Nissan TIIDA tahun 2006

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sithlord
Member of Mechanic Engineer

Nissan TIIDA tahun 2006

Post by Sithlord »

Untuk orang yang rencana mau beli mobil hatchback / mini sedan di tahun depan, saya mau update info tentang Nissan Tiida.

Ini model benar benar akan jadi global. Baru ngak lama keluar di Jepang, sekarang sudah ada di Singapura. Dan lebih surprising, dengan waktu cepat sudah mendarat di negara Paman SAM, USA !

Namanya di situ Nissan Versa, bukan Tiida. Tapi mobilnya persis. Untuk yang ngak ngerti bahasa Jepang, tidak perlu tebak di website Nissan Jepang. Lihat http://www.nissanusa.com bisa pelajarin mobil ini dengan bahsa inggris.

http://www.nissan-global.com/EN/NEWS/20 ... -01-e.html

Bahasa Indonesia ada di mobilku.com. Inilah articlenya :

http://www.mobilku.com/?p=001&id=5553&s=

Nissan Versa ke USA, terus ke Indonesia?

(29/09/2005) - Nissan North American, Inc. mengumumkan penambahan model baru dalam jajaran produknya di kawasan itu, Rabu (28/9). 2007 Nissan Versa, entry-level model ditawarkan dengan harga dikisaran $12,000.

Versa hatchback dipasarkan awal musim panas 2006 dan disusul versi sedan akhir tahun depan. Kedua model itu akan diproduksi di Mexico.

Dikembangkan dari 'B' platform yang canggih, Versa adalah model global. Di Jepang, China, Mexico dan negara-negara lain, model ini dinamakan Tiida. Nama Versa dipilih untuk merefleksikan "versatile space", baik kargo maupun penumpang. Disainnya memprioritaskan kelapangan interior, kualitas tinggi dan stress-free environment.

Versa menggunakan mesin 1.8 liter DOHC empat silinder yang memproduksi 120hp dan 125 lb-ft torsi dengan transmisi Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission). Fitur-fitur yang dibawanya antaralain Intelligent Key, Bluetooth(R) Hands-Free Phone System, satellite radio and Rockford Fosgate-powered subwoofer.

Apakah Tiida juga akan ke Indonesia? Nissan disini selalu tersenyum penuh arti tanpa memberikan konfirmasi apapun. Tapi dugaan kami, Tiida akan masuk ke Indonesia dalam bentuk mini-MPV. Mungkin namanya bukan Tiida, tapi platformnya sama. Kita tunggu saja 2008.

Dan saya yakin ngak perlu tahun 2008. Tahun depan sudah muncul. Mobil sudah ada di MT Haryono, AUV tahun 2007. Jadi tahun depan apa kalu bukan yang ini ?

Orang Amrik hoki ! Bisa beli Tiida cuma harga 12,000 dollar ! 123 juta ! Fasilitasnya banyak lagi ! Di Indo 123 juta bisa beli Jazz kosong !

Seinggat saya, selling point utama mobil ini adalah mesin barunya HR15DE dan ruang kaki baris 2 yang hampir seluas sedan mewah ! Sangat luas ! Lihat di IU. Yang interested boleh pelajarin dulu sebelum launching.
Sithlord

Post by Sithlord »

Marilah kita sambungi discussi Tiida di sini.

Oh lihat Autobild, mereka akan ada acara TV test Tiida di TV7 hari Minggu (atau Senin lupa) jam berapa lupa, pokoknya malam habis primetime. Di acara Otomotif TV. Itu yang acaranya ada Otoman.
conan

Post by conan »

Btw Dark Lord, di thread Mobil Popular di Sing dan disini Anda tidak pernah menyebut jelas, apakah yang Anda maskud itu Tiida, Latio, atau dua2nya. Membaca semua posting Anda, terus terang aku jadi tertukar2. Bagaimana kalau kita sebut Latio saja untuk versi sedannya? :)
Sithlord

Post by Sithlord »

OK. Di singapura, hatchbacknya namanya Latio Sport. Sedannya Latio. Nah ! Lebih binggung lagi !

Well, actually 2 2nya mirip kan. cuman beda belakangnya. For me, at this moment, the Latio looks better at the 10 / 2 o'clock position. Even from the side view. Tapi kalau lihat dari belakang, hatchbacknya lebih cantik !

Here are some photos for those who does not know what this baby is :

And Mr. Herry, memang line-up Nissan di Taiwan lebih boring yah. Itu Sentranya memang jelek banget ! Dan Serenanya di situ juga muka / grillnya beda ama yang di Indo, juga lebih jelek !

Asal anda jangan confuse Sentra with the Tiida Latio. I will be fair. The Sentra in Taiwan is very very ugly !

Anyone who have photos of Vios and City pls join in. For comparison.

Terus terang, jika interiornya biasa saja, Tiida akan keberatan lawan City / Vios. But with Big sedan like legroom and headroom, the fight's not over till its over !
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sithlord

Post by Sithlord »

Dan lihat ini article tentang seorang automotive reporter test Tiida di USA pakai versi Jepang, dan gimana dia kerjain pemakai mobil lain dan polisi. Sedikit lucu ! :

http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/co ... 01279.html

2007 Nissan Tiida hatchback

The commuter traffic is murderous from the outset on Tampa Avenue to the crazy left turn onto Ventura Boulevard to the insane merge onto U.S. 101 heading south to Interstate 405, where the traffic is unmitigated madness.

It's tough enough running that route in a left-hand-drive car, with the steering wheel on the left side, which is where it's supposed to be in America. But I did it for a week in the 2007 Nissan Tiida, a right-hand-drive car coming to these shores in early 2006 as the Nissan Versa hatchback and sedan.

The Versa will steer from the left. The Tiida is outfitted for Japan, where it's currently on sale and where people drive on the left side of the road and steer from the right side of the car.

I took the opportunity to play a prank.

On separate days, I prevailed upon one of two friends, Tania Anderson and Elaine Jesmer, to sit in the Tiida's front passenger's seat on the left. Both women are lefties in the glorious tradition of left-wing politics. They agreed.

Tania is tall and easily visible. She sat in the Tiida's front seat with her hands folded behind her head, looking as if she were driving without touching the steering wheel. A miraculous thing happened! Other motorists who witnessed what they thought was her rudderless motoring slowed down all around us. They gave the Tiida lots of space. I took advantage of the road gaps they created and zipped ahead.

Two days later, I enlisted Los Angeles friend Elaine to join me in this goofiness. Elaine is short, but she is big on imagination. She complied by sitting in the Tiida's front passenger seat with both arms raised to the roof. Another miracle! Fellow motorists on Sunset Boulevard backed off, gave us space. It was a hoot! We were having a rollicking good time, the best time ever driving at legal speeds. But a man in a black-and-white Los Angeles Police Department car initially didn't find our antics amusing.

The lawman followed us several blocks on Sunset. I saw him through the Tiida's rearview mirror, trying to figure out if Elaine had lost her marbles or if she were a kidnap victim who had been forced to drive her own car and who was now signaling for help.

Elaine must have been thinking the same thing. "I'd better stop," she said. She lowered her arms and clapped her hands. This really puzzled the lawman. He pulled around to the right side of the Tiida and saw me driving. The lawman laughed, which warmed my heart.

The LAPD has a reputation for being mean and nasty. But the lawman following us had a sense of humor. The dude gets a thumbs-up.

The front-wheel-drive Tiida gets kudos as well.

It's an exceptionally nimble car that looks like a subcompact on the outside but feels like a commodious mid-size sedan on the inside. Nissan and its French parent, Renault, pulled off that trick by putting the Tiida's front and rear wheels at the farthest ends of the car. That created a long wheelbase -- the centerline distance between the front and rear wheels -- without increasing the overall length.

Because the Tiida/Versa's drive wheels are up front, its passenger cabin has no space-consuming driveline tunnel -- that infamous center-floor "hump" in traditional rear-wheel-drive cars. The positioning of the front and rear wheels and the absence of that hump create more room for people.

The Versa version of the Tiida will do battle with the Chevrolet Aveo, the completely restyled Honda Civic, the new Honda Fit, the updated Ford Focus, the new Toyota Yaris and all of those subcompacts from South Korea rolling into the United States to grab a share of what automobile manufacturers hope will be a booming market for small cars in an America shocked by soaring gasoline prices.

That means the Versa will be sold stateside beneath the Nissan Sentra, which has long anchored Nissan's U.S. small-car line. The Sentra will move up in size, appointments and price. The Versa will start at $12,000.

That doesn't mean cheap. Nissan has taken a page from China's car companies, which also will start shipping small cars to America soon. The Chinese have a thing about "face." It's okay for a car to be inexpensive. But it has to look and feel rich, be equipped with premium materials, to help its owner "save face" and look good.

Looking good, as any Californian can tell you, is winning half the battle, even in the high-speed, no-speed, stop-and-go, crazy-flow mayhem of a Los Angeles area freeway.
conan

Post by conan »

Sithlord wrote:OK. Di singapura, hatchbacknya namanya Latio Sport. Sedannya Latio. Nah ! Lebih binggung lagi !
Actually, untuk pasar Indo juga aku yakin yang akan digunakan adalah nama 'Latio' dan 'Latio Sport'. So let's start calling them those..? Latio does sound better than Tiida. :)
conan

Post by conan »

Actually, oh Dark Lord, if I'm not mistaken, yang legroom-nya abundant adalah Tiida hatchback (Latio Sport), karena dengan bentuk hatchback, jok belakang bila diperlukan, bisa dimundurkan sampai 20 cm ke belakang, memakan tempat untuk kargo/barang. Pada Latio (sedan), jok belakang tidak bisa dimundurkan karena konstruksinya sebagai sedan yang berbagasi, bukan hatchback.

Walaupun aku yakin rear legroom Latio memang lebih lega daripada City/Vios, karena dimensinya lebih besar, tapi tidak selega Latio Sport...
conan

Post by conan »

And btw Dark Lord, koq cuma ada Anda dan aku di thread ini, ya? Padahal kita pun, tidak ada rencana membeli Latio.. gawat juga.. :mrgreen:
conan

Post by conan »

Dark Lord, can you explain this?
Because the Tiida/Versa's drive wheels are up front, its passenger cabin has no space-consuming driveline tunnel -- that infamous center-floor "hump" in traditional rear-wheel-drive cars. The positioning of the front and rear wheels and the absence of that hump create more room for people.
Lihat foto di bawah, gundukan itu masih ada. Latio yang dibahas di atas adalah Latio Sport..?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sithlord

Post by Sithlord »

Memang yang saya dudukin di IU adalah Latio Sport the hatchback. Yang sedan belum ada.

Dan my guess is, versi hatchback lebih lega as U said. And also yang tidak ada tunnel. The sedan version maybe the one with the tunnel.

Well, I think NMI is more likely to launch the Latio Sport. Soalnya pajak sedan lebih tinggi.

Why only U and me ? Well, U know orang Indo mayoritas sekarang suka SUV dan minibus / MPV / Minivan.

And they probably still think that only Honda / Toyota sedans will sell in Indonesia till judgement Day.

Well, perhaps things will change once they see this Latio Sport di Gaikindo / pameran mobil di mal mal tahun depan.

Saya yakin ini mobil akan tiba. Selain sudah ada unit di NMI HQ, juga ini mobil sudah jelas di lempar kemana mana. USA sudah ada. Singapura, China, and many more. Dan sudah ada sales Nissan yang juga bilang mereka dengar isu Tiida akan tiba tahun depan. The winds are there...

Ya sepi ngak papa. Paling penting barangnya OK !
observer
New Member of Mechanic Engineer

Post by observer »

Ya deh aku juga ikutan, jadi the Three's company. :D

Menurut saya kans Latio/Latio Sport untuk berhasil sangat tergantung harga dan positioning.

Kalau lihat cc-nya yang 1.500cc, harusnya bersaing dengan kelas Vios/City/Yaris/Jazz (yayaya, I know Mr. Conan is gonna say Latio Sport adalah hatchback, sedangkan Yaris/Jazz adalah supermini). Sehingga kalau harganya lebih tinggi dari Vios/City/Yaris/Jazz, maka kans untuk berhasil akan jauh lebih kecil.

Lihat aja kasusnya X-Trail. Kenapa bisa berhasil? Karena NMI offers more for the same price! CC-nya lebih besar, fiturnya relatif lengkap, dan harga sama dengan CRV.

Jadi kalau Latio/Latio Sport mau berhasil, harganya maksimal sama dengan Vios/City Vtec/Yaris/Jazz vtec, dengan fitur lebih lengkap, plus unique selling point yaitu ruang kaki belakang lebih lega.
conan

Post by conan »

Harga Latio, City dan Vios di Singapore :

Latio AT = $69,000
Latio Sport AT = $ 74,000

City AT = $61,000
Vios G AT = $60,988

Jelas terlihat bahwa harga Latio di atas City/Vios, dan Latio Sport lebih mahal lagi daripada Latio sedan.

Berbeda di Singapore di mana Nissan memiliki pasar dan brand image yang bagus, apakah dengan selisih harga tersebut konsumen Indon mau memilih Nissan daripada Honda/Toyota, ya?

Selain itu, styling City dan Vios masih jauh lebih menarik. Rear legroom yang lega belum tentu menjadi keunggulan, karena sedan kecil lebh sering dipakai sendiri atau berdua saja, dan kebanyakan stir sendiri.

Kalau boss yang disetiri dan duduk di belakang, tentu lebih memilih Serena atau Camry.

Latio will be struggling against the established market leaders...
observer

Post by observer »

With those pricings, I would be surprised if penjualan Latio lebih tinggi dari Vios/City di Singapore.
Herry

Post by Herry »

Gue setuju dgn pendapat Mr. Conan, selain harga, styling itu penting dalam membuat keputusan membeli mobil. Latio kalo dibanding new city atau vios kalah menarik, kesannya boring gitu.
Tapi kalo soal interior, gue akui latio yg terbaik terutama ruang yg lebih lega. But new city juga tambah lega 80 mm, entah mana yg lebih lega antara latio dan new city, karena gak pernah mencoba ke 2 nya.

Tapi Mr. Conan bilang juga ada benarnya, sedan kecil umumnya dipake 1 atau 2 org aja atau keluarga kecil aja, jadi ruang belakang yg lega kadang luput dari perhatian.

Kalo soal harga latio di set diatas city dan vios jelas susah jualnya (apalagi di Indo), kecuali kalo dibawah city/vios baru ada kesempatan.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Sithlord

Post by Sithlord »

And so U shall be surprised my friend ! (nada dan suara Palpatine)

Dari pengamat saya di Singapura, sepertinya paling sering ketemu Latio / Sport, no.2 Honda City, no.3 Vios

So di Singapura, jelas orang situ go for the most packed car and pay a bit more.

Kalau di Indo memang maybe different.

But again kalau saya pikir, jangan dismiss dengan gampang chance Latio Sport bisa laku meskipun lebih mahal dikit.

Why ? Look. In Nissan's recent history in Indonesia, mereka belum, repeat, belum pernah jual mobil di harga 150-180 juta.

So just because the X-Trail, Serena, Teana volumenya ngak besar, apakah langsung boleh assumsi mobil mereka cenderung tidak laku ? Of course not ! These 3 best sellers in NMI's armory semua harganya mahal ! Di atas 240 juta !

In their history in Indonesia, belum ada mobil harga murah (150-180 juta) yang di jual terus gagal ! So I will not say they have slim chances.

The Latio sport will be Nissan's first invasion of the fattest market (150-180 juta) currently occupied by big volume cars like Innova / Avanza / Jazz / APV / City / Vios etc.

And in the small sedan, Latio Sport will be the test case of whether the market here embrace them in this price range.

I will say the Latio will be the vanguard of Nissan's invasion into the more affordable car category. The main invasion force is of course the AUV.

And based on my study of car buying habits of people in many countries, I think the Latio Sport stands a big chance !

Cause I don't think Indonesians in general behave in very different ways compared to people in other countries.

Like Mr. Obs said. If they did the same like the X-Trail, that is, kasih feature yang lengkap dengan harga mirip, could work !

And if U say if the price is A BIT more, I don't think this will mean they will lose automatically.

Buktinya harga Innova 2.7 banding c24, c24 lebih mahal dikit, tapi featurenya lebih sip. And by now U all know that the c24 is the victor compared to Innova 2.7 in terms of volume !

Malah jika Latio Sport featurenya sangat minim, lebih sempit dikit, dan harganya lebih murah 10-20 juta banding Vios / City, I will say justru bisa FAIL !

In my opinion, sebenernya Indonesia tidak alerhi ama mobil merek Nissan. Cuman yaitu dari dulu mereka ngak pernah jual mobil harga sip. Thats why kesannya mobil mereka kurang laku, volumenya kecil.

Of course that is incorrect. Kalau gitu apakah kita boleh bilang nasip restaurant berbintang yang lebih sepi (menunya lebih mahal), lebih payah banding hawker centre yang ramai terus soalnya harganya terjangkau ?

Don't confuse volume with market segment / price level. Right ?

As for the Baleno's lack of success, bukan gara gara Suzuki mereknya hancur. Its simply because designnya kurang cantik, nothing special. And give people no special reason to buy.

I always try to predict a car, or any new product, by asking myself " Why should I, or other people, buy that new product ? "

Jika banyak alasan (banyak selling point), means it will do well !

And for the Sunny Neo yang jelek, NMI untung sadar. Mereka akan jual sebagai Taxi saja. Soalnya lihat Sunny Neo yang jelek, nothing special, jika di jual, pasti gagal. But the Latio Sport is another story !

The Honda City does well bukan cuma gara gara merek Honda. Memang ini mobil selling pointnya banyak. Designya manis, mesinnya bagus, dan ada steermatik etc.

Coba kalau City ama Baleno tukar baju. Merek Suzuki ama Hondanya di ganti. Nasipnya pasti sama !

The car design is more important !
conan

Post by conan »

observer wrote:Ya deh aku juga ikutan, jadi the Three's company.
Two's a company, three's a crowd! Mana itu Watson?? Bukannya mau ganti sedan Mercedes-nya dengan Latio, kekekeke :mrgreen:
observer wrote:Kalau lihat cc-nya yang 1.500cc, harusnya bersaing dengan kelas Vios/City/Yaris/Jazz (yayaya, I know Mr. Conan is gonna say Latio Sport adalah hatchback, sedangkan Yaris/Jazz adalah supermini). Sehingga kalau harganya lebih tinggi dari Vios/City/Yaris/Jazz, maka kans untuk berhasil akan jauh lebih kecil.
Bagaimana kalau kita lihat dari sudut pandang lain, Mr. Obs? Dari sudut pandang pasar hatchback, dan bukan pasar supermini/sedan mini. Karena menurutku, Latio hatchback kemungkinan harganya menyentuh Rp 200 juta.

Di kelas hatchback, Latio justru menjadi alternatif yang lebih murah daripada Renault Megane 1.6L (Rp 259 juta), yang adalah contoh terbaik sebagai pesaing langsung Latio, karena Megane dan Latio ini bisa dibilang masih saudara. Latio bisa lebih murah karena dirakit di Thailand dan mesinnya 1.5L (sehingga pajaknya lebih murah).
Sedangkan pesaing langsung Latio yang masih berdarah Jepang, adalah Mazda 3 1.6L hatchback yang Rp 239 juta.
Dibanding kedua lawannya ini, Latio tentu lebih menarik karena justru brand Nissan di Indo masih lebih bagus daripada Renault dan Mazda (both depreciation disasters). What do you think? :)

I also heard something about the 1.8L version of Tiida. If there is one, it could also be a cheaper alternative than the VW Golf 2.0L. I can't help but recalling the article you posted, which mentions a new 1.8L model to be assembled in Phillipinnes.. it could be the Bluebird Sylphy, or perhaps the Tiida (Latio Sport)..?
datsu

Post by datsu »

conan wrote:Selain itu, styling City dan Vios masih jauh lebih menarik. Rear legroom yang lega belum tentu menjadi keunggulan, karena sedan kecil lebh sering dipakai sendiri atau berdua saja, dan kebanyakan stir sendiri.
Very agree with this one..

Check http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0326#40326

di postingan itu saya terangin apa yang udah terjadi dengan saya dan sodara2 saya.. It's a fact.. dari keluarga besar ada 5 City i-dsi and only one vios saya..tapi alesan2 yang saya kasih itulah yang jadi patokan mereka..

Styling gak selalu menang, tapi ada interior dan harga.. Dan sori sekali lagi...
rating saya untuk styling..1.vios, 2.city, 3. latio ..
Untuk interior 1 dan 2 antara city dan latio (gak bisa bedain soalnya),3 Vios..

Untuk komposisi warna interior saya lebih megang mobil saya sendiri.. vios.. Saya bilang vios facelift tetep harus item... Gak lucu (buat saya)mobil sport mini gitu tapi isinya elegan. Kaya orang mau modil mobil eksterior dibikin sporty banget tapi interiornya elegan banget...gak konsisten..hehe..
handling

Post by handling »

'rear legroom besar'......uiiiih..........padahal di singpor banyakan small family jadi useless.....gak kepake back seatnya...
Lah lantas kenapa tilda bisa laku banyak di singpor......saya rasa ini lakunya utk orang yg suka 'mobil goyang'.......glek....

patut dipertimbangkan utk yg suka ke ancol........ckckkcc..ckckkck..k..k.k
observer

Post by observer »

Teman2, kalau saya mau beli small sedan, saya akan beli Latio karena:
1 new model, sedangkan Vios n New City sudah 2 tahun+, walaupun difacelift tetap saja sudah bosan;
2 Resale value model lama pasti lebih tajam dari model baru, sekalipun bermerk TOyota/Honda;
3 USP (unique selling point) - menurut saya ruang kaki belakang lega adalah suatu selling point yang sangat bisa memengaruhi keputusan calon pembeli, bayangkan saja slogan ini - 'First-Class legroom comfort'
ASAL, harganya maksimal sama dengan Vios/City Vtec, dengan fitur lebih lengkap.
conan

Post by conan »

observer wrote: ASAL, harganya maksimal sama dengan Vios/City Vtec, dengan fitur lebih lengkap.
Extra legroom itu kan membutuhkan biaya lebih, lalu bagaimana kalau harganya lebih mahal sedikit, Mr. Obs? Fitur sama saja.
observer

Post by observer »

conan wrote:
observer wrote: ASAL, harganya maksimal sama dengan Vios/City Vtec, dengan fitur lebih lengkap.
Extra legroom itu kan membutuhkan biaya lebih, lalu bagaimana kalau harganya lebih mahal sedikit, Mr. Obs? Fitur sama saja.
Kita lihat aja ke harga mobil bekas Honda City n Vios, versi Autobild.
Vios
manual 2004 132jt
matic 2005 146jt

City vtec
manual 2004 137jt
matic 2004 142jt

Kita beli city/Vios manual di harga 160jutaan, dengan depresiasi hampir 20% di tahun pertama.
Apakah depresiasi Latio akan separah itu di tahun pertama? I seriously doubt it!
Sekalipun harganya sedikit diatas Vios/City.
datsu

Post by datsu »

Is that so mr Observer??

disini saya kurang setuju dengan postulatnya Dark Lord kalo mobil dibawah 200 juta depresiasinya akan kecil.. Menurut saya postulat itu untuk mobil bekas yang udah dibawah 200 juta.. Tapi untuk mobil baru dibawah 200 juta, saya rasa depresiasinya memang akan disekitar 20% untuk tahun pertama..(of course ini gak berlaku buat semua mobil bermerek Toyota kelas Minibus/MPV/Niaga dibawah 200jt, i.e. Kijang, Avanza, Innova yang larisnya kayak kacang goreng..)

Sekali lagi..masalah depresiasi harga dalam persen benar2 tergantung dari supply dan demand barang barunya.. sedangkan penetapan harga fixednya jelas tergantung kondisi mobil dan supply and demand dari mobil bekasnya...

Kalau NMI bisa narik 1000 latio sebulan dan permintaan gak lebih dari 1100 tiap bulannya saya rasa persentase depresiasinya bakal sama aja sama vios/city..
observer

Post by observer »

datsu wrote:Menurut saya postulat itu untuk mobil bekas yang udah dibawah 200 juta.. Tapi untuk mobil baru dibawah 200 juta, saya rasa depresiasinya memang akan disekitar 20% untuk tahun pertama..(of course ini gak berlaku buat semua mobil bermerek Toyota kelas Minibus/MPV/Niaga dibawah 200jt, i.e. Kijang, Avanza, Innova yang larisnya kayak kacang goreng..)
Bukan hanya Minibus/MPV/Niaga saja. Contohnya HOnda City iDsi, waktu launching tahun 2003, harganya 152jt. Setelah setahun, depresiasinya paling cuma 10juta, kurang dari 10%.
Fast forward ke sekarang, City bekas sudah banyak bekeliaran di jalan. Jadi bagi yang beli City baru di tahun 2006, belum setahun depresiasinya sudah bisa mendekati 20%!!
Lain kalau beli Latio. Depresiasinya setelah pakai setahun, IMHO, paling parah juga 10%, asal harga barunya hampir sama dengan harga City/Vios.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer

Post by WP »

kalo menurut saya sih, jika Latio keluar sekarang dgn harga setara Vios n City (Rp 160-170jutaan) trus saya beli, maka kira2 harga bekasnya tahun depan (2006) juga ga akan jauh dari Vios 2005 ato City 2005, malahan mungkin aja bisa kurang, kalo demand unit bekasnya lebih sedikit dibanding yg tersedia di pasaran bekas
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic

Post by hdrw »

Ha ha ha ... i'm here Shaman.
Nih prediksi saya,
Kalau Latio/Latio Sport ini oleh NMI dipaksakan masuk bersaing dikelas supermini City/Vios/Jzz/Yaris gak bakal menang untuk saat ini.
Soalnya sudah kalah distyling, harga dan merk dibanding City/Vios/Jazz/Yaris.

Lalu mengapa X-trail berhasil di kelas SUV dan bisa bersaing dengan CRV ?
Menurut saya karena waktu itu Toyota gak bermain dikelas ini (maksudnya TAM hanya menjual RAV4 CBU yang harganya jauh diatas), beda jika nanti harus bersaing dengan City/Vios/Jazz/Yaris, persaingannya akan sangat keras.

Tapi kalau yang Latio Sport bersaing dikelas yang sebenarnya hatchback, saya rasa konsumen akan pilih nih mobil dibanding Megane dan Mazda 3