BACKGROUND
Sebelum pake ini, mobil perang saya dari SMA (2012) sampe maret 2017 yaitu Innova 2.0. Setelah innova dijual, muncul keinginan untuk pelihara hatchback karena tergiur dengan kepraktisan dan image mobil anak muda zaman now. Saya pikir selama ini sangat terbiasa dengan mobil besar yang konsumsi bensinnya 1:7-!:8, pakai hatchback gaakan berasa minumnya dan adaptasi nyetir lebih mudah. Setelah baca review sana sini dan main ke showroom, keputusannya tertuju pada mobil ini.
Why yaris heykers? Dari kandidat yang lain (GK5 RS, Mazda 2, Swift), saya paling suka modelnya ya ini, dan waktu bungkus juga dapet promo yang lumayan (diskon 25 juta, cover jok, paket servis s/d 40.000 km)
Why not yaris TRD non heykers? Actually heykers is the real TRD. Velg TRD ori, aksesoris TRD ori, supsension set TRD ori. TRD non heykers actually just a TRD Sportipu without real TRD parts.
Pengalaman saya servis di A2K, saat inspeksi mobil SA cek kolong, he said "Mantap mas shocknya TRD merah, pasti bawaannya lebih enak. Beli dimana itu mas? Pasti mahal ya..." LOL
EXTERIOR




Menurut saya modelnya adalah yang tercakep diantara hatchback sekelasnya. Over fender, side skirts, side moulding, roof rail, pokoknya yang item item itu semua kualitasnya baik namun lemnya gak bagus. Belum setahun side skirts sudah lepas, untung gak jatuh dijalan. GC lebih tinggi dari yaris TRD sportipu. Velg ori TRD ring 16 dengan ban eco ecoan 195/60
INTERIOR

1. Dashboard, doortrim, full super hard plastic dengan jaitan palsu. Namun saya suka karena bersihinnya gampang.
2. Jok sudah dikasih cover. Headrest kegedean, buat yang 170cman mesti tambah bantal aftermarket biar lebih nyaman


3. Fitur biasa aja gak ada yang spesial. AC digital, start stop button, audio steering switch, tilt steering, MID, safety dual airbags dan abs ebd. Pwer window auto driver only, electric mirror + retract. Audio yang fiturnya lumayan sih, 4 speakers + tweeters, koneksi lengkap, bisa telfon, bluetooth audio, hdmi, tethering wifi, aux, bahkan bisa mirroring juga. Sound biar enak mesti set equalizer dulu, kalo standar mah sama aja kaya bunyi audio avanza.


4. Akomodasi parah, sangat ga praktis. Kebanyakan cup holder. 2 dideket ac, satu di tengah, 2 di doortrim depan, itupun kalo naro aqua 600ml masih gaenak diliat karena kekecilan. Storage cuma laci yang ukurannya menurut saya kecil dan space kecil diatas perseneling. Door pocket belakang juga gak ada. No console box. Jadinya suka berantakan naro hp, dompet, uang receh, struk2 parkir.
5. Legroom headrom lumayan gede, bagasi juga lumayan luas.
ABOUT DRIVING


Mesin 2NR-FE 107 HP, 5 speed manual gearbox, modif exhaust full system
1. Tarikan bawah super letoy, tapi tarikan diatas 3000-4500 rpm enak banget. Delay gas lumayan berasa, tapi setelah saya modif exhaust systemnya berkurang.
2. Transmisi manual, rasio gigi 1 kepanjangan. 20 km/h RPM masih RPM 2500 lebih diki. rBuat ngerayap sama nanjak rasanya torsinya sangat kurang. Gigi 2 juga kepanjangan. Gigi selanjutnya menurut saya enak. 100 km/h gigi 5 RPM 2800
3. Top speed udah dicoba, 190km/h gas mentok
4. Konsumsi BBM, minum pertalite (maklum mahasiswa) . Gapernah ada masalah ngelitik.
1:9 seumur-umur paling jelek, dalkot + macet macetan parah, atau bandung jakarta macet parah
1:10-1:11 rata-rata dalkot
1:12,5 geber geber di tol lancar, kaki ga sekolah
1:17-1:18 cruising di tol, gas diurut
5. Oli pakai eneos 0w-20. Oli termurah 0W-20, maklum mahasiswa. 95rb per liter.
6. Setir berat, high speed enak. Tapiiii, radius putar kacau parah. Serasa bawa innova. Muter balik 90% saya ambil dua kali dalam kondisi jalanan rame. Masuk jalan sempit wah berasa banget repotnya.
7. Handling menurut saya enak, di tol gak goyang, Suspensi keras
KELUHAN
1. Pernah bikin thread di SM juga, langsung bawa ke A2K, selesai semua.
2. Kampas rem depan bawaan pabrik udah tewas masuk km 29.000, sekarang pake merk akebono, terakhir di cek masih tebel.
3. Selain itu gaada keluhan
4. Cari remap ecu belum ada yang bisa, jkt bdg udh ditanya, termasuk om bebonk yang udah saya tanyain di thread nya. Kenapa ya??????
CONCLUSION
Buat mahasiswa kayak saya mobil ini cukup mendukung kegiatan sehari-hari walaupun radius putarnya kaco parah. Saya juga suka dengan desainnya yang padahal sebagian besar orang suka mencaci maki bentuk yaris heykers ini. Powernya lumayan, iritnya dapet, ngerawatnya gampang.
Terimakasih, mohon maaf kalo ada yang kurang atau kata yang salah
Sorry potonya kurang, agak buru-buru karena mobil mau dikerjain sama auto detailing