tekanan ban ideal
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue May 16, 2017 11:54
- Location: java
- Daily Vehicle: daihatsu
tekanan ban ideal
siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi
kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi
kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: tekanan ban ideal
Bukan suhu, tapi coba jawab aja om.
Ada beberapa faktor yg bisa membedakan, misalnya:
- Bobot/ berat kendaraan
- Konstruksi/ komposisi ban dari merek & tipe yg berbeda kadang menentukan jenis & jumlah lapisan pada ban, jenis karet yg dipakai, dll
Ada beberapa faktor yg bisa membedakan, misalnya:
- Bobot/ berat kendaraan
- Konstruksi/ komposisi ban dari merek & tipe yg berbeda kadang menentukan jenis & jumlah lapisan pada ban, jenis karet yg dipakai, dll
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: tekanan ban ideal
Coba bantu jawab dari sisi orang awam, pertanyaan yang menarik karena secara spek bobot (brosur) kedua mobil tersebut sangat mirip. Menurut saya selain bobot bisa juga dari konstruksi suspensi, sudut main ban, spring rate, damping shock, material bushing (yap, bushing karet itu ada spring rate nya).
Saya punya contoh lain, honda jazz GE8 vs jazz GK5, ukuran ban velg sama, bobot mirip, sudut2 suspensi mirip banget, di GE tekanan ideal F32 R30, di GK5 F32 R33. Dari tebakan sotoy saya, bisa aja di GK5 udah diimprove agar ada bobot yang agak ke belakang atau untuk akomodir spring rate dan keras empuknya shock. Kedua jazz ini emang beda banget karakter ngayunnya GE8 sangat sporty, GK5 menurut saya terlalu soft.
Banyak faktor lain yang menurut saya jadi perhitungan, chassis rigidity, camber gain, dll dsb dsb. Kalau saya percaya aja deh sama pabrikan, mereka yang paling tau soal mobil yang mereka bikin dan pasarin, risetnya gak main2. Ini berlaku juga buat kasus dari om TS dimana CRV gak cantumin tekanan untuk full load, kalau bawa beban masih sesuai batas aman pabrikan (kalau gak salah spek berat kotor) seharusnya gak ada masalah karena sudah diperhitungkan. Kalau masih ragu, saya juga pernah baca teori dimana kalau bawa beban full load, ban belakang boleh diisi sampai 90% dari tekanan maksimum yang tercantum di dinding ban. Misal max pressure tercantum 50psi, ban bisa diisi tekanan 45psi.
Disclaimer: saya cuma hobi mobil tapi gak punya background teknik. Jika ada yang salah dengan tebak2an sotoy saya, dengan senang hati saya minta koreksinya.

Saya punya contoh lain, honda jazz GE8 vs jazz GK5, ukuran ban velg sama, bobot mirip, sudut2 suspensi mirip banget, di GE tekanan ideal F32 R30, di GK5 F32 R33. Dari tebakan sotoy saya, bisa aja di GK5 udah diimprove agar ada bobot yang agak ke belakang atau untuk akomodir spring rate dan keras empuknya shock. Kedua jazz ini emang beda banget karakter ngayunnya GE8 sangat sporty, GK5 menurut saya terlalu soft.
Banyak faktor lain yang menurut saya jadi perhitungan, chassis rigidity, camber gain, dll dsb dsb. Kalau saya percaya aja deh sama pabrikan, mereka yang paling tau soal mobil yang mereka bikin dan pasarin, risetnya gak main2. Ini berlaku juga buat kasus dari om TS dimana CRV gak cantumin tekanan untuk full load, kalau bawa beban masih sesuai batas aman pabrikan (kalau gak salah spek berat kotor) seharusnya gak ada masalah karena sudah diperhitungkan. Kalau masih ragu, saya juga pernah baca teori dimana kalau bawa beban full load, ban belakang boleh diisi sampai 90% dari tekanan maksimum yang tercantum di dinding ban. Misal max pressure tercantum 50psi, ban bisa diisi tekanan 45psi.
Disclaimer: saya cuma hobi mobil tapi gak punya background teknik. Jika ada yang salah dengan tebak2an sotoy saya, dengan senang hati saya minta koreksinya.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: tekanan ban ideal
Nyubie ikut urun rembug...
Coba check load & speed rating ban di crv vs cx5, kemungkinan berbeda...
Secara umum pabrikan menentukan std tekanan ban di tire plackat di pintu:
1. Beban thd ban, beban dari kendaraan, penumpang, barang. Semakin berat, pressure bertambah.
2. Std kecepatan normal di jalan raya. Kecepatan semakin tinggi, tekanan bertambah dari batas kecepatan tertentu 1.5 psi setiap 10kpj
External Temperatur dilakukan adjustment lagi, akan tetapi tidak terlalu banyak.
Belum bicara towing, Mud, sand, snow yaa...
Contoh: speed rating V & load rating 100
Coba check load & speed rating ban di crv vs cx5, kemungkinan berbeda...
Secara umum pabrikan menentukan std tekanan ban di tire plackat di pintu:
1. Beban thd ban, beban dari kendaraan, penumpang, barang. Semakin berat, pressure bertambah.
2. Std kecepatan normal di jalan raya. Kecepatan semakin tinggi, tekanan bertambah dari batas kecepatan tertentu 1.5 psi setiap 10kpj
External Temperatur dilakukan adjustment lagi, akan tetapi tidak terlalu banyak.
Belum bicara towing, Mud, sand, snow yaa...
Contoh: speed rating V & load rating 100
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sat Jun 21, 2008 3:37
Re: tekanan ban ideal
Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: tekanan ban ideal
Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soaldaretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: tekanan ban ideal
Nah itu sudah banyak dijawab oleh suhu-suhu di atas, saya hanya sedikit menambahkan. Umumnya maximum pressure Ban itu sekitar 50psi, perbedaan tekanan oleh pabrikan biasanya karena mencari titik optimal antara kenyamanan, handling dan maintenance cost.kikko wrote: Fri Apr 12, 2019 7:49 siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi
kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
Tekanan angin ini sepele tapi sebenarnya sudah melalui riset yang panjang terkait.
1. Bobot kendaraan
2. Konstruksi Suspensi
3. Ground Clearance
4. Max Payload
5. Vehicle speed rating
6. Downforce
Bahkan ada di Balapan Moto2, pembalap Fabio Quartararo ini sudah menang balap tapi harus di diskualifikasi gara-gara tekanan angin bannya kurang 0.3psi, Apa ga nyesek tuh?
Kalau dari pengalaman saya, dari mobil yang sehari-hari saya pakai 406 dan Mazda8, meski beda ukuran ban tapi beda setting tekanan ban terasa, di 406 saya isi 33psi sudah terasa keras dan biasanya saya isi 28-29psi, tapi di Mazda8 33psi masih biasa saja.
Kalau di motor matic saya isi ban depan 30psi dan belakang 33psi itu sudah terasa keras, tapi di MxKing yang ukuran ban lebih besar, saya isi sampai 35psi masih nyaman, tapi ban jadi sedikit terasa licin karena area kontak ke jalan jadi lebih sedikit, begitu juga kalau tekanannya kurang, selain jadi berat, juga terasa ga stabil kalau nikung karena dinding ban jadi meliuk ga kuat nahan beban
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: tekanan ban ideal
daretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Nah itu udah dijelaskan om qushay20019qushay20019 wrote: Fri Apr 12, 2019 23:35Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soaldaretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Kandungan udara bebas
78% Nitrogen
20.9% Oksigen
0.9% Argon
0.04% CO2
Dan bahan lain hingga 100%
Kompresor udara tanpa purifier untuk gas tertentu dimanapun akan mengambil komposisi gas tersebut, yang membedakan kualitas udaranya adalah kandungan air. Karena saya jarang lihat kompresor angin buat ban yang pakai Dryer.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: tekanan ban ideal
Serius om karena 0.3 psi ? 0.3 psi itu sangat keci utk bisa berdampak. Kalo 0.3 bar lumayan.Pugman wrote:Nah itu sudah banyak dijawab oleh suhu-suhu di atas, saya hanya sedikit menambahkan. Umumnya maximum pressure Ban itu sekitar 50psi, perbedaan tekanan oleh pabrikan biasanya karena mencari titik optimal antara kenyamanan, handling dan maintenance cost.kikko wrote: Fri Apr 12, 2019 7:49 siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi
kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
Tekanan angin ini sepele tapi sebenarnya sudah melalui riset yang panjang terkait.
1. Bobot kendaraan
2. Konstruksi Suspensi
3. Ground Clearance
4. Max Payload
5. Vehicle speed rating
6. Downforce
Bahkan ada di Balapan Moto2, pembalap Fabio Quartararo ini sudah menang balap tapi harus di diskualifikasi gara-gara tekanan angin bannya kurang 0.3psi, Apa ga nyesek tuh?
Kalau dari pengalaman saya, dari mobil yang sehari-hari saya pakai 406 dan Mazda8, meski beda ukuran ban tapi beda setting tekanan ban terasa, di 406 saya isi 33psi sudah terasa keras dan biasanya saya isi 28-29psi, tapi di Mazda8 33psi masih biasa saja.
Kalau di motor matic saya isi ban depan 30psi dan belakang 33psi itu sudah terasa keras, tapi di MxKing yang ukuran ban lebih besar, saya isi sampai 35psi masih nyaman, tapi ban jadi sedikit terasa licin karena area kontak ke jalan jadi lebih sedikit, begitu juga kalau tekanannya kurang, selain jadi berat, juga terasa ga stabil kalau nikung karena dinding ban jadi meliuk ga kuat nahan beban
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: tekanan ban ideal
Yups bener Om, actually beritanya seh 0.02 bar saya konversi jadi 0.3psi karena yang umum dipakai orang disini. Karena yang pakai Satuan Bar biasanya orang pabrik Hehehe..Boeds wrote: Sat Apr 13, 2019 11:45Serius om karena 0.3 psi ? 0.3 psi itu sangat keci utk bisa berdampak. Kalo 0.3 bar lumayan.Pugman wrote:Nah itu sudah banyak dijawab oleh suhu-suhu di atas, saya hanya sedikit menambahkan. Umumnya maximum pressure Ban itu sekitar 50psi, perbedaan tekanan oleh pabrikan biasanya karena mencari titik optimal antara kenyamanan, handling dan maintenance cost.kikko wrote: Fri Apr 12, 2019 7:49 siang suhu semua,
sdh lama hal ini menggelitik dlm pikiran saya. skrg coba saya utarakan sekalian berbagi pikiran disini.
kalau saya perhatikan ban :
honda crv gen 3 : 225/65 r17 tekanan ban di manual book :30psi dlm keadaan dingin
sdgkan cx5 sama2 : 225/65 r17 panduannya pakai 33psi muatan sedikit, kl full penumpang : 38-41psi
kenapa ban sama tp rekomendasi tekanan nya berbeda. mungkin ada masukan suhu disini
trima kasih sebelumnya
Tekanan angin ini sepele tapi sebenarnya sudah melalui riset yang panjang terkait.
1. Bobot kendaraan
2. Konstruksi Suspensi
3. Ground Clearance
4. Max Payload
5. Vehicle speed rating
6. Downforce
Bahkan ada di Balapan Moto2, pembalap Fabio Quartararo ini sudah menang balap tapi harus di diskualifikasi gara-gara tekanan angin bannya kurang 0.3psi, Apa ga nyesek tuh?
Kalau dari pengalaman saya, dari mobil yang sehari-hari saya pakai 406 dan Mazda8, meski beda ukuran ban tapi beda setting tekanan ban terasa, di 406 saya isi 33psi sudah terasa keras dan biasanya saya isi 28-29psi, tapi di Mazda8 33psi masih biasa saja.
Kalau di motor matic saya isi ban depan 30psi dan belakang 33psi itu sudah terasa keras, tapi di MxKing yang ukuran ban lebih besar, saya isi sampai 35psi masih nyaman, tapi ban jadi sedikit terasa licin karena area kontak ke jalan jadi lebih sedikit, begitu juga kalau tekanannya kurang, selain jadi berat, juga terasa ga stabil kalau nikung karena dinding ban jadi meliuk ga kuat nahan beban
Ini pembahasannya:
https://tmcblog.com/2018/10/21/kenapa-t ... tegi-2018/

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: tekanan ban ideal
Sesuai rekomendasi pabrik aja dah cukup... Mau kenceng seberapa dan kita kan gak akan balapan.qushay20019 wrote:Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soaldaretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Kalau di bawah 160 kpj ya sesuai rekomendasi, kalau diatas nya pun, pressure naik krn panas.
Pengalaman, pengamatan dari tpms, selama ini pake angin biasa, cruising di cipali siang2 panas terik, pressure naik 3-4 psi di jalan aspal, naik 4-5 psi di jalan cor.
Malam dalkot, naik 1 psi an.
Gak usah pusing Om, yg penting sering2 check pressure aja, minimum tiap bulan aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: tekanan ban ideal
ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: tekanan ban ideal
apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?marmut wrote: Sat Apr 13, 2019 14:07 ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 106
- Joined: Wed Aug 02, 2017 4:51
- Location: Boyolali, Jawa Tengah
- Daily Vehicle: ANPS Dakar 2017
Re: tekanan ban ideal
Pengalaman saya dulu punya Honda Freed selalu saya isi angin sesuai tekanan rekomendasi 30. Ban bawaan dunlop sejak baru. Tapi menginjak 3 tahun, ada 3 ban yg retak dindingnya (side wall). Dan musti ganti. Mobil selalu diisi 2 dewasa dan 2 anak. Jalan yg sering dilewati aspal mulus. Cuma sedikit aja yg jalan aspal keriting pas masuk gang sekolahan. Mobil digunakan utk antar jemput anak saya sekolah. Gaya menyetir istri selalu pelan dan halus. Ga pernah melibas lubang. Mobil kondisi standar pabrik.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: tekanan ban ideal
Sienta ane selalu ane isi sesuai rekomendasi pabrikan 36 psi
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak
Profil ban tipis bgt sih 195/50R16
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak

Profil ban tipis bgt sih 195/50R16

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: tekanan ban ideal
Lipina 2014 depan 33 belakang 35. Kalau full muatan depan 35 belakang 38. Pernah isi berdua sama istri depan 35 belakang 38, gedubrakan jadinya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: tekanan ban ideal
qushay20019 wrote: Sat Apr 13, 2019 22:09
apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
sejauh ini aman saja, seminggu 2x saya periksa tekanan angin dan permukaan telapaknya. ukuran ban 195/50-16 kepunyaan sienta.
memang untuk ban belakang 5 psi lebih rendah dari ban depan karena hampir nggak pernah bawa beban / muatan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 707
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: tekanan ban ideal
Pengalaman yg sama..paidjho wrote: Sat Apr 13, 2019 13:00Sesuai rekomendasi pabrik aja dah cukup... Mau kenceng seberapa dan kita kan gak akan balapan.qushay20019 wrote:Sama aja kok setau ane, soalnya kan “angin biasa” alias udara atmosfer alias udara yg kita hirup itu kandungan nitrogennya udah 78-79%. Jadi kalo soal tekanan pada ban kendaraan, gak perlu dibedain. KECUALI mungkin kalo om turun di ajang balap, nah itu lain soaldaretojazz wrote: Fri Apr 12, 2019 20:07 Sekalian nanya pendapat temen 2 di sini. Tekanan angin ban yg tercantum di petunjuk kan asumsi nya pake angin biasa yg bakal mengembang (bertambah) saat temperatur ban meningkat.
Berarti kalo pake Nitrogen harus dilebihin donk? Kan Nitrogen tekanan nya ngak berubah.
Kalau di bawah 160 kpj ya sesuai rekomendasi, kalau diatas nya pun, pressure naik krn panas.
Pengalaman, pengamatan dari tpms, selama ini pake angin biasa, cruising di cipali siang2 panas terik, pressure naik 3-4 psi di jalan aspal, naik 4-5 psi di jalan cor.
Malam dalkot, naik 1 psi an.
Gak usah pusing Om, yg penting sering2 check pressure aja, minimum tiap bulan aja.
Saya pake TPMS beli di toko onlen, pasang sendiri..
Ban pake angin biasa. Pas awal berangkat tekanan ban stabil di 31-32 psi. Setelah lama berkendara (cruising 100-120kmh) dan masuk cipali (diatas jam 10 pagi), tekanan ban naik tertinggi di 35 psi dengan suhu kisaran 43 drajat C.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: tekanan ban ideal
Jambangan wrote:Sienta ane selalu ane isi sesuai rekomendasi pabrikan 36 psi
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak![]()
Profil ban tipis bgt sih 195/50R16
Saran sih, jgn diturunin, kalau kena lubang resiko meletus besar. Karena ban dihantam bibir velg.supriyadi wrote:Lipina 2014 depan 33 belakang 35. Kalau full muatan depan 35 belakang 38. Pernah isi berdua sama istri depan 35 belakang 38, gedubrakan jadinya
Konsekuensi ban profil tipis, pressure nya nambah.
Kadang suka heran aja, ganti velg & ukuran ban lebih tipis biar steer feeling lebih direct, padahal gak terlalu significant. Steering system & suspensi yg bikin steer feeling direct.
Kalau permukaan jalan disalurkan ke steer lebih direct sih iya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: tekanan ban ideal
Saya pake ban dueller juga om.qushay20019 wrote: Sat Apr 13, 2019 22:09apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?marmut wrote: Sat Apr 13, 2019 14:07 ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
Pernah masuk baut gede juga
Posisi juga pas ditengah ban
Bannya juga masih tebal
Mungkin ga ada hubungan sama tekanan angin ban
Soalnya saya kalau isi angin antara 30-33
Habis itu saya jadiin ban cadangan aja

Bautnya gede nambalnya pake cara biasa takut kenapa napa
Kejadiannya tahun ke dua kalau ga salah
Tapi tahun ke 4 saya pake setahun ga ada masalah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: tekanan ban ideal

Soalnya kalo oe perhatiin, pas kita set sesuai di pintu, trus kita iseng colok lagi itu pentil, pasti turun, padahal barusan colok.
Konon katanya sih karena masih ada angin yg "ketinggalan" di selang pompanya.

Btw karena oe bukan orang yg nyiptain itu mobil, jadi ikutin aja dah aturan yg di pintu. Hahaha..
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: tekanan ban ideal
oe sih mobil dirumah pasang 35 rata, mobil MPV dan suv.
Itung2 toh mobil seringnya lupa tekanan jarang di cek biar kurangnya nggak sampe <30, ngeri pecah ban hehe.
Berapa kali setelah 1,5 bulanan dari 35 psi pasti sisa 31-32 psi tuh.
Oh ya, pastikan kalo isi angin sebisa mungkin di toko ban ya, kalo di pinggir jalan seringnya ngaco itu meteran, pernah isi 33 ternyata masuknya 40 wkwk.
*all in psi
Itung2 toh mobil seringnya lupa tekanan jarang di cek biar kurangnya nggak sampe <30, ngeri pecah ban hehe.
Berapa kali setelah 1,5 bulanan dari 35 psi pasti sisa 31-32 psi tuh.
Oh ya, pastikan kalo isi angin sebisa mungkin di toko ban ya, kalo di pinggir jalan seringnya ngaco itu meteran, pernah isi 33 ternyata masuknya 40 wkwk.
*all in psi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: tekanan ban ideal
Siap ompaidjho wrote: Sun Apr 14, 2019 6:26Jambangan wrote:Sienta ane selalu ane isi sesuai rekomendasi pabrikan 36 psi
Tapi bantingan jadi keras bgt
Interior jadi ratling gara2 sering kena jalan rusak pake tekanan 36 psi
Mau ane turunin jadi 30 psi tapi ntar ban cepat rusak![]()
Profil ban tipis bgt sih 195/50R16Saran sih, jgn diturunin, kalau kena lubang resiko meletus besar. Karena ban dihantam bibir velg.supriyadi wrote:Lipina 2014 depan 33 belakang 35. Kalau full muatan depan 35 belakang 38. Pernah isi berdua sama istri depan 35 belakang 38, gedubrakan jadinya
Konsekuensi ban profil tipis, pressure nya nambah.
Kadang suka heran aja, ganti velg & ukuran ban lebih tipis biar steer feeling lebih direct, padahal gak terlalu significant. Steering system & suspensi yg bikin steer feeling direct.
Kalau permukaan jalan disalurkan ke steer lebih direct sih iya.

Ane selalu ikutin standar pabrik 36 psi
Tadi pagi agak kurang jadinya ane lebihin dikit jadi 38 psi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: tekanan ban ideal
Innova pake ban ukuran 225/55/r17 sih saya selalu bikin tekanan angin 35 rata depan belakang.
Kalo lg mau ke luar kota&full load baru deh saya naikin depan 36 belakang 38.
Kalo lg mau ke luar kota&full load baru deh saya naikin depan 36 belakang 38.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: tekanan ban ideal
Ngomong2 tertusuk baut, saya pernah ngalamin. Ban BS AR20 baru 1 tahun pake, kwtusuk sama baut 12 pas ditengah. Tukang ban saja sampai geleng2 kepala. Tambal dalam/tiptop, sekarang pake didepan sudah 2 tahunan aman2 saja. Untuk tambal tubeless bagus tambal tiptop/tambal dalam, lebih mahal & ribet tapi lebih aman & awet. Saya pernah tambah model tusuk baru seminggu dah bocor tempat yang sama. Diakui BS memang kuat karet bannyaSalvanost wrote: Sun Apr 14, 2019 8:13Saya pake ban dueller juga om.qushay20019 wrote: Sat Apr 13, 2019 22:09apa gak kuatir ban jadi ketipisan di tengah om?marmut wrote: Sat Apr 13, 2019 14:07 ideal menurut sapa dulu? kalo saya selalu kasih tekanan maksimal yang tertera di ban, supaya bensin irit.
Soalnya ane pernah tambalin ban teman di parkiran kantor. Yang masuk itu baut 10 cm yang sama sekali gak tajem. Pas ngobrol2 ternyata beliau suka ngisi 45an psi, padahal standarnya 33 psi doang. Jadi ane curiga tuh baut super tumpul bisa masuk krn bannya udah makan tengah, padahal makenya dueler yg keras
Pernah masuk baut gede juga
Posisi juga pas ditengah ban
Bannya juga masih tebal
Mungkin ga ada hubungan sama tekanan angin ban
Soalnya saya kalau isi angin antara 30-33
Habis itu saya jadiin ban cadangan aja![]()
Bautnya gede nambalnya pake cara biasa takut kenapa napa
Kejadiannya tahun ke dua kalau ga salah
Tapi tahun ke 4 saya pake setahun ga ada masalah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.