScooter
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
Turboman wrote: Mon Apr 22, 2019 12:17 di manual book minta oli SAE brp utk viskositas pakibg rendah utk ambient 30 - 35 deg C ?
5W30 kah ?

maaf bila kurang jelas gambarnya
trik itu sudah dicoba om, kalau mesin mati cabut kunci, injak pedal rem, tekan shift lock, dia tidak mau pindah. Kalau, kontak on (tanpa mesin), injak pedal rem, pencet shift lock, dia mau pindah ke N, tp begitu kontak off, sambil injak pedal rem, kunci tidak bs dicabut.marmut wrote: Mon Apr 22, 2019 13:09 posisikan shifter ke P lalu matikan mesin, setelah kunci kontak tercabut, injak pedal rem dan pindahkan shifter ke N. sudah dicoba?
oli mesin, kalo nggak salah inget mintanya buntut 40 ya? sering-sering mampir ke trit oli mesin banyak info disana....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: ATF JWS3309 dan ATF Toyota T-IV
lonelysome wrote: Tue Apr 23, 2019 0:26Turboman wrote: Mon Apr 22, 2019 12:17 di manual book minta oli SAE brp utk viskositas pakibg rendah utk ambient 30 - 35 deg C ?
5W30 kah ?
maaf bila kurang jelas gambarnya
trik itu sudah dicoba om, kalau mesin mati cabut kunci, injak pedal rem, tekan shift lock, dia tidak mau pindah. Kalau, kontak on (tanpa mesin), injak pedal rem, pencet shift lock, dia mau pindah ke N, tp begitu kontak off, sambil injak pedal rem, kunci tidak bs dicabut.marmut wrote: Mon Apr 22, 2019 13:09 posisikan shifter ke P lalu matikan mesin, setelah kunci kontak tercabut, injak pedal rem dan pindahkan shifter ke N. sudah dicoba?
oli mesin, kalo nggak salah inget mintanya buntut 40 ya? sering-sering mampir ke trit oli mesin banyak info disana....
oli mesin kasih 5w30 boleh, harga beraneka ragam mulai dari yang murah sampe paling mahal ada karena ini oli sejuta kendaraan.
kalo 5w40 setau saya ngga ada yang murah kecuali lagi diskon.
10w30 musti hati-hati karena saat ini sebagian yang beredar API SM. yang API SN ada mobil super 1000.
masalah shifter, sudah cek buku manual? seharusnya ada cara buat netralin, dan yang umum sih seperti penjelasan diatas.